Jumat, 23 Agustus 2019 | 13.21 WIB
Metro24Jam>News>Jajaran Polrestabes Medan Ringkus 47 Tersangka Curanmor, BB: 56 Unit Motor dan 2 Mobil

Jajaran Polrestabes Medan Ringkus 47 Tersangka Curanmor, BB: 56 Unit Motor dan 2 Mobil

Senin, 22 Juli 2019 - 21:54 WIB

IMG-73891

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto saat memberikan penjelasan kepada awak media. (Nst/metro24jam.cpm)

MEDAN, metro24jam.com – Polrestabes Medan hingga Polsek jajaran, gencar melakukan patroli hunting ke jalanan dalam sebulan terakhir demi menekan angka kriminalitas di Kota Medan.

Hasilnya, sejak Juni hingga Juli 2019, polisi berhasil mengamankan 47 pelaku Curanmor, 56 sepedamotor dan 2 unit mobil. Para tersangka dan hasil curiannya ‘dipamerkan’ di Polrestabes Medan, Senin (22/7) siang.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, didampingi Kasat Reskrim, AKBP Putu Yudha dan para Kapolsek serta masing-masing Kanit Reskrim menjelaskan, giat patroli hunting dilakukan beberapa kali dilakukan dalam seminggu dan malam hari, guna menekan gangguan Kambtimas dan pelaku 3CN (Curanmo, Curas, Curat dan Narkoba) di Kota Medan.

Dalam kegiatan rutin tersebut, Kombes Dadang mengatakan, tingkat kerawanan pelaku curanmor dalam kurun waktu setahun ini turun secara drastis.

“Secara umum, dari bulan Januari-Juni 2018 dibanding 2019 sekarang per Januari-Juni, tingkat kejaharan khususnya untuk pencurian kendaraan bermotor, menurun. Tahun lalu itu ada 228 kasus, tahun ini ada 102 kasus. Untuk jumlah tindak pidana ada 1612. Jadi penyampaian per bulan juni sampai 48 persen,” ungkap Dadang.

Terbaru, sambung Dadang, pelaku curanmor paling menonjol yang berhasil diringkus adalah dari kawasan Polsek Medan Baru dan Polsek Patumbak.

“Di Medan Baru, kita berhasil menemukan 4 kendaraan bermotor dari 2 tersangka (Dhema Fahrizal Laurenz dan Robianto). Pencurian terakhir dilakukan tersangka pada malam hari tanggal 22 Juni 2019. Dari hasil pengembangan, kedua pelaku melakukan pencurian di 30 TKP,” katanya.

Sementara hasil pengungkapan Curanmor yang menonjol lainnya di kawasan Polsek Patumbak, polisi berhasil menyikat para pelaku yang terakhir melakukan aksi Curanmor pada 23 Juni 2019.

“Di Patumbak ada 10 TKP yang pernah dilakukan pelaku dalam pencurian kendaraan bermotor. Total seluruhnya yang kita pamerkan ada 56 kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4-nya ada 2,” jelasnya.

Atas keberhasilan itu, Dadang menegaskan bahwa upaya ekspose dilakukan sebagai sarana pemberitahuan kepada masyarakat yang pernah mengalami kehilangan kendaraaannya untuk bisa mengecek dan melapor ke Polrestabes Medan.

Para tersangka yang diamankan. (Nst/metro24jam.com)

“Ini sebenarnya ingin menginformasikan ke masyarakat bahwa kami mengamankan barang bukti. Hasil dari upaya kita dalam mengamankan tersangka dari mulai penyidikan, penyelidikan dan dari beberapa TKP. Jadi bagi masyarakat yang kmasyarakat bisa mengambilnya (kendaraan) dengan mencocokkan surat kendaraan,” paparnya.

Meski angka Curanmor menurutnya menurun, namun beberapa minggu belakangan, aksi kejahatan masih terus meraja lela. Buktinya, dalam sepekan, 2 turis asal negara Perancis dan turis asal Itali menjadi korban penjambretan. Ironisnya, kasus perampokan menimpa turis asal Prancis dan disususl beberapa hari kemudian, turis asal Itali kembali di rampok di Medan.

Terkait perkembangan kasus tersebut, Dadang mengatakan, bahwa pihaknya masih terus berupaya maksimal dalam hal mengungkap pelakunya. Sayangnya, sampai saat ini, pelaku belum berhasil terendus.

“Untuk seluruhnya secara umum, tingkat kemanan bukan hanya bagi warga asing saja, tapi juga masyarakat, dan keamanan meningkat. Sampai saat ini, pelakunya memang belum tertangkap, namun kita masih berupaya untuk mengungkapnya,” sebutnya. (asn)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Disergap di Kebun Durian, Kaki Bandar Sabu Kisaran Ditembus 2 Peluru
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:34 WIB

Disergap di Kebun Durian, Kaki Bandar Sabu Kisaran Ditembus 2 Peluru

Personel Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan berhasil meringkus 2 pria terduga pengedar sabu, di areal kebun durian, Jalan Durian, Kelurahan ...
Jalin Kerjasama dengan Media dan Wartawan, Polsek Percut Sei Tuan Aktifkan Humas
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:00 WIB

Jalin Kerjasama dengan Media dan Wartawan, Polsek Percut Sei Tuan Aktifkan Humas

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Aris Wibowo SIK mengajak para jurnalis makan malam bersama di RM Ayam Penyet Rahmad, yang ...
Gagal Jambret HP di Jalan Gajah Mada, Dua Pria Ini ‘Dipermak’ Massa
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:45 WIB

Gagal Jambret HP di Jalan Gajah Mada, Dua Pria Ini ‘Dipermak’ Massa

Dua pria warga Kecamatan Medan Sunggal terpaksa diboyong ke rumah sakit sebelum ditahan di Polsek Medan Baru, Selasa (20/8/2019) kemarin. ...
Ditabrak Avanza di Jalan Sutomo Siantar, Warga Pria 65 Tahun Kritis di RS
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:27 WIB

Ditabrak Avanza di Jalan Sutomo Siantar, Warga Pria 65 Tahun Kritis di RS

Murli (65)--warga Jalan Serdang, Kelurahan Banjar, Siantar Barat--harus mendapat perawatan intensif di RS Tiara, akibat ditabrak mobil saat menyeberang jalan, ...
Dikibusi Warga Pegang Sabu, Pedagang Emas Keliling Asal Tanjung Tiram Ditangkap di Senio
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:35 WIB

Dikibusi Warga Pegang Sabu, Pedagang Emas Keliling Asal Tanjung Tiram Ditangkap di Senio

Ada-ada saja ulah dua pria yang mengaku sebagai pedagang jual beli emas keliling ini. Di sela-sela kegiatannya merambah ke desa-desa, ...
Tak Kunjung Diberangkatkan ke Negara Suaka, Ratusan Imigran Demo ke Kantor UNHCR Medan
Metro 24 Jam - Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:15 WIB

Tak Kunjung Diberangkatkan ke Negara Suaka, Ratusan Imigran Demo ke Kantor UNHCR Medan

Para imigran pencari suaka dari berbagai negara berunjuk rasa di depan kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), Jalan ...
Loading...

Loading…