Selasa, 23 Juli 2019 | 01.36 WIB
Metro24Jam>News>Minim Pembangunan, ADD Gunung Manumpak B STM Hulu Dipertanyakan Warga

Minim Pembangunan, ADD Gunung Manumpak B STM Hulu Dipertanyakan Warga

Kamis, 11 Juli 2019 - 23:50 WIB

IMG-72949

Salah satu pembangunan jalan di Desa Gunung Manumpak B, Kecamatan STM Hulu, Deliserdang. (Fani/metro24jam.com)

DELISERDANG, metro24jam.com – Sejumlah warga Desa Gunung Manumpak B, Kecamatan STM Hulu, Deliserdang mempertanyakan alokasi Anggaran Dana Desa (ADD) dari awal tahun program tersebut hingga kini. Pemerintah setempat yang mengelola ADD dinilai tidak transparan dan malah terkesan tertutup.

Sejak Dana Desa dikucurkan pemerintah, pembangunan di Desa Gunung Manumpak B nyaris tak terlihat. Hal itu membuat warga bertanya-tanya tentang miliaran rupiah yang sudah diterima Pemerintah Desa Gunung Manumpak B.

Selain terkesan sangat minim, pekerjaan pembangunan yang dilakukan pihak desa juga dinilai tidak transparan. Misalnya saja, ada pembangunan jalan rabat beton dan jalan setapak, namun plank proyek tidak dipasang sehingga anggarannya tidak pernah diketahui warga.

Salah seorang warga setempat, Selamat Sinaga, saat dikonfirmasi mengatakan, masyarakat Desa Manumpak B terkadang mempertanyakan tindakan Kades yang seringkali mengambil keputusan tanpa melalui musyawarah dengan warga.

masalah ini beralaan karena jalanan desa masih rusak belum pernah ada perbaikan dari pemerintah kabupaten ataupun pemerinta desa , seperti saluran parit , drainase, jembatan, juga sebagian kecil masih banyak yang belum terbangun.

“Sejak tahun 2015, pembangunan fisik Desa Gunung Manumpak B masih minim dirasakan warga. Padahal sudah mendapat Dana Desa Rp1 miliar setiap tahun dari pemerintah pusat,” katanya.

Karena itu, warga setempat berharap, pemerintah pusat ataupun Pemkab Deliserdang dapat memperhatikan pembangunan Desa Gunung Manumpak B.

Selain itu, aparat hukum, baik kejaksaan maupun kepolisian, hendaknya memeriksa penyaluran Dana Desa Gunung Manumpak B. Apakah sudah sesuai peruntukannya atau tidak?” tantas Selamat diamini sejumlah warga.

Sementara itu, Kaur Pembangunan Desa Gunung Manumpak B Johanes Tarigan saat dikonfirmasi wartawan soal apa saja yang dibangun pada tahun 2018, terkesan enggan memberikan jawaban.

“Ada pembangunan rapat beton,” katanya. Namun ketika ditanya soal berapa anggarannya, Tariga tidak menjawab.

Terpisah, Camat STM Hulu Budiman saat dikonfirmasi metro24jam.com menjelaskan, bahwa proyek tanpa plank itu tidak menggunakan Dana Desa, tetapi bantuan dari perusahaan batu.

“Iya, Dana Desa di Desa Manumpak B itu sebesar Rp1 miliar. Itu keseluruhannya sudah termasuk ADD, PHPB untuk tiga mata anggaran. Nah kalau untuk pembangunan ada anggaran sekitar Rp700 juta dan pihak desa itu sudah melaksanakan pembangunan tahap pertama,” jelas Budiman via seluler, Kamis (11/7/2019). (fan)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
HUT Adhyaksa ke-59, Kajati Sumut Tekankan Pentingnya Profesionalitas
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 23:07 WIB

HUT Adhyaksa ke-59, Kajati Sumut Tekankan Pentingnya Profesionalitas

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Fachruddin Siregar memimpin upaca peringatan HUT Adhyaksa ke-59 di halaman kantor Kejatisu, Jalan AH ...
Peserta PKH di Gunung Malela Mengaku Dikutip Rp20 Ribu Untuk Pencairan Dana
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:57 WIB

Peserta PKH di Gunung Malela Mengaku Dikutip Rp20 Ribu Untuk Pencairan Dana

Dugaan pungutan liar (Pungli) terhadap peserta Program Keluarga Harapan (PKH), masih saja terjadi di Nagori Sahkuda Bayu, Kecamatan Gunung Malela ...
Pasien Bayar Nazar, Tukang Kusuk di Batubara Berangkat ke Tanah Suci
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:40 WIB

Pasien Bayar Nazar, Tukang Kusuk di Batubara Berangkat ke Tanah Suci

Rezeki bisa datang dari mana saja tanpa pernah diduga. Seperti yang dialami dan dirasakan Kamaluddin bin Mohammad Hafiz alias Ongku ...
Rumah di Kelurahan Siopat Suhu Tertimpa Pohon Aren, Penghuninya Terpaksa Tidur di Tenda
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:16 WIB

Rumah di Kelurahan Siopat Suhu Tertimpa Pohon Aren, Penghuninya Terpaksa Tidur di Tenda

Satu unit rumah semi permanen di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), Jalan Kawal Samudra, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, ...
Jajaran Polrestabes Medan Ringkus 47 Tersangka Curanmor, BB: 56 Unit Motor dan 2 Mobil
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 21:54 WIB

Jajaran Polrestabes Medan Ringkus 47 Tersangka Curanmor, BB: 56 Unit Motor dan 2 Mobil

Polrestabes Medan hingga Polsek jajaran, gencar melakukan patroli hunting ke jalanan dalam sebulan terakhir demi menekan angka kriminalitas di Kota ...
Kejari Siantar Tetapkan Mantan Dirut PD PAUS Tersangka Korupsi, Bamusi: Itu Keliru!
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 21:40 WIB

Kejari Siantar Tetapkan Mantan Dirut PD PAUS Tersangka Korupsi, Bamusi: Itu Keliru!

Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar menetapkan mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PAUS), Herowhin Sinaga, sebagai tersangka ...
Loading...

Loading…


Bupati Padang Lawas
BPKAD Padang Lawas
Dinas Perindag dan UMKM Padang Lawas
Bank Sumut Sibuhuan
Dinas PU & PE Padang Lawas
Bappeda Padang Lawas
Dinas LH dan Hut Padang Lawas
Dinas PMD Padang Lawas