Senin, 18 Februari 2019 | 23.43 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Walidi Resmi Dilantik Jadi Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon

Walidi Resmi Dilantik Jadi Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon

Senin, 11 Februari 2019 - 13:50 WIB

IMG-66766

Wabup Fauzi Yusuf saat melantik Walidi sebagai Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon. (ist/metro24jam.com)

ACEH UTARA, metro24jam.com – Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib (Cek Mad) melalui Wabup Fauzi Yusuf (Sidom Peng), melantik Tgk Jamaluddin Ismail sebagai Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon untuk periode 2018-2023, Senin (11/2/2019).

Pelantikan ini sebagaimana termaktub dalam Keputusan Bupati Aceh Utara Nomor 451.2/402/2018 tentang penetapan Imuem Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon tahun periode 2018-2023 yang dibacakan oleh Staf Dinas Syari’at Islam Aceh Utara.

Keputusan ini juga untuk melaksanakan ketentuan Pasal 30 Peraturan Bupati Aceh Utara Nomor 58 tahun 2017 tentang Badan Kesejahteraan Masjid di Kabupaten Aceh Utara. Maka, perlu menetapkan Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon periode 2018-2023.

Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu dalam Surat Keputusan itu mempunyai tugas di antaranya melakukan usaha-usaha untuk memakmurkan masjid sebagai pusat kegiatan peribadatan, membantu penyelenggara hari-hari besar Islam, melakukan pembinaan terhadap Remaja Masjid.

Kemudian, mengajak dan menghimpun ummat untuk berbuat baik dan meninggalkan yang tidak baik (amar makruf nahi mungkar) dan melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan agama Islam.

Bupati Aceh Utara dalam sambutan yang dibacakan Wabup Fauzi Yusuf (Sidom Peng), mengatakan pihaknya yakin dengan adanya seorang Imum Chik yang baru saja dilantik maka eksistensi masjid ini akan lebih mantap di tengah-tengah kehidupan umat.

“Imum adalah seorang yang memiliki kemampuan memimpin shalat, berkhutbah dan membina umat atau masyarakat yang berada dalam lingkungan. Peran dan fungsi Imum dalam Masjid sangatlah penting,” kata Fauzi Yusuf membacakan sambutan Cek Mad.

Imum, bukan saja sekedar memimpin shalat berjama’ah, akan tetapi lebih luas dari itu meliputi memakmurkan Masjid, menjaga umat kepada amar makruf nahi mungkar, pembinaan jama’ah, pemersatu umat, menghidupkan semangat musyawarah, pembenteng aqidah umat, menjadi uswah bagi jama’ah, menjadi rujukan dalam masalah keislaman dan pembangun solidaritas jama’ah.

Dalam hal ini Bupati Cek Mad berharap agar masjid dimanfaatkan tidak hanya sebagai sarana ibadah, namun juga dapat dijadikan sarana pendidikan, baik yang berbasis agama maupun pendidikan dasar.

“Hal ini sangatlah penting untuk menciptakan generasi kita di masa yang akan datang untuk menjadi generasi yang islami sesuai dengan tuntutan Rasulullah SAW. Saya menyampaikan apresiasi dan selamat atas pelantikan dan pengukuhan Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon,” tandasnya berharap. (Chairul)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Disergap Polisi, Pria Ini Lari ke Kebun Ubi, Sangkutlah!
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:19 WIB

Disergap Polisi, Pria Ini Lari ke Kebun Ubi, Sangkutlah!

Kaget disergap polisi, Aneka Ria Safari alias Ucok Dollong coba melarikan diri ke kebun ubi tak jauh dari kediamannya di ...
Kasi PMD Akui Warga Desa Bantan Pertanyakan Masalah ADD, Tapi…
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:14 WIB

Kasi PMD Akui Warga Desa Bantan Pertanyakan Masalah ADD, Tapi…

Aparatur Desa Bantan, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, meminta pihak kecamatan setempat dapat memberikan solusi atas permasalahan Anggaran Dana ...
Nekat Curi Ikan Gurami Pak Babinsa, Residivis Curanmor Kembali Masuk Sel
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:02 WIB

Nekat Curi Ikan Gurami Pak Babinsa, Residivis Curanmor Kembali Masuk Sel

Ada-ada saja ulah remaja satu ini. Seakan tak bosan hidup di penjara. Belum lama bebas dari hukuman setelah tertangkap mencuri ...
Dua Ahli Waris Gampong di Aceh Utara Terima Santunan Klaim BPJS
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 22:10 WIB

Dua Ahli Waris Gampong di Aceh Utara Terima Santunan Klaim BPJS

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib (Cek Mad) secara simbolis menyerahkan klaim Santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris dua orang ...
Bupati Aceh Utara Resmikan Pabrik CPO Milik Investor Sumut
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 21:56 WIB

Bupati Aceh Utara Resmikan Pabrik CPO Milik Investor Sumut

Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang memproduksi minyak Crude Palm Oil (CPO) dengan kapasitas 30 ton per jam, diresmikan Bupati Aceh ...
Personel BNN Amankan Seorang Oknum TNI di Sergai, BB Ribuan Butir Ekstasi
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 21:48 WIB

Personel BNN Amankan Seorang Oknum TNI di Sergai, BB Ribuan Butir Ekstasi

Tim gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) RI dan Polisi Militer dilaporkan berhasil menangkap seorang oknum anggota TNI berinisial SM ...
bupati serdang bedagai
Loading...