Jumat, 23 Agustus 2019 | 13.34 WIB
Metro24Jam>News>Dinas PMD Asahan Dukung Inovasi Desa Indonesia Pintar Lewat BUMDes

Dinas PMD Asahan Dukung Inovasi Desa Indonesia Pintar Lewat BUMDes

Selasa, 13 Agustus 2019 - 11:41 WIB

IMG-75754

ASAHAN, metro24jam.com – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Syamsudin MM berharap seluruh desa di Asahan bisa menjalankan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hal itu diungkapkan Syamsudin di sela acara Kunjungan Project Bumdes Nasional Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal bekerjasama dengan MNC Group di Desa Subur, Senin (12/8/2019).

Turut hadir dalam acara itu Kabid UEM PMD Muad, seluruh Tenaga Ahli (TA) Kemendesri Kabupaten Asahan, PD, PDTI, PLD Kecamatan Air Joman, Kepala Desa Subur Zailaini, Ketua BUMDes Subur Makmur Baizuri, Ketua BPD, LPM dan Kadus.

“Ekonomi desa melalui dorongan dan penguatan kapasitas BUMDes ini menjadi fokus pemerintah pusat maupun daerah. Tujuannya tidak lain untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa,” jelas Syamsuddin kepada metro24jam.com.

Dikatakannya, setiap desa mempunyai keunggulan atau inovasi masing-masing. Sehingga, keberadaan BUMDes bisa mengembangkan produk unggulannya yang pada akhirnya berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes), serta peningkatan pembangunan desa.

“Terlebih jika dikaitkan dengan program Satu Desa Satu Produk, maka polanya dinaungi BUMDes,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan, bahwa saat ini di Kabupaten Asahan hanya beberapa BUMDes saja yang ‘existed’ atau terlihat keberadaannya. Sehingga, BUMDes lainnya perlu didorong bersama-sama agar kembali hidup, tak terkecuali oleh setiap pemerintah desanya.

Senada denganitu, Kabid UEM Muad juga berharap BUMDes di Kabupaten Asahan bisa bergeliat. “Kami mencoba mengirimkan pengelola BUMDes dari Desa Subur Kecamatan Air Joman untuk mengikuti Bimtek atau pembinaan yang dilaksanakan PMDSU pada berbagai kesempatan,” ujarnya.

Bahkan, belum lama ini pihaknya mengirimkan pengelola BUMDes se-Asahan untuk mengikuti Bimtek dan pameran produk unggulan BUMDes di Medan.

“Selain itu, kita juga akan sering membantu pengelolaan dan pengembangan BUMDes, khususnya di Asahan. Kita ambil contohnya seperti BUMDes Desa Subur Makmur yang di ketua Bazuri,” katanya.

Program BUMDes Subur Makmur, menurut Muad, akan dijadikan pilot project nasional.

“Karena Bumdes Subur Makmur ini banyak unit usahanya, seperti jasa pelayanan bidang perbankan merangkul BNI 46 Bidang Transfer jasa pelayanan transaksi, listrik, pulsa, air PDAM dan lain lain. Ada juga industri kreatif rumah tangga, usaha Air isi ulang,” urainya.

Muad berharap, BUMDes Subur Makmur ini nantinya dapat memberikan pelayanan yang terbaik buat desa. “Dan tentunya akan diselaraskan dengan visi misi Bupati Asahan H Surya BSc,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Subur Zailaini menambahkan, penting bagi seluruh BUMDes di Subur bisa ‘menggeliat’ demi peningkatan perekonomian desa.

Bahkan, Kementerian PDTT menyarankan BUMDes yang ada di desa-desa untuk segera melakukan kolaborasi atau kerjasama antar BUMDes di sekitarnya.

“Jadi membentuk BUMDes bersama untuk bisa melihat hasil skala ekonomi yang lebih besar atau lebih tinggi. Ini juga seiring sejalan menjalin kerja sama dengan Dinas PMD Asahan,” katanya. (Dir)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Disergap di Kebun Durian, Kaki Bandar Sabu Kisaran Ditembus 2 Peluru
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:34 WIB

Disergap di Kebun Durian, Kaki Bandar Sabu Kisaran Ditembus 2 Peluru

Personel Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan berhasil meringkus 2 pria terduga pengedar sabu, di areal kebun durian, Jalan Durian, Kelurahan ...
Jalin Kerjasama dengan Media dan Wartawan, Polsek Percut Sei Tuan Aktifkan Humas
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:00 WIB

Jalin Kerjasama dengan Media dan Wartawan, Polsek Percut Sei Tuan Aktifkan Humas

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Aris Wibowo SIK mengajak para jurnalis makan malam bersama di RM Ayam Penyet Rahmad, yang ...
Gagal Jambret HP di Jalan Gajah Mada, Dua Pria Ini ‘Dipermak’ Massa
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:45 WIB

Gagal Jambret HP di Jalan Gajah Mada, Dua Pria Ini ‘Dipermak’ Massa

Dua pria warga Kecamatan Medan Sunggal terpaksa diboyong ke rumah sakit sebelum ditahan di Polsek Medan Baru, Selasa (20/8/2019) kemarin. ...
Ditabrak Avanza di Jalan Sutomo Siantar, Warga Pria 65 Tahun Kritis di RS
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:27 WIB

Ditabrak Avanza di Jalan Sutomo Siantar, Warga Pria 65 Tahun Kritis di RS

Murli (65)--warga Jalan Serdang, Kelurahan Banjar, Siantar Barat--harus mendapat perawatan intensif di RS Tiara, akibat ditabrak mobil saat menyeberang jalan, ...
Dikibusi Warga Pegang Sabu, Pedagang Emas Keliling Asal Tanjung Tiram Ditangkap di Senio
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:35 WIB

Dikibusi Warga Pegang Sabu, Pedagang Emas Keliling Asal Tanjung Tiram Ditangkap di Senio

Ada-ada saja ulah dua pria yang mengaku sebagai pedagang jual beli emas keliling ini. Di sela-sela kegiatannya merambah ke desa-desa, ...
Tak Kunjung Diberangkatkan ke Negara Suaka, Ratusan Imigran Demo ke Kantor UNHCR Medan
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:15 WIB

Tak Kunjung Diberangkatkan ke Negara Suaka, Ratusan Imigran Demo ke Kantor UNHCR Medan

Para imigran pencari suaka dari berbagai negara berunjuk rasa di depan kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), Jalan ...
Loading...

Loading…