Jumat, 22 November 2019 | 12.46 WIB
Metro24Jam>News>Serba-serbi Kegiatan Jamaah Kloter 7 MES Usai Wukuf di Arafah

Serba-serbi Kegiatan Jamaah Kloter 7 MES Usai Wukuf di Arafah

Selasa, 13 Agustus 2019 - 12:01 WIB

IMG-75759

Ketua TPHD Kloter 7 MES Ir H Soekirman seusai melempar jumrah. (ist/metro24jam.com)

SERGAI, metro24jam.com – Jamaah haji yang tergabung dalam MES 7 (Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Nias) pimpinan TPIHI H Sarifuddin Daulay melaksanakan sholat subuh berjamaah dipimpin Imam H Jairan dan doa oleh H Sulaiman mewarnai suasana maktab 6 grup 2.

Ketua TPHD Sergai Ir H Soekirman dalam keterangannya Senin (12/8/2019) malam mengatakan, doa khusyuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT, serta memohon agar Indonesia umumnya serta Provinsi Sumatera Utara, dan khususnya Serdang Begadai dapat mencapai ‘baldatun toyyibatun warobbun ghafur’.

“Dalam doa para jamaah yang khusuk pagi itu juga dipanjatkan doa khusus untuk pembangunan Masjid Agung Sergai agar diberi kemudahan dan dapat selesai sesuai dengan harapan masyarakat,” sebut Soekirma.

Dalam perjalanan menuju Jamarat, tambahnya, tidak henti-hentinya dibaca takbir dan tahmid. Suasana semakin ramai karena jamaah daerah lain secara kafilah juga melantunkan takbir dan tahmid.

“Jika berpapasan dengan negara lain selalu bertegur sapa, Indonesia Assalamualaikum brother muslim,” cerita Soekirman.

Selanjutnya sekitar pukul 07 Waktu Arab Saudi (WAS), pelontaran jamarat di tiga pilar berlangsung yakni Ula, Ustha dan Aqobah, masing-masung 7 butir batu krikil yang sudah disiapkan dari maktab.

“Bagi yang sudah selesai masih melempar batu dari titipan teman, kerabat yang tidak sanggup karena alasan fisik dan lansia,” ujarnya.

Sementara itu kloter 7 MES mengambil posisi jamarat di lantai 2, insya Allah jika dilakukan pada pagi hari, tidak terlalu padat dan tidak ada masalah.

Hal yang kondusif tersebut terjadi karena jamaah patuh pada jadwal. Saat melontar sudah diatur oleh sektor agar pada jam tertentu sudah di antisipasi agar tidak ada jamaah yang cedera akibat berdesak-desakan.

Bagi Takjil ke Jamaah Negara Lain

Selain melakukan serangkaian ibadah rukun haji, juga dilaksanakan gerakan simpati dari MES 7 yaitu Gerakan Amal Saleh (GAS).

Jamaah Kloter 7 MES berbagi takjil. (ist/metro24jam.com)

“Subhanallah, makanan, buah dan minuman berlebih dan selalu ada di maktab. Sementara jamaah tidak makan berlebihan atau pola hidup sederhana selalu dipraktekkan,” lanjut Soekirman.

Dipimpin Ketua Kloter, karom, karu menggelar kegiatan sadaqoh yang mengambil lokasi di King Fadh Road, persis disisi belakang maktab.

“Banyak saudara muslim dari negara lain seperti Nigeria, Burkina Faso, India, Sudan dan lainnya yang melintas disana menerima takjil dengan hati senang gembira,” katanya.

Hal itu, jelas Soekirman, menggambarkan ukhuwah islamiyah sekaligus rasa humanisme tanpa memandang golongan aliran atau bangsa, serta menjadikan jalan amal jariah yang menunjukkan kepribadian jamaah yang bermartabat dari Sumut.

Buang Sampah

Selain itu, seperti sudah menjadi kebiasaan, meskipun ada petugas kebersihan, jamaah sumut MES 07 tidak betah melihat sampah bertebaran di mana-mana.

Jamaah Kloter 7 MES mengumpulkan sampah. (ist/metro24jam.com)

Petugas yang terbatas tidak serta merta hadir di maktab. Para Karom dan Karu serta koordinasi dengan Kloter dan TPIHI spontas melakukan Gerakan Jamaah Peduli Sampah (GERJAPPAH).

Para haji yang baru tahallul ini mengutip mulai dari sampah diri sendiri, sampah maktap, dan sampah sekitar sektor 6. Dengan gotong royong sekali lagi segala masalah bisa diselesaikan dengan baik.

“Mudah-mudah sampai pulang ke tanah air gerakan ini bisa dilanjutkan dengan Gerakan Haji Peduli Sampah (GERHAPPAH). Kebersihan adalah bahagian dari iman, insya Allah Haji Mabrur dimulai dari hal-hal kecil, maslahat, dan untuk kebaikan umat serta lingkungan hidup,” pungkasnya. (mad)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Tilapia PT Aquafarm Nusantara Termasuk 6 Besar Produk Ekspor Perikanan Jateng 2019
Metro 24 Jam - Jumat, 22 November 2019 - 10:30 WIB

Tilapia PT Aquafarm Nusantara Termasuk 6 Besar Produk Ekspor Perikanan Jateng 2019

Volume ekspor produk prikanan provinsi Jawa Tengah tahun 2019 terjadi peningkatan. PT Aquafarm Nusantara Semarang merupakan salahsatu pendukung peningkatan produk ...
1 dari 3 Korban Selamat Kapal Tersambar Petir di Nias Selatan Dilaporkan Meninggal Dunia
Metro 24 Jam - Kamis, 21 November 2019 - 20:52 WIB

1 dari 3 Korban Selamat Kapal Tersambar Petir di Nias Selatan Dilaporkan Meninggal Dunia

Salah seorang awak kapal KM Restu Bundo, yang sebelumnya dilaporkan selamat dilaporkan telah meninggal dunia di Pulau Pini. Informasi yang ...
Kapal Nelayan Disambar Petir di Perairan Nias, 3 ABK Selamat Pakai Jerigen, 4 Masih Dicari
Metro 24 Jam - Kamis, 21 November 2019 - 19:49 WIB

Kapal Nelayan Disambar Petir di Perairan Nias, 3 ABK Selamat Pakai Jerigen, 4 Masih Dicari

Empat nelayan masih dinyatakan hilang setelah kapal mereka KM Restu Bundo GT5 yang membawa 7 awak termasuk nakhoda, tersambar petir ...
Ayah dan Putrinya Nyaris Terpanggang di Rumah, Katanya Ada Yang Bakar, TKP: Jalan Garu VI
Metro 24 Jam - Kamis, 21 November 2019 - 19:17 WIB

Ayah dan Putrinya Nyaris Terpanggang di Rumah, Katanya Ada Yang Bakar, TKP: Jalan Garu VI

Sejahtera Eka Putra Ginting alias Putra (48) dan gadis ciliknya Putri Nur Taliyah Ginting (11) nyaris terbakar hidup-hidup di kediaman ...
Dipolisikan Ibunya Karena Curi Sepedamotor dari Rumah, Pemuda Ini dan Penadahnya Gol!
Metro 24 Jam - Kamis, 21 November 2019 - 18:09 WIB

Dipolisikan Ibunya Karena Curi Sepedamotor dari Rumah, Pemuda Ini dan Penadahnya Gol!

Kesal dengan ulah anaknya, seorang ibu akhirnya memberi pelajaran berharga bagi putranya. Muhammand Waliyuddin dilaporkan ibu kandungnya, Natila Giawa, ke ...
Lompat ke Depan Kereta Api Melintas, Tubuh Pasaaribu Langsung Terbelah Dua
Metro 24 Jam - Kamis, 21 November 2019 - 17:32 WIB

Lompat ke Depan Kereta Api Melintas, Tubuh Pasaaribu Langsung Terbelah Dua

Warga Jalan Baru, Desa Tembung, Kecamatan Percut Tuan, dihebohkan aksi maut seorang pria, Kamis (21/11/2019) sekira jam 10.00 Wib.Seorang warga ...
Loading...

Loading…