Selasa, 23 Juli 2019 | 01.28 WIB
Metro24Jam>News>Diversi Gagal, Remaja Tersangka Penista Agama di Tanjungbalai Segera Dilimpahkan ke Pengadilan

Diversi Gagal, Remaja Tersangka Penista Agama di Tanjungbalai Segera Dilimpahkan ke Pengadilan

Kamis, 20 Juni 2019 - 00:19 WIB

IMG-71029

Kejari Tanjungbalai saat melakukan upaya diversi terhadap tersangka remaja penista agama dengan pelapor. (ist/metro24jam.com))

TANJUNGBALAI, metro24jam.com – Polres Tanjungbalai menyerahkan Berkas Pelimpahan (Tahap II), tersangka pelaku penistaan agama JS (18), ke Kejaksaan Negeri Tanjungbalai-Asahan, Rabu (18/6/2019).

Remaja yang beralamat di Jalan FL Tobing Gang Mahoni, Lingkungan V, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datukbandar, Kota Tanjungbalai itu awalnya ditangkap polisi berdasarkan pengaduan nomor: LP/312/X/2018/SU/RES T Balai, 26 Oktober 2018, dengan dugaan penistaan terhadap agama Islam dan ujaran kebencian di akun Facebook miliknya, Jumat (26/10/2018) lalu.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai dalam keterangannya mengatakan, JS dipersangkakan melanggar pasal 45a dari UU No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 8 tahun 2011 tentang ITE subsider pasal 156a huruf (a) KUHP jo UU nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

“Polres Tanjungbalai dalam perkara ini telah melakukan upaya diversi (pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana). Namun, upaya tersebut gagal sehingga tersangka dititipkan di Yayasan Indonesia Berkarya (YIB) Medan,” katanya.

Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungbalai-Asahan Zullikar Tanjung saat dikonfirmasi melalui Kasi Intel AB Silitonga membenarkan adanya pelimpahan tersebut.

“Benar kami sudah terima Tahap II kemarin dan berdasarkan UU No 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, JS masih di bawah umur maka tim Penuntut Umum melaksanakan diversi,” katanya.

Dalam diversi tersebut, menurut Silitonga, kejaksaan telah menghadirkan orangtua JS, KPAI Kota Tanjungbalai, Bapas Kota Tanjungbalai, Ketua Yayasan tempat JS dititipkan, FKUB Kota Tanjungbalai, Ketua MUI Kota Tanjungbalai, saudara Indra BMT (sebagai pelapor) dan Jaksa Anak yang menangani perkara JS.

“Namun upaya diversi sebagaimana diamanatkan dalam UU No 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Tanjungbalai, tidak membuahkan hasil kesepakatan,” jelasnya.

Diversi itu tidak berhasil, kata Silitonga, karena pelapor (Indra BMT) menolak dan meminta agar perkara tersebut dilanjutkan ke proses hukum.

“Dalam perkara ini, langkah selanjutnya yang kita lakukan yakni tim Jaksa Anak berdasarkan hukum acara yang diatur dalam undang-undang akan melimpahkan berkas perkara anak tersebut ke Pengadilan Negeri Tanjungbalai,” pungkasnya.

Kejari Tanjungbalai-Asahan akan kembali menitipkan JS ke Yayasan Indonesia Berkara (YIB) di Medan hingga proses pelimpahannya ke PN Tanjungbalai. (Eko)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
HUT Adhyaksa ke-59, Kajati Sumut Tekankan Pentingnya Profesionalitas
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 23:07 WIB

HUT Adhyaksa ke-59, Kajati Sumut Tekankan Pentingnya Profesionalitas

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Fachruddin Siregar memimpin upaca peringatan HUT Adhyaksa ke-59 di halaman kantor Kejatisu, Jalan AH ...
Peserta PKH di Gunung Malela Mengaku Dikutip Rp20 Ribu Untuk Pencairan Dana
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:57 WIB

Peserta PKH di Gunung Malela Mengaku Dikutip Rp20 Ribu Untuk Pencairan Dana

Dugaan pungutan liar (Pungli) terhadap peserta Program Keluarga Harapan (PKH), masih saja terjadi di Nagori Sahkuda Bayu, Kecamatan Gunung Malela ...
Pasien Bayar Nazar, Tukang Kusuk di Batubara Berangkat ke Tanah Suci
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:40 WIB

Pasien Bayar Nazar, Tukang Kusuk di Batubara Berangkat ke Tanah Suci

Rezeki bisa datang dari mana saja tanpa pernah diduga. Seperti yang dialami dan dirasakan Kamaluddin bin Mohammad Hafiz alias Ongku ...
Rumah di Kelurahan Siopat Suhu Tertimpa Pohon Aren, Penghuninya Terpaksa Tidur di Tenda
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:16 WIB

Rumah di Kelurahan Siopat Suhu Tertimpa Pohon Aren, Penghuninya Terpaksa Tidur di Tenda

Satu unit rumah semi permanen di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), Jalan Kawal Samudra, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, ...
Jajaran Polrestabes Medan Ringkus 47 Tersangka Curanmor, BB: 56 Unit Motor dan 2 Mobil
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 21:54 WIB

Jajaran Polrestabes Medan Ringkus 47 Tersangka Curanmor, BB: 56 Unit Motor dan 2 Mobil

Polrestabes Medan hingga Polsek jajaran, gencar melakukan patroli hunting ke jalanan dalam sebulan terakhir demi menekan angka kriminalitas di Kota ...
Kejari Siantar Tetapkan Mantan Dirut PD PAUS Tersangka Korupsi, Bamusi: Itu Keliru!
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 21:40 WIB

Kejari Siantar Tetapkan Mantan Dirut PD PAUS Tersangka Korupsi, Bamusi: Itu Keliru!

Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar menetapkan mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PAUS), Herowhin Sinaga, sebagai tersangka ...
Loading...

Loading…


Bupati Padang Lawas
BPKAD Padang Lawas
Dinas Perindag dan UMKM Padang Lawas
Bank Sumut Sibuhuan
Dinas PU & PE Padang Lawas
Bappeda Padang Lawas
Dinas LH dan Hut Padang Lawas
Dinas PMD Padang Lawas