Minggu, 24 Maret 2019 | 17.37 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Dua Kurir 9,5 Kilo Sabu Divonis Hukuman Penjara Seumur Hidup

Dua Kurir 9,5 Kilo Sabu Divonis Hukuman Penjara Seumur Hidup

Kamis, 14 Maret 2019 - 05:52 WIB

IMG-68014

Terdakwa saat mendengarkan pembacaan vonis. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Terdakwa Ariffuddin (26) dan Hasanuddin (33), dua kurir 9,5 kilogram sabu hanya bisa pasrah mendengarkan putusan hakim yang menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada mereka.

“Menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada kedua terdakwa masing-masing selama seumur hidup,” kata Hakim Richard Silalahi yang memimpin persidangan di Ruang Cakra VII Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (13/3/2019) sore.

Hal-hal yang memberatkan, menurut majelis hakim, perbuatan kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika dan merusak para generasi muda. Sedangkan hal yang meringankan tidak ada.

“Perbuatan kedua terdakwa dinyatakan terbukti melanggar pasal 114 ayat (2) jo pasal 132 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” pungkas hakim Richard.

Menanggapi putusan hakim tersebut, kedua terdakwa yang didampingi penasehat hukumnya menyatakan pikir-pikir.

Senada dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randi Tambunan. “Pikir-pikir majelis,” kata JPU. Putusan hakim itu lebih berat dari tuntutan JPU yang meminta masing-masing terdakwa dijatuhi hukuman 20 tahun penjara dan denda sebesar Rp2 miliar subsidair 6 bulan kurungan.

Sesuai dakwaan JPU, terdakwa Ariffuddin ditangkap menjadi perantara peredaran sabu setelah mendapat imingi-iming dari Hendra yang kini masih buron.

Awalnya, Ariffuddin hanya ingin meminjam uang pada Hendra. Namun, saat itu, Hendra mengaku sedang tidak punya uang dan menawarkan Ariffuddin menjadi kurir barang haram tersebut.

“Hendra mengatakan kepada terdakwa ada kerjaan di Medan. Hendra menyuruh terdakwa untuk berangkat. Uang jalan akan diserahkan kalau sabu itu sudah pada terdakwa,” pungkas Randi.

Pada Juli 2018, transaksi itu ternyata sudah diketahui tim dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut berdasarkan laporan masyarakat. Sesampainya di Medan, Hendra menyuruh Ariffuddin untuk menemui pemilik sabu yang dimaksud.

Sebelumnya, Ariffuddin terlebih dahulu berjumpa dengan Hasanuddin. Keduanya menginap di sebuah hotel untuk menemui orang yang dijanjikan Hendra.

“Pada Rabu 25 Juli 2018 sekira jam 04.00 wib, terdakwa Ariffuddin dan Hasanuddin pergi menuju Belawan untuk menjemput narkotika jenis sabu. Kemudian, sekira jam 06.00 wib, terdakwa menghubungi nomor hape yang diberikan Hendra,” ujar JPU dari Kejatisu itu.

Dari tangan orang yang dijanjikan Hendra, Ariffuddin dan Hasanuddin membawa sabu sebanyak 10 bungkus plastik. Namun, saat pulang mereka diberhentikan polisi berpakaian preman.

“Saat penangkapan terhadap terdakwa, disita barang bukti satu buah plastik warna hitam merk Guan Yin Wang berisi sabu sebanyak 9.547gram,” tandas Randi. (*/asp)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Pelaku Pembacokan Adik Mantan Mertua dan Keluarganya Mendadak Amnesia
Metro 24 Jam - Minggu, 24 Maret 2019 - 13:04 WIB

Pelaku Pembacokan Adik Mantan Mertua dan Keluarganya Mendadak Amnesia

Pembacokan sekeluarga yang dilakukan Syahrul Ahmad (47) diduga sudah direncanakan. Pria itu sengaja membawa parang dan peralatan lainnya ke rumah ...
Diparkir Depan Rumah, Dump Truck Raib di Tengah Derasnya Hujan
Metro 24 Jam - Minggu, 24 Maret 2019 - 11:01 WIB

Diparkir Depan Rumah, Dump Truck Raib di Tengah Derasnya Hujan

Anjar, warga Gang Bandrek, Pasar 4 Kecamatan Patumbak, mendatangi Polsek Patumbak, Sabtu (23/3/2019) sekira pukul 20.00 Wib.Ditemani mertuanya, pria itu ...
Si Jago Merah Mengamuk, 1 Rumah Permanen di Jalan Wahid Hasyim Hangus
Metro 24 Jam - Minggu, 24 Maret 2019 - 10:39 WIB

Si Jago Merah Mengamuk, 1 Rumah Permanen di Jalan Wahid Hasyim Hangus

Satu rumah di kawasan padat penduduk di Jalan Wahid Hasim, Pasar II, persis di samping kuburan Gajah Mada, habis terbakar, ...
Kecelakaan Beruntun di Jalan Tanah Jawa-Siantar, Pengendara Jupiter MX Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 23 Maret 2019 - 23:26 WIB

Kecelakaan Beruntun di Jalan Tanah Jawa-Siantar, Pengendara Jupiter MX Tewas

Rasito (50), tewas seketika usai setelah ditabrak truk di jalan umum Tanah Jawa-Pematangsiantar, Kampung Rintis VII, Nagori Balimbingan, Kecamatan Tanah ...
Baru Beli Sabu, Dua Pemakai Ditangkap Polisi, Pengedarnya Dijemput dari Warung
Metro 24 Jam - Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:13 WIB

Baru Beli Sabu, Dua Pemakai Ditangkap Polisi, Pengedarnya Dijemput dari Warung

Personel Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan berhasil meringkus dua pemakai sabu di Jalan H Agus Salim, Kelurahan Teladan, Kisaran, Sabtu ...
Heboh di Jalan Pancing! Wanita 60 Tahun dan 2 Anaknya Dibacok Mantan Menantu Kakak
Metro 24 Jam - Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:31 WIB

Heboh di Jalan Pancing! Wanita 60 Tahun dan 2 Anaknya Dibacok Mantan Menantu Kakak

Seorang wanita lanjut usia bernama Ngatemi (60), bersama dua anaknya sekarat akibat dibacok mantan menantu kakaknya. Insiden itu di kediaman ...
Loading...