Selasa, 14 Juli 2020 | 00.46 WIB
Metro24Jam>News>Tronton Bawa Sawit ke PKS CV Sinar Tenera Dituding Rusak Jalan, Warga Purba Ganda Bangun Portal

Tronton Bawa Sawit ke PKS CV Sinar Tenera Dituding Rusak Jalan, Warga Purba Ganda Bangun Portal

Senin, 10 Juni 2019 - 21:44 WIB

IMG-70233

Salah seorang warga yang mendukung pembuatan portal bersama personel Polsek Perdagangan di lokasi portal. (Suhendra/metro24jam.com)

Loading...

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Warga Huta 3 Purba Ganda, Kecamatan Pematang Bandar, Simalungun, secara swadaya bergotong-royong membangun tiang portal di pintu masuk jembatan irigasi Java Kolonisasi.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi melintasnya truk tronton pengangkut kelapa sawit menuju PKS CV Sinar Tenera di Nagori Bah Gunung, Kecamatan Bandar Huluan, Simalungun, yang dituding sebagai penyebab kerusakan jalan.

Dian, Kepala Dusun Huta 4, yang rumahnya dekat lokasi kerja bhakti warga membangun portal mengatakan, sebagai salah satu kepala Dusun di desa tersebut, dia merasa bersyukur bisa mewujudkan keinginan warga yang selama ini merasa resah dan mendambakan terciptanya kenyamanan di lingkungan mereka.

“Selama ini sekitar 18 tahun, daerah kami sangat rawan kecelakaan dan kerusakan ruas jalan akibat maraknya truk tronton over tonase melintas menuju PKS di daerah Bah Gunung, Kecamatan Bandar Huluan,” katanya ketika dihubungi lewat seluler, Senin (10/6/2019).

Menurut dia, para supir truk selama ini tak peduli dengan kerusakan yang terjadi dan hanya memanfaatkan ruas jalan yang baru beberapa pekan selesai dibangun dengan aspal hotmix.

“Warga tidak melarang truk melintas, bahkan sudah hampir 20 tahun warga mendambakan perbaikan ruas jalan. Kalau bukan warga siapa lagi yang menjaga dan merawat ruas jalan ini. Apalagi, tindak kriminal kerap kali terjadi di sini selama beberapa tahun belakangan ini,” jelasnya.

Sementara itu, A Batubara (52), salah seorang warga setempat, mengaku sangat menyambut baik pembuatan portal di pintu masuk jembatan dekat kediamannya.

“Saya berharap dengan dibangunnya portal ini warga bisa merasa nyaman dan truk yang masuk dan keluar bisa diketahui dan sesuai dengan Undang-undang 22 Tahun 2009, pasal 19 ayat 2 (C), Jalan Kelas III, hanya dapat dilintasi kendaraan maxsimum panjang 9000 MM, lebar 2100 MM, dan tinggi 3500 MM dengan muatan maxsimum 8 ton,” kata pensiunan DLLAJ ini.

Selama ini, menurut Batubara, keresahan dan kekecewaan warga sudah dituangkan dalam bentuk proposal ke dinas terkait melalui pihak desa ke kecamatan. Namun, hingga 6 bulan berlalu belum juga mendapat respon.

“Jadi, secara spontan warga melakukan pembuatan portal agar truk tronton keluar masuk di daerah dimaksud tidak bebas melintas tanpa pengawasan,” ungkapnya.

Pembangunan portal itu juga menimbulkan reaksi. Beberapa kali terjadi rencana pembongkaran oleh oknum-oknum diduga orang suruhan karena merasa truknya terhalang melintas di jalan dimaksud.

Namun, masih menurut Batubara, warga berhasil menggagalkannya.

“Sejak pekan lalu, oleh oknum-oknum suruhan hendak menganjurkan portal ditertibkan. Namun, di beberapa wilayah permukiman, warga tetap menolak pembongkaran dengan alasan keamanan berkendara yang belum terjamin dan jaminan truk tronton menuju PKS CV Sinar Tenera tidak melintas,” katanya.

Dan alasan warga lainya, keamanan penghuni permukiman berkendara lebih penting daripada sekadar menyediakan jalan tembus truk tronton itu.

Metro24jam.com coba mengonfirmasi pihak manajeman PSK CV Sinar Tenera serta kepala desa dan camat, terkait berdirinya portal tersebut.

Sayang, hingga Senin (10/6/2019) malam, ketiganya belum mengangkat telepon.

Terpisah, Kapolsek Perdagangan AKP Supendi melalui Aiptu B Naibaho ketika ditemui di lokasi pembangun portal, menghimbau warga agar tidak anarkis, apalai melakukan pengrusakan.

“Persoalan ini akan saya sampaikan kepada pimpinan,” katanya. (Age)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Kontak dengan Rektor USU di Acara Rapid Massal, Hasil Swab Bupati Deliserdang Negatif

Kontak dengan Rektor USU di Acara Rapid Massal, Hasil Swab Bupati Deliserdang Negatif

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan menjalani swab test setelah sempat melakukan kontak fisik dengan Rektor USU Prof Runtung Sitepu, yang ...
Longsor Landa Desa Damak Maliho Bangun Purba, 4 Rumah Rusak, Seorang IRT Terluka

Longsor Landa Desa Damak Maliho Bangun Purba, 4 Rumah Rusak, Seorang IRT Terluka

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan longsor di permukiman warga di Dusun III dan V, Desa Damak Maliho, Kecamatan Bangun Purba, ...
Artis FTV Diamankan Bersama Pria di Hotel Bintang 5, Diduga Terlibat Prostitusi Online

Artis FTV Diamankan Bersama Pria di Hotel Bintang 5, Diduga Terlibat Prostitusi Online

Personel Satreskrim Polrestabes Medan mengamankan artis FTV Hana Hanifah dari salah satu kamar hotel berbintang 5, Minggu (12/7/2020) di ...
Tiga Minggu Foya-foya, 2 Pembobol Rumah di Jalan Pancasila Ditangkap Polisi

Tiga Minggu Foya-foya, 2 Pembobol Rumah di Jalan Pancasila Ditangkap Polisi

Tiga pekan berfoya-foya dengan hasil jarahannya, 2 pembobol rumah di Jalan Pancasila, Gang Sekolah, Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan ...
3 Jam Usai Curi Motor dari Depan Toko Ponsel di Lubukpakam, Pria Ini Ditangkap di Medan

3 Jam Usai Curi Motor dari Depan Toko Ponsel di Lubukpakam, Pria Ini Ditangkap di Medan

Pria berinisial HP (27) ini--warga Dusun II, Desa Jati Seronoh, Kecamatan Percut Seituan, Deliserdang--tak sempat menikmati hasil kejahatannya. Personel Sat ...
Polair Polres Tanjungbalai Amankan Kapal Pembawa 500 Balpress di Kuala Sei Baru

Polair Polres Tanjungbalai Amankan Kapal Pembawa 500 Balpress di Kuala Sei Baru

Tim Gabungan Polair Polres Tanjungbalai dan BKO Pol Airud Poldasu bersama Bea Cukai Tanjungbalai dan BC Tanjungbalai Karimun mengamankan satu ...
Loading...
Awie

Loading…