Senin, 20 Mei 2019 | 07.34 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Sita Makanan Kadarluasa di Swalayan Delimas, Tim Gabungan Harus Bayar

Sita Makanan Kadarluasa di Swalayan Delimas, Tim Gabungan Harus Bayar

Kamis, 16 Mei 2019 - 20:08 WIB

IMG-69598

Tim Terpadu Deliserdang saat melaksanakan razia di Swalayan Delimas, Kamis (16/5/2019). (Fani Ardana/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Tim Terpadu Pemkab Deliserdang melaksanakan razia terhadap makanan yang diperjualbelikan di swalayan dan toko makanan, Kamis (16/5/2019). Khusus untuk Kecamatan Lubukpakam, tim dipimpin oleh Asisten II Pemkab, dr Aida Harahap.

Ada beberapa temuan tim ketika melakukan pemantauan di beberapa titik. Salah satunya adalah penemuan mi instan yang sudah kadaluarsa namun tetap diperjualbelikan.

Temuan itu didapat di di lantai III Delimas Plaza Lubukpakam. Kabag Perekonomian Pemkab Deliserdang, Putra Jaya Manalu yang ikut dalam tim ini sempat adu argumen dengan pengawas swalayan.

Saat akan menyita mi instan kedaluarsa yang itu ditemukan di rak swalayan, pengawas swalayan bernama Masari tetap meminta bayaran. Akibatnya, Putra pun kemudian sempat protes.

“Jadi, walaupun ini sudah kedaluarsa tetap harus dibayar ya? Gitu ya? Udah bayarkan saja. Enggak apa-apa biar saja kita bayar,” kata Putra sembari memerintahkan anggotanya untuk menuruti apa yang diminta Masari.

Meski di tim ini juga didampingi personel kepolisian, namun tetap saja Masari meminta bayaran. Ia mengatakan orang-orang yang ada di swalayan ini hanyalah pekerja yang punya tanggungjawab mengenai barang yang masuk dan keluar.

“Dari Pemkab kan ada dananya. Kalau enggak bayar, nanti kami bilangnya bagaimana,” kata Masari saat diwawancarai awak media.

Semwntara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan dr Hj Aida Harahap Mars menjelaskan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui secara pasti dan melihat langsung ke lapangan apakah produk-produk yang dipasarkan memang sesuai dengan ketentuan ketentuan yang berlaku seperti tanggal expired (kedaluarsa), kemasanya masih baik atau rusak kemudian terdaftar atau tidak dibalai POM atau di dinas berwenang.

“Jadi, kita bisa mengetahui dan memberi pelajaran kepada pengusaha-pengusaha maupun masyarakat bahwa produk-produk yang disajikan itu harus benar-benar sehat. Sehingga tidak mengganggu kesehatan bagi masyarakat,” katanya.

Dia juga mengatakan, razia serupa akan dilaksanakan secara bekesinambungan.

“Kepada pengusaha yang menyalahi aturan, akan kita beri peringatan dan sanksi apabila hal ini masih terulang. Karena kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dari Pemkab yang bergabung dengan Tim dari Balai POM Medan, kemudian Polres dan OPD terkait,” imbuhnya.

“Kepada pengusaha-pengusaha yang ada khususnya di Kabupaten Deliserdang untuk menyajikan atau menjual produk-produknya sesuai dengan ketentuan yang ada, sehingga masyarakat dapat mengkonsumsinya dengan baik,” kata Hj Aida.

Kabag Perekonomian dan SDA Putra Jaya Manalu menambahkan, bahwa tim ini mempunyai tugas melakukan penyuluhan bagi produsen, pedagang dan masyarakat tentang bahaya apabila mengkonsumsi obat, makanan dan minuman, obat, makanan dan minuman yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan.

Selanjutnya, merumuskan pemecahan untuk penanggulangan penyalahgunaan obat, makanan dan minuman yang tidak memenuhi persyaratan dan mengambil tindakan sesuai ketentuan yang berlaku.

Manalu juga menjelaskan, bahwa situasi dan kondisi di pusat-pusat perbelanjaan berlangsung kondusif, meski ditemukan di beberapa super market/swalayan hal-hal yang merugikan/meresahkan masyarakat pembeli, seperti adanya produk tanpa label dan identitas.

“Ada juga ditemukan buah-buahan yang tidak layak jual dan produk kemasan kaleng yang rusak serta kedaluarsa,” bebernya.

Dia mengatakan, bahwa tim tersebut akan terus menyasar supermarket/swalayan dan pasar-pasar tradisional yang ada di wilayahnya untuk kenyamanan masyarakat dalam mengkonsumsi makanan dan minuman.

“Jadi, ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan mengkonsumsi makanan, minuman, terlebih saat ini bulan Ramadhan,” tandasnya. (fan)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Dipergoki Saat Mencuri, Pria Ini Ancam Bunuh Pemilik Rumah, Pas Tertangkap Langsung Loyo
Metro 24 Jam - Senin, 20 Mei 2019 - 00:24 WIB

Dipergoki Saat Mencuri, Pria Ini Ancam Bunuh Pemilik Rumah, Pas Tertangkap Langsung Loyo

Tak seperti lazimnya para 'tamu tak diundang' Bayu Andira (23), warga Pondok Gerompol, Perumnas Simalingkar, memang cukup nekat. Ketika dipergoki ...
Curi Laptop Gagal, Warga Patumbak Ini Babak-belur, Lebaran di Penjara Lagi
Metro 24 Jam - Minggu, 19 Mei 2019 - 21:55 WIB

Curi Laptop Gagal, Warga Patumbak Ini Babak-belur, Lebaran di Penjara Lagi

Alih-alih menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, pria berusia 32 tahun ini malah coba mencuri. Alhasil, pria bernama Ari ...
Lagi Renovasi Untuk Jadi Kantor, Seisi Bangunan Rumah Permanen Ludes Dilahap Api
Metro 24 Jam - Minggu, 19 Mei 2019 - 21:31 WIB

Lagi Renovasi Untuk Jadi Kantor, Seisi Bangunan Rumah Permanen Ludes Dilahap Api

Satu unit bangunan rumah permanen di Jalan Sei Berantas Ujung, Kelurahan Babura, Medan Sunggal, ludes dilahap Si Jago Merah, Minggu ...
KPU Deliserdang Tuntaskan Pleno Rekapitulasi Dapil 3 Sumut, Ini Hasilnya
Metro 24 Jam - Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

KPU Deliserdang Tuntaskan Pleno Rekapitulasi Dapil 3 Sumut, Ini Hasilnya

Komisi Pemilihan Umum Deliserdang menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi terbuka dari seluruh Dapil untuk DPRD Sumut, setelah menuntaskan penghitungan suara dari ...
Rekapitulasi Dapil 6 Deliserdang Tuntas, Ini Nama-nama Caleg Peraih Suara Terbanyak
Metro 24 Jam - Minggu, 19 Mei 2019 - 17:36 WIB

Rekapitulasi Dapil 6 Deliserdang Tuntas, Ini Nama-nama Caleg Peraih Suara Terbanyak

Rekapitulasi tingkat PPK Percut Sei Tuan, selesai dilaksanakan di aula Kantor KPU Deliserdang, Minggu (19/5/2019). Pengitungan suara Percut Sei Tuan ...
7 Pasangan Terjaring Razia Pekat di Kisaran, Ada yang Sibuk Pakai Baju, Ada Bawa Balita, Alamak!
Metro 24 Jam - Minggu, 19 Mei 2019 - 13:20 WIB

7 Pasangan Terjaring Razia Pekat di Kisaran, Ada yang Sibuk Pakai Baju, Ada Bawa Balita, Alamak!

Tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP Kabupaten Asahan, Dinas Sosial serta TNI dan Polri menggelar razia Pekat Masyarakat di ...
Loading...