Rabu, 29 Januari 2020 | 03.34 WIB
Metro24Jam>News>Soal Limbah Diduga dari PT Aquafarm, Komisi A DPRD Sergai akan Panggil Kadis Lingkungan Hidup

Soal Limbah Diduga dari PT Aquafarm, Komisi A DPRD Sergai akan Panggil Kadis Lingkungan Hidup

Sabtu, 7 September 2019 - 13:25 WIB

IMG-77600

Ketua Komisi A DPRD Sergai Junaidi S didampingi anggota saat menerima sejumlah wartawan. (Ahmad/metro24jam.com)

Loading...

SERGAI, metro24jam.com – Komisi A DPRD Serdang Bedagai berjanji akan melakukan pemanggilan terhadap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Serdang Bedagai P Tambunan terkait limbah plastik dan lainnya yang diduga berasal dari PT Aquafarm Nusantara.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi A DPRD Sergai Junaidi S saat dikonfirmasi sejumlah awak media terkait tumpukan sampah plastik diduga buangan PT Aquafarm.

“Dalam waktu dekat Komisi A akan segera panggil Kadis LH Serdang Bedagai,” kata Junaidi di ruang kerjanya, Sabtu (7/9/2019).

“Ini kita pertanyakan, sejauh mana penanganan Dinas LH terhadap dampak kerusakan lingkungan diakibatkan [limbah] PT Aquafarm,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain itu, Komisi A juga akan mempertanyakan terkait pengakuan Dinas LH yang mengatakan sudah melakukan pemantauan menggunakan drone beberapa waktu lalu.

“Pihak Dinas LH Serdang Bedagai bilang sudah memantau pakai drone tidak menemukan adanya limbah sampah. Tapi wartawan menemukan fakta adanya tumpukan sampah. Perbedaan ini akan kita pertanyakan nanti,” imbuh Junaidi.

Dia menjelaskan, banyak hal-hal akan diperdalam Komisi A saat memanggil Kadis LH Serdang Bedagai terkait temuan limbah sampah dan limbah cair diduga berasal dari PT Aquafarm tersebut.

“Dalam pertemuan nanti, Komisi A akan undang wartawan agar semua permasalahan terbuka dengan jelas,” bilangnya.

Sementara itu, anggota DPRD Serdang Bedagai dari Fraksi PPP Nur Alamsyah mengatakan, PT Aquafarm jelas melanggar UU tentang Lingkungan Hidup, jika benar telah terjadi kerusakan lingkungan yang berdampak pada kehidupan masyarakat, terutama nelayan, dari limbah buangan perusahaan tersebut.

“Pelanggaran UU tentang Lingkungan Hidup dapat diancaman hukuman pidana,” kata anggota Komisi A DPRD Sergai tersebut.

Meski begitu, secara formal, belum ada keluhan masyarakat terkait limbah yang diduga berasal dari PT Aquafarm. Hingga saat ini, baru laporan secara lisan yang diterima Komisi A.

Namun, dengan temuan limbah sampah di Dusun 7, Desa Naga Kisar, maka Komisi A akan menindaklanjuti dengan melakukan pemanggilan Kadis LH Serdang Bedagai.

“Akan kita agendakan pemanggilan Kadis LH Serdang Bedagai tentang permasalahan limbah PT Aquafarm. Karena ini menyangkut nasib masyarakat di sekitarnya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, telah ditemukan tumpukan sampah yang diduga adalah limbah dari PT Aquafarm di pinggir aliran sungai di Dusun 7, Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin Serdang Bedagai .

Namun, pihak Dinas Lingkungan hidup Sergai mengaku tak menemukan tumpukan limbah tersebut, walah telah melakukan pemantauan menggunakan drone. (mad)

BACA JUGA:
Pantau Pakai Drone, Dinas LH Sergai Mengaku Tak Temukan Limbah PT Aquafarm, Kecolongan?


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 19:30 WIB

2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP

Rangga (14) dan Bisma (12) warga Karang Sari Kecamatan Gunung Maligas, Simalungun, 2 bocah yang sempat viral di YouTube, lantaran ...
Kapolres Tapsel Serahkan Bantuan Kursi dan Meja Belajar ke SD 101019 Silangkitang
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 19:13 WIB

Kapolres Tapsel Serahkan Bantuan Kursi dan Meja Belajar ke SD 101019 Silangkitang

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib, melalui tim Huraba Reaksi Cepat (HRC) Polres Tapsel, menyerahkan bantuan berupa meja dan ...
Oknum Panitera PTUN Medan Jadi Tersangka, Polisi: AR Ditangkap Seorang Diri Bawa Sabu
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 18:21 WIB

Oknum Panitera PTUN Medan Jadi Tersangka, Polisi: AR Ditangkap Seorang Diri Bawa Sabu

Polisi akhirnya menetapkan AR, oknum Panitera Pengganti di PTUN Medan sebagai tersangka dalam kasus kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu. Kanit Reskrim ...
Hadirnya Raperda Adminduk Untuk Antisipasi Pelanggaran Sistem
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 18:16 WIB

Hadirnya Raperda Adminduk Untuk Antisipasi Pelanggaran Sistem

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan diharapkan dapat meminimalisir potensi-potensi terjadinya pekanggaran-pelanggaran sistem dan standar prosedur ...
PT Sentra Akui Mandek Bayar Pesangon Sekuriti, Janji Segera Dicicil Kembali
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 18:10 WIB

PT Sentra Akui Mandek Bayar Pesangon Sekuriti, Janji Segera Dicicil Kembali

Direktur PT Sumber Energi Sumatera (Sentra) Hendra Admaja mengakui bahwa pihaknya tertunda dalam pembayaran pesangon untuk mantan pekerja sekuriti yang ...
Gaji Tenaga Medis Tak Sesuai UMK, Komisi II DPRD Medan Akan Laporkan RS Mitra Medika
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 17:26 WIB

Gaji Tenaga Medis Tak Sesuai UMK, Komisi II DPRD Medan Akan Laporkan RS Mitra Medika

Komisi II DPRD Medan akan segera melaporkan managemen Rumah Sakit Mitra Medika di Jalan KL Yos Sudarso ke Kementerian Tenaga ...
Loading...

Loading…