Jumat, 18 Oktober 2019 | 03.02 WIB
Metro24Jam>News>Hampir Sebulan Blangko e-KTP Kosong, Disdukcapil Deliserdang Keluarkan Suket

Hampir Sebulan Blangko e-KTP Kosong, Disdukcapil Deliserdang Keluarkan Suket

Jumat, 12 Juli 2019 - 04:09 WIB

IMG-72955

Warga yang hendak mengurus e-KTP mengantre di Kantor Disducapil Deliserdang. (Fani Ardana/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Blanko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Deliserdang kembali mengalami kekosongan dalam sebulan terakhir. Kondisi tersebut membuat sejumlah warga harus menerima Surat Keterangan sebagai pengganti e-KTP.

Ponidi, warga Percut Sei Tuan, ditemui di Kantor Disdukcapil Deliserdang mengaku harus menerima Suket sebagai pengganti e-KTP.

“Belum ada bang blankonya, jadinya kami dikasi Suket. Untuk anak saya ini mau cari kerja,” kata Ponidi Rabu (10/7/2019).

Begitu juga dengan Dodi, warga Hamparan Perak. Pria yang datang hendak mencetak e-KTP di Kantor Disdukcapil terpaksa menerima Suket saja sebagai pengganti sementara.

“Saya mau ngurus KTP tapi tak ada blanko. Kemarin saya nanya ke kecamatan, katanya tidak ada blanko. Makanya saya langsung ke Capil, ternyata memang belum ada rupanya. Kami berharap agar Disdukcapil berkoordinasi dengan pusatlah apa kendala kenapa blanko belum masuk,” kata Dodi.

Pantauan di Kantor Disdukcapil Deliserdang, pelayanan untuk kepentingan pengurusan administrasi kependudukan di kecamatan-Kecamatan belum optimal.

Dampaknya, gedung yang berada di area komplek perkantoran Bupati Deliserdang terlihat ramai setiap harinya, apalagi dengan kosongnya blangko e-KTP, warga dari 22 kecamatan ramai-ramai datang mendatangi Kantor Disdukcapil.

Beberapa warga pun berharap agar kondisi yang terjadi di Disdukcapil ini bisa menjadi perhatian Bupati Ashari secepatnya. Karena pengurusan administrasi tidak bisa selesai dalam waktu singkat.

“Ya inilah, antre panjang dulu kita. Ini bisa ramai seperti karena entah dari [kecamatan] mana-mana saja orangnya. Aku ngantar anak perempuan ku ke sini. Dia mau ngurus KTP, biar bisa melamar kerja karena baru lulus sekolah. Kalau enggak diantar kasian juga karenakan jauh ke sini. Iya kalau bisa siap satu hari,” ujar seorang warga.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Deliserdang, Jahar Efendy Rambe yang dikonfirmasi via selular menjelaskan bahwa saat ini blanko e-KPT memang belum tersedia.

“Apa alasannya kami gak paham, itu dari pusat. Kita selaku Disdukcapil terbitkan Surat Keterangan pengganti e-KTP. Nanti akan kami beritahu kalau blanko sudah ada. Sejak usai lebaran, blanko sudah kosong. Suket ini connect kok ke instansi lain, cuma bentuknya saja yang lebar panjang,” jelasnya. (Fan)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:24 WIB

Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi

Belum sempat menikmati sabu yang baru saja dibeli dari Gang Kinantan, dua sekawan ini keburu dicegat polisi, Selasa (15/10/2019) malam.Keduanya ...
Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:44 WIB

Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang

Pembagian kios di Pekan Tigaraja dinilai merbasalah karena tidak merata. Camat Girsang Sipangan Bolon Eva Suryati Ulyarta Tambunan SKom MSi ...
Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:29 WIB

Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo

H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Labuhanbatu ke DPD Partai Perindo, Selasa (15/10/2019). Pendaftaran ...
Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:24 WIB

Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia

Darisa boru Sianturi, bayi baru berusia 8 bulan penderita penyakit Pneumonia (radang paru-paru) kini terbaring di RS Haji Adam Malik ...
Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:33 WIB

Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu

Personel Unit Reskrim Polsek Airbatu meringkus tiga terduga pengedar sabu-sabu di Dusun IV, Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Air Batu, ...
Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 17:27 WIB

Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat

Tim Basarnas Tanjungbalai-Asahan berhasil menemukan satu unit kapal nelayan cumi-cumi yang mengalami kerusakan di perairan Pulau Pandan, Kabupaten Batubara, Rabu ...
Loading...
Kombes Andi Rian
Hendrik Marpaung
Kapolres Siantar

Loading…