Selasa, 17 September 2019 | 05.48 WIB
Metro24Jam>News>Sidang Penyebaran Video Hoax, Jaksa Hadirkan Ketua KPU Medan

Sidang Penyebaran Video Hoax, Jaksa Hadirkan Ketua KPU Medan

Rabu, 12 Juni 2019 - 22:20 WIB

IMG-70391

Ketua KPU Medan saat memberikan kesaksian pada sidang penyebar video hoax pencoblosan surat suara Pemilu 2019. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randi Tambunan menghadirkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan, Agussyah Ramadani Damanik untuk memberikan kesaksian dalam persidangan kasus penyebaran video hoax dengan terdakwa Andi Kusmana di Ruang Cakra V Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (12/6/2019).

Di hadapan majelis hakim yang diketuai Erintuah Damanik, saksi Agussyah mengatakan, awalnya dia tidak mengetahui seputar postingan video hoax yang isinya terjadi pencoblosan surat suara pasangan calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 01 di KPU Medan.

“Semula saya tidak tau Yang Mulia. Waktu itu selesai rapat di Sekretariat KPU Medan, salah seorang komisioner bernama Rinaldi memberitahukan adanya postingan video hoax dengan pemilik akun atas nama Andi Kusmana,” kata Agussyah.

Karena video hoax tersebut, Aguusyah mengaku sempat dipanggil Ketua KPU Sumut Yulhasni, untuk memberikan klarifikasi seputar postingan terdakwa Andi Kusmana.

“Postingan terdakwa bohong. Jelas merugikan kami sebagai penyelenggara Pemilu 2019 pak hakim. Seolah kami tidak mampu menjalankan amanah Undang-Undang (UU),” tandas Agussyah.

Atas saran Ketua KPU Sumut, Agussyah melaporkan penyebar video itu ke Polda Sumut. Setelah diselidiki, terhyata video yang di posting terdakwa merupakan video kericuhan di Pilkada Tapteng. Kesaksian Agussyah diperkuat Nirwan Nasution selaku staf di Sekretariat KPU Medan.

Sementara saksi dari anggota kepolisian, M Adnan Arif Pulungan yang melakukan penangkapan terhadap terdakwa mengungkapkan, jejak digital Andi Kusmana bisa ditelesuri dengan alat pendeteksi teknologi informasi dunia maya.

“Terdakwa dalam akun Facebooknya mengupload video dan mempostingnya dari hape di Kota Bekasi, Jawa Barat. Terdakwa juga sempat mengganti profil Facebooknya dengan nama lain. Untuk menghindarkan jeratan hukum, terdakwa juga menghapus postingan video tersebut,” urai Adnan.

Dalam dakwaan JPU Randi Tambunan, terdakwa Andi Kusmana yang merupakan warga Ciamis, Jawa Barat, ditangkap atas laporan dari Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik pada Maret 2019 silam.

“Terdakwa mengunggah sebuah video disertai dengan caption ‘KPU Medan digrebek warga sedang mencoblos surat suara 01 kcurangan sudah mulai terlihat secara nyata…keburukan petahana kebusukan rezim jokowi dan kualisinya mulai terbongkar. Penguasa bangsat’,” ucap JPU.

Perbuatan terdakwa Andi Kusmana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 a ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 Atas Perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). (*/asp)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Keroyok Polisi Saat Grebek Narkoba di Desa Nenas Siam, 3 Provokator Diringkus
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 21:20 WIB

Keroyok Polisi Saat Grebek Narkoba di Desa Nenas Siam, 3 Provokator Diringkus

Personel Sat Reskrim Polres Batubara meringkus 3 pria yang diduga merupakan otak pengeroyokan terhadap 7 personel Polsek Medang Deras di ...
Permisi Pergi Kerja, Rupanya Janji Sama Supir Angkot, Remaja 19 Tahun Diciduk di Kamar Hotel
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 20:02 WIB

Permisi Pergi Kerja, Rupanya Janji Sama Supir Angkot, Remaja 19 Tahun Diciduk di Kamar Hotel

Terbuai dengan iming-iming ongkos gratis dan rayuan duda ayah 2 anak, Mawar (19)--sebut saja namanya begitu--akhirnya rela diajak bermesum ria. ...
Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung <i>Basic Trauma Live Support</i>
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 18:09 WIB

Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung Basic Trauma Live Support

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, melalui salah satu putera terbaiknya, berperan aktif dalam Basic Trauma Live Support (BTCLS), yang digelar Dewan Pimpinan ...
Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 17:55 WIB

Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang

Massa Forum Anti Korupsi (Forak) kembali berunjukrasa ke kantor bupati dan DPRD Deliserdang, Senin (16/8/2019) sekira pukul 12.00 Wib. Massa ...
Pulang Beli Sabu Anak Jalan Asrama-Martoba Ini Dicegat Polisi, Terpaksa Menghayal di Sel!
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 16:10 WIB

Pulang Beli Sabu Anak Jalan Asrama-Martoba Ini Dicegat Polisi, Terpaksa Menghayal di Sel!

Rencana Mhd Meizar Suhada Siregar 'fly' dan berhalusinasi memakai sabu buyar seketika. Dia dicegat Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Pematangsiantar, ...
DPC PPP Asahan Buka Penjaringan Balon Bupati, Nurhajizah Marpaung Pendaftar Pertama
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 15:17 WIB

DPC PPP Asahan Buka Penjaringan Balon Bupati, Nurhajizah Marpaung Pendaftar Pertama

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Asahan mulai membuka penndaftaran penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk ...
Loading...
Kapolres Siantar

Loading…