Jumat, 26 April 2019 | 22.44 WIB
Metro24Jam>News>BISNIS>Pertumbuhan Ekonomi Sumut Naik 0,1 Persen

Pertumbuhan Ekonomi Sumut Naik 0,1 Persen

Jumat, 12 April 2019 - 20:07 WIB

IMG-68821

Ketua OJK Regional 5 Sumbagut saat memberi penjelasan. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi nasional pada tahun 2018 mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,17%, lebih tinggi dibanding capaian tahun 2017 sebesar 5,07%.

“Kita patut berbangga karena ekonomi Sumatera Utara tahun 2018 sesuai data BPS tercatat sebesar 5,17% atau lebih tinggi dibandingkan tahun 2017 sebesar 5,12% atau masih lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jum’at (12/4/2019) siang.

Dijelaskannya, kinerja industri Perbankan pada tahun 2018 juga tumbuh positif. Growth Credit Perbankan di Indonesia pada Desember 2018 meningkat sebesar 12,45% (yoy) dibandingkan tahun 2017 sebesar 8,24%.

“DPK pada Desember 2018 meningkat sebesar 8% (yoy), sedangkan asset meningkat sebesar 8,39% (yoy),” jelas Yusuf merinci perekonomian Sumut dan pembahasan penunjukan Bank Sumut sebagai penyalur KUR di Acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Bank Sumut.

Yusuf mengungkapkan, berdasarkan kondisi Perbankan di Sumatera Utara, total asset Bank Sumut sepanjang tahun 2018 menurun sebesar 2,91%. Sementara Perbankan Sumatera Utara mengalami pertumbuhan sebesar 1,16%.

Pertumbuhan DPK Bank Sumut juga menurun sebesar 4,03% atau di bawah pertumbuhan DPK Perbankan di Sumatera Utara sebesar 1,25%. Sedangkan pertumbuhan kredit Bank Sumut sebesar 5,4% atau masih di bawah pertumbuhan Perbankan Sumatera Utara yaitu sebesar 7,1%.

Sementara itu, Market Share Bank Sumut terhadap total asset Perbankan di Sumatera Utara tahun 2018 mencapai sebesar 11,83%, meningkat dibandingkan tahun 2017 sebesar 10,47%.

“Market Share ini tentunya masih bisa ditingkatkan, mengingat Bank Sumut sebagai bank daerah yang telah berdiri lebih dari 50 tahun. Sehingga diharapkan, dapat lebih dominan dalam menguasai pangsa pasar lokal. Saat ini dominasi Bank Sumut pada pangsa pasar kredit PNS (KMG) terus menurun dan di ‘take over’ oleh bank lain,” ungkapnya.

NPL Bank Sumut posisi Desember 2018 tercatat sebesar 3,88% atau lebih tinggi dari NPL Perbankan (Bank Umum) Sumatera Utara sebesar 2,40%.

“Namun kami mengapresiasi upaya Bank Sumut untuk menurunkan rasio NPL sehingga NPL Bank Sumut menurun sebesar 0,5% dari tahun sebelumnya (2017) yang sebesar 4,38%. Tentunya kami berharap agar upaya penurunan NPL dapat terus dilakukan hingga mencapai serendah-rendahnya,” akunya.

Dalam upaya meningkatkan kinerja dan mendukung pencapaian target Bank Sumut, baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang, Yusup Ansori mengatakan, penguatan permodalan dan rencana jangka menengah di mana salah satunya adalah melakukan proses spin off Unit Usaha Syariah (UUS), harus diperhatikan.

Oleh karena itu, OJK berharap kepada seluruh pemegang saham agar membantu Bank Sumut meningkatkan kapasitas permodalan sehingga bisa terus tumbuh secara sehat.

Komitmen Pemerintah Daerah

Peran pimpinan daerah kota/kabupaten di seluruh Sumatera Utara selaku pemegang saham sangat penting untuk mendorong peningkatan kinerja Bank Sumut.

Selain itu, kerjasama dengan bank melalui penyaluran kredit KMG, SPK, Kredit Pensiun dan sebagainya juga menjadi salah satu cara untuk mendukung kinerja Bank Sumut.

“Untuk itu, kami minta adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antar bank melalui pemimpin cabang dengan pemimpin daerah dan jajarannya. Dengan adanya hubungan yang harmonis antara bank dan pimpinan di setiap daerah, niscaya akan meningkatkan peran Bank Sumut sebagai Agent of Development bagi perkembangan setiap daerah di wilayah Sumatera Utara,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, selaku pemegang saham pengendali PT Bank Sumut, Wagubsu Musa Rajekshah, para pemegang saham lainnya dan Ketua Komisi C DPRD Sumut HM Iskandar Sakty Batubara, Dewan Komisaris, Direksi dan pegawai PT Bank Sumut, serta tamu undangan lainnya. (asn)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Pria Berkaos Loreng Tewas Dalam Kamarnya, di Lokasi Ditemukan Bong
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 20:48 WIB

Pria Berkaos Loreng Tewas Dalam Kamarnya, di Lokasi Ditemukan Bong

Seorang pria paruh baya yang mengenakan seragam loreng ditemukan tak bernyawa di kediamannya Jalan Sei Mencirim, Dusun 11 Desa Paya ...
Dicegat Polisi di Jalan Irian Desa Dagang Kerawan, Pemuda Ini Kedapatan Pegang Sabu
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 20:24 WIB

Dicegat Polisi di Jalan Irian Desa Dagang Kerawan, Pemuda Ini Kedapatan Pegang Sabu

Personel Unit Reskrim Polsek Tanjung Morawa meringkus seorang pemuda yang kedapatan memiliki sabu-sabu, di Jalan Irian, Dusun 4, Desa Dagang ...
Rokontruksi Pembunuhan Ngatiem, Pria Berkumis Coba Serang Pelaku
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 20:10 WIB

Rokontruksi Pembunuhan Ngatiem, Pria Berkumis Coba Serang Pelaku

Polisi menggelar rekonstruksi pembunuhan korban Ngatiem alias Ati, di areal perkebunan kelapa sawit Afdeling III PTPN 4 Kebun Laras, Nagori ...
Kesal Sering Dicaci-maki, Karyawan Cuci Steam Nekat Bunuh Majikan
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 19:28 WIB

Kesal Sering Dicaci-maki, Karyawan Cuci Steam Nekat Bunuh Majikan

Pelaku pembunuhan pengusaha cuci steam, Robby Diandra (39), yang ditemukan tewas diKapuk Kamal Raya Tegal alur, Kalideres Jakarta Barat, pada ...
Demi Nyabu, Motor Milik Keluarga Sendiri Disikat, Pemuda Ini Diantar Pemilik ke Kantor Polisi
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 19:18 WIB

Demi Nyabu, Motor Milik Keluarga Sendiri Disikat, Pemuda Ini Diantar Pemilik ke Kantor Polisi

Gara-gara belajar nyabu, pekerjaan sebagai pedagang pakaian, akhirnya tak mencukupi untuk bagi Kevin Syah (19). Pemuda yang tinggal di Jalan ...
BNNP Gagalkan Peredaran Sabu Dalam Kemasan Milo dari Malaysia, Dikendalikan dari Lapas Tanjung Gusta
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 18:55 WIB

BNNP Gagalkan Peredaran Sabu Dalam Kemasan Milo dari Malaysia, Dikendalikan dari Lapas Tanjung Gusta

Personel Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu asal Malaysia. Jaringan ini juga disebut dikendalikan ...
Loading...