Senin, 18 Februari 2019 | 23.06 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Miris! Belasan SMAN 1 Tanjungtiram Dihukum Ujian di Lantai (Katanya Belum Bayar Uang Sekolah)

Miris! Belasan SMAN 1 Tanjungtiram Dihukum Ujian di Lantai (Katanya Belum Bayar Uang Sekolah)

Rabu, 5 Desember 2018 - 19:12 WIB

IMG-64377

Siswa SMA Negeri 1 Batubara yang dihukum mengikuti ujian di lantai sekolah. (ist/metro24jam.com)

BATUBARA, metro24jam.com – Miris! Belasan siswa disuruh ujian di lantai di SMA Negeri 1 Tanjungtiram, Kabupaten Batubara hanya gara-gara belum mampu membayar uang sekolah.

Kepala SMAN 1 Tanjungtiram disebut menghukum sebanyak 12 siswa yang belum membayar lunas uang SPP dengan tidak memperbolehkan mereka mengikuti ujia di ruang kelas.

Berdalih sebagai hukuman ketidakpatuhan membayar kewajiban, 12 siswa itu harus menjawab soal-soal ujian dengan hanya duduk di lantai di luar ruang belajar.

Hal itu sudah berlangsung sejak hari pertama ujian hari pertama, Selasa (4/12/2018) hingga Rabu (5/12/2018) tadi.

Hal itu diungkapkan Ketua DPC Komite Pemantau Transparansi dan Akuntabilitas Sekolah (Kompptras) Dahwir S Munthe, kepada wartawan di Lima Puluh, Rabu (5/12/2018).

Dia menjelaskan iswa yang terpaksa mengikuti ujian di lantai di SMAN 1 Tanjungtiram itu sudah berlangsung 2 hari lantaran belum membayar uang sekolah.

Namun, pernyataan tersebut dibantah Kepala SMAN 1 Tanjungtiram, Muhammad Kamil. Kasek mengatakan bahwa para siswa dihukum ujian di lantai lantaran mereka lupa membawa kartu ujian.

Meski begitu keterangan Kepala SMAN 1 itu bertolakbelakang dengan kesaksian para siswa. Mereka mengaku tidak diperbolehkan ujian di kelas karena belum bayar uang sekolah sebesar Rp55.000 per bulannya.

Terpisah, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Batubara, Drs Ebson A Pasaribu, menyayangkan tindakan Kepala SMAN 1 Tanjungtiram tersebut.

“Kalau benar, hal itu sudah melanggar hak anak sebagaimana diatur dalam UU No 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak,” tegasnya.

Di samping itu tambah Pasaribu, tindakan tersebut juga telah merupakan tindakan kekerasan psikis, di mana siswa yang bersangkutan telah dipermalukan dan dapat mengakibatkan siswa trauma serta dimungkinkan akan malas untuk melanjutkan pendidikannya.

“Sikap Kasek sangat tidak manusiawi dan tidak mencerminkan jiwa seorang pendidik yang harus mengayomi peserta didik,” tambah Pasaribu.

Selanjutnya Pasaribu menyebutkan, tidak ada satu alasanpun yang membenarkan sikap Kasek yang menyuruh siswa tersebut ujian di lantai. Sekolah harus memperlakukan seluruh siswa secara sama tanpa alasan apapun.

KPAID Kabupaten Batubara tidak akan tinggal diam, bila memang oknum Kasek SMAN 1 Tanjungtiram memperlakukan siswanya secara semena-mena.

“Kita akan tempuh jalur hukum dan administrasi terhadap kasus ini. Oknum Kasek tersebut tidak layak sebagai pemimpin dan guru,” pungkasnya. (fik)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Nekat Curi Ikan Gurami Pak Babinsa, Residivis Curanmor Kembali Masuk Sel
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:02 WIB

Nekat Curi Ikan Gurami Pak Babinsa, Residivis Curanmor Kembali Masuk Sel

Ada-ada saja ulah remaja satu ini. Seakan tak bosan hidup di penjara. Belum lama bebas dari hukuman setelah tertangkap mencuri ...
Dua Ahli Waris Gampong di Aceh Utara Terima Santunan Klaim BPJS
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 22:10 WIB

Dua Ahli Waris Gampong di Aceh Utara Terima Santunan Klaim BPJS

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib (Cek Mad) secara simbolis menyerahkan klaim Santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris dua orang ...
Bupati Aceh Utara Resmikan Pabrik CPO Milik Investor Sumut
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 21:56 WIB

Bupati Aceh Utara Resmikan Pabrik CPO Milik Investor Sumut

Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang memproduksi minyak Crude Palm Oil (CPO) dengan kapasitas 30 ton per jam, diresmikan Bupati Aceh ...
Personel BNN Amankan Seorang Oknum TNI di Sergai, BB Ribuan Butir Ekstasi
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 21:48 WIB

Personel BNN Amankan Seorang Oknum TNI di Sergai, BB Ribuan Butir Ekstasi

Tim gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) RI dan Polisi Militer dilaporkan berhasil menangkap seorang oknum anggota TNI berinisial SM ...
Polres Simalungun Ringkus 17 Penjudi
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 20:15 WIB

Polres Simalungun Ringkus 17 Penjudi

Jajaran Polres Simalungun berhasil meringkus 17 penjudi berbagai jenis permainan dari sejumlah lokasi berbeda, Kamis (15/2/2019). Informasi yang dihimpun metro24jam.com, ...
Dua Pengedar Sabu Masing-masing Diganjar 12 Tahun Penjara
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 20:03 WIB

Dua Pengedar Sabu Masing-masing Diganjar 12 Tahun Penjara

Majelis hakim yang diketuai Erintuah Damanik menjatuhkan vonis masing-masing 12 tahun penjara terhadap 2 pengedar 98,77 gram sabu-sabu pada persidangan ...
bupati serdang bedagai
Loading...