Selasa, 22 Januari 2019 | 23.39 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>8 Bulan Ditahan di Malaysia, 5 Nelayan Asal Langkat Dipulangkan Hari Ini

8 Bulan Ditahan di Malaysia, 5 Nelayan Asal Langkat Dipulangkan Hari Ini

Kamis, 8 November 2018 - 16:27 WIB

IMG-63432

Kelima nelayang yang dipulangkan. (ist/metro24jam.com)

KUALANAMU, metro24jam.com – Setelah menjalani proses Hukum selama 8 bulan di penjara Perlis, Malaysia, karena dituduh melewati tapal batas saat mencari ikan di Selat Malaka, akhirnya 5 nelayan asal Pangkalan Brandan, Langkat dipulangkan ke tanah air lewat Bandara International Kualanamu, Kamis (08/11/2018) siang.

Kelima nelayan tersebut dipulangkan melalui Pulau Pinang (Penang), yaitu, Ismail, Nazri, Armansyah, Juriansyah, Imam Syafii.

Kedatangan kelima nelayan yang ditangkap Polis Laut Diraja Malaysia pada 15 Maret 2018 lalu disambut Wakil Ketua Komite Dua, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Parlindungan Purba bersama pihak KKP RI dan Kadis KKP Sumut di pintu kedatangan internasional Bandara Kualanamu.

Proses pemulangan ini dilakukan Pihak Wakil Komite Dua DPD RI asal Sumut, Parlindungan Purba, bekerjasama dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, serta Konjen RI di Pulau Pinang, Iwanshah Wibisono, sehingga pihak Kerajaan Malaysia dapat memulangkan kelima nelayan asal Langkat tersebut.

Armansyah, salah seorang nelayan mengatakan, mereka ditangkap saat sedang tertidur di atas kapal motor pencari ikan yang mereka bawa saat itu.

“Kami sedang tidur bang. Tiba-tiba saja kami dibangunkan polisi, katanya kami sudah masuk wilayah perairan Malaysia di Selat Malaka dan ditahan di penjara Perlis selama 8 bulan. Alhamdulillah sekarang kami sudah kembali ke tanah air,” ujarnya.

Sementara itu, Parlindungan Purba mengatakan, bahwa dia tetap konsisten untuk membantu para nelayan Indonesia khususnya asal Sumatera Utara yang ditahan di Malaysia akibat mencari ikan hingga melewati tabal batas.

“Hari ini kita bebaskan lima orang lagi nelayan asal Langkat,” kata dia.

Parlindungan berharap kelimanya tidak lagi mengulangi kesalahan kedua dan pemerintah, khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan terus melakan sosialisasi dan memperhatikan nasib nelayan sehingga tidak lagi melaut hingga melewati tapal batas akibat minimnya tangkapan,” pungkas Parlindungan.

Sedangkan Patiwi Budiarti, selaku Kasi penanganan awak kapal Direktorat penanganan pelanggaran KKP, hingga saat ini masih ada enam lagi nelayan asal Langkat yang masih ditahan Malaysia bersama lima orang asal Aceh.

“Direncanakan keenam nelayan asal langkat akan dipulangkan pada Desember 2018 mendatang,” bebernya.

Setelah tiba di bandara Kualanamu, kelima nelayan tersebut langsung dipulangkan ke kampung halamannya di Pangkalan Brandan, Langkat. (fan)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bupati Aceh Selatan Mutasi 137 Pejabat Eselon III dan IV
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 22:16 WIB

Bupati Aceh Selatan Mutasi 137 Pejabat Eselon III dan IV

Bupati Aceh Selatan, Azwir SSos, melantik dan memutasikan 137 pejabat, Selasa (22/01/2019). Dari jumlah tersebut, 59 di antaranya merupakan pejabat ...
Satlantas Polrestabes Medan dan Unit Lantas Polsek Sunggal Gelar ‘Simon Mapan’ di Desa Lalang
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 22:07 WIB

Satlantas Polrestabes Medan dan Unit Lantas Polsek Sunggal Gelar ‘Simon Mapan’ di Desa Lalang

Personel Unit lantas Polsek Sunggal bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes Medan, mendatangi masyarakat yang bermukim di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, ...
Dibuka Wakil Bupati, Muzakarah Ulama di Lhoksukon Berjalan Lancar
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 21:59 WIB

Dibuka Wakil Bupati, Muzakarah Ulama di Lhoksukon Berjalan Lancar

Muzakarah Ulama ke-2 yang dilaksanakan di kompleks pengajian Dayah Budi Nurussalam Desa Geulumpang KM 10, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, berjalan ...
Oknum PNS Terjaring OTT Jumat Lalu, Tim Polda Sumut Geledah Kantor Walikota Binjai
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:52 WIB

Oknum PNS Terjaring OTT Jumat Lalu, Tim Polda Sumut Geledah Kantor Walikota Binjai

Personel Subdit 1 Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Sumut, menggeledah kantor Walikota Binjai di Jalan Sudirman, Binjai Kota, Selasa (22/1/2019) ...
Dering HP Terdengar dari Balik Celana Dalamnya, Anak Muda Ini Babak-belur Dihakimi Massa
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:38 WIB

Dering HP Terdengar dari Balik Celana Dalamnya, Anak Muda Ini Babak-belur Dihakimi Massa

Sudah pernah dipenjara lantaran mencuri ternyata tak membuat Endriko Riki Simanjuntak alias Kucing tobat dan tetap mengulangi perbuatannya. Dengan modus ...
Kodim 0204/DS, BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang Rapat Program Desa Bersinar
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:10 WIB

Kodim 0204/DS, BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang Rapat Program Desa Bersinar

Kodim 0204/DS bersama BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang melaksanakan rapat persiapan Program Desa Bersih Narkoba (Bersinar), bertempat di Ruang Data ...
bupati serdang bedagai
Loading...