Minggu, 8 Desember 2019 | 20.17 WIB
Metro24Jam>News>Kajari Tebing Tinggi Teken MoU dengan BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam

Kajari Tebing Tinggi Teken MoU dengan BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam

Jumat, 12 Juli 2019 - 04:34 WIB

IMG-72965

Kepala BPJS Cabang Lubukpakam Rita Masyita Ridwan dan Kajari Tebing Tinggi tandatangani MoU. (ist/metro24jam.com)

TEBING TINGGI, metro24jam.com – BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam menandatangani Kesepakatan Bersama/Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi, Rabu (10/7/2019). Kesepakatan Bersama tersebut menyangkut Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan kerjasama kedua instansi guna menentukan langkah strategis untuk optimalisasi peran kedua lembaga ke depannya dalam upaya mencapai tujuan penyelenggaraan program JKN-KIS.

Kajari Tebing Tinggi Mochamad Novel menyatakan, bahwa Kejaksaan dan BPJS Kesehatan telah berkomitmen untuk melakukan kerjasama dan bersama-sama mewujudkan suksesnya program JKN-KIS.

“Selaku Jaksa Pengacara Negara, berdasarkan MoU dan surat kuasa maka kejaksaan dapat bertindak mewakili instansi pemerintah, BUMN dan BUMD, termasuk BPJS Kesehatan tentunya,” ujarnya.

BPJS Kesehatan merupakan salah satu institusi yang telah bekerjasama dengan kejaksaan untuk menangani masalah hukum tertentu dan mengambil tindakan hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan nota kesepahaman yang berlaku antara kedua pihak.

“Kami ingatkan bahwa kelanjutan kemitraan ini perlu terus diiringi dengan proses-proses monitoring dan evaluasi agar berjalan optimal,” tutur Novel. Dia mengungkapkan, meskipun penyelenggaraan program JKN-KIS ini belum mencapai kondisi ideal yang diharapkan dan banyak tantangan, seluruh pihak yang bertanggungjawab dengan peran masing-masing harus memastikan sudah melakukan langkah-langkah yang terbaik.

“Kita upayakan masyarakat menerima manfaat terbaik dari program ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Tebing Tinggi, Tulus Sianturi mengaku kerjasama yang ditandatangani perlu diikuti dengan langkah intensifikasi.

“Agar berjalan maksimal dengan langkah-langkah yang telah direncanakan dan terus dievaluasi,” ucapnya.

Sedangkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam Rita Masyita Ridwan menjelaskan, untuk mewujudkan program JKN-KIS yang berkualitas dan berkesinambungan, BPJS Kesehatan perlu membangun sinergi dengan seluruh stakeholder JKN-KIS.

“Program JKN-KIS merupakan program strategis nasional, Pemerintah menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap suksesnya pelaksanaan program ini dan kita semua perlu mengupayakan yang terbaik dan bersinergi lintas instansi untuk memastikan tercapainya tujuan mulia dari program JKN-KIS,” kata Rita.

Rita menuturkan, kerjasama yang dibangun dengan kejaksaan dapat berperan sangat strategis dalam program JKN-KIS, terutama dalam hal peningkatan jumlah peserta dan kolektabilitas iuran.

“Optimalisasi rekrutmen peserta dan kolektabilitas iuran pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) swasta merupakan peran yang diharapkan dari kejaksaan dalam hal penegakan kepatuhannya terhadap kewajiban yang ditentukan peraturan perundang-undangan,” jelasnya. (*/fan)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
H Surya Komit Tak Ambil Fee Proyek dan Entaskan Kemiskinan di Asahan (Tapi Belum Kantongi Data)
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 18:14 WIB

H Surya Komit Tak Ambil Fee Proyek dan Entaskan Kemiskinan di Asahan (Tapi Belum Kantongi Data)

Plt Bupati Asahan H Surya BSc menegaskan komitmennya tidak menerima fee atas pengadaan barang maupun proyek pembangunan yang menggunakan APBD ...
Puluhan Warga Keracunan di Desa Lubuk Palas, Polisi Periksa Saksi dan Amankan Sisa Makanan
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 18:03 WIB

Puluhan Warga Keracunan di Desa Lubuk Palas, Polisi Periksa Saksi dan Amankan Sisa Makanan

Unit Reskrim Polsek Airjoman melakukan meminta keterangan dari para korban keracunan guna keperluan penyelidikan, di Puskesmas Binjai Serbangan, Kecamatan Airjoman, ...
Muhammad Ridwan Siap Bersaing dengan Senior di Pilkada Labuhanbatu 2020
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 17:52 WIB

Muhammad Ridwan Siap Bersaing dengan Senior di Pilkada Labuhanbatu 2020

Muhammad Ridwan SIP (32), ikut meramaikan kontestasi Bakal Calon Bupati Labuhanbatu untuk Pilkada 2020 mendatang. Sebagai generasi milenial, Ridwan ...
Ribuan Warga Siantar Ikuti Jalan Santai Car Free Day Peringatan Hari Ibu
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 17:33 WIB

Ribuan Warga Siantar Ikuti Jalan Santai Car Free Day Peringatan Hari Ibu

Walikota Pematangsiantar Hefriansyah SE MM melepas ribuan peserta gerak jalan santai Car Free Day bertajuk 'Peringatan Hari Ibu' dari depan ...
Nyambi Bantu Bandar Sabu, Buruh Bangunan di Desa Pon Ini Tertangkap Sendirian, Bosnya Kabur
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 17:16 WIB

Nyambi Bantu Bandar Sabu, Buruh Bangunan di Desa Pon Ini Tertangkap Sendirian, Bosnya Kabur

Menyambi untuk mendapatkan penghasilan tambahan memang tak dilarang. Tapi apa yang dilakukan pria bernama Taupik Rahman ini terbukti menjadi petaka ...
Maju Kembali di Labuhanbatu, dr Tigor Panusunan Ingin Obati Hati Rakyat
Metro 24 Jam - Minggu, 8 Desember 2019 - 16:52 WIB

Maju Kembali di Labuhanbatu, dr Tigor Panusunan Ingin Obati Hati Rakyat

Konstentasi di Pilkada Labuhanbatu 2020 sepertinya akan menjadi persaingan sengit. Sejumlah tokoh ikut bursa pertarungan politik tersebut, termasuk Bupati Labuhanbatu ...
Loading...

Loading…