Selasa, 19 Februari 2019 | 18.16 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Sidang Perdana Kasus Penganiayaan, PH Dokter Gigi Ajukan Eksepsi

Sidang Perdana Kasus Penganiayaan, PH Dokter Gigi Ajukan Eksepsi

Kamis, 11 Oktober 2018 - 21:03 WIB

IMG-62491

Terdakwa Herawati saat menjalani sidang di PN Siantar. (Zega/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Sidang Herawati Sinaga (51), terdakwa kasus penganiayaan terhadap pembantu rumah tangganya (PRT), Serti Mariani Butarbutar kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Kamis (11/10/11) sore.

Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dipimpin majelis hakim yang diketuai Fitra Dewi serta dua hakim anggota Nuzuli dan Fhyyta.

Kali ini, terdakwa Herawati tidak didampingi suaminya, personel TNI yang bertugas di Kodam I Bukit Barisan. Herawati menjalani persidangan didampingi dua penasehat hukum yang ditunjuknya, yakni Martin Onruso Simanjuntak dan Risman Harianto Siburian.

Dakwaan dibacakan JPU Rahma Sinaga dan Henny Simandalahi secara bergantian.

JPU Rahma Sinaga menjelaskan, bahwa pada hari sabtu tertanggal 24 Februari 2018 sekira pukul 09.00 Wib di dalam rumah terdakwa Herawati Sinaga yang berada di Jalan Viyata Yudha, Kelurahan Setia Negara, Kecamatan Siantar Sitalasari.

“Pada saat saksi korban sedang memijat (mengurut) badan terdakwa dengan menggunakan balsem di ruang keluarga rumah terdakwa dan saat itu terdakwa kepada saksi korban karena tenaga saksi korban tidak kuat memijatnya,” sebut JPU membacakan dakwannya.

Kemudian, terdakwa meninju mata sebelah kanan saksi korban dengan menggunakan tangan kanannya, dengan posisi terdakwa dengan saksi korban saling berhadapan sebanyak 1 kali.

“Selanjutnya, terdakwa berusaha memukul kembali, namun saksi korban berusaha menghindar kemudian terdakwa mengambil balsem dan mencolek balsem tersebut dengan menggunakan jari telunjuk tangan kiri terdakwa dan terdakwa menarik baju saksi korban dari belakang,” ujar Rahma Hayati.

Lanjutnya, akibat perbuatan terdakwa, saksi korban mengalami trauma dan ketakutan sehingga harus dirawat inap di disalah satu Rumah Sakit Djasamen Saragih.

Adapun memar maupun luka yang diderita saksi korban setelah dilakukan visum oleh Dr Hendry Hutabarat yakni, membiru pada kelopak mata kanan ukuran panjang 4 cm lebar 3 cm, merah pada bola mata kanan, lecet pada sudut kelopak mata kiri.

“Merah pada bola mata kiri, bengkak pada pipi kiri atas, bekas luka pada tangan kiri bagian depan, bengkak dan bekas luka darah mengering pada kepala kanan bagian tengah, bengkak pada kepala kanan daun telinga, bengkak pada daun telinga kanan, bekas luka pada kepala belakang kiri bagian tengah,” tutupnya.

Menanggapi dakwaan tersebut, penasihat hukum terdakwa mengajukan eksepsi. Keduanya mengaku keberatan terhadap dakwaan yang disampaikan jaksa.

“Pada intinya kita keberatan dengan dakwaan yang diberikan kepada klien kita,” sebut Martin, selaku kuasa hukum ketika dikonfirmasi usai persidangan.

Sidang pun ditunda dan akan kembali digelar pada Kamis mendatang dengan agenda mendengarkan pembacaan eksepsi dari PH terdakwa. (zeg)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bongkar Toko Tetangga, 2 Pemuda Ini Mendekam di Sel Polsek Lima Puluh
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Februari 2019 - 18:15 WIB

Bongkar Toko Tetangga, 2 Pemuda Ini Mendekam di Sel Polsek Lima Puluh

Dua pemuda warga III, Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Limapuluh, Batubara, terpaksa meringkuk di sel tahanan polisi. ASR alias Lajang ...
4 Hari Terjebak di Atap Rumah, Kucing Warga Diselamatkan Petugas Damkar Medan
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Februari 2019 - 16:41 WIB

4 Hari Terjebak di Atap Rumah, Kucing Warga Diselamatkan Petugas Damkar Medan

Petugas Pemadam Kebakaran Medan berhasil menyelamatkan seekor kucing yang terjebak selama empat hari di atap rumah warga di Jalan Kayu ...
Curi Sepedamotor Milik Driver Ojol di Depan RM Sederhana Ringroad, 2 Anak Medan Krio KO
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Februari 2019 - 16:26 WIB

Curi Sepedamotor Milik Driver Ojol di Depan RM Sederhana Ringroad, 2 Anak Medan Krio KO

Dua pemuda warga Dusun II, Jalan Citarum VII, Desa Medan Krio, Sunggal, Deliserdang, babak-belur dihakimi massa di depan RM Sederhana, ...
Disergap Polisi, Pria Ini Lari ke Kebun Ubi, Sangkutlah!
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:19 WIB

Disergap Polisi, Pria Ini Lari ke Kebun Ubi, Sangkutlah!

Kaget disergap polisi, Aneka Ria Safari alias Ucok Dollong coba melarikan diri ke kebun ubi tak jauh dari kediamannya di ...
Kasi PMD Akui Warga Desa Bantan Pertanyakan Masalah ADD, Tapi…
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:14 WIB

Kasi PMD Akui Warga Desa Bantan Pertanyakan Masalah ADD, Tapi…

Aparatur Desa Bantan, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, meminta pihak kecamatan setempat dapat memberikan solusi atas permasalahan Anggaran Dana ...
Nekat Curi Ikan Gurami Pak Babinsa, Residivis Curanmor Kembali Masuk Sel
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:02 WIB

Nekat Curi Ikan Gurami Pak Babinsa, Residivis Curanmor Kembali Masuk Sel

Ada-ada saja ulah remaja satu ini. Seakan tak bosan hidup di penjara. Belum lama bebas dari hukuman setelah tertangkap mencuri ...
bupati serdang bedagai
Loading...