Rabu, 20 Maret 2019 | 10.27 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Simpan Ganja di Mess Pertamina, 2 Pria Mengaku Mahasiswa ISTP Ditangkap Koramil 05/MB

Simpan Ganja di Mess Pertamina, 2 Pria Mengaku Mahasiswa ISTP Ditangkap Koramil 05/MB

Sabtu, 12 Januari 2019 - 08:09 WIB

IMG-65577

Kedua pria yang diamankan. (ist)

MEDAN, metro24jam.com – Dua pria asal Tapanuli Utara ditangkap personel TNI setelah kedapatan membawa ganja kering asal Aceh, sekira jam 23.30 Wib di Mess Pertamina Jalan S Parman Medan, Kamis (10/1/2019).

Informasi diperoleh, kedua pria yang diamankan mengaku sebagai mahasiswa Institut Teknologi TD Pardede (ISTP), yaitu Nandito Berkam Pakpahan (20), warga Jalan Sibolga Sihobuk, Huta Toruan V, Tarutung dan Karyadi Simbolon (27) pemuda asal Silangit yang tercatat sebagai warga Kampung Sindang Karsa, Sukamaju Baru, Kota Depok.

Penggerebekan dipimpin langsung Danramil 05/Medan Baru, Lettu Arm Edy Halomoan Hutabarat SH MH bersama tiga Babinsa, yakni Sertu Agusrika, Serda Oman dari Koramil 05/Medan Baru dan serta Serka Momon Sutisno dari Koramil 14/Pancur Batu. Dari lokasi penggerebekan berhasil diamankan ganja siap edar seberat 0,5 kilogram.

Danramil 05/Medan Baru, Lettu Edy Halomoan Hutabarat menjelaskan, pengungkapan kasus ini bermula dari informasi seorang staf Pertamina Pangkalan Brandan, yang menginap di Mess Pertamina Jalan S Parman, Kecamatan Medan Baru.

Dia meminta tolong kepada Mayor Inf Budi Oktapian, mantan Pasiter Kodim 0201/BS yang kini penugasan di PT Pertamina, karena merasa tidak nyaman menginap di sana lantaran berkumpulnya 5 pria dan 6 wanita di sekitar mess yang bernyanyi hingga larut malam.

Selain itu, staf pertamina itu juga mencurigai para pria dan wanita itu terkait peredaran narkotika.

Selanjutnya, Mayor Budi Oktapian langsung memerintahkan Lettu Edy dan Serka Momon Sutisno dan untuk melakukan pengecekan ke Mess Pertamina.

Barang bukti ganja dalam kardus Bolu Meranti. (ist)

Namun, ssampainya di lokasi, sejumlah pria dan wanita yang disebutkan, tidak ditemukan. Yang ada hanya penjaga Mes, Nando bersama kedua tersangka.

Guna memastikan dugaan adanya peredaran narkotika di Mess Pertamina tersebut, Sertu Agusrika kemudian langsung menghubungi Kepling I Kelurahan Petisah Hulu untuk datang ke TKP dan melakukan pemeriksaan.

“Dari dalam salah satu kamar yang kita periksa, akhirnya ditemukan barang bukti narkotika jenis ganja yang disembunyikan di dalam kardus berisikan bolu Meranti. Selain itu, di dalam kamar yang sama, kita juga menemukan bungkusan ganja yang disembunyikan di bawah lemari pakaian,” ungkap Lettu Edy dalam keterangannya, Jumat (11/1/2019).

Dari pengakuan Nando dan Nandito Berkam Pakpahan, ganja itu milik Karyadi Simbolon. Sementara Karyadi Simbolon mengatakan bahwa ganja itu barusan dibelinya dari Nandito Berkam Pakpahan seharga Rp1 juta.

Nandito pun akhirnya tak bisa berkelit dan mengakui ganja itu dibelinya dari seseorang di Aceh Tamiang dengan harga Rp600 ribu.

“Setelah merasa cukup bukti-bukti dari kasus, kita kemudian memboyong ketiganya ke Polsek Medan Baru pada Jumat (11/1/2019) dinihari sekitar pukul 01.30 Wib, untuk diproses hukum lebih lanjut,” pungkas Lettu Edy Hutabarat.

Kapolsek Medan Baru, Kompol Martuasah Tobing ketika dikonfirmasi terkait hal itu belum menjawab pertanyaan wartawan. (adi)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Dua Tahun Menghilang, 3 Pelaku Pencurian Rp200 Juta Ditangkap Polisi
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 09:59 WIB

Dua Tahun Menghilang, 3 Pelaku Pencurian Rp200 Juta Ditangkap Polisi

Personel Unit Reskrim Polsek Saribudolok, berhasil mengungkap kelompok pembongkar rumah (pencurian dengan pemberatan--Curat), yang sudah bertahun-tahun malang-melintang melakukan pencurian di ...
Naik Honda Verza Tabrak Suzuki Carry, BHL PT Brigestone Meregang Nyawa
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 09:36 WIB

Naik Honda Verza Tabrak Suzuki Carry, BHL PT Brigestone Meregang Nyawa

Pengendara sepedamotor Honda Verza, BK 5534 TBG, meregang nyawa di lokasi kejadian usai bertabrakan mobil Suzuki Carry, BK 458 TG ...
Jual Sepedamotor Adik Mertua, Lari ke Sidimpuan, Pria Asal Tebing Tinggi Ini Menginap di Sel Polisi
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 08:45 WIB

Jual Sepedamotor Adik Mertua, Lari ke Sidimpuan, Pria Asal Tebing Tinggi Ini Menginap di Sel Polisi

Anggi Marito, warga asal Kota Tebing Tinggi ini terpaksa berurusan dengan polisi. Kelakuannya disebut sudah menjengkelkan keluarga dari pihak istri. ...
Menyaru Jadi Pembeli, Unit Reskrim Polsek Medan Baru Ringkus 2 Pengedar 15 Kg Ganja
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 08:26 WIB

Menyaru Jadi Pembeli, Unit Reskrim Polsek Medan Baru Ringkus 2 Pengedar 15 Kg Ganja

Personel Unit Reskrim Polsek Medan Baru berhasil menggagalkan peredaran 15 kilogram ganja dan meringkus 2 pengedarnya di kawasan Pekuburan Muslim, ...
UMA Sosialisasi Model Konseling Creative Art  di Desa SM Diski, Ajari Warga Hadapi Stres
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 08:14 WIB

UMA Sosialisasi Model Konseling Creative Art di Desa SM Diski, Ajari Warga Hadapi Stres

Ibu-ibu rumah tangga warga Desa Sumber Melati Diski, mengikuti sosialisasi dan pelatihan model konseling Creative Art yang diselenggarakan Universitas Medan ...
Beli Sabu dari Tanjungbalai, Warga Buntu Pane Ini Ditangkap di Penginapan Ivan Kisaran
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 07:46 WIB

Beli Sabu dari Tanjungbalai, Warga Buntu Pane Ini Ditangkap di Penginapan Ivan Kisaran

Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan meringkus seorang terduga pengedar sabu-sabu di Penginapan Ivan, Jalan Panglima Polem, Kelurahan Tebing Kisaran, Kecamatan ...
Loading...