Jumat, 18 Oktober 2019 | 03.45 WIB
Metro24Jam>News>Minim Pembangunan, ADD Gunung Manumpak B STM Hulu Dipertanyakan Warga

Minim Pembangunan, ADD Gunung Manumpak B STM Hulu Dipertanyakan Warga

Kamis, 11 Juli 2019 - 23:50 WIB

IMG-72949

Salah satu pembangunan jalan di Desa Gunung Manumpak B, Kecamatan STM Hulu, Deliserdang. (Fani/metro24jam.com)

DELISERDANG, metro24jam.com – Sejumlah warga Desa Gunung Manumpak B, Kecamatan STM Hulu, Deliserdang mempertanyakan alokasi Anggaran Dana Desa (ADD) dari awal tahun program tersebut hingga kini. Pemerintah setempat yang mengelola ADD dinilai tidak transparan dan malah terkesan tertutup.

Sejak Dana Desa dikucurkan pemerintah, pembangunan di Desa Gunung Manumpak B nyaris tak terlihat. Hal itu membuat warga bertanya-tanya tentang miliaran rupiah yang sudah diterima Pemerintah Desa Gunung Manumpak B.

Selain terkesan sangat minim, pekerjaan pembangunan yang dilakukan pihak desa juga dinilai tidak transparan. Misalnya saja, ada pembangunan jalan rabat beton dan jalan setapak, namun plank proyek tidak dipasang sehingga anggarannya tidak pernah diketahui warga.

Salah seorang warga setempat, Selamat Sinaga, saat dikonfirmasi mengatakan, masyarakat Desa Manumpak B terkadang mempertanyakan tindakan Kades yang seringkali mengambil keputusan tanpa melalui musyawarah dengan warga.

masalah ini beralaan karena jalanan desa masih rusak belum pernah ada perbaikan dari pemerintah kabupaten ataupun pemerinta desa , seperti saluran parit , drainase, jembatan, juga sebagian kecil masih banyak yang belum terbangun.

“Sejak tahun 2015, pembangunan fisik Desa Gunung Manumpak B masih minim dirasakan warga. Padahal sudah mendapat Dana Desa Rp1 miliar setiap tahun dari pemerintah pusat,” katanya.

Karena itu, warga setempat berharap, pemerintah pusat ataupun Pemkab Deliserdang dapat memperhatikan pembangunan Desa Gunung Manumpak B.

Selain itu, aparat hukum, baik kejaksaan maupun kepolisian, hendaknya memeriksa penyaluran Dana Desa Gunung Manumpak B. Apakah sudah sesuai peruntukannya atau tidak?” tantas Selamat diamini sejumlah warga.

Sementara itu, Kaur Pembangunan Desa Gunung Manumpak B Johanes Tarigan saat dikonfirmasi wartawan soal apa saja yang dibangun pada tahun 2018, terkesan enggan memberikan jawaban.

“Ada pembangunan rapat beton,” katanya. Namun ketika ditanya soal berapa anggarannya, Tariga tidak menjawab.

Terpisah, Camat STM Hulu Budiman saat dikonfirmasi metro24jam.com menjelaskan, bahwa proyek tanpa plank itu tidak menggunakan Dana Desa, tetapi bantuan dari perusahaan batu.

“Iya, Dana Desa di Desa Manumpak B itu sebesar Rp1 miliar. Itu keseluruhannya sudah termasuk ADD, PHPB untuk tiga mata anggaran. Nah kalau untuk pembangunan ada anggaran sekitar Rp700 juta dan pihak desa itu sudah melaksanakan pembangunan tahap pertama,” jelas Budiman via seluler, Kamis (11/7/2019). (fan)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:24 WIB

Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi

Belum sempat menikmati sabu yang baru saja dibeli dari Gang Kinantan, dua sekawan ini keburu dicegat polisi, Selasa (15/10/2019) malam.Keduanya ...
Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:44 WIB

Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang

Pembagian kios di Pekan Tigaraja dinilai merbasalah karena tidak merata. Camat Girsang Sipangan Bolon Eva Suryati Ulyarta Tambunan SKom MSi ...
Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:29 WIB

Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo

H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Labuhanbatu ke DPD Partai Perindo, Selasa (15/10/2019). Pendaftaran ...
Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:24 WIB

Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia

Darisa boru Sianturi, bayi baru berusia 8 bulan penderita penyakit Pneumonia (radang paru-paru) kini terbaring di RS Haji Adam Malik ...
Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:33 WIB

Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu

Personel Unit Reskrim Polsek Airbatu meringkus tiga terduga pengedar sabu-sabu di Dusun IV, Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Air Batu, ...
Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 17:27 WIB

Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat

Tim Basarnas Tanjungbalai-Asahan berhasil menemukan satu unit kapal nelayan cumi-cumi yang mengalami kerusakan di perairan Pulau Pandan, Kabupaten Batubara, Rabu ...
Loading...
Kombes Andi Rian
Hendrik Marpaung
Kapolres Siantar

Loading…