Selasa, 23 Juli 2019 | 14.38 WIB
Metro24Jam>News>Aksi Balasan Kematian Teman, Massa IPK Sweeping, Pos Satpam Cemara Asri Dirusak, Plank PP Roboh

Aksi Balasan Kematian Teman, Massa IPK Sweeping, Pos Satpam Cemara Asri Dirusak, Plank PP Roboh

Senin, 4 Februari 2019 - 21:05 WIB

IMG-66516

Konsentrasi massa berseragam IPK di seputaran komplek perumahan Cemara Asri, Jalan Cemara. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Kematian Jasamin Saragih (21) dalam pengeroyokan di Jalan Cemara, Sabtu (2/2/2019) kemarin memicu reaksi balasan. Ratusan massa berseragam Ormas Ikatan Pemuda Karya (IPK) bergerak di jalanan Kota Medan, Senin (4/2/2019) siang.

Aksi itu dilakukan saat akan melayat ke rumah duka di Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli, sekira pukul 13.30 Wib.

Informasi yang dihimpun metro24jam.com, konvoi mulai bergerak dari Kantor DPD IPK Kota Medan di Jalan Burjamhal, Kecamatan Medan Baru.

Dengan mengendarai kendaraan roda dua dan empat, massa berangkat bersama-sama menuju rumah duka, menempuh Jalan Nibung – Raden Saleh – Balai Kota – Merak Jingga – Sutomo – Krakatau – Cemara – Tol H Anif, menuju Labuhan Deli.

Situasi sempat memanas ketika konvoi melintasi Jalan Cemara. Mereka yang mengendarai sepedamotor berkumpul di depan pintu pos penjagaan Komplek Perumahan Cemara Asri.

Pos keamanan komplek Cemara Asri yang dirusak massa. (ist/metro24jam.com)

Massa berniat masuk ke dalam komplek perumahan, namun sempat dihadang petugas Satpam. Akibatnya, massa langsung emosi dan merusak pos Satpam Komplek Perumahan Cemara Asri dengan lemparan batu dan kayu. Tak pelak, seluruh kaca yang terpasang di pos penjagaan pecah.

Peristiwa itu kemudian dilaporkan oleh petugas Satpam yang berjaga kepada atasan mereka. Tak lama kemudian beberapa petugas Satpam lainnya datang ke lokasi dan melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian.

“Awalnya mereka mau masuk, pas mau ditanya, mereka langsung main lempar aja. Semua kaca penjagaan di pos depan ini pecah. Kami langsung dipanggil, kebetulan saya nerjaga di dalam komplek. Kawan saya sampai ada yang kena lempar batu di kaki,” beber Imanuel, Satpam Komplek Cemara I, saat ditemui wartawan di lokasi.

Selanjutnya, massa tersebut meninggalkan lokasi dan memacu kendaraan mereka ke arah rumah duka. Terkait perusakan itu, pihak keamanan Perumahan Cemara Asri sudah melapor ke polisi.

Amatan di lokasi, beberapa petugas kepolisian terlihat melakukan pengecekan sembari mengambil dokumen gambar kaca pos Satpam yang pecah.

Tak hanya itu saja, dalam perjalan mereka dari Komplek Cemara Asri, di sepanjang Jalan Haji Anif dan Jalan Irian dan Pasar 6 Desa Sampali, massa juga menumbangkan plank milik Ormas Pemuda Pancasila (PP) yang terpasang di sepanjang jalan.

“Orang-orang IPK konvoi, sepanjang jalan yang mereka lalui, plank-plank PP yang mereka lihat ditumbangkan. Sempat macet jalan, untung gak ada ketemu anggota PP yang memakai baju PP. Kalau ketemu mungkin jadi sasaran amukan lah,” ungkap warga yang ditemui di kawasan Jalan Irian Barat, Desa Sampali.

Sementara itu, petugas kepolisian yang merupakan tim gabungan dari Poldasu, Polrestabes Medan bahkan Polsek Percut Sei Tuan, segera turun ke lokasi.

Kendaraan taktis polisi disiagakan di seputar kawasan Jalan Cemara. (nst/metro24jam.com)

Ratusan petugas disiagakan di sepanjang Jalan Cemara menunggu massa IPK yang akan kembali pulang melintasi jalan yang sama usai melayat ke kediaman Jasamin Saragih.

Tim gabungan yang berjumlah seratusan juga terlihat membawa beberapa mobil Water Cannon, mobil pengeras suara dan truk Brimob, lengkap dengan personelnya.

“Kita masih bersiaga di sini, menunggu mereka balik lagi dari rumah duka,” kata Ipda Bakti, personel Polsek Percut Sei Tuan. (asn)

BACA JUGA:
Polisi Buru Terduga Pembunuh Anggota IPK di Jalan Cemara, AKBP Putu Yudha: Ke Mana pun Kita Kejar!


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Bandar Sabu Kecamatan Air Putih Ditangkap Bersama Teman, Istrinya Pun Terlibat
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 14:07 WIB

Bandar Sabu Kecamatan Air Putih Ditangkap Bersama Teman, Istrinya Pun Terlibat

Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Batubara meringkus tiga warga Kecamatan Air Putih Batubara, dalam dugaan penyalahgunaan narkoba, Senin (22/7/2019) ...
Terjaring Razia Kasih Sayang, 6 Pelajar di Sergai Ternyata Positif Narkoba, Gawat!
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 13:39 WIB

Terjaring Razia Kasih Sayang, 6 Pelajar di Sergai Ternyata Positif Narkoba, Gawat!

Sebanyak enam pelajar SMA dan SMK Swasta di Kabupaten Serdang Bedagai positif mengkonsumsi narkoba setelah menjalani hasil tes urine dilakukan ...
7 Kadus di Desa Perkebunan Petatal Berencana Adukan Mantan Kades ke Polres Batubara
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 13:09 WIB

7 Kadus di Desa Perkebunan Petatal Berencana Adukan Mantan Kades ke Polres Batubara

Sebanyak 7 kepala dusun dan tokoh masyarakat di Desa Perkebunan Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batubara, berencana melaporkan mantan ...
Curi Sepedamotor di Tandam Hulu, Warga Mencirim Asri Ini Ditembak Polisi
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 12:49 WIB

Curi Sepedamotor di Tandam Hulu, Warga Mencirim Asri Ini Ditembak Polisi

Personel Sat Reskrim Polres Binjai meringkus Bambang Irawan (36), warga perumahan Mencirim Asri, Sunggal, Deliserdang, terduga pelaku pencurian satu unit ...
Satpol-PP Sergai Kejar-Kejaran Sama Pelajar Saat Lakukan Razia
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 12:24 WIB

Satpol-PP Sergai Kejar-Kejaran Sama Pelajar Saat Lakukan Razia

Puluhan pelajar SMU, SMK dan SMP di Kabupaten Serdang Bedagai terjaring razia Satpol PP. Hal ini dikarenakan petugas gerah melihat ...
Siswi SMP Ditawarkan Rp10 Juta ke Polisi, Tante dan Muncikari Ditangkap di Hotel Milala
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 07:19 WIB

Siswi SMP Ditawarkan Rp10 Juta ke Polisi, Tante dan Muncikari Ditangkap di Hotel Milala

Dua wanita masing-masing SA alias Sri (40) dan SZ (23), warga Jalan Kesatria, Kelurahan Satria, Binjai, diringkus personel Polsek Sunggal, Rabu ...
Loading...

Loading…


Bupati Padang Lawas
BPKAD Padang Lawas
Dinas Perindag dan UMKM Padang Lawas
Bank Sumut Sibuhuan
Dinas PU & PE Padang Lawas
Bappeda Padang Lawas
Dinas LH dan Hut Padang Lawas
Dinas PMD Padang Lawas