Selasa, 23 Juli 2019 | 01.04 WIB
Metro24Jam>News>Hampir Sebulan Blangko e-KTP Kosong, Disdukcapil Deliserdang Keluarkan Suket

Hampir Sebulan Blangko e-KTP Kosong, Disdukcapil Deliserdang Keluarkan Suket

Jumat, 12 Juli 2019 - 04:09 WIB

IMG-72955

Warga yang hendak mengurus e-KTP mengantre di Kantor Disducapil Deliserdang. (Fani Ardana/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Blanko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Deliserdang kembali mengalami kekosongan dalam sebulan terakhir. Kondisi tersebut membuat sejumlah warga harus menerima Surat Keterangan sebagai pengganti e-KTP.

Ponidi, warga Percut Sei Tuan, ditemui di Kantor Disdukcapil Deliserdang mengaku harus menerima Suket sebagai pengganti e-KTP.

“Belum ada bang blankonya, jadinya kami dikasi Suket. Untuk anak saya ini mau cari kerja,” kata Ponidi Rabu (10/7/2019).

Begitu juga dengan Dodi, warga Hamparan Perak. Pria yang datang hendak mencetak e-KTP di Kantor Disdukcapil terpaksa menerima Suket saja sebagai pengganti sementara.

“Saya mau ngurus KTP tapi tak ada blanko. Kemarin saya nanya ke kecamatan, katanya tidak ada blanko. Makanya saya langsung ke Capil, ternyata memang belum ada rupanya. Kami berharap agar Disdukcapil berkoordinasi dengan pusatlah apa kendala kenapa blanko belum masuk,” kata Dodi.

Pantauan di Kantor Disdukcapil Deliserdang, pelayanan untuk kepentingan pengurusan administrasi kependudukan di kecamatan-Kecamatan belum optimal.

Dampaknya, gedung yang berada di area komplek perkantoran Bupati Deliserdang terlihat ramai setiap harinya, apalagi dengan kosongnya blangko e-KTP, warga dari 22 kecamatan ramai-ramai datang mendatangi Kantor Disdukcapil.

Beberapa warga pun berharap agar kondisi yang terjadi di Disdukcapil ini bisa menjadi perhatian Bupati Ashari secepatnya. Karena pengurusan administrasi tidak bisa selesai dalam waktu singkat.

“Ya inilah, antre panjang dulu kita. Ini bisa ramai seperti karena entah dari [kecamatan] mana-mana saja orangnya. Aku ngantar anak perempuan ku ke sini. Dia mau ngurus KTP, biar bisa melamar kerja karena baru lulus sekolah. Kalau enggak diantar kasian juga karenakan jauh ke sini. Iya kalau bisa siap satu hari,” ujar seorang warga.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Deliserdang, Jahar Efendy Rambe yang dikonfirmasi via selular menjelaskan bahwa saat ini blanko e-KPT memang belum tersedia.

“Apa alasannya kami gak paham, itu dari pusat. Kita selaku Disdukcapil terbitkan Surat Keterangan pengganti e-KTP. Nanti akan kami beritahu kalau blanko sudah ada. Sejak usai lebaran, blanko sudah kosong. Suket ini connect kok ke instansi lain, cuma bentuknya saja yang lebar panjang,” jelasnya. (Fan)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
HUT Adhyaksa ke-59, Kajati Sumut Tekankan Pentingnya Profesionalitas
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 23:07 WIB

HUT Adhyaksa ke-59, Kajati Sumut Tekankan Pentingnya Profesionalitas

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Fachruddin Siregar memimpin upaca peringatan HUT Adhyaksa ke-59 di halaman kantor Kejatisu, Jalan AH ...
Peserta PKH di Gunung Malela Mengaku Dikutip Rp20 Ribu Untuk Pencairan Dana
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:57 WIB

Peserta PKH di Gunung Malela Mengaku Dikutip Rp20 Ribu Untuk Pencairan Dana

Dugaan pungutan liar (Pungli) terhadap peserta Program Keluarga Harapan (PKH), masih saja terjadi di Nagori Sahkuda Bayu, Kecamatan Gunung Malela ...
Pasien Bayar Nazar, Tukang Kusuk di Batubara Berangkat ke Tanah Suci
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:40 WIB

Pasien Bayar Nazar, Tukang Kusuk di Batubara Berangkat ke Tanah Suci

Rezeki bisa datang dari mana saja tanpa pernah diduga. Seperti yang dialami dan dirasakan Kamaluddin bin Mohammad Hafiz alias Ongku ...
Rumah di Kelurahan Siopat Suhu Tertimpa Pohon Aren, Penghuninya Terpaksa Tidur di Tenda
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:16 WIB

Rumah di Kelurahan Siopat Suhu Tertimpa Pohon Aren, Penghuninya Terpaksa Tidur di Tenda

Satu unit rumah semi permanen di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), Jalan Kawal Samudra, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, ...
Jajaran Polrestabes Medan Ringkus 47 Tersangka Curanmor, BB: 56 Unit Motor dan 2 Mobil
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 21:54 WIB

Jajaran Polrestabes Medan Ringkus 47 Tersangka Curanmor, BB: 56 Unit Motor dan 2 Mobil

Polrestabes Medan hingga Polsek jajaran, gencar melakukan patroli hunting ke jalanan dalam sebulan terakhir demi menekan angka kriminalitas di Kota ...
Kejari Siantar Tetapkan Mantan Dirut PD PAUS Tersangka Korupsi, Bamusi: Itu Keliru!
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 21:40 WIB

Kejari Siantar Tetapkan Mantan Dirut PD PAUS Tersangka Korupsi, Bamusi: Itu Keliru!

Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar menetapkan mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PAUS), Herowhin Sinaga, sebagai tersangka ...
Loading...

Loading…


Bupati Padang Lawas
BPKAD Padang Lawas
Dinas Perindag dan UMKM Padang Lawas
Bank Sumut Sibuhuan
Dinas PU & PE Padang Lawas
Bappeda Padang Lawas
Dinas LH dan Hut Padang Lawas
Dinas PMD Padang Lawas