Selasa, 21 Mei 2019 | 11.47 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Hingga November 2018, Polres Metro Jakbar 1414 Amankan Tersangka Narkoba

Hingga November 2018, Polres Metro Jakbar 1414 Amankan Tersangka Narkoba

Jumat, 7 Desember 2018 - 22:08 WIB

IMG-64474

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi (3 dari kiri) didampingi Kasat Narkoba AKBP Erick Frendriz dan Putri Indonesia 2018 dalam pengungkapan kasus. (ist/metro24jam.com)

JAKARTA, metro24jam.com – Kepolisian Resort Metro Jakarta Barat berhasil membongkar ratusan kasus sindikat peredaran narkoba hingga bulan November 2018. Dari kasus tersebut, polisi meringkus 1414 tersangka.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi SIK MH, melalui Kasat Narkoba AKBP Erick Frendriz Sik MSi mengungkapkan, dari 1414 tersangka tersebut, tiga di antaranya merupakan produsen atau pembuat narkoba, 1105 orang sebagai pengedar atau bandar dan sekitar 309 lainnya ditentukan sebagai penyalahguna.

“Pengungkapan kasus narkoba oleh Satnarkoba ini buah komitmen Polres Metro Jakarta Barat bersama Polsek jajaran dalam memerangi narkoba. Setiap hari kita melakukan proses hukum atau penangkapan terhadap 4 penyalahguna narkoba,” ungkap Erick dalam keterangannya, Jumat (7/12/18).

Perwira dengan 2 melati dua di pundaknya itu menjelaskan, dari hasil pengungkapan kasus narkoba, barang bukti yang disita antaranya 1.320 kg ganja, 88,1 kg sabu, 4 kg tembakau gorilla, 38.920 pil ekstasi dan 10.000 psikotropika lain seperti obat penenang golongan narkoba.

“Adapun dari para tersangka yang ditangkap, sudah divonis hukum mati sebanyak 2 orang dan satu orang diberi tindakan tegas terukur,” jelasnya.

Narkoba Kualitas Terbaik

Erick memaparkan, setelah dilakukan cek laboratorium, dari barang bukti narkoba yang diamankan di antaranya merupakan kualitas terbaik. Yakni pada barang bukti 1,3 ton ganja merupakan kualitas terbaik yang diperoleh dari jaringan Aceh-Medan-Jakarta.

Kemudian pada pengungkapan pabrik sabu di Cipondoh Tangerang Banten. Pabrik ini mampu menghasilkan sabu kualitas impor dengan bahan baku lokal.

“Ada juga pengungkapan pabrik ekstasi di Cibinong Bogor Jawa Barat, ini merupakan pertama kali ditemukan pabrik ekstasi dengan bahan baku sabu yang memberikan efek halusinasi, anti depresan dan stimulan. Yang akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi. Ironisnya, pabrik ini dikendalikan oleh jaringan lapas,” paparnya

Lebih jauh dikatakannya, pada saat pengungkapan narkotika jenis sabu sebanyak 30 kg di Koja Jakarta Utara, dapat diketahui sabu ini beredar sampai ke jaringan tenda oranye, yang merupakan pelaku Curas.

Teranyar, pengungkapan 44 kg sabu di Pelabuhan Rakyat Cilegon Banten, yang merupakan jaringan internasional Cina-Taiwan. Narkoba tersebut dipasok melalui Medan-Aceh dan dibawa melalu jalan darat ke Lampung, lalu menyeberang menggunakan perahu melewat Selat Sunda, yang diduga akan diedarkan pada saat pergantian tahun 2018.

Tersangka Selebriti dan Figur Publik

Ada beberapa publik figur yang berhasil ditangkap personel Polres Metro Jakarta Barat selama periode tersebut. Antara lain, artis Ridho Rhoma, Reza Bukan, Claudio. Ada juga dari kalangan pejabat pemerintahan, pengusaha dan lainnya.

“Saat pengungkapan kasus jaringan narkoba, kami terbantu dengan adanya laporan dari masyarakat. Selanjutnya kita lakukan penyelidikan,” katanya

Upaya berkelanjutan untuk memberantas peredaran narkoba di wilayah Jakarta Barat, menurut Erick, akan mengedepankan sosialisasi melalui penyuluhan bahaya narkoba di masyarakat maupun di sekolah-sekolah.

Karena tidak menutup kemungkinan sasaran pengedar narkoba mengarah ke masyarakat usia remaja, terutama siswa di sekolah. Sehingga, generasi muda khususnya di Jakarta Barat harus diselamatkan dari bahaya zat adiktif berbahaya tersebut.

“Selain terus memberantas jaringan Narkoba, kami pun terus melakukan sosialisasi gerakan sadar bahaya narkoba. Karena selama tahun 2018 ada sekitar 10 anak dibawah u mur yang diproses hukum terkait narkoba, ini pertanda bahwa narkoba sudah merambah ke segala lapisan masyarakat,” imbuhnya. (vin)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Geng Motor Lempari Gedung SMAN 5, 3 Tersangka Ditahan, 1 Orang Mahasiswa Fakultas Hukum USU
Metro 24 Jam - Selasa, 21 Mei 2019 - 10:16 WIB

Geng Motor Lempari Gedung SMAN 5, 3 Tersangka Ditahan, 1 Orang Mahasiswa Fakultas Hukum USU

Tim Satgas Anti Geng Motor Polrestabes Medan akhirnya menetapkan 3 orang sebagai tersangka terkait perang antar anggota geng motor yang ...
Ribut Gara-gara Anjing, Oknum PNS Pelapor Dugaan Penganiayaan di Delitua Akhirnya Ditahan di Sunggal
Metro 24 Jam - Selasa, 21 Mei 2019 - 07:17 WIB

Ribut Gara-gara Anjing, Oknum PNS Pelapor Dugaan Penganiayaan di Delitua Akhirnya Ditahan di Sunggal

Gelbok Simbolon (52), pria yang sebelumnya mengaku menjadi korban penganiyaan tetangganya di Polsek Delitua kini resmi ditahan di Polsek Sunggal, ...
Razia Pekat Toba 2019, Polsek Medan Baru Amankan 192 Botol Miras dari 2 Toko
Metro 24 Jam - Selasa, 21 Mei 2019 - 04:03 WIB

Razia Pekat Toba 2019, Polsek Medan Baru Amankan 192 Botol Miras dari 2 Toko

Personel Polsek Medan Baru melakukan razia Pekat Toba 2019 di wilayah hukumnya, Minggu (19/5/2019) malam. Hasilnya, polisi mengamankan 192 botol ...
Antisipasi Maling Musiman Saat Puasa dan Idul Fitri, Polrestabes Medan Giat Patroli, Warga Diimbau Waspada
Metro 24 Jam - Selasa, 21 Mei 2019 - 03:56 WIB

Antisipasi Maling Musiman Saat Puasa dan Idul Fitri, Polrestabes Medan Giat Patroli, Warga Diimbau Waspada

Sepanjang bulan Ramadhan hingga jelang Hari Raya Idul Fitri, aksi pencurian semakin meningkat. Untuk itu, polisi dinilai mulai giat melaksanakan ...
Minta Motor yang Ketinggalan Saat Mencuri Dipulangkan, Maling Preman Dipolisikan Warga
Metro 24 Jam - Selasa, 21 Mei 2019 - 03:45 WIB

Minta Motor yang Ketinggalan Saat Mencuri Dipulangkan, Maling Preman Dipolisikan Warga

Sejumlah warga yang berdomisili di Lahan Garapan Jalan Selambo Raya, Gang Teratai, mendatang Polsek Percut Sei Tuan, Senin (20/5/2019) sekira ...
Lihat Dompet Jatuh Langsung Diambil, Pas Ditanya Jukir Ini Tak Mengaku, Katanya Takut, Bah!
Metro 24 Jam - Selasa, 21 Mei 2019 - 03:12 WIB

Lihat Dompet Jatuh Langsung Diambil, Pas Ditanya Jukir Ini Tak Mengaku, Katanya Takut, Bah!

Juru Parkir (jukir) Toko Harum Manis di Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Barat, nyaris jadi bulan-bulanan massa, Senin (20/5/2019) malam. Pasalnya, ...
Loading...