Rabu, 21 November 2018 | 04.34 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Inspektorat Deliserdang Ajukan Permohonan ke Kejari, Pemecatan Hadisyam Tunggu Salinan Putusan

Inspektorat Deliserdang Ajukan Permohonan ke Kejari, Pemecatan Hadisyam Tunggu Salinan Putusan

Jumat, 14 September 2018 - 21:52 WIB

IMG-61653

Rumah milik Hadisyam. (Fani Ardana/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Pihak Inspektorat Deliserdang saat ini disebut sedang menunggu salinan putusan Mahkamah Agung terkait kasus korupsi mantan Camat Percut Seituan, Hadisyam Hamzah yang saat ini menjadi buronan Kejari Deliserdang.

Kepala Inspektorat Deliserdang, Agus Mulyono mengatakan, surat permohonan untuk mendapatkan salinan putusan sudah mereka kirimkan ke kejaksaan. Ia berharap, permohonan tersebut segera mendapat balasan dari pihak Kejari.

“Ya, kita sedang tunggu [salinan putusan]. Kita tunggu sajalah, kan suratnya sudah masuk. Salinan putusan itu yang kita perlukan sekarang ini untuk memprosesnya [pemecatannya],” sebut Agus Mulyono Jumat, (14/9/2018).

Informasi dihimpun di Bagian Hukum Pemkab Deliserdang, selain Hadisyam, ada dua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga sebelumnya sempat terjerat kasus korupsi, yaitu mantan Kepala Dinas dan Bendaraha PU, Ir Faisal dan Elfian.

Hadisyam yang terjerat kasus korupsi untuk pembangunan gardu induk PLN tahun 2008 di Dusun VI, Desa Petangguhan, Kecamatan Galang ketika menjabat sebagai Camat Galang.

Jika perkara Hadisyam sudah berkekuatan hukum tetap dengan vonis penjara dua tahun, beda halnya dengan Faisal dan Elfian. Faisal sendiri saat ini diketahui sudah pensiun sebagai ASN.

Terkait hal ini, Agus Mulyono menegaskan kalau Pemkab tidak bisa melakukan proses penindakan jika tidak memegang salinan putusan perkara. Menurut Agus, jika salinan putusan tidak dipegang pihaknya, bisa berdampak pada gugatan balik kepada Pemkab nantinya.

“Di salinan putusan itu nanti jelas semuanya apa isi putusannya. Makanya, harus berkekuatan hukum tetap dulu baru diproses. Untuk Elfian, kita juga belum tau apa putusannya, karena kan mereka melakukan upaya hukum kasasi,” kata Agus.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Karir BKD Deliserdang, M Yusuf, mengatakan bahwa Ir Faisal sudah pensiun. Sementara itu Elfian masih menjadi staf di kantor Dinas PU Deliserdang.

Ia juga mengaku sudah mengetahui bahwa Kementerian Dalam Negeri sudah menyusun program untuk memberhentikan ASN yang terlibat tindak pidana korupsi.

“Kemarin saya baru pulang dari Jakarta mengikuti Rakornas membahas sinergitas penegakan hukum bagi ASN untuk mewujudkan pemerintah yang baik dan bersih. Cuma dalam Rakornas ini semuanya sepakat, agar persoalan ini tidak hanya dituntut dan diminta kepada Pemda saja tapi juga penegak hukum lainnya,” tandas Yusuf.

Sekedar informasi, seorang ASN Disperindag Deliserdang berinisial SA, sudah dipecat Pemkab lebih setahun lalu. Persisnya semasa Kadis Tahir Siagian.

SA dipecat gara-gara menikah lagi alias beristri dua. Padahal saat itu, dia hanya 2 lagi akan pensiun. (fan)

BACA JUGA:
Belum Dapat Salinan Putusan MA, Alasan Pemkab Deliserdang Belum Proses PTDH Hadisyam, Humas PN: Harusnya Dimohonkan


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bawa 4 Kg Ganja Tujuan Pekanbaru, Pelajar Aceh Ditangkap di Kwala Begumit
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 22:54 WIB

Bawa 4 Kg Ganja Tujuan Pekanbaru, Pelajar Aceh Ditangkap di Kwala Begumit

Seorang pelajar asal Aceh ditangkap personel Polres Langkat yang menggelar razia di Jalan Lintas Sumatera, Pos Lantas Sei Karang, Desa ...
Bangunan Kosong Dekat Mapolsek Percut Sei Tuan Kembali Digerebek, Polisi Temukan Sabu dan Bong
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 21:29 WIB

Bangunan Kosong Dekat Mapolsek Percut Sei Tuan Kembali Digerebek, Polisi Temukan Sabu dan Bong

Personel Percut Sei Tuan menggerebek sebuah gedung bekas sekolah lantaran terindikasi menjadi lapak pengguna dan transaksi narkoba di Jalan Letda ...
Sering Beroperasi Hingga Larut Malam, Warnet L-NET Disegel Polisi, 13 Pemain Diamankan
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 15:43 WIB

Sering Beroperasi Hingga Larut Malam, Warnet L-NET Disegel Polisi, 13 Pemain Diamankan

Kepolisian Sektor (Polsek) Percut Sei Tuan menutup salah satu warung internet (warnet) di Perumnas Mandala, Jalan Garuda Raya, Kelurahan Kenangan, ...
Tujuan Tangerang, Kurir Asal Aceh Diciduk Bersama 1 Kg Sabu-sabu
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 15:31 WIB

Tujuan Tangerang, Kurir Asal Aceh Diciduk Bersama 1 Kg Sabu-sabu

Personel Satuan Narkoba Polres Langkat, menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu, bernilai miliaran rupiah. Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan melalui Kasubbag ...
Polsek Padang Hilir Sosialisasi Pileg dan Pilpres
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 10:38 WIB

Polsek Padang Hilir Sosialisasi Pileg dan Pilpres

Jelang Pemilu 2019, Polsek Padang Hilir melakukan Sosialisasi Pileg dan Pilpres yang bertujuan menciptakan suasana damai, aman, tertib dan sejuk ...
Wartawan Dibunuh di Klapanunggal Bogor, FPII Desak Polisi Usut Pelaku dan Motifnya
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Wartawan Dibunuh di Klapanunggal Bogor, FPII Desak Polisi Usut Pelaku dan Motifnya

Dunia jurnalistik kembali berduka dengan ditemukannya sosok jenazah yang dimasukkan ke dalam drum plastik di Klapanunggal, Bogor, Minggu pagi (18/11/2018). ...
bupati serdang bedagai
Loading...