Sabtu, 22 September 2018 | 17.52 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Inspektorat Deliserdang Ajukan Permohonan ke Kejari, Pemecatan Hadisyam Tunggu Salinan Putusan

Inspektorat Deliserdang Ajukan Permohonan ke Kejari, Pemecatan Hadisyam Tunggu Salinan Putusan

Jumat, 14 September 2018 - 21:52 WIB

IMG-61653

Rumah milik Hadisyam. (Fani Ardana/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Pihak Inspektorat Deliserdang saat ini disebut sedang menunggu salinan putusan Mahkamah Agung terkait kasus korupsi mantan Camat Percut Seituan, Hadisyam Hamzah yang saat ini menjadi buronan Kejari Deliserdang.

Kepala Inspektorat Deliserdang, Agus Mulyono mengatakan, surat permohonan untuk mendapatkan salinan putusan sudah mereka kirimkan ke kejaksaan. Ia berharap, permohonan tersebut segera mendapat balasan dari pihak Kejari.

“Ya, kita sedang tunggu [salinan putusan]. Kita tunggu sajalah, kan suratnya sudah masuk. Salinan putusan itu yang kita perlukan sekarang ini untuk memprosesnya [pemecatannya],” sebut Agus Mulyono Jumat, (14/9/2018).

Informasi dihimpun di Bagian Hukum Pemkab Deliserdang, selain Hadisyam, ada dua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga sebelumnya sempat terjerat kasus korupsi, yaitu mantan Kepala Dinas dan Bendaraha PU, Ir Faisal dan Elfian.

Hadisyam yang terjerat kasus korupsi untuk pembangunan gardu induk PLN tahun 2008 di Dusun VI, Desa Petangguhan, Kecamatan Galang ketika menjabat sebagai Camat Galang.

Jika perkara Hadisyam sudah berkekuatan hukum tetap dengan vonis penjara dua tahun, beda halnya dengan Faisal dan Elfian. Faisal sendiri saat ini diketahui sudah pensiun sebagai ASN.

Terkait hal ini, Agus Mulyono menegaskan kalau Pemkab tidak bisa melakukan proses penindakan jika tidak memegang salinan putusan perkara. Menurut Agus, jika salinan putusan tidak dipegang pihaknya, bisa berdampak pada gugatan balik kepada Pemkab nantinya.

“Di salinan putusan itu nanti jelas semuanya apa isi putusannya. Makanya, harus berkekuatan hukum tetap dulu baru diproses. Untuk Elfian, kita juga belum tau apa putusannya, karena kan mereka melakukan upaya hukum kasasi,” kata Agus.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Karir BKD Deliserdang, M Yusuf, mengatakan bahwa Ir Faisal sudah pensiun. Sementara itu Elfian masih menjadi staf di kantor Dinas PU Deliserdang.

Ia juga mengaku sudah mengetahui bahwa Kementerian Dalam Negeri sudah menyusun program untuk memberhentikan ASN yang terlibat tindak pidana korupsi.

“Kemarin saya baru pulang dari Jakarta mengikuti Rakornas membahas sinergitas penegakan hukum bagi ASN untuk mewujudkan pemerintah yang baik dan bersih. Cuma dalam Rakornas ini semuanya sepakat, agar persoalan ini tidak hanya dituntut dan diminta kepada Pemda saja tapi juga penegak hukum lainnya,” tandas Yusuf.

Sekedar informasi, seorang ASN Disperindag Deliserdang berinisial SA, sudah dipecat Pemkab lebih setahun lalu. Persisnya semasa Kadis Tahir Siagian.

SA dipecat gara-gara menikah lagi alias beristri dua. Padahal saat itu, dia hanya 2 lagi akan pensiun. (fan)

BACA JUGA:
Belum Dapat Salinan Putusan MA, Alasan Pemkab Deliserdang Belum Proses PTDH Hadisyam, Humas PN: Harusnya Dimohonkan


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 15:20 WIB

Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya

Personel Polsek Patumbak mengamankan seorang oknum polisi gadungan dari kediamannya, Perumahan Lembayung Asri No 52, Jalan Pertahanan, Gang Lembayun, ...
Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 14:59 WIB

Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi

Personel Polres Siantar mengamankan seorang pelajar inisial AH (16), karena diduga melakukan ujaran kebencian terhadap agama Kristendengan kalimat yang tak ...
5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 03:01 WIB

5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit

Sabar Prianto alias Anto (34), warga Dusun 1, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Sergai, ditangkap personel Polsek Teluk Mengkudu, Kamis ...
Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK  Melepuh
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 02:45 WIB

Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK Melepuh

Satu unit boat pukat tarik mini yang sedang mencari ikan di perairan sekitar wilayah Desa Mesjid Lama, Kecamatan Talawi, Batubara, ...
Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar
BISNIS - Sabtu, 22 September 2018 - 01:06 WIB

Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar

Pria yang akrab disapa Wak Keteng ini, kesehariannya hanya sebagai penjaga kos-kosan Pondok Joy, di Jalan Panyabungan, Kelurahan Timbang Galung, ...
UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2
Metro 24 Jam - Jumat, 21 September 2018 - 21:24 WIB

UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UMSU yang sudah terakreditasi B memberikan keringanan potongan uang kuliah sebanyak 50 persen kepada para ...