Minggu, 24 Maret 2019 | 17.39 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Sapi Bebas Berkeliaran di Blok 15 F PTPN 4 Bahjambi, Hasil Panen Tidak Maksimal, GUU1: Itu Bukan Milik Pejabat

Sapi Bebas Berkeliaran di Blok 15 F PTPN 4 Bahjambi, Hasil Panen Tidak Maksimal, GUU1: Itu Bukan Milik Pejabat

Jumat, 15 Maret 2019 - 09:27 WIB

IMG-68075

Sejumlah sapi yang terlihat berkeliaran mencari makan di lahan PTPN 4 Kebun Unit Bah Jambi dengan pengawalan anjing (insert). (Suhendra/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Pihak General Manager Unit Usaha (GUU) 1 PTPN 4 Bahjambi mengatakan tidak mengetahui adanya pejabat pemilik ratusan ternak sapi yang terlihat bebas berkeliaran di PTPN 4 Bahjambi di Blok 15 F dan Blok 15 W Tanaman Menghasilan (TM 2015).

Meski begitu, pihak perusahaan mengakui bahwa akibat berkeliarannya sapi-sapi tersebut, hasil panen dari sawit yang berada di ribuan hektar lahan tersebut jadi tidak maksimal.

Hal itu diungkapkan General Manager Edy Usman yang dikonfirmasi melalui Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) GUU 1 Bahjambi, Kamis (14/3/2019) sore.

“Terkait hal tersebut (sapi berkeliaran bebas), sejauh ini saya tidak mengetahui ada oknum pejabat di Simalungun yang memilikinya. Dari GUU, secara berkala juga telah memberi edaran kepada unit usaha utk menginventaris ternak sapi sekitar kebun dan pemiliknya,” katanya.

Berdasarkan data tersebut, Nanda mengatakan, tidak ada oknum pejabat yang merupakan pemilik sapi tercatat di sana.

“Bisa jadi ada masyarakat mengatasnamakan oknum pejabat untuk memberi rasa aman, karena hal ini sering terjadi. Namun demikian, kita akan tetap menyelediki kebenaran informasi tersebut,” katanya.

Nanda mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan banyak upaya untuk penanganan ternak-ternak sapi tersebut, termasuk koordinasi dengan pihak Desa, Muspika bahkan Muspida.

Meski begitu, diakuinya upaya tersebut belum membuahkan hasil yang maksimal.

“Kita akan terus menghalau ternak sapi yang bebas itu,” tegasnya.

Nanda juga menjelaskan bahwa akibat ternak-ternak sapi yang berkeliaran tersebut hasil kebun tidak maksimal.

“Padahal lokasi tanaman 2015 itu sekitar 9000 ribuan hektar, tapi hasilnya tidak maksimal. Kita tidak ada memberi fasilitas lahan [kepada pemilik sapi],” katanya.

Menurut Nanda, sapi-sapi tersebut sudah berkeliaran sebelum oknum pejabat dimaksud masih bertugas masih di Jakarta.

“Kita juga susah koordinasi dan sudah pernah hendak dilakukan pengkuran. Namun biaya mencapai Rp600-700 juta,” jelasnya.

Keterangan tersebut sangat bertolak belakang dengan apa yang sebelumnya dijelaskan Asisten Kepala (Aska) PTPN 4 Bahjambi, Hanafi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Hanafi mengakui bahwa sapi-sapi di Blok 15 F dan 15 W tersebut adalah milik seorang oknum pejabat. Dia bahkan sempat berterima kasih atas pemberitaan yang dilakukan metro24jam.com.

“Terimakasih lah pak. Karena selama ini kami sangat kesulitan [menangani sapi-sapi tersebut] dan bapak kan sudah taukan siapa pemiliknya?” sebut Hanafi, Sabtu (9/3/2019) lalu. (Age)

BACA JUGA:
Ternak Sapi di Kebun PTPN 4, Aska Unit Bahjambi: Sudah Dilapor, Tau Kan Pemiliknya?


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Pelaku Pembacokan Adik Mantan Mertua dan Keluarganya Mendadak Amnesia
Metro 24 Jam - Minggu, 24 Maret 2019 - 13:04 WIB

Pelaku Pembacokan Adik Mantan Mertua dan Keluarganya Mendadak Amnesia

Pembacokan sekeluarga yang dilakukan Syahrul Ahmad (47) diduga sudah direncanakan. Pria itu sengaja membawa parang dan peralatan lainnya ke rumah ...
Diparkir Depan Rumah, Dump Truck Raib di Tengah Derasnya Hujan
Metro 24 Jam - Minggu, 24 Maret 2019 - 11:01 WIB

Diparkir Depan Rumah, Dump Truck Raib di Tengah Derasnya Hujan

Anjar, warga Gang Bandrek, Pasar 4 Kecamatan Patumbak, mendatangi Polsek Patumbak, Sabtu (23/3/2019) sekira pukul 20.00 Wib.Ditemani mertuanya, pria itu ...
Si Jago Merah Mengamuk, 1 Rumah Permanen di Jalan Wahid Hasyim Hangus
Metro 24 Jam - Minggu, 24 Maret 2019 - 10:39 WIB

Si Jago Merah Mengamuk, 1 Rumah Permanen di Jalan Wahid Hasyim Hangus

Satu rumah di kawasan padat penduduk di Jalan Wahid Hasim, Pasar II, persis di samping kuburan Gajah Mada, habis terbakar, ...
Kecelakaan Beruntun di Jalan Tanah Jawa-Siantar, Pengendara Jupiter MX Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 23 Maret 2019 - 23:26 WIB

Kecelakaan Beruntun di Jalan Tanah Jawa-Siantar, Pengendara Jupiter MX Tewas

Rasito (50), tewas seketika usai setelah ditabrak truk di jalan umum Tanah Jawa-Pematangsiantar, Kampung Rintis VII, Nagori Balimbingan, Kecamatan Tanah ...
Baru Beli Sabu, Dua Pemakai Ditangkap Polisi, Pengedarnya Dijemput dari Warung
Metro 24 Jam - Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:13 WIB

Baru Beli Sabu, Dua Pemakai Ditangkap Polisi, Pengedarnya Dijemput dari Warung

Personel Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan berhasil meringkus dua pemakai sabu di Jalan H Agus Salim, Kelurahan Teladan, Kisaran, Sabtu ...
Heboh di Jalan Pancing! Wanita 60 Tahun dan 2 Anaknya Dibacok Mantan Menantu Kakak
Metro 24 Jam - Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:31 WIB

Heboh di Jalan Pancing! Wanita 60 Tahun dan 2 Anaknya Dibacok Mantan Menantu Kakak

Seorang wanita lanjut usia bernama Ngatemi (60), bersama dua anaknya sekarat akibat dibacok mantan menantu kakaknya. Insiden itu di kediaman ...
Loading...