Jumat, 22 November 2019 | 11.42 WIB
Metro24Jam>News>Dinas PMD Asahan Dukung Inovasi Desa Indonesia Pintar Lewat BUMDes

Dinas PMD Asahan Dukung Inovasi Desa Indonesia Pintar Lewat BUMDes

Selasa, 13 Agustus 2019 - 11:41 WIB

IMG-75754

ASAHAN, metro24jam.com – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Syamsudin MM berharap seluruh desa di Asahan bisa menjalankan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hal itu diungkapkan Syamsudin di sela acara Kunjungan Project Bumdes Nasional Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal bekerjasama dengan MNC Group di Desa Subur, Senin (12/8/2019).

Turut hadir dalam acara itu Kabid UEM PMD Muad, seluruh Tenaga Ahli (TA) Kemendesri Kabupaten Asahan, PD, PDTI, PLD Kecamatan Air Joman, Kepala Desa Subur Zailaini, Ketua BUMDes Subur Makmur Baizuri, Ketua BPD, LPM dan Kadus.

“Ekonomi desa melalui dorongan dan penguatan kapasitas BUMDes ini menjadi fokus pemerintah pusat maupun daerah. Tujuannya tidak lain untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa,” jelas Syamsuddin kepada metro24jam.com.

Dikatakannya, setiap desa mempunyai keunggulan atau inovasi masing-masing. Sehingga, keberadaan BUMDes bisa mengembangkan produk unggulannya yang pada akhirnya berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes), serta peningkatan pembangunan desa.

“Terlebih jika dikaitkan dengan program Satu Desa Satu Produk, maka polanya dinaungi BUMDes,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan, bahwa saat ini di Kabupaten Asahan hanya beberapa BUMDes saja yang ‘existed’ atau terlihat keberadaannya. Sehingga, BUMDes lainnya perlu didorong bersama-sama agar kembali hidup, tak terkecuali oleh setiap pemerintah desanya.

Senada denganitu, Kabid UEM Muad juga berharap BUMDes di Kabupaten Asahan bisa bergeliat. “Kami mencoba mengirimkan pengelola BUMDes dari Desa Subur Kecamatan Air Joman untuk mengikuti Bimtek atau pembinaan yang dilaksanakan PMDSU pada berbagai kesempatan,” ujarnya.

Bahkan, belum lama ini pihaknya mengirimkan pengelola BUMDes se-Asahan untuk mengikuti Bimtek dan pameran produk unggulan BUMDes di Medan.

“Selain itu, kita juga akan sering membantu pengelolaan dan pengembangan BUMDes, khususnya di Asahan. Kita ambil contohnya seperti BUMDes Desa Subur Makmur yang di ketua Bazuri,” katanya.

Program BUMDes Subur Makmur, menurut Muad, akan dijadikan pilot project nasional.

“Karena Bumdes Subur Makmur ini banyak unit usahanya, seperti jasa pelayanan bidang perbankan merangkul BNI 46 Bidang Transfer jasa pelayanan transaksi, listrik, pulsa, air PDAM dan lain lain. Ada juga industri kreatif rumah tangga, usaha Air isi ulang,” urainya.

Muad berharap, BUMDes Subur Makmur ini nantinya dapat memberikan pelayanan yang terbaik buat desa. “Dan tentunya akan diselaraskan dengan visi misi Bupati Asahan H Surya BSc,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Subur Zailaini menambahkan, penting bagi seluruh BUMDes di Subur bisa ‘menggeliat’ demi peningkatan perekonomian desa.

Bahkan, Kementerian PDTT menyarankan BUMDes yang ada di desa-desa untuk segera melakukan kolaborasi atau kerjasama antar BUMDes di sekitarnya.

“Jadi membentuk BUMDes bersama untuk bisa melihat hasil skala ekonomi yang lebih besar atau lebih tinggi. Ini juga seiring sejalan menjalin kerja sama dengan Dinas PMD Asahan,” katanya. (Dir)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Tilapia PT Aquafarm Nusantara Termasuk 6 Besar Produk Ekspor Perikanan Jateng 2019
Metro 24 Jam - Jumat, 22 November 2019 - 10:30 WIB

Tilapia PT Aquafarm Nusantara Termasuk 6 Besar Produk Ekspor Perikanan Jateng 2019

Volume ekspor produk prikanan provinsi Jawa Tengah tahun 2019 terjadi peningkatan. PT Aquafarm Nusantara Semarang merupakan salahsatu pendukung peningkatan produk ...
1 dari 3 Korban Selamat Kapal Tersambar Petir di Nias Selatan Dilaporkan Meninggal Dunia
Metro 24 Jam - Kamis, 21 November 2019 - 20:52 WIB

1 dari 3 Korban Selamat Kapal Tersambar Petir di Nias Selatan Dilaporkan Meninggal Dunia

Salah seorang awak kapal KM Restu Bundo, yang sebelumnya dilaporkan selamat dilaporkan telah meninggal dunia di Pulau Pini. Informasi yang ...
Kapal Nelayan Disambar Petir di Perairan Nias, 3 ABK Selamat Pakai Jerigen, 4 Masih Dicari
Metro 24 Jam - Kamis, 21 November 2019 - 19:49 WIB

Kapal Nelayan Disambar Petir di Perairan Nias, 3 ABK Selamat Pakai Jerigen, 4 Masih Dicari

Empat nelayan masih dinyatakan hilang setelah kapal mereka KM Restu Bundo GT5 yang membawa 7 awak termasuk nakhoda, tersambar petir ...
Ayah dan Putrinya Nyaris Terpanggang di Rumah, Katanya Ada Yang Bakar, TKP: Jalan Garu VI
Metro 24 Jam - Kamis, 21 November 2019 - 19:17 WIB

Ayah dan Putrinya Nyaris Terpanggang di Rumah, Katanya Ada Yang Bakar, TKP: Jalan Garu VI

Sejahtera Eka Putra Ginting alias Putra (48) dan gadis ciliknya Putri Nur Taliyah Ginting (11) nyaris terbakar hidup-hidup di kediaman ...
Dipolisikan Ibunya Karena Curi Sepedamotor dari Rumah, Pemuda Ini dan Penadahnya Gol!
Metro 24 Jam - Kamis, 21 November 2019 - 18:09 WIB

Dipolisikan Ibunya Karena Curi Sepedamotor dari Rumah, Pemuda Ini dan Penadahnya Gol!

Kesal dengan ulah anaknya, seorang ibu akhirnya memberi pelajaran berharga bagi putranya. Muhammand Waliyuddin dilaporkan ibu kandungnya, Natila Giawa, ke ...
Lompat ke Depan Kereta Api Melintas, Tubuh Pasaaribu Langsung Terbelah Dua
Metro 24 Jam - Kamis, 21 November 2019 - 17:32 WIB

Lompat ke Depan Kereta Api Melintas, Tubuh Pasaaribu Langsung Terbelah Dua

Warga Jalan Baru, Desa Tembung, Kecamatan Percut Tuan, dihebohkan aksi maut seorang pria, Kamis (21/11/2019) sekira jam 10.00 Wib.Seorang warga ...
Loading...

Loading…