Jumat, 26 April 2019 | 22.43 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Pemkab Deliserdang Teken MoU Bersama Bekraf di Bali

Pemkab Deliserdang Teken MoU Bersama Bekraf di Bali

Kamis, 8 November 2018 - 05:46 WIB

IMG-63416

Bupati H Ashari Tambunan saat menandatangani MoU dengan Bekraf di Nusa Dua Bali. (ist/metro24jam.com)

DELISERDANG, metro24jam.com – Pemerintah Kabupaten Deliserdang bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum Of Understanding (MoU) tentang pengembangan potensi ekonomi kreatif di Kabupaten Deliserdang.

“Penandatanganan MoU dilakukan Bupati H Ashari Tambunan bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf di Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu (7/11/2018) siang,” kata Kabid Informasi Publik Dinas Kominfo Deliserdang, Ari Mulyawan, melalui telefon selulernya, seusai acara penandatanganan Mou di Bali.

Ari menambahkan, penandatanganan tersebut di saksikan Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara.

Disebutkan, selain Kabupaten Deliserdang ada beberapa daerah yang melakukan MoU dengan Bekraf, seperti, Kota Pekanbaru, Kabupaten Banjarbaru dan Kabupaten Gianyar.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Deliserdang Ramlan Refis ketika dihubungi juga menjelaskan maksud dan tujuan dilakukannya MoU antara Pemerintah Kabupaten Deliserdang bersama Badan Ekonomi Kreatif.

“Maksud dan tujuan MoU ini sebagai dasar bagi kedua belah pihak yaitu Pemkab Deliserdang dan Bekraf dalam melakukan kerjasama yang saling mendukung dalam rangka pengembangan potensi ekonomi kreatif di Deliserdang,” katanya.

“Tujuan dari MoU ini adalah mengkoordinasikan dan mensinergikan pelaksanaan tugas dan kewenangan kedua belah pihak dalam rangka pengembangan potensi ekonomi kreatif dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Deliserdang,” kata Kadis Perindag Deliserdang Ramlan Refis.

Dalam kesempatan itu Kadis Perindag juga menjelaskan bahwa perjanjian tersebut tertuang beberapa poin pengembangan dan fasilitas Ekonomi Kreatif.

“Adapun beberapa poin MoU ini meliputi riset, edukasi dan pengembangan ekonomi kreatif. Akses permodalan. Infrastruktur. Pemasaran. Fasilitas hak kekayaan intelektual dan relugasi. Hubungan antar Lembaga wilayah dan ruang serta pemasaran ekonomi kreatif,” ungkap Refis.

Ia juga menambahkan bahwa MoU antara Pemkab Deliserdang bersama Bekraf diharapkan nantinya menjadi solusi untuk bersama-sama mengatasi permasalahan dalam menggali dan mengembangkan ekonomi kreatif di Deliserdang.

“Banyak sekali yang bisa dikembangkan, prospek kita cukup luas, nanti kita harapkan bisa mengakselerasi pertumbuhan industri kreatif yang nantinya bisa memajukan serta menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat Kabupaten Deliserdang,” kata dia.

Refis mencontohkan, Ekonomi Kreatif bisa dilaksanakan dalam hal pengembangan potensi sumber daya unggulan daerah yang berbasis ekonomi kreatif seperti, pariwisata, Usaha Kecil Menengah (UKM), kerajinan kerajinan masyarakat, kuliner dan lainnya.

“Yang terpenting dengan adanya MoU ini diharapkan kerjasama pengembangan ekonomi kreatif menjadi lebih maksimal dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Di akhir pembicaraan, mantan Kabag Perekonomian ini juga menjelaskan bahwa Pemkab Deliserdang dan Bekraf diharapkan nantinya menjadi solusi untuk bersama-sama mengatasi permasalahan dalam menggali dan mengembangkan ekonomi kreatif.

“Banyak sekali yang bisa dikembangkan, prospeknya sangat luas sehingga nanti kita harapkan bisa meningkatkan pertumbuhan industri kreatif sehingga bisa memajukan serta menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat Deliserdang,” pungkas Ramlan Refis. (Fan)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Pria Berkaos Loreng Tewas Dalam Kamarnya, di Lokasi Ditemukan Bong
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 20:48 WIB

Pria Berkaos Loreng Tewas Dalam Kamarnya, di Lokasi Ditemukan Bong

Seorang pria paruh baya yang mengenakan seragam loreng ditemukan tak bernyawa di kediamannya Jalan Sei Mencirim, Dusun 11 Desa Paya ...
Dicegat Polisi di Jalan Irian Desa Dagang Kerawan, Pemuda Ini Kedapatan Pegang Sabu
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 20:24 WIB

Dicegat Polisi di Jalan Irian Desa Dagang Kerawan, Pemuda Ini Kedapatan Pegang Sabu

Personel Unit Reskrim Polsek Tanjung Morawa meringkus seorang pemuda yang kedapatan memiliki sabu-sabu, di Jalan Irian, Dusun 4, Desa Dagang ...
Rokontruksi Pembunuhan Ngatiem, Pria Berkumis Coba Serang Pelaku
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 20:10 WIB

Rokontruksi Pembunuhan Ngatiem, Pria Berkumis Coba Serang Pelaku

Polisi menggelar rekonstruksi pembunuhan korban Ngatiem alias Ati, di areal perkebunan kelapa sawit Afdeling III PTPN 4 Kebun Laras, Nagori ...
Kesal Sering Dicaci-maki, Karyawan Cuci Steam Nekat Bunuh Majikan
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 19:28 WIB

Kesal Sering Dicaci-maki, Karyawan Cuci Steam Nekat Bunuh Majikan

Pelaku pembunuhan pengusaha cuci steam, Robby Diandra (39), yang ditemukan tewas diKapuk Kamal Raya Tegal alur, Kalideres Jakarta Barat, pada ...
Demi Nyabu, Motor Milik Keluarga Sendiri Disikat, Pemuda Ini Diantar Pemilik ke Kantor Polisi
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 19:18 WIB

Demi Nyabu, Motor Milik Keluarga Sendiri Disikat, Pemuda Ini Diantar Pemilik ke Kantor Polisi

Gara-gara belajar nyabu, pekerjaan sebagai pedagang pakaian, akhirnya tak mencukupi untuk bagi Kevin Syah (19). Pemuda yang tinggal di Jalan ...
BNNP Gagalkan Peredaran Sabu Dalam Kemasan Milo dari Malaysia, Dikendalikan dari Lapas Tanjung Gusta
Metro 24 Jam - Jumat, 26 April 2019 - 18:55 WIB

BNNP Gagalkan Peredaran Sabu Dalam Kemasan Milo dari Malaysia, Dikendalikan dari Lapas Tanjung Gusta

Personel Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu asal Malaysia. Jaringan ini juga disebut dikendalikan ...
Loading...