Rabu, 29 Januari 2020 | 12.13 WIB
Metro24Jam>News>Niat Bakar Diri di Depan Pacar, Tapi Sang Kekasih yang Meninggal Dunia, Pemuda Ini Jalani Sidang

Niat Bakar Diri di Depan Pacar, Tapi Sang Kekasih yang Meninggal Dunia, Pemuda Ini Jalani Sidang

Senin, 9 September 2019 - 23:58 WIB

IMG-77743

Harold Gomoz MT Hasibuan di persidangan. (Eza/metro24jam.com)

Loading...

MEDAN, metro24jam.com – Harold Gomoz MT Hasibuan duduk di kursi terdakwa saat sidang perdana di Ruang Cakra V Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (9/9/2019). Dia didakwa telah membakar pacarnya, Hovonly Simbolon. Gafis itu akhirnya meninggal dunia meski sempat mendapat perawatan di rumah sakit selama sebulan.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Risnawati Ginting, pada tanggal 12 November 2018 sekitar jam 00.15 WIB, terdakwa mendatangi kos yang disewa Hovonly di Jalan Garu II Kelurahan Harjosari I Kecamatan Medan Amplas. Pemuda itu datang membawa bensin karena berniat hendak bunuh diri.

Sesampainya di kos-kosan itu, Hovonly yang tidak mengizinkan Harold masuk ke dalam kamarnya lalu menghubungi temannya, Kevin Julio Pasaribu.

“Selanjutnya, Kevin datang ke kos korban dan melihat terdakwa masih di depan kamar. Terdakwa langsung mendobrak pintu kamar kos korban hingga terbuka,” ujar JPU.

Kemudian, Kevin melihat Hovonly berusaha melarikan diri. Namun, tubuh korban sudah ditarik oleh terdakwa dan Hovonly dibawa ke dalam kamar kos tersebut. Lalu, Kevin masuk dan meminta tolong ke orang yang berada di dalam rumah kos untuk membukakan pintu.

Pasalnya, rumah itu telah dikunci oleh terdakwa. Setelah pintu terbuka, Kevin masuk ke dalam rumah kos dan mendengar suara korban berteriak “Vin, dia bawa bensin”.

“Kevin langsung mendobrak pintu yang ditahan oleh tubuh terdakwa, namun tidak dapat terbuka. Sehingga Kevin menghancurkan pintu dengan kaki,” kata Risnawati di hadapan majelis hakim yang diketuai Erintuah Damanik.

Setelah terbuka, Kevin melihat posisi Hovonly terduduk di atas lantai sambil menangis. Kevin langsung mengapit leher terdakwa dari belakang dengan tangan kanannya.

Kevin melihat keadaan tubuh korban sudah basah dengan bensin, begitu juga badan terdakwa.

“Tiba-tiba terdakwa berbalik badan berhadapan dengan Kevin dan melihat ada mancis di tangannya. Terdakwa langsung menghidupkan mancis tersebut sehingga menyebabkan tubuhnya terbakar serta menyambar ke tubuh korban,” jelas JPU dari Kejari Medan itu.

Dengan spontan, Kevin menarik tubuh Hovonly yang terbakar dengan tangan kanannya hingga menyebabkan luka bakar. Kevin langsung membawa Hovonly ke luar rumah karena keadaan sedang hujan agar api dari tubuh korban dapat dipadamkan.

“Selanjutnya, Kevin membawa korban Hovonly ke rumah pemilik kos,” imbuh Risnawati.

Setelah menjalani perawatan selama 1 bulan lebih, Hovonly meninggal dunia karena luka bakar 50 persen. Selain itu, Kevin Julio jga mengalami luka bakar terkena bensin di tangan kanan.

“Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 187 ke-3 KUHPidana dengan ancaman hukuman 12 tahun,” tandas JPU. (eza)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Banjir Tapteng, 3 Orang Meninggal Dunia Termasuk Ortu Anggota DPRD
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 11:23 WIB

Banjir Tapteng, 3 Orang Meninggal Dunia Termasuk Ortu Anggota DPRD

Hujan deras dan angin kencang melanda Kabupaten Tapanuli Tengah, sejak Selasa (28/1/2020) sore kemarin. Akibatnya sejumlah kecamatan terendam banjir. Informasi ...
Pemko Medan Diminta Segera Perbaiki Jembatan Gantung di Jalan Avros Gang Mesjid
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 09:12 WIB

Pemko Medan Diminta Segera Perbaiki Jembatan Gantung di Jalan Avros Gang Mesjid

Wakil Ketua DPRD Medan mendesak agar Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk segera membenahi jembatan gantung yang terletak di Jalan Avros ...
Berawal dari Cekcok dengan Keluarga, Pria 46 Tahun di Air Joman Bakar Diri
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 08:55 WIB

Berawal dari Cekcok dengan Keluarga, Pria 46 Tahun di Air Joman Bakar Diri

Zainuddin alias Udin Tompel, diduga bunuh diri dengan cara bakar diri di kediamannya di Lingkungan VIII, Kelurahan Binjai Serbangan, Kecamatan ...
Banmus DPRD Batubara Belajar ke DPRD Medan
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 07:57 WIB

Banmus DPRD Batubara Belajar ke DPRD Medan

Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Medan menerima kunjungan kerja anggota DPRD Batubara, Selasa (28/1/2020). Pertemuan digelar di Ruangan Banmus, Lantai II, ...
Curi Motor Polisi dan Mahasiswa, Gembel Spesialis Curanmor Ditembak
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 07:32 WIB

Curi Motor Polisi dan Mahasiswa, Gembel Spesialis Curanmor Ditembak

Berulang kali mencuri sepedamotor dari berbagai tempat di wilayah hukum Polrestabes Medan, Andrian Sihombing alias Gembel (22), akhirnya ditangkap personel ...
2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 19:30 WIB

2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP

Rangga (14) dan Bisma (12) warga Karang Sari Kecamatan Gunung Maligas, Simalungun, 2 bocah yang sempat viral di YouTube, lantaran ...
Loading...

Loading…