Selasa, 12 November 2019 | 02.57 WIB
Metro24Jam>News>Diversi Gagal, Remaja Tersangka Penista Agama di Tanjungbalai Segera Dilimpahkan ke Pengadilan

Diversi Gagal, Remaja Tersangka Penista Agama di Tanjungbalai Segera Dilimpahkan ke Pengadilan

Kamis, 20 Juni 2019 - 00:19 WIB

IMG-71029

Kejari Tanjungbalai saat melakukan upaya diversi terhadap tersangka remaja penista agama dengan pelapor. (ist/metro24jam.com))

TANJUNGBALAI, metro24jam.com – Polres Tanjungbalai menyerahkan Berkas Pelimpahan (Tahap II), tersangka pelaku penistaan agama JS (18), ke Kejaksaan Negeri Tanjungbalai-Asahan, Rabu (18/6/2019).

Remaja yang beralamat di Jalan FL Tobing Gang Mahoni, Lingkungan V, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datukbandar, Kota Tanjungbalai itu awalnya ditangkap polisi berdasarkan pengaduan nomor: LP/312/X/2018/SU/RES T Balai, 26 Oktober 2018, dengan dugaan penistaan terhadap agama Islam dan ujaran kebencian di akun Facebook miliknya, Jumat (26/10/2018) lalu.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai dalam keterangannya mengatakan, JS dipersangkakan melanggar pasal 45a dari UU No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 8 tahun 2011 tentang ITE subsider pasal 156a huruf (a) KUHP jo UU nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

“Polres Tanjungbalai dalam perkara ini telah melakukan upaya diversi (pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana). Namun, upaya tersebut gagal sehingga tersangka dititipkan di Yayasan Indonesia Berkarya (YIB) Medan,” katanya.

Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungbalai-Asahan Zullikar Tanjung saat dikonfirmasi melalui Kasi Intel AB Silitonga membenarkan adanya pelimpahan tersebut.

“Benar kami sudah terima Tahap II kemarin dan berdasarkan UU No 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, JS masih di bawah umur maka tim Penuntut Umum melaksanakan diversi,” katanya.

Dalam diversi tersebut, menurut Silitonga, kejaksaan telah menghadirkan orangtua JS, KPAI Kota Tanjungbalai, Bapas Kota Tanjungbalai, Ketua Yayasan tempat JS dititipkan, FKUB Kota Tanjungbalai, Ketua MUI Kota Tanjungbalai, saudara Indra BMT (sebagai pelapor) dan Jaksa Anak yang menangani perkara JS.

“Namun upaya diversi sebagaimana diamanatkan dalam UU No 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Tanjungbalai, tidak membuahkan hasil kesepakatan,” jelasnya.

Diversi itu tidak berhasil, kata Silitonga, karena pelapor (Indra BMT) menolak dan meminta agar perkara tersebut dilanjutkan ke proses hukum.

“Dalam perkara ini, langkah selanjutnya yang kita lakukan yakni tim Jaksa Anak berdasarkan hukum acara yang diatur dalam undang-undang akan melimpahkan berkas perkara anak tersebut ke Pengadilan Negeri Tanjungbalai,” pungkasnya.

Kejari Tanjungbalai-Asahan akan kembali menitipkan JS ke Yayasan Indonesia Berkara (YIB) di Medan hingga proses pelimpahannya ke PN Tanjungbalai. (Eko)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Soal Tawuran di Tanjung Tiram, Kapolsek Labuhan Ruku: Sudah Berulangkali Kita Amankan
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 00:03 WIB

Soal Tawuran di Tanjung Tiram, Kapolsek Labuhan Ruku: Sudah Berulangkali Kita Amankan

Aksi tawuran berkepanjangan antar kelompok warga di Kelurahan Tanjung Tiram, Kecamatan Tanjung Tiram, Batubara, disebut sudah mendapat perhatian dari pihak ...
Stunting Meningkat di Simalungun, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Minim Sosialisasi?
Metro 24 Jam - Senin, 11 November 2019 - 23:47 WIB

Stunting Meningkat di Simalungun, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Minim Sosialisasi?

Sepanjang tahun 2019, angka stunting balita di dua nagori (desa) di Kabupaten Simalungun, tercatat mengalami peningkatan. Informasi yang dihimpun Metro24jam.com, ...
Cabut Cok Kulkas Dalam Rumah Terendam Banjir, IRT di Tanah Jawa Tersengat Listrik Hingga Tewas
Metro 24 Jam - Senin, 11 November 2019 - 23:00 WIB

Cabut Cok Kulkas Dalam Rumah Terendam Banjir, IRT di Tanah Jawa Tersengat Listrik Hingga Tewas

Seorang wanita meninggal dunia di kediamannya di kawasan Afdeling VI Kebun Bah Jambi, Nagori Totap Majawa, Kecamatan Tanah Jawa, ...
CPNS Pemkab Asahan Dibuka, Ini Formasinya!
Metro 24 Jam - Senin, 11 November 2019 - 22:43 WIB

CPNS Pemkab Asahan Dibuka, Ini Formasinya!

Pemerintah Kabupaten Asahan membuka pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun ini, mulai Senin (11/11/2019) hingga 24 November ...
Dukung Program Peningkatan Pariwisata, Pangulu Sibaganding Gelar Rapat RKP
Metro 24 Jam - Senin, 11 November 2019 - 22:27 WIB

Dukung Program Peningkatan Pariwisata, Pangulu Sibaganding Gelar Rapat RKP

Pangulu (Kades) Nagori Sibaganding mengundang sejumlah masyarakat dalam Rapat Rencangan Kerja Pemerintah (RKP) TA 2020 dengan tujuan mendukung program pemerintah ...
Kematian Kades Ketangkuhen, Polisi Periksa 2 Saksi Maraton Selama 24 Jam
Metro 24 Jam - Senin, 11 November 2019 - 21:09 WIB

Kematian Kades Ketangkuhen, Polisi Periksa 2 Saksi Maraton Selama 24 Jam

Kematian Rili Kemit--Kepala Desa Ketangkuhen, Sibolangit, Deliserdang--masih menyisakan sejumlah pertanyaan. Temuan sebilah pisau yang menancap di dada pria berusia 57 ...
Loading...

Loading…