Selasa, 19 Februari 2019 | 00.19 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Pelaku Koperasi Adalah Sumber Daya Berkualitas Pendukung Perekonomian Rakyat

Pelaku Koperasi Adalah Sumber Daya Berkualitas Pendukung Perekonomian Rakyat

Jumat, 14 September 2018 - 08:40 WIB

IMG-61632

Asisten Ekbangsos Pemko Tanjungbalai, Drs H Abdul Hayyi, memberikan penghargaan kepada pengurus koperasi. (ost/metro24jam.com)

TANJUNGBALAI, metro24jam.com – Dinas Koperasi dan UKM Kota Tanjungbalai memperingati Hari Koperasi Nasional ke–71 dengan acara di Gedung Dharma Wanita, Jalan Gereja Kota Tanjungbalai, Kamis (13/9/2018). Saat ini, ada 111 unit koperasi dengan jumlah anggota sebanyak 9.820 orang di Kota Tanjungbalai.

“Pelaku koperasi adalah sumber daya berkualitas yang sangat mendukung perkembangan perekonomian rakyat di Kota Tanjungbalai. Tanpa mereka mungkin koperasi tidak berkembang dan tumbuh sampai sejauh ini,” ungkap Asisten Ekbangsos Pemko Tanjungbalai, Drs H Abdul Hayyi, dalam sambutannya di acara tersebut.

Meskipun demikian, dengan adanya permasalahan internal, persoalam organisasional dan serta kesulitan modal, kata Abdul Hayyi, Pemko Tanjungbalai tidak menepis adanya koperasi yang belum berhasil.

“Masih banyak pula anggapan negatif dan pandangan pesimis sebagian masyarakat terhadap peran dan fungsi koperasi. Semua ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk mewujudkan amanat UUD 1945 pasal 33 yakni perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan. Untuk itu tema Hari Koperasi tahun ini adalah “Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi,” sambungnya.

Ia menambahkan, dari jumlah tersebut, dana koperasi dengan modal sendiri sebesar Rp27.846.660.000, modal Luar Rp20.347.921.000, sehingga total asset adalah Rp48.194.581.000, dengan volume usaha Rp46.907.678.000 dan sisa hasil usaha Rp5.100.411.000.

“Koperasi merupakan bangun usaha yang diatur secara konstitusional. Saya berharap dengan spirit peringatan Hari Koperasi tahun ini, kita semua menjadikan Kota Tanjungbalai semakin bertumbuh dalam koperasi. Kita harus bisa menunjukkan bahwa koperasi juga bisa kompetitif seperti hanya bangun usaha lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tanjungbalai, Nedi Hamlet menjelaskan, bahwa peringatan Hari koperasi ke-71 tingkat Kota Tanjungbalai itu dilaksanakan bertujuan untuk memberikan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang perkoperasian.

“Selain memberikan motivasi dan spirit bagi perkembangan dan kemajuan koperasi di Kota Tanjungbalai, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk bertukar informasi antara perkumpulan koperasi dan Pemerintah Kota Tanjungbalai,” pungkas mantan Kadis Perindag Tanjungbalai itu.

Peringatan Hari Koperasi ke-71 tingkat Kota Tanjungbalai itu juga dirangkai dengan berbagai kegiatan, di antaranya Lomba Tangkas Terampil Koperasi tingkat SMA/SMK, Koperasi Terbaik Tingkat Kota Tanjungbalai dan Kader Koperasi Terbaik. (Eko)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Disergap Polisi, Pria Ini Lari ke Kebun Ubi, Sangkutlah!
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:19 WIB

Disergap Polisi, Pria Ini Lari ke Kebun Ubi, Sangkutlah!

Kaget disergap polisi, Aneka Ria Safari alias Ucok Dollong coba melarikan diri ke kebun ubi tak jauh dari kediamannya di ...
Kasi PMD Akui Warga Desa Bantan Pertanyakan Masalah ADD, Tapi…
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:14 WIB

Kasi PMD Akui Warga Desa Bantan Pertanyakan Masalah ADD, Tapi…

Aparatur Desa Bantan, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, meminta pihak kecamatan setempat dapat memberikan solusi atas permasalahan Anggaran Dana ...
Nekat Curi Ikan Gurami Pak Babinsa, Residivis Curanmor Kembali Masuk Sel
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:02 WIB

Nekat Curi Ikan Gurami Pak Babinsa, Residivis Curanmor Kembali Masuk Sel

Ada-ada saja ulah remaja satu ini. Seakan tak bosan hidup di penjara. Belum lama bebas dari hukuman setelah tertangkap mencuri ...
Dua Ahli Waris Gampong di Aceh Utara Terima Santunan Klaim BPJS
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 22:10 WIB

Dua Ahli Waris Gampong di Aceh Utara Terima Santunan Klaim BPJS

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib (Cek Mad) secara simbolis menyerahkan klaim Santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris dua orang ...
Bupati Aceh Utara Resmikan Pabrik CPO Milik Investor Sumut
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 21:56 WIB

Bupati Aceh Utara Resmikan Pabrik CPO Milik Investor Sumut

Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang memproduksi minyak Crude Palm Oil (CPO) dengan kapasitas 30 ton per jam, diresmikan Bupati Aceh ...
Personel BNN Amankan Seorang Oknum TNI di Sergai, BB Ribuan Butir Ekstasi
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 21:48 WIB

Personel BNN Amankan Seorang Oknum TNI di Sergai, BB Ribuan Butir Ekstasi

Tim gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) RI dan Polisi Militer dilaporkan berhasil menangkap seorang oknum anggota TNI berinisial SM ...
bupati serdang bedagai
Loading...