Sabtu, 15 Desember 2018 | 17.53 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Gempa bumi 6,4 SR guncang Jawa Timur dan Bali, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Gempa bumi 6,4 SR guncang Jawa Timur dan Bali, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Kamis, 11 Oktober 2018 - 12:05 WIB

IMG-62454

Warga menunggu di luar RS Larasati saat terjadi gempa di Pamekasan, Jatim, Kamis (11/10/2018) dini hari. (Antara via BBC)

BALI, metro24jam.com – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,4 pada skala Richter (SR) mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10/2018) pukul 01.57 WIB.

Hasil pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa berada di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

Gempa itu dilaporkan tak hanya dirasakan warga Jawa Timur.

Melansir BBC News Indonesia, Erna Utami, seorang warga Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, mengaku panik ketika merasakan guncangan gempa.

“Saya sedang terlelap, langsung terbangun karena bunyi getaran kaca. Kemudian semua perabot rumah bergoyang, foto-foto di dinding berjatuhan. Panik luar biasa. Begitu terasa getarannya. Langsung gendong si adek, cari kerudung dan keluar rumah,” beber Erna kepada BBC News Indonesia.

Di luar rumah dalam kegelapan, tetangga-tetangganya berhamburan dan menunggu potensi gempa susulan. Momen itu sungguh mengerikan karena 300 meter dari rumah mereka adalah laut Selat Bali.

“Di sebelah utara itu laut. Jadi kami takut tsunami. Kami sudah bersiap-siap lari menuju bukit di sebelah selatan. Ada tetangga yang langsung berlari ke laut untuk melihat apakah laut surut. Tak berapa lama dia kembali dan mengatakan, ‘situasi aman’,” tuturnya.

BMKG juga mengonfirmasi bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menyatakan gempa tersebut telah menyebabkan tiga orang meninggal dunia tertimpa bangunan yang roboh.

“Ketiga korban meninggal sedang tidur ketika tiba-tiba gempa mengguncang sehingga mereka tidak bisa menyelamatkan diri,” kata Sutopo.

Mereka merupakan warga Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur. Di sinilah, Sutopo menyebutkan, “daerah yang terparah” terkena imbas gempa.

“Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan ke luar rumah. Sedang di daerah lain gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik,” ujar Sutopo.

Selain di Sumenep, gempa 6,4 SR yang kemudian telah dimutakhirkan menjadi 6,3 SR oleh BMKG itu terasa di seluruh wilayah Jawa Timur meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, serta Kota Probolinggo.

Kondisi sebuah rumah usai gempa di Kota Situbondo, Jawa Timur. (BNPB/BBC)

Kemudian gempa terasa di Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

Gempa di perairan Situbondo adalah gempa terkini dari rentetan lindu yang terjadi sepanjang sebulan terakhir. Sebelumnya, gempa-tsunami melanda Palu dan sekitarnya di Sulawesi Tengah. Kemudian gempa juga mengguncang Sumba, NTT. (bbc/asp)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Kisah Pilu 2 Keluarga Kurang Mampu Ketika Dijenguk Panitia Natal Wartawan Siantar
Metro 24 Jam - Sabtu, 15 Desember 2018 - 17:20 WIB

Kisah Pilu 2 Keluarga Kurang Mampu Ketika Dijenguk Panitia Natal Wartawan Siantar

Panitia Perayaan Natal Wartawan Pematangsiantar, menyerahkan bantuan kepada dua kepala keluarga yang kurang mampu di dua lokasi berbeda, Sabtu (15/12/2018). ...
Beastudi Etos Dompet Dhuafa Antar Lutfi Raih Mimpi Menjadi Sarjana Pertanian
Metro 24 Jam - Sabtu, 15 Desember 2018 - 16:52 WIB

Beastudi Etos Dompet Dhuafa Antar Lutfi Raih Mimpi Menjadi Sarjana Pertanian

Senyum tak lepas dari wajah Lutfi ketika ia dinobatkan sebagai sarjana lulusan terbaik dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada wisudanya, ...
Ratusan Warga Ikuti Jalan Sehat Polres dan KONI Asahan
Metro 24 Jam - Sabtu, 15 Desember 2018 - 16:35 WIB

Ratusan Warga Ikuti Jalan Sehat Polres dan KONI Asahan

Ratusan warga antusias mengikuti acara Jalan Sehat yang digelar Polres Asahan dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Asahan. Forkopimda dan ...
Jenguk Keluarga dan Anak-anak Rudi Selamat, Kapolres Asahan Berikan Santunan dan Motivasi
Metro 24 Jam - Sabtu, 15 Desember 2018 - 16:27 WIB

Jenguk Keluarga dan Anak-anak Rudi Selamat, Kapolres Asahan Berikan Santunan dan Motivasi

Kasus pembunuhan Rudi Selamat menjadi perhatian khusus dari Polres Asahan. AKBP Faisal Napitupulu bersama jajaran PJU Polres Asahan didampingi Ketua ...
Kawasan Pasar 4 Bandar Khalipah Rawan Maling, Seorang Warga Kehilangan 2 Unit Motor dalam 2 Bulan
Metro 24 Jam - Sabtu, 15 Desember 2018 - 16:11 WIB

Kawasan Pasar 4 Bandar Khalipah Rawan Maling, Seorang Warga Kehilangan 2 Unit Motor dalam 2 Bulan

Warga di Desa Bandar Khalipah, khususnya di kawasan Pasar 4, Jalan Usman Siddik, Dusun 17, Kecamatan Percut Sei Tuan, merasa ...
Patroli Biru, Personel Polres Jakbar Bubarkan Aksi Tawuran di Grogol
Metro 24 Jam - Sabtu, 15 Desember 2018 - 15:03 WIB

Patroli Biru, Personel Polres Jakbar Bubarkan Aksi Tawuran di Grogol

Polres Metro Jakarta Barat dan juga Polsek jajaran terus melakukan Patroli Biru menyisir wilayah hukumnya untuk menciptakan rasa aman terhadap ...
bupati serdang bedagai
Loading...