Rabu, 20 Maret 2019 | 10.37 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Pasien Jamkesda Bayar Biaya Berobat, Bupati Panggil Direktur RSUD Deliserdang

Pasien Jamkesda Bayar Biaya Berobat, Bupati Panggil Direktur RSUD Deliserdang

Selasa, 8 Januari 2019 - 18:25 WIB

IMG-65452

Direktur RSUD Deliserdang dr Hanip Fahri diwawancarai wartawan seusai rapat. (Fani Ardana/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Direktur RSUD Deliserdang, dr Hanip Fahri SpKJ, dipanggil Bupati H Ashari Tambunan terkait pasien eks Jamkesda yang belum sempat mengurus peralihan ke BPJS dan diwajibkan membayar tagihan perobatan oleh rumah sakit plat merah tersebut.

Pantauan metro24jam.com, dr Hanip hadir bersama Staf Ahli Bupati dr Aida Harahap, Kadis Sosial Gustur Husein Siregar, Kadis Capil Mahruzar, Plt Kadis Kesehatan Dr Ade Budi Kristen, Asisten III Jentralin Purba dan seluruh pejabat RSUD, terlihat hadir di Kantor Bupati Deliserdang, Lubukpakam, Selasa (8/1/2019) sekira 10.30 Wib.

Diketahui sebelumnya, pasien DBD bernama Darmina yang berobat dengan fasilitas Jamkesda diwajibkan membayar biaya pengobatan sebesar Rp1,5 juta oleh RSUD Deliserdang.

Hal itu dikarenakan Darmina tidak bisa mengurus fasilitas BPJS tanggungan pemerintah dalam waktu 2 hari yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Padahal sebelumnya, dinyatakan bahwa penerima fasilitas Jamkesda akan otomatis dialihkan ke BPJS yang ditanggung pemerintah.

Hanip yang ditemui metro24jam.com seusai rapat sebelumnya menyangkal bahwa mereka dipanggil Bupati terkait pasien bernama Darmina. Namun akhirnya dia mengakui bahwa pemanggilan tersebut adalah benar terkait pasien tersebut.

Hanip kemudian memberi jaminan bahwa tidak akan ada lagi masalah seperti yang dialami oleh nenek Darmina. Ia meminta agar media juga ikut membackup masalah ini karena Pemkab telah berkomitmen bahwa pelayanan terhadap masyarakat khususnya yang kurang mampu tetap akan dijamin.

Hal ini mengingat anggaran sebesar Rp42 miliar telah dialokasikan untuk jaminan kesehatan masyarakat.

“Jadi sekarang akan dibentuk tim di rumah sakit. Jika memang ada warga yang kurang mampu nanti dan belum mempunyai BPJS, maka akan dibantu oleh pihak rumah sakit dalam pengurusannya,” kata dia.

“Jadi tidak pihak keluarganya lagi yang mengurusnya akan kita bantu supaya cepat dapat kartunya. Tapi itu hanya ada di RSUD dan hanya untuk pasien yang sedang dirawat. Kalau yang dari luar silahkan mengurus sendiri. Ini akan kita sampaikan hingga ke jajaran bawah,” kata Hanip.

Mengenai Darmina, Hanif mengatakan bahwa persoalan itu sudah selesai, karena pasien Darmina tidaklah membayar penuh tagihan karena ada kebijakan yang ia keluarkan. Ia menganggap bahwa Darmina sebelumnya berstatus sebagai pasien umum.

Staf RSUD dan Pemkab Deliserdang seusai rapat. (Fani Ardana/metro24jam.com)

Terkait ada staf RSUD yang menyepelekan rekomendasi dari anggoda DPRD Deliserdang, Hanip dengan tegas membantahnya. “Hoax itu!” katanya.

Sementara itu, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan yang dikonfirmasi mengakui bahwa rapat tersebut memang membahas soal peralihan Jamkesda ke BPJS tanggungan pemerintah. “Sudah kami ambil langkah-langkah supaya jangan ada kejadian seperti Bu Darmina lagi,” katanya.

Pantauan di metro24jam.com, rapat berlangsung dari pukul 10.30 Wib hingga 12.30 Wib. (fan)

BACA JUGA:
Warga Miskin Dilarang Sakit! Pasien Jamkesda Harus Bayar Berobat di RSUD Deliserdang


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Dua Tahun Menghilang, 3 Pelaku Pencurian Rp200 Juta Ditangkap Polisi
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 09:59 WIB

Dua Tahun Menghilang, 3 Pelaku Pencurian Rp200 Juta Ditangkap Polisi

Personel Unit Reskrim Polsek Saribudolok, berhasil mengungkap kelompok pembongkar rumah (pencurian dengan pemberatan--Curat), yang sudah bertahun-tahun malang-melintang melakukan pencurian di ...
Naik Honda Verza Tabrak Suzuki Carry, BHL PT Brigestone Meregang Nyawa
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 09:36 WIB

Naik Honda Verza Tabrak Suzuki Carry, BHL PT Brigestone Meregang Nyawa

Pengendara sepedamotor Honda Verza, BK 5534 TBG, meregang nyawa di lokasi kejadian usai bertabrakan mobil Suzuki Carry, BK 458 TG ...
Jual Sepedamotor Adik Mertua, Lari ke Sidimpuan, Pria Asal Tebing Tinggi Ini Menginap di Sel Polisi
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 08:45 WIB

Jual Sepedamotor Adik Mertua, Lari ke Sidimpuan, Pria Asal Tebing Tinggi Ini Menginap di Sel Polisi

Anggi Marito, warga asal Kota Tebing Tinggi ini terpaksa berurusan dengan polisi. Kelakuannya disebut sudah menjengkelkan keluarga dari pihak istri. ...
Menyaru Jadi Pembeli, Unit Reskrim Polsek Medan Baru Ringkus 2 Pengedar 15 Kg Ganja
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 08:26 WIB

Menyaru Jadi Pembeli, Unit Reskrim Polsek Medan Baru Ringkus 2 Pengedar 15 Kg Ganja

Personel Unit Reskrim Polsek Medan Baru berhasil menggagalkan peredaran 15 kilogram ganja dan meringkus 2 pengedarnya di kawasan Pekuburan Muslim, ...
UMA Sosialisasi Model Konseling Creative Art  di Desa SM Diski, Ajari Warga Hadapi Stres
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 08:14 WIB

UMA Sosialisasi Model Konseling Creative Art di Desa SM Diski, Ajari Warga Hadapi Stres

Ibu-ibu rumah tangga warga Desa Sumber Melati Diski, mengikuti sosialisasi dan pelatihan model konseling Creative Art yang diselenggarakan Universitas Medan ...
Beli Sabu dari Tanjungbalai, Warga Buntu Pane Ini Ditangkap di Penginapan Ivan Kisaran
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Maret 2019 - 07:46 WIB

Beli Sabu dari Tanjungbalai, Warga Buntu Pane Ini Ditangkap di Penginapan Ivan Kisaran

Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan meringkus seorang terduga pengedar sabu-sabu di Penginapan Ivan, Jalan Panglima Polem, Kelurahan Tebing Kisaran, Kecamatan ...
Loading...