Selasa, 22 Januari 2019 | 23.20 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Pemkab Deliserdang Teken MoU Bersama Bekraf di Bali

Pemkab Deliserdang Teken MoU Bersama Bekraf di Bali

Kamis, 8 November 2018 - 05:46 WIB

IMG-63416

Bupati H Ashari Tambunan saat menandatangani MoU dengan Bekraf di Nusa Dua Bali. (ist/metro24jam.com)

DELISERDANG, metro24jam.com – Pemerintah Kabupaten Deliserdang bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum Of Understanding (MoU) tentang pengembangan potensi ekonomi kreatif di Kabupaten Deliserdang.

“Penandatanganan MoU dilakukan Bupati H Ashari Tambunan bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf di Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu (7/11/2018) siang,” kata Kabid Informasi Publik Dinas Kominfo Deliserdang, Ari Mulyawan, melalui telefon selulernya, seusai acara penandatanganan Mou di Bali.

Ari menambahkan, penandatanganan tersebut di saksikan Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara.

Disebutkan, selain Kabupaten Deliserdang ada beberapa daerah yang melakukan MoU dengan Bekraf, seperti, Kota Pekanbaru, Kabupaten Banjarbaru dan Kabupaten Gianyar.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Deliserdang Ramlan Refis ketika dihubungi juga menjelaskan maksud dan tujuan dilakukannya MoU antara Pemerintah Kabupaten Deliserdang bersama Badan Ekonomi Kreatif.

“Maksud dan tujuan MoU ini sebagai dasar bagi kedua belah pihak yaitu Pemkab Deliserdang dan Bekraf dalam melakukan kerjasama yang saling mendukung dalam rangka pengembangan potensi ekonomi kreatif di Deliserdang,” katanya.

“Tujuan dari MoU ini adalah mengkoordinasikan dan mensinergikan pelaksanaan tugas dan kewenangan kedua belah pihak dalam rangka pengembangan potensi ekonomi kreatif dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Deliserdang,” kata Kadis Perindag Deliserdang Ramlan Refis.

Dalam kesempatan itu Kadis Perindag juga menjelaskan bahwa perjanjian tersebut tertuang beberapa poin pengembangan dan fasilitas Ekonomi Kreatif.

“Adapun beberapa poin MoU ini meliputi riset, edukasi dan pengembangan ekonomi kreatif. Akses permodalan. Infrastruktur. Pemasaran. Fasilitas hak kekayaan intelektual dan relugasi. Hubungan antar Lembaga wilayah dan ruang serta pemasaran ekonomi kreatif,” ungkap Refis.

Ia juga menambahkan bahwa MoU antara Pemkab Deliserdang bersama Bekraf diharapkan nantinya menjadi solusi untuk bersama-sama mengatasi permasalahan dalam menggali dan mengembangkan ekonomi kreatif di Deliserdang.

“Banyak sekali yang bisa dikembangkan, prospek kita cukup luas, nanti kita harapkan bisa mengakselerasi pertumbuhan industri kreatif yang nantinya bisa memajukan serta menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat Kabupaten Deliserdang,” kata dia.

Refis mencontohkan, Ekonomi Kreatif bisa dilaksanakan dalam hal pengembangan potensi sumber daya unggulan daerah yang berbasis ekonomi kreatif seperti, pariwisata, Usaha Kecil Menengah (UKM), kerajinan kerajinan masyarakat, kuliner dan lainnya.

“Yang terpenting dengan adanya MoU ini diharapkan kerjasama pengembangan ekonomi kreatif menjadi lebih maksimal dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Di akhir pembicaraan, mantan Kabag Perekonomian ini juga menjelaskan bahwa Pemkab Deliserdang dan Bekraf diharapkan nantinya menjadi solusi untuk bersama-sama mengatasi permasalahan dalam menggali dan mengembangkan ekonomi kreatif.

“Banyak sekali yang bisa dikembangkan, prospeknya sangat luas sehingga nanti kita harapkan bisa meningkatkan pertumbuhan industri kreatif sehingga bisa memajukan serta menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat Deliserdang,” pungkas Ramlan Refis. (Fan)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bupati Aceh Selatan Mutasi 137 Pejabat Eselon III dan IV
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 22:16 WIB

Bupati Aceh Selatan Mutasi 137 Pejabat Eselon III dan IV

Bupati Aceh Selatan, Azwir SSos, melantik dan memutasikan 137 pejabat, Selasa (22/01/2019). Dari jumlah tersebut, 59 di antaranya merupakan pejabat ...
Satlantas Polrestabes Medan dan Unit Lantas Polsek Sunggal Gelar ‘Simon Mapan’ di Desa Lalang
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 22:07 WIB

Satlantas Polrestabes Medan dan Unit Lantas Polsek Sunggal Gelar ‘Simon Mapan’ di Desa Lalang

Personel Unit lantas Polsek Sunggal bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes Medan, mendatangi masyarakat yang bermukim di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, ...
Dibuka Wakil Bupati, Muzakarah Ulama di Lhoksukon Berjalan Lancar
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 21:59 WIB

Dibuka Wakil Bupati, Muzakarah Ulama di Lhoksukon Berjalan Lancar

Muzakarah Ulama ke-2 yang dilaksanakan di kompleks pengajian Dayah Budi Nurussalam Desa Geulumpang KM 10, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, berjalan ...
Oknum PNS Terjaring OTT Jumat Lalu, Tim Polda Sumut Geledah Kantor Walikota Binjai
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:52 WIB

Oknum PNS Terjaring OTT Jumat Lalu, Tim Polda Sumut Geledah Kantor Walikota Binjai

Personel Subdit 1 Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Sumut, menggeledah kantor Walikota Binjai di Jalan Sudirman, Binjai Kota, Selasa (22/1/2019) ...
Dering HP Terdengar dari Balik Celana Dalamnya, Anak Muda Ini Babak-belur Dihakimi Massa
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:38 WIB

Dering HP Terdengar dari Balik Celana Dalamnya, Anak Muda Ini Babak-belur Dihakimi Massa

Sudah pernah dipenjara lantaran mencuri ternyata tak membuat Endriko Riki Simanjuntak alias Kucing tobat dan tetap mengulangi perbuatannya. Dengan modus ...
Kodim 0204/DS, BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang Rapat Program Desa Bersinar
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:10 WIB

Kodim 0204/DS, BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang Rapat Program Desa Bersinar

Kodim 0204/DS bersama BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang melaksanakan rapat persiapan Program Desa Bersih Narkoba (Bersinar), bertempat di Ruang Data ...
bupati serdang bedagai
Loading...