Minggu, 21 April 2019 | 23.34 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Walidi Resmi Dilantik Jadi Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon

Walidi Resmi Dilantik Jadi Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon

Senin, 11 Februari 2019 - 13:50 WIB

IMG-66766

Wabup Fauzi Yusuf saat melantik Walidi sebagai Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon. (ist/metro24jam.com)

ACEH UTARA, metro24jam.com – Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib (Cek Mad) melalui Wabup Fauzi Yusuf (Sidom Peng), melantik Tgk Jamaluddin Ismail sebagai Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon untuk periode 2018-2023, Senin (11/2/2019).

Pelantikan ini sebagaimana termaktub dalam Keputusan Bupati Aceh Utara Nomor 451.2/402/2018 tentang penetapan Imuem Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon tahun periode 2018-2023 yang dibacakan oleh Staf Dinas Syari’at Islam Aceh Utara.

Keputusan ini juga untuk melaksanakan ketentuan Pasal 30 Peraturan Bupati Aceh Utara Nomor 58 tahun 2017 tentang Badan Kesejahteraan Masjid di Kabupaten Aceh Utara. Maka, perlu menetapkan Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon periode 2018-2023.

Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu dalam Surat Keputusan itu mempunyai tugas di antaranya melakukan usaha-usaha untuk memakmurkan masjid sebagai pusat kegiatan peribadatan, membantu penyelenggara hari-hari besar Islam, melakukan pembinaan terhadap Remaja Masjid.

Kemudian, mengajak dan menghimpun ummat untuk berbuat baik dan meninggalkan yang tidak baik (amar makruf nahi mungkar) dan melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan agama Islam.

Bupati Aceh Utara dalam sambutan yang dibacakan Wabup Fauzi Yusuf (Sidom Peng), mengatakan pihaknya yakin dengan adanya seorang Imum Chik yang baru saja dilantik maka eksistensi masjid ini akan lebih mantap di tengah-tengah kehidupan umat.

“Imum adalah seorang yang memiliki kemampuan memimpin shalat, berkhutbah dan membina umat atau masyarakat yang berada dalam lingkungan. Peran dan fungsi Imum dalam Masjid sangatlah penting,” kata Fauzi Yusuf membacakan sambutan Cek Mad.

Imum, bukan saja sekedar memimpin shalat berjama’ah, akan tetapi lebih luas dari itu meliputi memakmurkan Masjid, menjaga umat kepada amar makruf nahi mungkar, pembinaan jama’ah, pemersatu umat, menghidupkan semangat musyawarah, pembenteng aqidah umat, menjadi uswah bagi jama’ah, menjadi rujukan dalam masalah keislaman dan pembangun solidaritas jama’ah.

Dalam hal ini Bupati Cek Mad berharap agar masjid dimanfaatkan tidak hanya sebagai sarana ibadah, namun juga dapat dijadikan sarana pendidikan, baik yang berbasis agama maupun pendidikan dasar.

“Hal ini sangatlah penting untuk menciptakan generasi kita di masa yang akan datang untuk menjadi generasi yang islami sesuai dengan tuntutan Rasulullah SAW. Saya menyampaikan apresiasi dan selamat atas pelantikan dan pengukuhan Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon,” tandasnya berharap. (Chairul)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Gudang Lilin di Komplek Cemara Asri Ludes Dilahap Api, Pemilik Rugi Miliaran Rupiah
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 22:29 WIB

Gudang Lilin di Komplek Cemara Asri Ludes Dilahap Api, Pemilik Rugi Miliaran Rupiah

Gudang penyimpanan lilin di Jalan Irian Barat Pasar 7, Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, ludes terbakar, Minggu (21/4/2019) pagi. ...
Tragis! Suami Terpaksa Hanya Bisa Menyaksikan Rumah dan Istrinya Terbakar
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 21:02 WIB

Tragis! Suami Terpaksa Hanya Bisa Menyaksikan Rumah dan Istrinya Terbakar

Tragis! Esron Sidabutar (73) hanya bisa menyaksikan istrinya Rosmalina br Sinaga (71), ikut terbakar bersama rumah mereka, di Jalan Siantar-Saribu ...
Ngebut Tengah Malam, Tabrakan di Jalan Perbaungan-Pantai Cermin, 2 Pemuda Tewas!
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 20:23 WIB

Ngebut Tengah Malam, Tabrakan di Jalan Perbaungan-Pantai Cermin, 2 Pemuda Tewas!

Dua pemuda tewas seketika setelah sepedamotor yang dikendarai masing-masing bertabrakan di Jalan Umum Perbaungan-Pantai Cermin, tepatnya di Lingkungan I, Kelurahan ...
Jenguk Suami di Lapas Binjai, ASN RS Pirngadi Ini Coba Selundupkan Sabu dan Kondom Dalam Bra
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 14:53 WIB

Jenguk Suami di Lapas Binjai, ASN RS Pirngadi Ini Coba Selundupkan Sabu dan Kondom Dalam Bra

Seorang wanita ditangkap saat akan menjenguk suaminya yang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Binjai, Sabtu (20/4/2019). Pasalnya, perempuan bernama SEM alias ...
Bawa 11 Bal Ganja dari Aceh, Nelayan Asal Padang Terciduk di Kota Binjai
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 14:29 WIB

Bawa 11 Bal Ganja dari Aceh, Nelayan Asal Padang Terciduk di Kota Binjai

Seorang nelayan bernama Riki Fernando (30), warga Jalan Makasar-Palembang, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat, terciduk saat berusaha menyelundupkan ...
Hanyut Saat Mandi di Sungai Silau, Pria Lanjut Usia Belum Ditemukan
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 14:18 WIB

Hanyut Saat Mandi di Sungai Silau, Pria Lanjut Usia Belum Ditemukan

Seorang pria lanjut usia dilaporkan hanyut di aliran Sungai Silau, di kawasan Jalan Sei Piasa/Gang Badak, Lingkungan II, Kelurahan Kisaran, ...
Loading...