Minggu, 24 Maret 2019 | 18.26 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Muda-Mudi Sunggal Deklarasi Tolak Berita Hoax, Ujaran Kebencian dan Isu SARA

Muda-Mudi Sunggal Deklarasi Tolak Berita Hoax, Ujaran Kebencian dan Isu SARA

Sabtu, 16 Maret 2019 - 06:52 WIB

IMG-68094

Muda-mudi Kecamatan Sunggal Deliserdang saat deklarasi anti hoax, ujaran kebencian dan isu SARA. (ist/metro24jam.com)

SUNGGAL, metro24jam.com – Muda-mudi se Kecamatan Sunggal, Deliserdang melakukan deklarasi menolak berita hoax, ujaran kebencian dan isu SARA, bertempat di Aula Desa Suka Maju, Jalan Bandar Meriah, Dusun II, Jumat (15/3/2019) sekira jam 20.30 Wib.

Selain itu, mereka bertekad membantu pihak-pihak terkait untuk mensukseskan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang terpilih periode 2019-2024.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Camat Sunggal, Ketua Karang Taruna Sunggal, Kepala Desa Suka Maju dan seratusan muda-mudi dari Karang Taruna Abdi Karya, Karang Taruna Sei Mencirim, Karang Taruna Paya Geli, Remaja Masjid Babussalam, Remaja Masjid At Taqwa, Remaja Masjid Nurul Hakim, Remaja Gereja HKBP Suka Maju, Remaja Gereja GBKP Suka Maju dan Remaja Gereja Katholik Suka Maju.

Kepala Desa Suka Maju, Johar Manalu dalam sambutannya mengaku bangga dengan adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat perlu dilakukan terlebih tak lama lagi akan adanya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Iya, kegiatan ini sangat perlu dilakukan. Apalagi udah mau Pilpres. Kita harus sama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan persaudaraan kita. Saya meminta agar anak-anak muda di Sunggal, Deliserdang menjadi ujung tombak dalam memberantas berita hoax, ujaran kebencian dan isu SARA,” katanya di hadapan muda-mudi yang hadir.

Senada diungkapkan Selamet Riyadi, Ketua Karang Taruna Sunggal. Dia berharap agar pemuda-pemudi yang berdomisili di Kecamatan Sunggal Deliserdang menjadi penjaga keamanan dan ketertiban dengan mensosialisasikan tolak berita hoax, ujaran kebencian dan isu SARA di tengah-tengah masyarakat.

“Informasi sekecil apapun yang kita dapat di tengah-tengah masyarakat, jangan langsung sebar. Konfirmasi dulu kebenarannya kepada kepolisian atau pemerintah. Makanya kita sering dengar istilah saring sebelum sharing,” sebutnya.

Sementara Sekcam Rahmat A Siregar mengatakan, bahwa kegiatan deklarasi menolak berita hoax, ujaran kebencian dan tolak isu sara itu merupakan pertama kali dilakukan oleh pemuda-pemudi di Kecamatan Sunggal Deliserdang.

“Di zaman sekarang ini, pemuda-pemudi harus bisa mencari jati diri sendiri. Karena sangat banyaknya fitnah atau hoax yang beredar, harus dapat mengantisipasi, dicerna dan jangan menerima berita begitu saja, harus dicari dulu kebenarannya,” tegasnya.

Rahmat juga berharap, pemuda-pemudi harus menjadi alat pemersatu. Menurutnya, saat ini negara dirongrong dengan isu SARA yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI.

“Jangan jadikan perbedaan sebagai alat perpecahan. Kita jaga budaya gotong-royong di masyarakat kita. Sebentar lagi kita akan menghadapi pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang Terpilih Periode 2019-2014 dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Mari kita sukseskan dengan cara ikut berpartisipasi dan menjaga keamanan dan ketertiban,” ujarnya. (adi)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Pelaku Pembacokan Adik Mantan Mertua dan Keluarganya Mendadak Amnesia
Metro 24 Jam - Minggu, 24 Maret 2019 - 13:04 WIB

Pelaku Pembacokan Adik Mantan Mertua dan Keluarganya Mendadak Amnesia

Pembacokan sekeluarga yang dilakukan Syahrul Ahmad (47) diduga sudah direncanakan. Pria itu sengaja membawa parang dan peralatan lainnya ke rumah ...
Diparkir Depan Rumah, Dump Truck Raib di Tengah Derasnya Hujan
Metro 24 Jam - Minggu, 24 Maret 2019 - 11:01 WIB

Diparkir Depan Rumah, Dump Truck Raib di Tengah Derasnya Hujan

Anjar, warga Gang Bandrek, Pasar 4 Kecamatan Patumbak, mendatangi Polsek Patumbak, Sabtu (23/3/2019) sekira pukul 20.00 Wib.Ditemani mertuanya, pria itu ...
Si Jago Merah Mengamuk, 1 Rumah Permanen di Jalan Wahid Hasyim Hangus
Metro 24 Jam - Minggu, 24 Maret 2019 - 10:39 WIB

Si Jago Merah Mengamuk, 1 Rumah Permanen di Jalan Wahid Hasyim Hangus

Satu rumah di kawasan padat penduduk di Jalan Wahid Hasim, Pasar II, persis di samping kuburan Gajah Mada, habis terbakar, ...
Kecelakaan Beruntun di Jalan Tanah Jawa-Siantar, Pengendara Jupiter MX Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 23 Maret 2019 - 23:26 WIB

Kecelakaan Beruntun di Jalan Tanah Jawa-Siantar, Pengendara Jupiter MX Tewas

Rasito (50), tewas seketika usai setelah ditabrak truk di jalan umum Tanah Jawa-Pematangsiantar, Kampung Rintis VII, Nagori Balimbingan, Kecamatan Tanah ...
Baru Beli Sabu, Dua Pemakai Ditangkap Polisi, Pengedarnya Dijemput dari Warung
Metro 24 Jam - Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:13 WIB

Baru Beli Sabu, Dua Pemakai Ditangkap Polisi, Pengedarnya Dijemput dari Warung

Personel Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan berhasil meringkus dua pemakai sabu di Jalan H Agus Salim, Kelurahan Teladan, Kisaran, Sabtu ...
Heboh di Jalan Pancing! Wanita 60 Tahun dan 2 Anaknya Dibacok Mantan Menantu Kakak
Metro 24 Jam - Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:31 WIB

Heboh di Jalan Pancing! Wanita 60 Tahun dan 2 Anaknya Dibacok Mantan Menantu Kakak

Seorang wanita lanjut usia bernama Ngatemi (60), bersama dua anaknya sekarat akibat dibacok mantan menantu kakaknya. Insiden itu di kediaman ...
Loading...