Senin, 26 Agustus 2019 | 07.15 WIB
Metro24Jam>News>Miris! Belasan SMAN 1 Tanjungtiram Dihukum Ujian di Lantai (Katanya Belum Bayar Uang Sekolah)

Miris! Belasan SMAN 1 Tanjungtiram Dihukum Ujian di Lantai (Katanya Belum Bayar Uang Sekolah)

Rabu, 5 Desember 2018 - 19:12 WIB

IMG-64377

Siswa SMA Negeri 1 Batubara yang dihukum mengikuti ujian di lantai sekolah. (ist/metro24jam.com)

BATUBARA, metro24jam.com – Miris! Belasan siswa disuruh ujian di lantai di SMA Negeri 1 Tanjungtiram, Kabupaten Batubara hanya gara-gara belum mampu membayar uang sekolah.

Kepala SMAN 1 Tanjungtiram disebut menghukum sebanyak 12 siswa yang belum membayar lunas uang SPP dengan tidak memperbolehkan mereka mengikuti ujia di ruang kelas.

Berdalih sebagai hukuman ketidakpatuhan membayar kewajiban, 12 siswa itu harus menjawab soal-soal ujian dengan hanya duduk di lantai di luar ruang belajar.

Hal itu sudah berlangsung sejak hari pertama ujian hari pertama, Selasa (4/12/2018) hingga Rabu (5/12/2018) tadi.

Hal itu diungkapkan Ketua DPC Komite Pemantau Transparansi dan Akuntabilitas Sekolah (Kompptras) Dahwir S Munthe, kepada wartawan di Lima Puluh, Rabu (5/12/2018).

Dia menjelaskan iswa yang terpaksa mengikuti ujian di lantai di SMAN 1 Tanjungtiram itu sudah berlangsung 2 hari lantaran belum membayar uang sekolah.

Namun, pernyataan tersebut dibantah Kepala SMAN 1 Tanjungtiram, Muhammad Kamil. Kasek mengatakan bahwa para siswa dihukum ujian di lantai lantaran mereka lupa membawa kartu ujian.

Meski begitu keterangan Kepala SMAN 1 itu bertolakbelakang dengan kesaksian para siswa. Mereka mengaku tidak diperbolehkan ujian di kelas karena belum bayar uang sekolah sebesar Rp55.000 per bulannya.

Terpisah, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Batubara, Drs Ebson A Pasaribu, menyayangkan tindakan Kepala SMAN 1 Tanjungtiram tersebut.

“Kalau benar, hal itu sudah melanggar hak anak sebagaimana diatur dalam UU No 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak,” tegasnya.

Di samping itu tambah Pasaribu, tindakan tersebut juga telah merupakan tindakan kekerasan psikis, di mana siswa yang bersangkutan telah dipermalukan dan dapat mengakibatkan siswa trauma serta dimungkinkan akan malas untuk melanjutkan pendidikannya.

“Sikap Kasek sangat tidak manusiawi dan tidak mencerminkan jiwa seorang pendidik yang harus mengayomi peserta didik,” tambah Pasaribu.

Selanjutnya Pasaribu menyebutkan, tidak ada satu alasanpun yang membenarkan sikap Kasek yang menyuruh siswa tersebut ujian di lantai. Sekolah harus memperlakukan seluruh siswa secara sama tanpa alasan apapun.

KPAID Kabupaten Batubara tidak akan tinggal diam, bila memang oknum Kasek SMAN 1 Tanjungtiram memperlakukan siswanya secara semena-mena.

“Kita akan tempuh jalur hukum dan administrasi terhadap kasus ini. Oknum Kasek tersebut tidak layak sebagai pemimpin dan guru,” pungkasnya. (fik)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Ketangkap Bawa 3 Paket Sabu, Pria Ini Ngaku ‘Jualan’ Demi Biaya Hidup
Metro 24 Jam - Senin, 26 Agustus 2019 - 06:04 WIB

Ketangkap Bawa 3 Paket Sabu, Pria Ini Ngaku ‘Jualan’ Demi Biaya Hidup

Menganggur rasanya tidak menyenangkan bagi Andika Sahputra. Tapi, Dusun III, Desa Tanjung Anom, Pancurbatu, Deliserdang itu tak juga mencari kerja. ...
Sebulan Lebih Menghilang, Pria Depresi Ditemukan Nyaris Tinggal Rangka di Aliran Sungai Bahbolon
Metro 24 Jam - Senin, 26 Agustus 2019 - 00:13 WIB

Sebulan Lebih Menghilang, Pria Depresi Ditemukan Nyaris Tinggal Rangka di Aliran Sungai Bahbolon

Sesosok mayat laki-laki tanpa identitas dengan kondisi mulai membusuk ditemukan di jurang aliran Sungai Bahbolon Huta Bangun Mariah, Nagori Bangun ...
Tabrakan Beruntun di Jalinsum Perkebunan Lidah Tanah, 1 Orang Terluka, Lalulintas Sempat Macet
Metro 24 Jam - Minggu, 25 Agustus 2019 - 22:08 WIB

Tabrakan Beruntun di Jalinsum Perkebunan Lidah Tanah, 1 Orang Terluka, Lalulintas Sempat Macet

Tabrakan beruntun terjadi di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di sekitar areal Perkebunan Lidah Tanah, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Batubara, Minggu ...
Kasus Perampokan Driver Ojol M Hasan Nasution Ditangani Polsek Medan Kota
Metro 24 Jam - Minggu, 25 Agustus 2019 - 21:42 WIB

Kasus Perampokan Driver Ojol M Hasan Nasution Ditangani Polsek Medan Kota

Kasus perampokan pengemudi ojek online M Hasan Nasution yang terjadi ang terjadi di Jalan Madong Lubis, Jum'at (23/8/2019) dinihari kemarin ...
Didedikasikan Donatur, Gereja Stasi St Yosef Silaen Diresmikan Bupati Tobasa
Metro 24 Jam - Minggu, 25 Agustus 2019 - 20:39 WIB

Didedikasikan Donatur, Gereja Stasi St Yosef Silaen Diresmikan Bupati Tobasa

Bupati Ir Darwin Siagian meresmikan berdirinya Gereja Stasi St Yosef Silaen, Kecamatan Silaen, Toba Samosir, dengan menandatangani prasasti peresmian, Minggu ...
Razia Hunting Polsek Medan Baru, Parbetor dan IRT Terciduk Main Judi
Metro 24 Jam - Minggu, 25 Agustus 2019 - 20:12 WIB

Razia Hunting Polsek Medan Baru, Parbetor dan IRT Terciduk Main Judi

Seorang penarik beca bermotor (Parbetor) dan ibu rumah tangga terciduk sedang bermain judi saat personel Polsek Medan Baru melakukan razia ...
Loading...

Loading…