Minggu, 21 April 2019 | 22.59 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Kodim 0204/DS, BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang Rapat Program Desa Bersinar

Kodim 0204/DS, BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang Rapat Program Desa Bersinar

Selasa, 22 Januari 2019 - 20:10 WIB

IMG-66018

Kepala BNNK Deliserdang AKBP Safwan Khayat saat memberikan penjelasan didampingi Kaban Kesbangpol Togar Panjaitan (kiri) dan Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin. (ist/metro24jam.com)

DELISERDANG, metro24jam.com – Kodim 0204/DS bersama BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang melaksanakan rapat persiapan Program Desa Bersih Narkoba (Bersinar), bertempat di Ruang Data Kodim 0204, Selasa (22/1/2019) pagi sekira pukul 9.00 Wib.

Pencanangan Desa Bersinar rencananya dilaksanakan, di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Pantai Labu, Senin (28/12019) mendatang.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut antara lain, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Kepala BNNK Deliserdang AKBP Safwan Khayat, Kaban Kesbangpol Deliserdang Togar Panjaitan, Kasdim 0204/DS, Kasat Intel Polres Deliserdang, AKP Amir Sinaga SH dan pimpinan OPD lainnya.

Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin dalam sambutannya mengatakan, inisiasi kegiatan pencanangan Desa Bersih Narkoba ini timbul secara spontan sebagai bentuk keprihatinan karena semakin maraknya peredaran narkoba.

“Penanganan peredaran narkoba tidak bisa hanya diserahkan kepada Badan Narkotika Nasional (BNN), namun perlu kesadaran, komitmen dan gerak bersama seluruh instansi baik TNI, kepolisian, pemerintah daerah, maupun masyarakat,” katanya.

Di dalam program ini, menurut Dandim 0204/DS, seluruh instansi akan memberikan kontribusi yang positif sesuai bidang masing-masing dalam upaya pencegahan maupun pembinaan terhadap masyarakat di desa yang akan menjadi proyek percontohan (pilot project).

“Pencanangan Desa Bersih Narkoba ini dipilih satu desa dengan tingkat kerawanan tinggi yang akan menjadi pilot project. Diharapkan akan menjadi model bagi desa-desa lainnya dalam pemberantasan peredaran narkoba di wilayahnya. Mari satukan tekad untuk sukseskan program kita bersama mewujudkan Desa Bersih Narkoba,” pungkas Letkol Syamsul Arifin.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Deliserdang, Togar Panjaitan, mengaku merasa bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap wacana pencanangan Desa Bersih Narkoba.

“Merupakan langkah yang bagus di tengah situasi saat ini, di mana narkoba sebagai musuh bangsa dan sudah merebak sampai ke plosok pedesaan. Tanpa kerja sama antar instansi pemberantasan narkoba akan cukup sulit untuk dilakukan,” katanya.

Dia berharap, dengan adanya gerakan Desa Bersinar, ke depannya tak hanya ada satu desa, tetapi semua desa di wilayah Deliserdang dalam jangka waktu 1 tahun sudah bersih narkoba.

Sementara itu, Kepala BNNK Deliserdang, AKBP Safwan Khayat mengingatkan tentang jabatan adalah amanah yang harus dijalankan dengan baik.

“Jangan setengah-setengah menggunakan untuk bantu memberantas narkoba. Bicara narkoba pasti kita sudah bosan. Setiap buka koran, lihat televisi, pasti ada berita tentang narkoba. Hampir seluruh kejahatan yang dilakukan saat ini diawali dari narkoba,” kata Safwan.

Peserta rapat persiapan. (ist/metro24jam.com)

Upaya pemberantasan narkoba, menurut Safwan, harus melibatkan TNI, Polri, Pemkab dan seluruh elemen masyarakat.

Pada kesempatan berikutnya, Kasat Intel Polres Deliserdang AKP Amir Sinaga SH menjelaskan, pihak kepolisian, khususnya Polres Deliserdang sangat menyambut baik inisiasi program Desa Bersih Narkoba dan siap akan membantu sepenuhnya untuk kesuksesan kegiatan tersebut.

Peredaran narkoba, kata Sinaga, banyak memanfaatkan pelabuhan tikus di sepanjang pantai untuk masuk ke wilayah RI.

“Maka dari itu, perlu ditangani bersama masyarakat untuk mendapatkan informasi guna memberantas peredaran narkoba khususnya di wilayah Deliserdang,” katanya.

Selanjutnya, masing-masing Dinas Pemkab Deliserdang menyampaikan masukan dalam rangka mendukung rencana kegiatan pencanangan Desa Bersih Narkoba yang rencananya dilaksanakan pada 28 Januari 2019 di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Pantai Labu.

Turut hadir, pimpinan OPD Deliserdang, antara lain, Kadis Tenaga Kerja, mewakili Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Kesehatan, mewakili Kadispora, Kadis sosial, Kadis Tarukim dan Kadis Perikanan serta Camat Pantai Labu, Kepala Desa Rantau Panjang, Danramil se-Kabupaten Deliserdang, perwira staf Kodim 0204/DS dan para undangan lainnya. (fan)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Gudang Lilin di Komplek Cemara Asri Ludes Dilahap Api, Pemilik Rugi Miliaran Rupiah
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 22:29 WIB

Gudang Lilin di Komplek Cemara Asri Ludes Dilahap Api, Pemilik Rugi Miliaran Rupiah

Gudang penyimpanan lilin di Jalan Irian Barat Pasar 7, Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, ludes terbakar, Minggu (21/4/2019) pagi. ...
Tragis! Suami Terpaksa Hanya Bisa Menyaksikan Rumah dan Istrinya Terbakar
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 21:02 WIB

Tragis! Suami Terpaksa Hanya Bisa Menyaksikan Rumah dan Istrinya Terbakar

Tragis! Esron Sidabutar (73) hanya bisa menyaksikan istrinya Rosmalina br Sinaga (71), ikut terbakar bersama rumah mereka, di Jalan Siantar-Saribu ...
Ngebut Tengah Malam, Tabrakan di Jalan Perbaungan-Pantai Cermin, 2 Pemuda Tewas!
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 20:23 WIB

Ngebut Tengah Malam, Tabrakan di Jalan Perbaungan-Pantai Cermin, 2 Pemuda Tewas!

Dua pemuda tewas seketika setelah sepedamotor yang dikendarai masing-masing bertabrakan di Jalan Umum Perbaungan-Pantai Cermin, tepatnya di Lingkungan I, Kelurahan ...
Jenguk Suami di Lapas Binjai, ASN RS Pirngadi Ini Coba Selundupkan Sabu dan Kondom Dalam Bra
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 14:53 WIB

Jenguk Suami di Lapas Binjai, ASN RS Pirngadi Ini Coba Selundupkan Sabu dan Kondom Dalam Bra

Seorang wanita ditangkap saat akan menjenguk suaminya yang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Binjai, Sabtu (20/4/2019). Pasalnya, perempuan bernama SEM alias ...
Bawa 11 Bal Ganja dari Aceh, Nelayan Asal Padang Terciduk di Kota Binjai
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 14:29 WIB

Bawa 11 Bal Ganja dari Aceh, Nelayan Asal Padang Terciduk di Kota Binjai

Seorang nelayan bernama Riki Fernando (30), warga Jalan Makasar-Palembang, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat, terciduk saat berusaha menyelundupkan ...
Hanyut Saat Mandi di Sungai Silau, Pria Lanjut Usia Belum Ditemukan
Metro 24 Jam - Minggu, 21 April 2019 - 14:18 WIB

Hanyut Saat Mandi di Sungai Silau, Pria Lanjut Usia Belum Ditemukan

Seorang pria lanjut usia dilaporkan hanyut di aliran Sungai Silau, di kawasan Jalan Sei Piasa/Gang Badak, Lingkungan II, Kelurahan Kisaran, ...
Loading...