Minggu, 8 Desember 2019 | 19.40 WIB
Metro24Jam>News>7 Kadus di Desa Perkebunan Petatal Berencana Adukan Mantan Kades ke Polres Batubara

7 Kadus di Desa Perkebunan Petatal Berencana Adukan Mantan Kades ke Polres Batubara

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:09 WIB

IMG-73945

Tuminan (kiri) dan Supianto. (ist/metro24jam.com)

BATUBARA, metro24jam.com – Sebanyak 7 kepala dusun dan tokoh masyarakat di Desa Perkebunan Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batubara, berencana melaporkan mantan Kades mereka ke Polres Batubara.

Mereka berharap Polres Batubara bisa menyelidiki dugaan korupsi dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan mantan Kades Perkebunan Petatal IT dan mantan Pj Kades Perkebunan Petatal, SN, yang juga istri IT.

Hal itu diungkapkan Tuminan selaku Kadus V, Desa Perkebunan Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar serta tokoh masyarakat Supianto kepada wartawan, Senin (22/07/2019).

Menurut Supianto, dugaan penyimpangan yang telah dilakukan IT dan istrinya SN, adalah proyek pengerjaan rabat beton sepanjang 246 meter di Dusun VI, Desa Perkebunan Petatal.

Pembangunan yang menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2018 senilai Rp150 juta itu seharusnya sudah selesai pada tahun berjalan, tapi ternyata baru dikerjakan pada 4 Februari 2019.

Sementara itu, Kadus Tuminan mengatakan, dia akan mengadukan soal honor mereka yang diduga digelapkan IT.

“Waktu tahun 2018 lalu, kamis menandatangani menerima untuk 5 bulan (Agustus-Desember 2018), tapi hanya 3 bulan yang diterima,” kata Tuminan.

Saat itu Pj Kades SN berjanji akan melunasi kekurangannya pada 30 Desember 2018. “Tapi sampai sekarang tak dibayar. Dia pun udah tidak lagi menjabat sebagai Pj Kades,” beber Tuminan.

Para Kadus dan tokoh masyarakat tersebut juga akan mengadukan soal pengelolaan BUMDes Bersama milik Pemerintah Desa Perkebunan Petatal.

Menurut mereka, IT yang saat ini menjabat sebagai Ketua BUMDes tersebut telah mengambil keuntungan pribadi dari sana.

Sementara itu, Pj Kades saat ini, Aswandi SPd, mengaku tidak ada laporan pertanggungjawan BUMDes yang didirikan tahun 2017 lalu.

Padahal, pada saat SN menjabat sebagai Pj Kades, telah telah dialokasikan tambahan penyertaan modal sebesar Rp100 juta lagi.

Sementara modal awal tahun 2017 sebesar Rp150 juta ditambah Rp30 juta pada 2018, hingga saat ini tak jelas juntrungannya alias tidak ada laporan pertanggungjawaban.

Sekretaris dan Bendahara BUMDes saat ini sudah mengundurkan diri, diduga karena tidak diikutsertakan dalam pengelolaan badan usaha desa itu.

“Belum lagi aset sepedamotor dinas untuk Sektetaris Desa yang dipakai IT. Sementara sepedamotor dinas Kades diberikan kepada Sekdes,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Tuminan, sepedamotor dinas Sekdes yang dipakai IT kemudian mengalami tabrakan di Bunut, Asahan.

“Sekarang sudah dikembalikan ke [pemerinta] desa, tapi rangka saja,” katanya.

Tuminan dan rekan-rekan sejawatnya meminta Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang segera melakukan penyidikan terkait dugaan korupsi dan penyalahgunaan wewenang oleh IT dan SN, demi menyelamatkan uang negara.

Adapun para Kadus yang rencananya melaporkan hal itu adalah Kadus 1 Paimin, Kadus 2 Rahmat Nasution, Kadus 3 Sugiono, Kadus 4 Saring, Kadus 5 Tuminan, Kadus 6 Suyetno dan Kadus 8 Arsak, bersama 2 warga yakni Supianto dan Jarno. (fik)

BACA JUGA:
BUMDes Bersama Desa Petatal Dituding Tertutup dan Jadi Ajang Kepentingan Pribadi


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
H Surya Komit Tak Ambil Fee Proyek dan Entaskan Kemiskinan di Asahan (Tapi Belum Kantongi Data)
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 18:14 WIB

H Surya Komit Tak Ambil Fee Proyek dan Entaskan Kemiskinan di Asahan (Tapi Belum Kantongi Data)

Plt Bupati Asahan H Surya BSc menegaskan komitmennya tidak menerima fee atas pengadaan barang maupun proyek pembangunan yang menggunakan APBD ...
Puluhan Warga Keracunan di Desa Lubuk Palas, Polisi Periksa Saksi dan Amankan Sisa Makanan
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 18:03 WIB

Puluhan Warga Keracunan di Desa Lubuk Palas, Polisi Periksa Saksi dan Amankan Sisa Makanan

Unit Reskrim Polsek Airjoman melakukan meminta keterangan dari para korban keracunan guna keperluan penyelidikan, di Puskesmas Binjai Serbangan, Kecamatan Airjoman, ...
Muhammad Ridwan Siap Bersaing dengan Senior di Pilkada Labuhanbatu 2020
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 17:52 WIB

Muhammad Ridwan Siap Bersaing dengan Senior di Pilkada Labuhanbatu 2020

Muhammad Ridwan SIP (32), ikut meramaikan kontestasi Bakal Calon Bupati Labuhanbatu untuk Pilkada 2020 mendatang. Sebagai generasi milenial, Ridwan ...
Ribuan Warga Siantar Ikuti Jalan Santai Car Free Day Peringatan Hari Ibu
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 17:33 WIB

Ribuan Warga Siantar Ikuti Jalan Santai Car Free Day Peringatan Hari Ibu

Walikota Pematangsiantar Hefriansyah SE MM melepas ribuan peserta gerak jalan santai Car Free Day bertajuk 'Peringatan Hari Ibu' dari depan ...
Nyambi Bantu Bandar Sabu, Buruh Bangunan di Desa Pon Ini Tertangkap Sendirian, Bosnya Kabur
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 17:16 WIB

Nyambi Bantu Bandar Sabu, Buruh Bangunan di Desa Pon Ini Tertangkap Sendirian, Bosnya Kabur

Menyambi untuk mendapatkan penghasilan tambahan memang tak dilarang. Tapi apa yang dilakukan pria bernama Taupik Rahman ini terbukti menjadi petaka ...
Maju Kembali di Labuhanbatu, dr Tigor Panusunan Ingin Obati Hati Rakyat
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 16:52 WIB

Maju Kembali di Labuhanbatu, dr Tigor Panusunan Ingin Obati Hati Rakyat

Konstentasi di Pilkada Labuhanbatu 2020 sepertinya akan menjadi persaingan sengit. Sejumlah tokoh ikut bursa pertarungan politik tersebut, termasuk Bupati Labuhanbatu ...
Loading...

Loading…