Selasa, 23 Juli 2019 | 01.13 WIB
Metro24Jam>News>Pertumbuhan Ekonomi Sumut Naik 0,1 Persen

Pertumbuhan Ekonomi Sumut Naik 0,1 Persen

Jumat, 12 April 2019 - 20:07 WIB

IMG-68821

Ketua OJK Regional 5 Sumbagut saat memberi penjelasan. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi nasional pada tahun 2018 mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,17%, lebih tinggi dibanding capaian tahun 2017 sebesar 5,07%.

“Kita patut berbangga karena ekonomi Sumatera Utara tahun 2018 sesuai data BPS tercatat sebesar 5,17% atau lebih tinggi dibandingkan tahun 2017 sebesar 5,12% atau masih lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jum’at (12/4/2019) siang.

Dijelaskannya, kinerja industri Perbankan pada tahun 2018 juga tumbuh positif. Growth Credit Perbankan di Indonesia pada Desember 2018 meningkat sebesar 12,45% (yoy) dibandingkan tahun 2017 sebesar 8,24%.

“DPK pada Desember 2018 meningkat sebesar 8% (yoy), sedangkan asset meningkat sebesar 8,39% (yoy),” jelas Yusuf merinci perekonomian Sumut dan pembahasan penunjukan Bank Sumut sebagai penyalur KUR di Acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Bank Sumut.

Yusuf mengungkapkan, berdasarkan kondisi Perbankan di Sumatera Utara, total asset Bank Sumut sepanjang tahun 2018 menurun sebesar 2,91%. Sementara Perbankan Sumatera Utara mengalami pertumbuhan sebesar 1,16%.

Pertumbuhan DPK Bank Sumut juga menurun sebesar 4,03% atau di bawah pertumbuhan DPK Perbankan di Sumatera Utara sebesar 1,25%. Sedangkan pertumbuhan kredit Bank Sumut sebesar 5,4% atau masih di bawah pertumbuhan Perbankan Sumatera Utara yaitu sebesar 7,1%.

Sementara itu, Market Share Bank Sumut terhadap total asset Perbankan di Sumatera Utara tahun 2018 mencapai sebesar 11,83%, meningkat dibandingkan tahun 2017 sebesar 10,47%.

“Market Share ini tentunya masih bisa ditingkatkan, mengingat Bank Sumut sebagai bank daerah yang telah berdiri lebih dari 50 tahun. Sehingga diharapkan, dapat lebih dominan dalam menguasai pangsa pasar lokal. Saat ini dominasi Bank Sumut pada pangsa pasar kredit PNS (KMG) terus menurun dan di ‘take over’ oleh bank lain,” ungkapnya.

NPL Bank Sumut posisi Desember 2018 tercatat sebesar 3,88% atau lebih tinggi dari NPL Perbankan (Bank Umum) Sumatera Utara sebesar 2,40%.

“Namun kami mengapresiasi upaya Bank Sumut untuk menurunkan rasio NPL sehingga NPL Bank Sumut menurun sebesar 0,5% dari tahun sebelumnya (2017) yang sebesar 4,38%. Tentunya kami berharap agar upaya penurunan NPL dapat terus dilakukan hingga mencapai serendah-rendahnya,” akunya.

Dalam upaya meningkatkan kinerja dan mendukung pencapaian target Bank Sumut, baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang, Yusup Ansori mengatakan, penguatan permodalan dan rencana jangka menengah di mana salah satunya adalah melakukan proses spin off Unit Usaha Syariah (UUS), harus diperhatikan.

Oleh karena itu, OJK berharap kepada seluruh pemegang saham agar membantu Bank Sumut meningkatkan kapasitas permodalan sehingga bisa terus tumbuh secara sehat.

Komitmen Pemerintah Daerah

Peran pimpinan daerah kota/kabupaten di seluruh Sumatera Utara selaku pemegang saham sangat penting untuk mendorong peningkatan kinerja Bank Sumut.

Selain itu, kerjasama dengan bank melalui penyaluran kredit KMG, SPK, Kredit Pensiun dan sebagainya juga menjadi salah satu cara untuk mendukung kinerja Bank Sumut.

“Untuk itu, kami minta adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antar bank melalui pemimpin cabang dengan pemimpin daerah dan jajarannya. Dengan adanya hubungan yang harmonis antara bank dan pimpinan di setiap daerah, niscaya akan meningkatkan peran Bank Sumut sebagai Agent of Development bagi perkembangan setiap daerah di wilayah Sumatera Utara,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, selaku pemegang saham pengendali PT Bank Sumut, Wagubsu Musa Rajekshah, para pemegang saham lainnya dan Ketua Komisi C DPRD Sumut HM Iskandar Sakty Batubara, Dewan Komisaris, Direksi dan pegawai PT Bank Sumut, serta tamu undangan lainnya. (asn)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
HUT Adhyaksa ke-59, Kajati Sumut Tekankan Pentingnya Profesionalitas
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 23:07 WIB

HUT Adhyaksa ke-59, Kajati Sumut Tekankan Pentingnya Profesionalitas

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Fachruddin Siregar memimpin upaca peringatan HUT Adhyaksa ke-59 di halaman kantor Kejatisu, Jalan AH ...
Peserta PKH di Gunung Malela Mengaku Dikutip Rp20 Ribu Untuk Pencairan Dana
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:57 WIB

Peserta PKH di Gunung Malela Mengaku Dikutip Rp20 Ribu Untuk Pencairan Dana

Dugaan pungutan liar (Pungli) terhadap peserta Program Keluarga Harapan (PKH), masih saja terjadi di Nagori Sahkuda Bayu, Kecamatan Gunung Malela ...
Pasien Bayar Nazar, Tukang Kusuk di Batubara Berangkat ke Tanah Suci
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:40 WIB

Pasien Bayar Nazar, Tukang Kusuk di Batubara Berangkat ke Tanah Suci

Rezeki bisa datang dari mana saja tanpa pernah diduga. Seperti yang dialami dan dirasakan Kamaluddin bin Mohammad Hafiz alias Ongku ...
Rumah di Kelurahan Siopat Suhu Tertimpa Pohon Aren, Penghuninya Terpaksa Tidur di Tenda
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 22:16 WIB

Rumah di Kelurahan Siopat Suhu Tertimpa Pohon Aren, Penghuninya Terpaksa Tidur di Tenda

Satu unit rumah semi permanen di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), Jalan Kawal Samudra, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, ...
Jajaran Polrestabes Medan Ringkus 47 Tersangka Curanmor, BB: 56 Unit Motor dan 2 Mobil
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 21:54 WIB

Jajaran Polrestabes Medan Ringkus 47 Tersangka Curanmor, BB: 56 Unit Motor dan 2 Mobil

Polrestabes Medan hingga Polsek jajaran, gencar melakukan patroli hunting ke jalanan dalam sebulan terakhir demi menekan angka kriminalitas di Kota ...
Kejari Siantar Tetapkan Mantan Dirut PD PAUS Tersangka Korupsi, Bamusi: Itu Keliru!
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 21:40 WIB

Kejari Siantar Tetapkan Mantan Dirut PD PAUS Tersangka Korupsi, Bamusi: Itu Keliru!

Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar menetapkan mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PAUS), Herowhin Sinaga, sebagai tersangka ...
Loading...

Loading…


Bupati Padang Lawas
BPKAD Padang Lawas
Dinas Perindag dan UMKM Padang Lawas
Bank Sumut Sibuhuan
Dinas PU & PE Padang Lawas
Bappeda Padang Lawas
Dinas LH dan Hut Padang Lawas
Dinas PMD Padang Lawas