Rabu, 21 November 2018 | 04.41 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>8 Bulan Ditahan di Malaysia, 5 Nelayan Asal Langkat Dipulangkan Hari Ini

8 Bulan Ditahan di Malaysia, 5 Nelayan Asal Langkat Dipulangkan Hari Ini

Kamis, 8 November 2018 - 16:27 WIB

IMG-63432

Kelima nelayang yang dipulangkan. (ist/metro24jam.com)

KUALANAMU, metro24jam.com – Setelah menjalani proses Hukum selama 8 bulan di penjara Perlis, Malaysia, karena dituduh melewati tapal batas saat mencari ikan di Selat Malaka, akhirnya 5 nelayan asal Pangkalan Brandan, Langkat dipulangkan ke tanah air lewat Bandara International Kualanamu, Kamis (08/11/2018) siang.

Kelima nelayan tersebut dipulangkan melalui Pulau Pinang (Penang), yaitu, Ismail, Nazri, Armansyah, Juriansyah, Imam Syafii.

Kedatangan kelima nelayan yang ditangkap Polis Laut Diraja Malaysia pada 15 Maret 2018 lalu disambut Wakil Ketua Komite Dua, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Parlindungan Purba bersama pihak KKP RI dan Kadis KKP Sumut di pintu kedatangan internasional Bandara Kualanamu.

Proses pemulangan ini dilakukan Pihak Wakil Komite Dua DPD RI asal Sumut, Parlindungan Purba, bekerjasama dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, serta Konjen RI di Pulau Pinang, Iwanshah Wibisono, sehingga pihak Kerajaan Malaysia dapat memulangkan kelima nelayan asal Langkat tersebut.

Armansyah, salah seorang nelayan mengatakan, mereka ditangkap saat sedang tertidur di atas kapal motor pencari ikan yang mereka bawa saat itu.

“Kami sedang tidur bang. Tiba-tiba saja kami dibangunkan polisi, katanya kami sudah masuk wilayah perairan Malaysia di Selat Malaka dan ditahan di penjara Perlis selama 8 bulan. Alhamdulillah sekarang kami sudah kembali ke tanah air,” ujarnya.

Sementara itu, Parlindungan Purba mengatakan, bahwa dia tetap konsisten untuk membantu para nelayan Indonesia khususnya asal Sumatera Utara yang ditahan di Malaysia akibat mencari ikan hingga melewati tabal batas.

“Hari ini kita bebaskan lima orang lagi nelayan asal Langkat,” kata dia.

Parlindungan berharap kelimanya tidak lagi mengulangi kesalahan kedua dan pemerintah, khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan terus melakan sosialisasi dan memperhatikan nasib nelayan sehingga tidak lagi melaut hingga melewati tapal batas akibat minimnya tangkapan,” pungkas Parlindungan.

Sedangkan Patiwi Budiarti, selaku Kasi penanganan awak kapal Direktorat penanganan pelanggaran KKP, hingga saat ini masih ada enam lagi nelayan asal Langkat yang masih ditahan Malaysia bersama lima orang asal Aceh.

“Direncanakan keenam nelayan asal langkat akan dipulangkan pada Desember 2018 mendatang,” bebernya.

Setelah tiba di bandara Kualanamu, kelima nelayan tersebut langsung dipulangkan ke kampung halamannya di Pangkalan Brandan, Langkat. (fan)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bawa 4 Kg Ganja Tujuan Pekanbaru, Pelajar Aceh Ditangkap di Kwala Begumit
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 22:54 WIB

Bawa 4 Kg Ganja Tujuan Pekanbaru, Pelajar Aceh Ditangkap di Kwala Begumit

Seorang pelajar asal Aceh ditangkap personel Polres Langkat yang menggelar razia di Jalan Lintas Sumatera, Pos Lantas Sei Karang, Desa ...
Bangunan Kosong Dekat Mapolsek Percut Sei Tuan Kembali Digerebek, Polisi Temukan Sabu dan Bong
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 21:29 WIB

Bangunan Kosong Dekat Mapolsek Percut Sei Tuan Kembali Digerebek, Polisi Temukan Sabu dan Bong

Personel Percut Sei Tuan menggerebek sebuah gedung bekas sekolah lantaran terindikasi menjadi lapak pengguna dan transaksi narkoba di Jalan Letda ...
Sering Beroperasi Hingga Larut Malam, Warnet L-NET Disegel Polisi, 13 Pemain Diamankan
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 15:43 WIB

Sering Beroperasi Hingga Larut Malam, Warnet L-NET Disegel Polisi, 13 Pemain Diamankan

Kepolisian Sektor (Polsek) Percut Sei Tuan menutup salah satu warung internet (warnet) di Perumnas Mandala, Jalan Garuda Raya, Kelurahan Kenangan, ...
Tujuan Tangerang, Kurir Asal Aceh Diciduk Bersama 1 Kg Sabu-sabu
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 15:31 WIB

Tujuan Tangerang, Kurir Asal Aceh Diciduk Bersama 1 Kg Sabu-sabu

Personel Satuan Narkoba Polres Langkat, menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu, bernilai miliaran rupiah. Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan melalui Kasubbag ...
Polsek Padang Hilir Sosialisasi Pileg dan Pilpres
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 10:38 WIB

Polsek Padang Hilir Sosialisasi Pileg dan Pilpres

Jelang Pemilu 2019, Polsek Padang Hilir melakukan Sosialisasi Pileg dan Pilpres yang bertujuan menciptakan suasana damai, aman, tertib dan sejuk ...
Wartawan Dibunuh di Klapanunggal Bogor, FPII Desak Polisi Usut Pelaku dan Motifnya
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Wartawan Dibunuh di Klapanunggal Bogor, FPII Desak Polisi Usut Pelaku dan Motifnya

Dunia jurnalistik kembali berduka dengan ditemukannya sosok jenazah yang dimasukkan ke dalam drum plastik di Klapanunggal, Bogor, Minggu pagi (18/11/2018). ...
bupati serdang bedagai
Loading...