Rabu, 21 November 2018 | 04.24 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Berlagak Jadi ‘Orang Pintar’ Pria Ini Sukses Gasak Rp30 Juta, Eh..! Minta Rp200 Juta Lagi, Gol Lah!

Berlagak Jadi ‘Orang Pintar’ Pria Ini Sukses Gasak Rp30 Juta, Eh..! Minta Rp200 Juta Lagi, Gol Lah!

Kamis, 1 November 2018 - 13:27 WIB

IMG-63210

Fazar Kumar alias Komar diamankan di Mapolsek Perbaungan. (ist/metro24jam.com)

SERGAI, metro24jam.com – Berlagak menjadi ‘Orang Pintar’ alias dukun, Fajar Kumar alias Komar (38), warga Dusun I, Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai, mengaku mampu menggandakan uang. Alhasil, Kanaria br Hutagaol (48) termakan tipu daya Komar tersebut dan mengalami kerugian Rp30 juta, belum termasuk perhiasan emas.

Penipuan itu kemudian dilaporkan kepada pihak kepolisian, setelah Komar kembali meminta sebanyak Rp200 juta lagi dari Kanaria, agar uang wanita berstatus janda itu benar-benar berlipat ganda.

Komar kemudian diringkus personel Polsek Perbaungan pada Rabu (31/10/2018) sekira pukul 18.30 Wib.

Kapolres Sergai, AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu melalui Kasubag Humas, AKP Nellyta Isma, dalam keterangannya Kamis (1/11/2018) menyebutkan, peristiwa itu berawal pada Rabu (15/8/2018) lalu, sekira pukul 10.00 Wib.

Saat itu, Kanaria yang sedang berada di rumahnya didatangi Komar, yang merupakan tetangganya.

Di situ, Komar menawarkan kepada Kanaria bahwa dia bisa membuat wanita yang sudah menjanda tersebut berbicara dengan almarhum suaminya dengan bantuan jin.

“Sebelumnya, korban juga sudah diiming-imingi oleh tersangka dapat berkomunikasi dengan almarhum suaminya dan uang sedekah maupun pemberiannya akan digandakan oleh tersangka,” kata Nelly.

Saat itu, Kanaria pun langsung menerima ajakan Komar dan berselang beberapa hari kemudian, Komar pun mulai beraksi.

Pada saat ritual pemujaan berlangsung, Komar pun beraksi seolah-olah dia sedang kemasukan roh/jin.

“Kamu harus lebih banyak lagi bersedekah kepada anak yatim agar harta mu dapat dilipatgandakan, dan dengarkan dan lakukan apa saja yang di suruh si Komar ini,” ucap ‘roh halus’ melalui Komar kepada Kanaria ketika itu, seperti dituturkan AKP Nellyta.

Mendengar ucapan tersebut, Kanaria pun seolah terhipnotis dan berjanji mematuhinya. “Iya mas. Apapun akan saya lakukan,” ucap Kanaria ketika itu

Tak lama kemudian, Komar pun seolah tersadar dan kemudian membahas apa yang disampaikan oleh ‘roh’ yang masuk dalam dirinya tadi.

“Beberapa hari kemudian, tersangka menghubungi korban melalui handphone dan menyampaikan kalau ‘Si Mbah’ (roh) yang masuk kemarin kembali memanggil korban agar sesegera mungkin datang ke rumah tersangka, karena roh gaib itu ingin berbicara kepada korban,” beber Nelly.

Kanaria yang sudah mulai percaya akhirnya kembali datang ke rumah Komar dan di sana, pria itu kembali beraksi kesurupan. Saat itu, roh gaib tersebut kembali dan berpesan agar Kanaria lebih sering lagi bersedekah dan membeli Al-quran.

Namun uniknya, sedekah itu harus diberikan lewat Komar. Pria itu nanti yang akan memberikan sedekah kepada anak yatim piatu maupun membeli Al-quran tersebut.

Kanaria pun kembali menuruti perkataan roh halus yang disebut masuk melalui Komar. Setelah Komar ‘sadar’, Kanaria kemudian memberikan sejumlah uang kepadanya.

Singkat cerita, peristiwa itu pun terjadi berulang kali.

“Jika dihitung ada beberapa kali, setiap korban memberikan uang maupun perhiasan emas kepada tersangka, korban akan diberi cincin dan uang logam. Demikian seterusnya, hingga beberapa kali sehingga korban mengalami kerugian sekitar Rp30 juta,” ungkap Nelly.

Terakhir kali, Komar yang berlagak kesurupan coba meminta uang sebesar Rp200 juta. Dia menyuruh Kanaria mengagunkan surat tanah milik wanita itu.

Saat itulah Kanaria mulai curiga bahwa Komar selama ini hanya memperdayanya. Dia kemudian membuat laporan ke Polsek Perbaungan sesuai surat bernomor: LP/242/X/2018/SU/Res Sergai/Sek Perbaungan, Senin (29/10/2018).

Setelah melakukan penyelidikan, polisi kemudian berhasil meringkus Komar pada Rabu (31/10/2018) sekira pukul 18.30 Wib.

“Tersangka sempat melarikan diri keluar kota sebelum diamankan dari Dusun I, Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan,” jelas Nelly.

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa 7 buah cincin palsu yang selalu diberikan kepada Kanaria setiap kali memberi sedekah dan sekeping uang logam/koin kuno yang di tengahnya berwarna kuning.

“Saat ini tersangka sudah diamankan di Mapolsek Perbaungan. Tersangka dikenakan pasal 372 subs 378 KUHPidana,” pungkas AKP Nellyta. (mad)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bawa 4 Kg Ganja Tujuan Pekanbaru, Pelajar Aceh Ditangkap di Kwala Begumit
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 22:54 WIB

Bawa 4 Kg Ganja Tujuan Pekanbaru, Pelajar Aceh Ditangkap di Kwala Begumit

Seorang pelajar asal Aceh ditangkap personel Polres Langkat yang menggelar razia di Jalan Lintas Sumatera, Pos Lantas Sei Karang, Desa ...
Bangunan Kosong Dekat Mapolsek Percut Sei Tuan Kembali Digerebek, Polisi Temukan Sabu dan Bong
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 21:29 WIB

Bangunan Kosong Dekat Mapolsek Percut Sei Tuan Kembali Digerebek, Polisi Temukan Sabu dan Bong

Personel Percut Sei Tuan menggerebek sebuah gedung bekas sekolah lantaran terindikasi menjadi lapak pengguna dan transaksi narkoba di Jalan Letda ...
Sering Beroperasi Hingga Larut Malam, Warnet L-NET Disegel Polisi, 13 Pemain Diamankan
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 15:43 WIB

Sering Beroperasi Hingga Larut Malam, Warnet L-NET Disegel Polisi, 13 Pemain Diamankan

Kepolisian Sektor (Polsek) Percut Sei Tuan menutup salah satu warung internet (warnet) di Perumnas Mandala, Jalan Garuda Raya, Kelurahan Kenangan, ...
Tujuan Tangerang, Kurir Asal Aceh Diciduk Bersama 1 Kg Sabu-sabu
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 15:31 WIB

Tujuan Tangerang, Kurir Asal Aceh Diciduk Bersama 1 Kg Sabu-sabu

Personel Satuan Narkoba Polres Langkat, menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu, bernilai miliaran rupiah. Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan melalui Kasubbag ...
Polsek Padang Hilir Sosialisasi Pileg dan Pilpres
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 10:38 WIB

Polsek Padang Hilir Sosialisasi Pileg dan Pilpres

Jelang Pemilu 2019, Polsek Padang Hilir melakukan Sosialisasi Pileg dan Pilpres yang bertujuan menciptakan suasana damai, aman, tertib dan sejuk ...
Wartawan Dibunuh di Klapanunggal Bogor, FPII Desak Polisi Usut Pelaku dan Motifnya
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Wartawan Dibunuh di Klapanunggal Bogor, FPII Desak Polisi Usut Pelaku dan Motifnya

Dunia jurnalistik kembali berduka dengan ditemukannya sosok jenazah yang dimasukkan ke dalam drum plastik di Klapanunggal, Bogor, Minggu pagi (18/11/2018). ...
bupati serdang bedagai
Loading...