Jumat, 23 Agustus 2019 | 13.28 WIB
Metro24Jam>News>7 Kadus di Desa Perkebunan Petatal Berencana Adukan Mantan Kades ke Polres Batubara

7 Kadus di Desa Perkebunan Petatal Berencana Adukan Mantan Kades ke Polres Batubara

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:09 WIB

IMG-73945

Tuminan (kiri) dan Supianto. (ist/metro24jam.com)

BATUBARA, metro24jam.com – Sebanyak 7 kepala dusun dan tokoh masyarakat di Desa Perkebunan Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batubara, berencana melaporkan mantan Kades mereka ke Polres Batubara.

Mereka berharap Polres Batubara bisa menyelidiki dugaan korupsi dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan mantan Kades Perkebunan Petatal IT dan mantan Pj Kades Perkebunan Petatal, SN, yang juga istri IT.

Hal itu diungkapkan Tuminan selaku Kadus V, Desa Perkebunan Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar serta tokoh masyarakat Supianto kepada wartawan, Senin (22/07/2019).

Menurut Supianto, dugaan penyimpangan yang telah dilakukan IT dan istrinya SN, adalah proyek pengerjaan rabat beton sepanjang 246 meter di Dusun VI, Desa Perkebunan Petatal.

Pembangunan yang menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2018 senilai Rp150 juta itu seharusnya sudah selesai pada tahun berjalan, tapi ternyata baru dikerjakan pada 4 Februari 2019.

Sementara itu, Kadus Tuminan mengatakan, dia akan mengadukan soal honor mereka yang diduga digelapkan IT.

“Waktu tahun 2018 lalu, kamis menandatangani menerima untuk 5 bulan (Agustus-Desember 2018), tapi hanya 3 bulan yang diterima,” kata Tuminan.

Saat itu Pj Kades SN berjanji akan melunasi kekurangannya pada 30 Desember 2018. “Tapi sampai sekarang tak dibayar. Dia pun udah tidak lagi menjabat sebagai Pj Kades,” beber Tuminan.

Para Kadus dan tokoh masyarakat tersebut juga akan mengadukan soal pengelolaan BUMDes Bersama milik Pemerintah Desa Perkebunan Petatal.

Menurut mereka, IT yang saat ini menjabat sebagai Ketua BUMDes tersebut telah mengambil keuntungan pribadi dari sana.

Sementara itu, Pj Kades saat ini, Aswandi SPd, mengaku tidak ada laporan pertanggungjawan BUMDes yang didirikan tahun 2017 lalu.

Padahal, pada saat SN menjabat sebagai Pj Kades, telah telah dialokasikan tambahan penyertaan modal sebesar Rp100 juta lagi.

Sementara modal awal tahun 2017 sebesar Rp150 juta ditambah Rp30 juta pada 2018, hingga saat ini tak jelas juntrungannya alias tidak ada laporan pertanggungjawaban.

Sekretaris dan Bendahara BUMDes saat ini sudah mengundurkan diri, diduga karena tidak diikutsertakan dalam pengelolaan badan usaha desa itu.

“Belum lagi aset sepedamotor dinas untuk Sektetaris Desa yang dipakai IT. Sementara sepedamotor dinas Kades diberikan kepada Sekdes,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Tuminan, sepedamotor dinas Sekdes yang dipakai IT kemudian mengalami tabrakan di Bunut, Asahan.

“Sekarang sudah dikembalikan ke [pemerinta] desa, tapi rangka saja,” katanya.

Tuminan dan rekan-rekan sejawatnya meminta Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang segera melakukan penyidikan terkait dugaan korupsi dan penyalahgunaan wewenang oleh IT dan SN, demi menyelamatkan uang negara.

Adapun para Kadus yang rencananya melaporkan hal itu adalah Kadus 1 Paimin, Kadus 2 Rahmat Nasution, Kadus 3 Sugiono, Kadus 4 Saring, Kadus 5 Tuminan, Kadus 6 Suyetno dan Kadus 8 Arsak, bersama 2 warga yakni Supianto dan Jarno. (fik)

BACA JUGA:
BUMDes Bersama Desa Petatal Dituding Tertutup dan Jadi Ajang Kepentingan Pribadi


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Disergap di Kebun Durian, Kaki Bandar Sabu Kisaran Ditembus 2 Peluru
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:34 WIB

Disergap di Kebun Durian, Kaki Bandar Sabu Kisaran Ditembus 2 Peluru

Personel Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan berhasil meringkus 2 pria terduga pengedar sabu, di areal kebun durian, Jalan Durian, Kelurahan ...
Jalin Kerjasama dengan Media dan Wartawan, Polsek Percut Sei Tuan Aktifkan Humas
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:00 WIB

Jalin Kerjasama dengan Media dan Wartawan, Polsek Percut Sei Tuan Aktifkan Humas

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Aris Wibowo SIK mengajak para jurnalis makan malam bersama di RM Ayam Penyet Rahmad, yang ...
Gagal Jambret HP di Jalan Gajah Mada, Dua Pria Ini ‘Dipermak’ Massa
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:45 WIB

Gagal Jambret HP di Jalan Gajah Mada, Dua Pria Ini ‘Dipermak’ Massa

Dua pria warga Kecamatan Medan Sunggal terpaksa diboyong ke rumah sakit sebelum ditahan di Polsek Medan Baru, Selasa (20/8/2019) kemarin. ...
Ditabrak Avanza di Jalan Sutomo Siantar, Warga Pria 65 Tahun Kritis di RS
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:27 WIB

Ditabrak Avanza di Jalan Sutomo Siantar, Warga Pria 65 Tahun Kritis di RS

Murli (65)--warga Jalan Serdang, Kelurahan Banjar, Siantar Barat--harus mendapat perawatan intensif di RS Tiara, akibat ditabrak mobil saat menyeberang jalan, ...
Dikibusi Warga Pegang Sabu, Pedagang Emas Keliling Asal Tanjung Tiram Ditangkap di Senio
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:35 WIB

Dikibusi Warga Pegang Sabu, Pedagang Emas Keliling Asal Tanjung Tiram Ditangkap di Senio

Ada-ada saja ulah dua pria yang mengaku sebagai pedagang jual beli emas keliling ini. Di sela-sela kegiatannya merambah ke desa-desa, ...
Tak Kunjung Diberangkatkan ke Negara Suaka, Ratusan Imigran Demo ke Kantor UNHCR Medan
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:15 WIB

Tak Kunjung Diberangkatkan ke Negara Suaka, Ratusan Imigran Demo ke Kantor UNHCR Medan

Para imigran pencari suaka dari berbagai negara berunjuk rasa di depan kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), Jalan ...
Loading...

Loading…