Sabtu, 25 Januari 2020 | 03.59 WIB
Metro24Jam>News>Didedikasikan Donatur, Gereja Stasi St Yosef Silaen Diresmikan Bupati Tobasa

Didedikasikan Donatur, Gereja Stasi St Yosef Silaen Diresmikan Bupati Tobasa

Minggu, 25 Agustus 2019 - 20:39 WIB

IMG-76669

Bupati Darwin Siagian menandatangani prasasti disaksikan Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung dan Pastor Paroki RP Monaldus B. (Hotman/metro24jam.com)

Loading...

TOBASA, metro24jam.com – Bupati Ir Darwin Siagian meresmikan berdirinya Gereja Stasi St Yosef Silaen, Kecamatan Silaen, Toba Samosir, dengan menandatangani prasasti peresmian, Minggu (25/8/2019) siang.

Prasasti peresmian gereja yang didedikasikan oleh donatur Tahan Sibarani itu, juga ditandatangi Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFMCap didampingi Pastor Paroki RP Monaldus B.

Ketua Panitia peresmian Gereja Stasi St Yosef Silaen Selamat Siagian, membacakan sejarah awal mula berdirinya gereja tersebut sejak tahun 1939.

“Gereja pertama kali didirikan beberapa keluarga dari marga Silaen di tempat ini dengan memberikan sebidang tanah berukuran 5 x 10 meter untuk dijadikan lahan peribadatan,” jelas Selamat.

Selanjutnya, oleh simpatisan Katolik pada saat itu, dibangunlah gereja berdinding papan dengan jumlah jemaat 15 KK.

“Sejak itu, aktivitas katekese dan liturgi yang tadinya dilakukan dari rumah ke rumah dipusatkan di gereja kecil ini,” lanjutnya.

Pada tahun 1950 jumlah jemaat pun semakin bertambah mencapai 50 KK. Pertumbuhan itu membuat gereja yang kecil akhirnya tak lagi mampu mengakomodir kebutuhan umat.

“Maka, dibangunlah gereja yang lebih besar berukuran 8 x 14 meter, dan sebuah ruangan untuk kamar di samping gereja untuk memfasilitasi kunjungan pastor dari Paroki Balige yang butuh bermalam,” sambung Selamat Siagian.

Kegiatan gereja yang semakin intens kemudian membuat jumlah jemaat bertambah sehingga Stasi Silaen dimekarkan menjadi beberapa calon stasi, seiring dengan bertumbuhnya panggilan biarawan dan biarawati saat itu.

Gereja Stasi Silaen kembali dibangun permanen di sebelah gereja lama yang diresmikan penggunaannya dan diberkati oleh Uskup Agung Medan Mgr Pius Datubara OFMCap, saat Kepala Paroki Balige dijabat Pastor Asterius Van Reen OFMCap.

“Seiring waktu, setelah itu gereja lama pun dibongkar pada tahun 2017. Para pengurus Dewan Stasi bersepakat untuk merenovasi gereja yang sudah ada melalui seorang donatur, Tahan Sibarani, yang terdorong untuk membantu proses pembangunan gereja baru dengan desain yang disepakati,” urainya.

“Bangunan gereja baru ini mengadopsi arsitektur tradisional Batak yang akan memakan biaya Rp7.613.000.000,” papar Selamat Siagian yang disambut tepuk tangan gemuruh dari seluruh undangan.

Sementara itu, Sintua Stasi St Yosef Silaen Saut Aritonang ketika diwawancarai metro24jam mengatakan, untuk acara tersebut, pihak gereja Stasi Silaen telah menyebar sebanyak 3000 undangan.

“Tapi yang hadir saya rasa lebih 3000 orang, sebab masing-masing tamu rata rata membawa anak mereka. Bapak Tahan Sibarani juga menyumbangkan 10 unit sepedamotor bebek jenis Supra, 10 unit sepeda sport. Sembilan unit sepedamotor itu untuk inventaris Gereja Stasi Silaen dan satu unit untuk pemenang Luckydraw,” ungkap Saut.

Tahan Sibarani saat menandatangani prasasti. (Hotman/metro24jam.com)

Sementara itu, Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian dalam sambutannya mengatakan, pembangunan gereja yang mengadopsi arsitektur tradisional batak dengan motif Gorga menunjukkan kekayaan budaya Indonesia yang besar.

Dijelaskannya, Pemkab Tobasa menyumbangkan dana sekitar Rp50 juta untuk pembangunan Gereja Stasi St Yosef Silaen.

“Dengan adanya Gereja Stasi St Yosef Silaen ini, jemaat agar merawatnya dengan baik dan semakin semangat dalam beribadah setiap minggunya,” pungkas Darwin.

Turut hadir dalam acara peresmian ini Ketua DPC Partai Demokrat Tobasa Robinson Tampubolon, Brigjen Pol Purn Timbul Silaen, Sumoring Silaen, anggota DPRD Tobasa Tua Parasian Silaen SE, Koramil/14 Silaen mewakili Dandim 0210/TU Rico Siagian, Kapolsek Silaen R Tampubolon mewakili Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo Sik, Camat Silaen Sedi Lumbanraja SE, tokoh masyarakat Soduon Silaen, Kades Silaen Baringin Silaen ST. (Hotman)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Perumnas Mandala Memanas, 2 Kelompok Warga Saling Serang, Diduga Buntut Penertiban Lapo Tuak
Metro 24 Jam - Sabtu, 25 Januari 2020 - 03:33 WIB

Perumnas Mandala Memanas, 2 Kelompok Warga Saling Serang, Diduga Buntut Penertiban Lapo Tuak

Ratusan masa dari dua kubu terlibat aksi saling serang mengunakan batu di seputaran Jalan Belibis dan Rajawali, Perumnas Mandala, Kelurahan ...
Pemilik Toko Kelontong Ditikam dan Dirampok, Suami Korban Sempat Bertemu Pelaku
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 19:43 WIB

Pemilik Toko Kelontong Ditikam dan Dirampok, Suami Korban Sempat Bertemu Pelaku

Ernika Saragih (51), terkapar setelah ditikam perampok di dalam Toko Citra, di Jalan Lintas sumatera Desa Binjai Baru, Kecamatan Datuk ...
Pria Asal Perbaungan Rampok dan Tikam Wanita Pemilik Toko Kelontong di Batubara
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 19:02 WIB

Pria Asal Perbaungan Rampok dan Tikam Wanita Pemilik Toko Kelontong di Batubara

Ernika Saragih (51), terkapar akibat ditikam seorang perampok di dalam toko kelontongnya di Jalan Lintas sumatera Desa Binjai Baru, Kecamatan ...
Ketua TP PKK Sergai Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 18:08 WIB

Ketua TP PKK Sergai Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Ketua TP PKK Kabupaten Serdang Bedagai Hj Marliah Soekirman meminta warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Imbauan itu disampaikan melalui ...
Resmikan Warkop Jurnalis Lubukpakam, Kombes Yemi: Goreng Pisang Raja dan Kopinya Mantap!
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 18:00 WIB

Resmikan Warkop Jurnalis Lubukpakam, Kombes Yemi: Goreng Pisang Raja dan Kopinya Mantap!

Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi meresmikan Warkop Jurnalis Warung Pohon Seri, di depan Mapolresta Deliserdang, Jalan Sudirman, Lubukpakam, Jum'at ...
Sambut Imlek, Polres dan Forkopimda Tanjungbalai Gelar Gotong-royong
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 17:45 WIB

Sambut Imlek, Polres dan Forkopimda Tanjungbalai Gelar Gotong-royong

Menyambut Tahun Baru Imlek 2571/2020, personel Polres bersama Forkopimda dan Ormas Lintas Agama Islam, Kristen dan FKUB Kota Tanjungbalai melaksanakan ...
Loading...

Loading…