Selasa, 23 Juli 2019 | 14.52 WIB
Metro24Jam>News>Pelaku Koperasi Adalah Sumber Daya Berkualitas Pendukung Perekonomian Rakyat

Pelaku Koperasi Adalah Sumber Daya Berkualitas Pendukung Perekonomian Rakyat

Jumat, 14 September 2018 - 08:40 WIB

IMG-61632

Asisten Ekbangsos Pemko Tanjungbalai, Drs H Abdul Hayyi, memberikan penghargaan kepada pengurus koperasi. (ost/metro24jam.com)

TANJUNGBALAI, metro24jam.com – Dinas Koperasi dan UKM Kota Tanjungbalai memperingati Hari Koperasi Nasional ke–71 dengan acara di Gedung Dharma Wanita, Jalan Gereja Kota Tanjungbalai, Kamis (13/9/2018). Saat ini, ada 111 unit koperasi dengan jumlah anggota sebanyak 9.820 orang di Kota Tanjungbalai.

“Pelaku koperasi adalah sumber daya berkualitas yang sangat mendukung perkembangan perekonomian rakyat di Kota Tanjungbalai. Tanpa mereka mungkin koperasi tidak berkembang dan tumbuh sampai sejauh ini,” ungkap Asisten Ekbangsos Pemko Tanjungbalai, Drs H Abdul Hayyi, dalam sambutannya di acara tersebut.

Meskipun demikian, dengan adanya permasalahan internal, persoalam organisasional dan serta kesulitan modal, kata Abdul Hayyi, Pemko Tanjungbalai tidak menepis adanya koperasi yang belum berhasil.

“Masih banyak pula anggapan negatif dan pandangan pesimis sebagian masyarakat terhadap peran dan fungsi koperasi. Semua ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk mewujudkan amanat UUD 1945 pasal 33 yakni perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan. Untuk itu tema Hari Koperasi tahun ini adalah “Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi,” sambungnya.

Ia menambahkan, dari jumlah tersebut, dana koperasi dengan modal sendiri sebesar Rp27.846.660.000, modal Luar Rp20.347.921.000, sehingga total asset adalah Rp48.194.581.000, dengan volume usaha Rp46.907.678.000 dan sisa hasil usaha Rp5.100.411.000.

“Koperasi merupakan bangun usaha yang diatur secara konstitusional. Saya berharap dengan spirit peringatan Hari Koperasi tahun ini, kita semua menjadikan Kota Tanjungbalai semakin bertumbuh dalam koperasi. Kita harus bisa menunjukkan bahwa koperasi juga bisa kompetitif seperti hanya bangun usaha lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tanjungbalai, Nedi Hamlet menjelaskan, bahwa peringatan Hari koperasi ke-71 tingkat Kota Tanjungbalai itu dilaksanakan bertujuan untuk memberikan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang perkoperasian.

“Selain memberikan motivasi dan spirit bagi perkembangan dan kemajuan koperasi di Kota Tanjungbalai, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk bertukar informasi antara perkumpulan koperasi dan Pemerintah Kota Tanjungbalai,” pungkas mantan Kadis Perindag Tanjungbalai itu.

Peringatan Hari Koperasi ke-71 tingkat Kota Tanjungbalai itu juga dirangkai dengan berbagai kegiatan, di antaranya Lomba Tangkas Terampil Koperasi tingkat SMA/SMK, Koperasi Terbaik Tingkat Kota Tanjungbalai dan Kader Koperasi Terbaik. (Eko)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Diakui Gandeng Pihak Swasta, Lapas Klas II-A Pematangsiantar Bakal Punya Bisnis Baru, Tapi…
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 14:46 WIB

Diakui Gandeng Pihak Swasta, Lapas Klas II-A Pematangsiantar Bakal Punya Bisnis Baru, Tapi…

Sejumlah gedung baru sedang dikerjakan pembangunannya di halaman depan Lapas Klas II A Pematangsiantar. Pembangunan tersebut dikatakan menggandeng pihak swasta. ...
Bandar Sabu Kecamatan Air Putih Ditangkap Bersama Teman, Istrinya Pun Terlibat
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 14:07 WIB

Bandar Sabu Kecamatan Air Putih Ditangkap Bersama Teman, Istrinya Pun Terlibat

Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Batubara meringkus tiga warga Kecamatan Air Putih Batubara, dalam dugaan penyalahgunaan narkoba, Senin (22/7/2019) ...
Terjaring Razia Kasih Sayang, 6 Pelajar di Sergai Ternyata Positif Narkoba, Gawat!
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 13:39 WIB

Terjaring Razia Kasih Sayang, 6 Pelajar di Sergai Ternyata Positif Narkoba, Gawat!

Sebanyak enam pelajar SMA dan SMK Swasta di Kabupaten Serdang Bedagai positif mengkonsumsi narkoba setelah menjalani hasil tes urine dilakukan ...
7 Kadus di Desa Perkebunan Petatal Berencana Adukan Mantan Kades ke Polres Batubara
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 13:09 WIB

7 Kadus di Desa Perkebunan Petatal Berencana Adukan Mantan Kades ke Polres Batubara

Sebanyak 7 kepala dusun dan tokoh masyarakat di Desa Perkebunan Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batubara, berencana melaporkan mantan ...
Curi Sepedamotor di Tandam Hulu, Warga Mencirim Asri Ini Ditembak Polisi
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 12:49 WIB

Curi Sepedamotor di Tandam Hulu, Warga Mencirim Asri Ini Ditembak Polisi

Personel Sat Reskrim Polres Binjai meringkus Bambang Irawan (36), warga perumahan Mencirim Asri, Sunggal, Deliserdang, terduga pelaku pencurian satu unit ...
Satpol-PP Sergai Kejar-Kejaran Sama Pelajar Saat Lakukan Razia
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 12:24 WIB

Satpol-PP Sergai Kejar-Kejaran Sama Pelajar Saat Lakukan Razia

Puluhan pelajar SMU, SMK dan SMP di Kabupaten Serdang Bedagai terjaring razia Satpol PP. Hal ini dikarenakan petugas gerah melihat ...
Loading...

Loading…


Bupati Padang Lawas
BPKAD Padang Lawas
Dinas Perindag dan UMKM Padang Lawas
Bank Sumut Sibuhuan
Dinas PU & PE Padang Lawas
Bappeda Padang Lawas
Dinas LH dan Hut Padang Lawas
Dinas PMD Padang Lawas