Rabu, 23 Januari 2019 | 00.25 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Pasien Jamkesda Bayar Biaya Berobat, Bupati Panggil Direktur RSUD Deliserdang

Pasien Jamkesda Bayar Biaya Berobat, Bupati Panggil Direktur RSUD Deliserdang

Selasa, 8 Januari 2019 - 18:25 WIB

IMG-65452

Direktur RSUD Deliserdang dr Hanip Fahri diwawancarai wartawan seusai rapat. (Fani Ardana/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Direktur RSUD Deliserdang, dr Hanip Fahri SpKJ, dipanggil Bupati H Ashari Tambunan terkait pasien eks Jamkesda yang belum sempat mengurus peralihan ke BPJS dan diwajibkan membayar tagihan perobatan oleh rumah sakit plat merah tersebut.

Pantauan metro24jam.com, dr Hanip hadir bersama Staf Ahli Bupati dr Aida Harahap, Kadis Sosial Gustur Husein Siregar, Kadis Capil Mahruzar, Plt Kadis Kesehatan Dr Ade Budi Kristen, Asisten III Jentralin Purba dan seluruh pejabat RSUD, terlihat hadir di Kantor Bupati Deliserdang, Lubukpakam, Selasa (8/1/2019) sekira 10.30 Wib.

Diketahui sebelumnya, pasien DBD bernama Darmina yang berobat dengan fasilitas Jamkesda diwajibkan membayar biaya pengobatan sebesar Rp1,5 juta oleh RSUD Deliserdang.

Hal itu dikarenakan Darmina tidak bisa mengurus fasilitas BPJS tanggungan pemerintah dalam waktu 2 hari yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Padahal sebelumnya, dinyatakan bahwa penerima fasilitas Jamkesda akan otomatis dialihkan ke BPJS yang ditanggung pemerintah.

Hanip yang ditemui metro24jam.com seusai rapat sebelumnya menyangkal bahwa mereka dipanggil Bupati terkait pasien bernama Darmina. Namun akhirnya dia mengakui bahwa pemanggilan tersebut adalah benar terkait pasien tersebut.

Hanip kemudian memberi jaminan bahwa tidak akan ada lagi masalah seperti yang dialami oleh nenek Darmina. Ia meminta agar media juga ikut membackup masalah ini karena Pemkab telah berkomitmen bahwa pelayanan terhadap masyarakat khususnya yang kurang mampu tetap akan dijamin.

Hal ini mengingat anggaran sebesar Rp42 miliar telah dialokasikan untuk jaminan kesehatan masyarakat.

“Jadi sekarang akan dibentuk tim di rumah sakit. Jika memang ada warga yang kurang mampu nanti dan belum mempunyai BPJS, maka akan dibantu oleh pihak rumah sakit dalam pengurusannya,” kata dia.

“Jadi tidak pihak keluarganya lagi yang mengurusnya akan kita bantu supaya cepat dapat kartunya. Tapi itu hanya ada di RSUD dan hanya untuk pasien yang sedang dirawat. Kalau yang dari luar silahkan mengurus sendiri. Ini akan kita sampaikan hingga ke jajaran bawah,” kata Hanip.

Mengenai Darmina, Hanif mengatakan bahwa persoalan itu sudah selesai, karena pasien Darmina tidaklah membayar penuh tagihan karena ada kebijakan yang ia keluarkan. Ia menganggap bahwa Darmina sebelumnya berstatus sebagai pasien umum.

Staf RSUD dan Pemkab Deliserdang seusai rapat. (Fani Ardana/metro24jam.com)

Terkait ada staf RSUD yang menyepelekan rekomendasi dari anggoda DPRD Deliserdang, Hanip dengan tegas membantahnya. “Hoax itu!” katanya.

Sementara itu, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan yang dikonfirmasi mengakui bahwa rapat tersebut memang membahas soal peralihan Jamkesda ke BPJS tanggungan pemerintah. “Sudah kami ambil langkah-langkah supaya jangan ada kejadian seperti Bu Darmina lagi,” katanya.

Pantauan di metro24jam.com, rapat berlangsung dari pukul 10.30 Wib hingga 12.30 Wib. (fan)

BACA JUGA:
Warga Miskin Dilarang Sakit! Pasien Jamkesda Harus Bayar Berobat di RSUD Deliserdang


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bupati Aceh Selatan Mutasi 137 Pejabat Eselon III dan IV
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 22:16 WIB

Bupati Aceh Selatan Mutasi 137 Pejabat Eselon III dan IV

Bupati Aceh Selatan, Azwir SSos, melantik dan memutasikan 137 pejabat, Selasa (22/01/2019). Dari jumlah tersebut, 59 di antaranya merupakan pejabat ...
Satlantas Polrestabes Medan dan Unit Lantas Polsek Sunggal Gelar ‘Simon Mapan’ di Desa Lalang
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 22:07 WIB

Satlantas Polrestabes Medan dan Unit Lantas Polsek Sunggal Gelar ‘Simon Mapan’ di Desa Lalang

Personel Unit lantas Polsek Sunggal bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes Medan, mendatangi masyarakat yang bermukim di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, ...
Dibuka Wakil Bupati, Muzakarah Ulama di Lhoksukon Berjalan Lancar
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 21:59 WIB

Dibuka Wakil Bupati, Muzakarah Ulama di Lhoksukon Berjalan Lancar

Muzakarah Ulama ke-2 yang dilaksanakan di kompleks pengajian Dayah Budi Nurussalam Desa Geulumpang KM 10, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, berjalan ...
Oknum PNS Terjaring OTT Jumat Lalu, Tim Polda Sumut Geledah Kantor Walikota Binjai
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:52 WIB

Oknum PNS Terjaring OTT Jumat Lalu, Tim Polda Sumut Geledah Kantor Walikota Binjai

Personel Subdit 1 Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Sumut, menggeledah kantor Walikota Binjai di Jalan Sudirman, Binjai Kota, Selasa (22/1/2019) ...
Dering HP Terdengar dari Balik Celana Dalamnya, Anak Muda Ini Babak-belur Dihakimi Massa
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:38 WIB

Dering HP Terdengar dari Balik Celana Dalamnya, Anak Muda Ini Babak-belur Dihakimi Massa

Sudah pernah dipenjara lantaran mencuri ternyata tak membuat Endriko Riki Simanjuntak alias Kucing tobat dan tetap mengulangi perbuatannya. Dengan modus ...
Kodim 0204/DS, BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang Rapat Program Desa Bersinar
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:10 WIB

Kodim 0204/DS, BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang Rapat Program Desa Bersinar

Kodim 0204/DS bersama BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang melaksanakan rapat persiapan Program Desa Bersih Narkoba (Bersinar), bertempat di Ruang Data ...
bupati serdang bedagai
Loading...