Kamis, 18 Oktober 2018 | 10.21 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Sidang Perdana Kasus Penganiayaan, PH Dokter Gigi Ajukan Eksepsi

Sidang Perdana Kasus Penganiayaan, PH Dokter Gigi Ajukan Eksepsi

Kamis, 11 Oktober 2018 - 21:03 WIB

IMG-62491

Terdakwa Herawati saat menjalani sidang di PN Siantar. (Zega/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Sidang Herawati Sinaga (51), terdakwa kasus penganiayaan terhadap pembantu rumah tangganya (PRT), Serti Mariani Butarbutar kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Kamis (11/10/11) sore.

Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dipimpin majelis hakim yang diketuai Fitra Dewi serta dua hakim anggota Nuzuli dan Fhyyta.

Kali ini, terdakwa Herawati tidak didampingi suaminya, personel TNI yang bertugas di Kodam I Bukit Barisan. Herawati menjalani persidangan didampingi dua penasehat hukum yang ditunjuknya, yakni Martin Onruso Simanjuntak dan Risman Harianto Siburian.

Dakwaan dibacakan JPU Rahma Sinaga dan Henny Simandalahi secara bergantian.

JPU Rahma Sinaga menjelaskan, bahwa pada hari sabtu tertanggal 24 Februari 2018 sekira pukul 09.00 Wib di dalam rumah terdakwa Herawati Sinaga yang berada di Jalan Viyata Yudha, Kelurahan Setia Negara, Kecamatan Siantar Sitalasari.

“Pada saat saksi korban sedang memijat (mengurut) badan terdakwa dengan menggunakan balsem di ruang keluarga rumah terdakwa dan saat itu terdakwa kepada saksi korban karena tenaga saksi korban tidak kuat memijatnya,” sebut JPU membacakan dakwannya.

Kemudian, terdakwa meninju mata sebelah kanan saksi korban dengan menggunakan tangan kanannya, dengan posisi terdakwa dengan saksi korban saling berhadapan sebanyak 1 kali.

“Selanjutnya, terdakwa berusaha memukul kembali, namun saksi korban berusaha menghindar kemudian terdakwa mengambil balsem dan mencolek balsem tersebut dengan menggunakan jari telunjuk tangan kiri terdakwa dan terdakwa menarik baju saksi korban dari belakang,” ujar Rahma Hayati.

Lanjutnya, akibat perbuatan terdakwa, saksi korban mengalami trauma dan ketakutan sehingga harus dirawat inap di disalah satu Rumah Sakit Djasamen Saragih.

Adapun memar maupun luka yang diderita saksi korban setelah dilakukan visum oleh Dr Hendry Hutabarat yakni, membiru pada kelopak mata kanan ukuran panjang 4 cm lebar 3 cm, merah pada bola mata kanan, lecet pada sudut kelopak mata kiri.

“Merah pada bola mata kiri, bengkak pada pipi kiri atas, bekas luka pada tangan kiri bagian depan, bengkak dan bekas luka darah mengering pada kepala kanan bagian tengah, bengkak pada kepala kanan daun telinga, bengkak pada daun telinga kanan, bekas luka pada kepala belakang kiri bagian tengah,” tutupnya.

Menanggapi dakwaan tersebut, penasihat hukum terdakwa mengajukan eksepsi. Keduanya mengaku keberatan terhadap dakwaan yang disampaikan jaksa.

“Pada intinya kita keberatan dengan dakwaan yang diberikan kepada klien kita,” sebut Martin, selaku kuasa hukum ketika dikonfirmasi usai persidangan.

Sidang pun ditunda dan akan kembali digelar pada Kamis mendatang dengan agenda mendengarkan pembacaan eksepsi dari PH terdakwa. (zeg)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Suzuki Ertiga Hangus Terbakar, Beruntung Penumpangnya Selamat
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 01:21 WIB

Suzuki Ertiga Hangus Terbakar, Beruntung Penumpangnya Selamat

Mobil Suzuki Ertiga nomor polisi W 1774 YT mendadak terbakar saat melintas di Jalan Raya Alpha, Desa Sawotratap, Gedangan, Rabu ...
Iming-Iming Uang Jajan 5 Ribu, Petugas Kebersihan Berhasil Cabuli Puluhan Siswi
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 00:43 WIB

Iming-Iming Uang Jajan 5 Ribu, Petugas Kebersihan Berhasil Cabuli Puluhan Siswi

Dengan memberikan iming-iming uang jajan Rp 5 ribu, akhirnya Ud (62) berhasil mencabuli puluhan siswi Sekolah Dasar (SD). Warga pendatang ...
Jatuh Dari Rakit Melintasi Sungai, Kek Asman Belum Ditemukan
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 00:14 WIB

Jatuh Dari Rakit Melintasi Sungai, Kek Asman Belum Ditemukan

Asman (60) warga Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terjatuh dari rakitnya sehingga hanyut terbawa arus sungai Cisadane ...
Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Polres Tebing Tinggi Semen Lubang Jalan, Salut!
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Oktober 2018 - 20:50 WIB

Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Polres Tebing Tinggi Semen Lubang Jalan, Salut!

Personel Satlantas Polres Tebing Tinggi melakukan upaya meminimalisir kecelakaan lalulintas dengan menutup lobang jalan yang menganga di beberapa titik, di ...
Kabur dari Sel Polsek Simpang Empat, Tersangka Pencurian Ditembak Polisi di Tanjungbalai
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Oktober 2018 - 20:30 WIB

Kabur dari Sel Polsek Simpang Empat, Tersangka Pencurian Ditembak Polisi di Tanjungbalai

Tim gabungan dari Polres Asahan dan Polsek Simpang Empat mengakhiri pelarian Bambang Hirwansyah (27), tersangka pencurian yang sempat kabur dari ...
Klaim Keluarga, Jasad Wanita di Perairan Batubara Adalah Suniati, Desy: Gigi Ibu Pernah Dikikir
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Oktober 2018 - 20:19 WIB

Klaim Keluarga, Jasad Wanita di Perairan Batubara Adalah Suniati, Desy: Gigi Ibu Pernah Dikikir

Misteri hilangnya 3 orang sekeluarga akhirnya terungkap sebagian. Pertanyaan terkait keberadaan Muhajir (49) dan istrinya Suniati (50) serta putra mereka ...