Selasa, 17 September 2019 | 05.41 WIB
Metro24Jam>News>Dinas PMD Sergai Laksanakan Tes Psikometri dan Wawancara Terhadap Balon Kades

Dinas PMD Sergai Laksanakan Tes Psikometri dan Wawancara Terhadap Balon Kades

Selasa, 10 September 2019 - 00:16 WIB

IMG-77751

Bupati Soekirman saat memberikan arahan dan sambutan. (ist/metro24jam.com)

SERGAI, metro24jam.com – Bupati Ir H Soekirman membuka pelaksanaan Tes Psikometri dan Wawancara tentang kesetiaan terhadap Pancasila dan UUD 1945, bagi seluruh bakal calon Kepala Desa di Kabupaten Sergai tahun 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Serdang Bedagai itu juga akan menguji kesetian kepada Pemerintah RI, Bhineka Tunggal Ika serta kemampuan baca tulis bagi istri/suami Balon Kades.

Acara juga dihadiri Kadis PMD Sergai H Ikhsan AP MSi, Sekdakab Drs Hadi Winarno MM, Plt Asisten Pemerintahan Umum Drs Fajar Simbolon MSi, pimpinan lembaga Permat Pyscho Consultant Khairkati Purnama itu dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, komplek Kantor Bupati Sergai, Senin (9/9/2019).

Bupati Soekirman dalam arahan dan sambutannya mengatakan, Pemilihan Kepala Desa merupakan perwujudan demokrasi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mengedepankan peran serta seluruh komponen masyarakat sesuai dengan peran dan fungsinya masing masing.

“Menjadi seorang kepala des bukanlah hal yang mudah. Sebab banyak permasalahan dan tantangan yang tentunya akan dihadapi, baik individu maupun sosial,” katanya.

Sebagai calon pemimpin di Desa, tambahnya, para Balon Kades harus benar-benar mempersiapkan diri untuk menjalankan roda pemerintahan desa selama enam tahun ke depan.

Sebelumnya, pada 5 September 2019 lalu, bertempat di SMP Negeri 1 Perbaungan, telah dilaksanakan tahapan pertama ujian berbasis Komputer atau Computer Assist Tes (CAT) terhadap para Balon Kades.

“Hari ini akan melaksanakan Psikiometri serta wawancara. Dengan adanya tes wawancara ini dapat membantu para calon Kades dalam meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” sambung Soekirman.

Selanjutnya, Soekirman mengimbau agar setiap calon Kades benar-benar mempersiapkan mental dan sanggup untuk menerima kekalahan.

“Dalam sebuah kompetisi tentunya ada yang kalah dan ada yang menang dan kunci dari sebuah kompetisi bukan hanya bisa menjadi pemenang, tapi mampu menerima setiap risiko dan konsekuensi yang ada,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadis PMD Ikhsan dalam laporannya mengatakan, peserta tes terdiri dari para bakal calon kepala desa, lebih dari lima orang yang ada pada 13 desa di 8 kecamatan sebanyak 98 Orang.

“Tes Psikometri bagi bakal calon kepala desa yang lebih dari lima orang dilaksanakan dengan maksud untuk mengetahui bagaimana psikolog atau kepribadian masing-masing calon dalam menghadapi masalah, perilaku dan kondisi dalam suatu pekerjaan,” katanya.

Sedangkan tes wawancara kesetiaan terhadap Pancasila, UUD 1945, Pemerintah Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana visi dan misi dari masing-masing calon dalam mendukung program kerja pemerintah.

“Untuk tes kemampuan baca tulis bagi istri/suami bakal calon kepala desa dilaksanakan dengan maksud sebagai seorang pendukung, istri/suami harus mampu membantu suami/istri sebagai calon pemimpin di desa dan harus mampu membaca dan menulis,” tandasnya. (mad)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Keroyok Polisi Saat Grebek Narkoba di Desa Nenas Siam, 3 Provokator Diringkus
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 21:20 WIB

Keroyok Polisi Saat Grebek Narkoba di Desa Nenas Siam, 3 Provokator Diringkus

Personel Sat Reskrim Polres Batubara meringkus 3 pria yang diduga merupakan otak pengeroyokan terhadap 7 personel Polsek Medang Deras di ...
Permisi Pergi Kerja, Rupanya Janji Sama Supir Angkot, Remaja 19 Tahun Diciduk di Kamar Hotel
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 20:02 WIB

Permisi Pergi Kerja, Rupanya Janji Sama Supir Angkot, Remaja 19 Tahun Diciduk di Kamar Hotel

Terbuai dengan iming-iming ongkos gratis dan rayuan duda ayah 2 anak, Mawar (19)--sebut saja namanya begitu--akhirnya rela diajak bermesum ria. ...
Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung <i>Basic Trauma Live Support</i>
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 18:09 WIB

Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung Basic Trauma Live Support

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, melalui salah satu putera terbaiknya, berperan aktif dalam Basic Trauma Live Support (BTCLS), yang digelar Dewan Pimpinan ...
Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 17:55 WIB

Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang

Massa Forum Anti Korupsi (Forak) kembali berunjukrasa ke kantor bupati dan DPRD Deliserdang, Senin (16/8/2019) sekira pukul 12.00 Wib. Massa ...
Pulang Beli Sabu Anak Jalan Asrama-Martoba Ini Dicegat Polisi, Terpaksa Menghayal di Sel!
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 16:10 WIB

Pulang Beli Sabu Anak Jalan Asrama-Martoba Ini Dicegat Polisi, Terpaksa Menghayal di Sel!

Rencana Mhd Meizar Suhada Siregar 'fly' dan berhalusinasi memakai sabu buyar seketika. Dia dicegat Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Pematangsiantar, ...
DPC PPP Asahan Buka Penjaringan Balon Bupati, Nurhajizah Marpaung Pendaftar Pertama
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 15:17 WIB

DPC PPP Asahan Buka Penjaringan Balon Bupati, Nurhajizah Marpaung Pendaftar Pertama

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Asahan mulai membuka penndaftaran penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk ...
Loading...
Kapolres Siantar

Loading…