Rabu, 20 Maret 2019 | 10.13 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>2 Anggota Sindikat Pencurian Uang Modus Tukar Kartu ATM Diringkus Polisi

2 Anggota Sindikat Pencurian Uang Modus Tukar Kartu ATM Diringkus Polisi

Kamis, 10 Januari 2019 - 02:11 WIB

IMG-65513

Kapolsek Kompol Yasir Ahmadi saat memaparkan pengungkapan pencurian uang dengan modus menukar kartu ATM di Mapolsek Sunggal, Rabu (9/1/2019). (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Berulangkali sukses melakukan aksi pencurian melalui mesin ATM, dua pria ini akhirnya bertekuk lutut setelah mendapat ‘hadiah’ timah panas di masing-masing kakinya.

Kapolsek Sunggal, Kompol Yasir Ahmadi mengatakan, Taufik Hidayat alias Dapit (31) dan Indra Widyanto Pratama Nasution (31), terpaksa ditembak petugas karena melakukan perlawanan dalam upaya melarikan diri saat pengembangan kasus.

Penangkapan keduanya berawal dari laporan Iyan Suhadi (28), warga Jalan Pungguk, Kelurahan Sei Sikambing B, Medan Sunggal, Kamis (27/12/2018) lalu.

Dalam laporannya, Iyan mengaku telah kehilangan uang sebanyak Rp12.799.000 dari rekening banknya.

Sebelum kehilangan tersebut Iyan menyuruh adiknya, Rezky Mulia (23), untuk mengambil sejumlah uang melalui mesin ATM Bank Mandiri di Jalan Sei Mencirim, Desa Paya Geli, Sunggal, Deliserdang, Rabu (26/12/2018).

Ketika berada di dalam booth ATM dan memasukkan kartunya, Rezky bingung karena kartu ATM milik abangnya itu tidak bisa dimasukkan, sehingga tak dapat digunakan. Setelah dicoba beberapa kali, namun tetap saja tak berhasil.

Pelaku berinisial R kemudian mendekati Rezky dan menawarkan bantuan. Usai berbincang dengan Rezky, R kemudian meminta kartu ATM yang dipegang korban untuk dicoba dimemasukkan ke dalam mesin ATM. Akhirnya Rezky berhasil memasukkan kartu ATM ke dalam mesin.

“Tanpa disadari korban, kartu itu ternyata sudah ditukar oleh R dengan warna yang serupa. Sementara kartu asli telah diberikan kepada Taufik lalu kemudian ditukarkan dengan kartu yang mirip,” ungkap Yasir di Mapolsek Sunggal, Rabu (9/1/2019).

Kemudian, R memasukkan kartu yang ada ditangannya ke dalam mesin dan berhasil. Pria itu kemudian pun meninggalkan Rezky.

Setelah kepergian R, Rezky kembali mencoba kartu ATM yang ada di tangannya, tetapi tetap saja tidak bisa digunakan.

Saat itulah Taufik masuk dan menawarkan bantuan. Dia meminta nomor PIN ATM dari Rezky. Karena merasa akan dibantu, Rezky kemudian menyebutkan nomor ATM nya pada Taufik.

Kemudian ATM coba kembali digunakan, ternyata tetap saja tidak berhasil. Selanjutnya, Taufik pun memberikan kartu ATM tersebut kepada Rezky dan kemudian pergi. Sementara itu R ternyata memberikan ATM korban pada Indra.

“Setelah mengetahui nomor PIN tersebut, Taufik langsung keluar dari gerai ATM meninggalkan korban, yang kemudian juga pulang ke rumahnya,” terang Yasir.

Sehari usai perstiwa tersebut, Iyan pun menerima laporan dari Bank Mandiri via SMS yang menyatakan bahwa uang di rekeningnya sudah berkurang hingga 12 juta.

“Merasa dirugikan, korban langsung membuat laporan ke kita (Polsek Sunggal). Selanjutnya kita lakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku. Untuk saat ini keduanya masih kita periksa dan mengejar rekannya yang masih buron,” jelas mantan Kapolsek Patumbak itu.

Dari para tersangka polisi mengamankan barang bukti berupa 1 buah topi hitam, 2 unit hp, 2 pisau cutter, 1 kotak tusuk gigi, 1 unit mobil Toyota Avanza BK 1144 EB, 20 buah kartu ATM dari berbagai macam bank, flashdisk berisi rekaman CCTV, 1 buku tabungan atas nama CV Karya Sejahtera.

“Dari pengakuan tersangka, mereka sudah beraksi sebanyak 8 kali dengan lokasi Medan-Binjai sejak Oktober hingga November. Kita akan berkordinasi dengan Polrestabes Medan maupun polsek lainnya guna mengetahui sepak terjang pelaku,” pungkas Yasir. (adi)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Dua Tahun Menghilang, 3 Pelaku Pencurian Rp200 Juta Ditangkap Polisi
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 09:59 WIB

Dua Tahun Menghilang, 3 Pelaku Pencurian Rp200 Juta Ditangkap Polisi

Personel Unit Reskrim Polsek Saribudolok, berhasil mengungkap kelompok pembongkar rumah (pencurian dengan pemberatan--Curat), yang sudah bertahun-tahun malang-melintang melakukan pencurian di ...
Naik Honda Verza Tabrak Suzuki Carry, BHL PT Brigestone Meregang Nyawa
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 09:36 WIB

Naik Honda Verza Tabrak Suzuki Carry, BHL PT Brigestone Meregang Nyawa

Pengendara sepedamotor Honda Verza, BK 5534 TBG, meregang nyawa di lokasi kejadian usai bertabrakan mobil Suzuki Carry, BK 458 TG ...
Jual Sepedamotor Adik Mertua, Lari ke Sidimpuan, Pria Asal Tebing Tinggi Ini Menginap di Sel Polisi
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 08:45 WIB

Jual Sepedamotor Adik Mertua, Lari ke Sidimpuan, Pria Asal Tebing Tinggi Ini Menginap di Sel Polisi

Anggi Marito, warga asal Kota Tebing Tinggi ini terpaksa berurusan dengan polisi. Kelakuannya disebut sudah menjengkelkan keluarga dari pihak istri. ...
Menyaru Jadi Pembeli, Unit Reskrim Polsek Medan Baru Ringkus 2 Pengedar 15 Kg Ganja
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 08:26 WIB

Menyaru Jadi Pembeli, Unit Reskrim Polsek Medan Baru Ringkus 2 Pengedar 15 Kg Ganja

Personel Unit Reskrim Polsek Medan Baru berhasil menggagalkan peredaran 15 kilogram ganja dan meringkus 2 pengedarnya di kawasan Pekuburan Muslim, ...
UMA Sosialisasi Model Konseling Creative Art  di Desa SM Diski, Ajari Warga Hadapi Stres
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 08:14 WIB

UMA Sosialisasi Model Konseling Creative Art di Desa SM Diski, Ajari Warga Hadapi Stres

Ibu-ibu rumah tangga warga Desa Sumber Melati Diski, mengikuti sosialisasi dan pelatihan model konseling Creative Art yang diselenggarakan Universitas Medan ...
Beli Sabu dari Tanjungbalai, Warga Buntu Pane Ini Ditangkap di Penginapan Ivan Kisaran
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 07:46 WIB

Beli Sabu dari Tanjungbalai, Warga Buntu Pane Ini Ditangkap di Penginapan Ivan Kisaran

Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan meringkus seorang terduga pengedar sabu-sabu di Penginapan Ivan, Jalan Panglima Polem, Kelurahan Tebing Kisaran, Kecamatan ...
Loading...