Sabtu, 22 September 2018 | 18.39 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Tak Dapat Izin dari Polisi, Rakerda SPTI Pimpinan Sabam Parulian Manalu Dibubarkan

Tak Dapat Izin dari Polisi, Rakerda SPTI Pimpinan Sabam Parulian Manalu Dibubarkan

Kamis, 13 September 2018 - 21:35 WIB

IMG-61628

Massa yang menghadang kegiatan Rakerda. (Silalahi/metro24jam.com)

PARAPAT, metro24jam.com – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV, Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI) yang dipimpin Sabam parulian Manalu dibubarkan paksa oleh pengurus Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPTI-KSPSI).

Pembubaran itu dikatakan sesuai himbauan pengurus pusat, Mbelin Brahmana didampingi Sekretaris PD FSPTI-KSPTI Sumut, Ramlan Purba SH, bersama Kerua DPC Simalungun, Pahala Nainggolan.

Rakerda itu dilaksanakan di Hotel Danau Toba Cottage Parapat Jalan Nelson Purba Kelurahan Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, pada Kamis (13/9/2018) sekira jam 14.00 Wib.

Menurut Ketua PC FSPTI – KSPTI Simalungun, Pahala Nainggolan, didampingi Sekretaris Supryadi SE, kehadirannya ke Parapat dalam rangka memastikan kegiatan Rakerda itu yang disebutnya sebagai illegal.

“Kehadiran kita ke Parapat untuk memastikan adanya Rakerda yang mengaku organisasi FSPTI di Parapat. Rakerda tersebut tidak memiliki surat resmi dari pimpinan pusat,” sebut Pahala Nainggolan.

Dia menegaskan, selain dari nama pengurus Ketua PP FSPTI-KSPTI CP Nainggolan SE MAP, Sekretaris Syafry Arsyad SSos, Ketua PD FSPTI-KSPTI Sumut Mbelin Brahmana, Sekretaris Ramlan Purba SH, PC FSPTI-KSPTI Simalungun, Pahala Nainggolan dan Sekretaris Supryadi SE, PC Kota Siantar Maurits Nainggolan, Sekretaris Agus Butarbutar, dianggap ilegal.

Sementara itu, Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno SSos ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya pembubaran Rakerda SPTI itu.

“Rakerda tidak bisa dilaksanakan karena tidak mengantongi Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari Polda Sumatera Utara. Kita sarankan pengurus organisasi pelaksana kegiatan, mengurus izinnya,” ujar Kapolsek.

Terpisah, pihak perhotelan bermarga Simanjuntak mengaku membatalkan orderan pembuat kegiatan di hotel tersebut.

“Pihak kita telah membatalkan seluruh orderan dari pihak, Sabam Parulian Manalu, karena saat kami tanya STTP-nya tidak ada. Kita juga tidak mau ambil resiko,” beber Simajuntak.

Pantauan di lapangan, ratusan massa kepengurusan dan anggota FSPTI dari Simalungun serta Siantar turut hadir untuk menghempang atau membubarkan acara Rakerda, sehingga nyaris terjadi bentrok antara dua kubu.

Beruntung, bentrok bisa dicegah dikarenakan kesigapan aparat kepolisian dari Polsek Parapat, dengan dibantu warga setempat. (Sil)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 15:20 WIB

Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya

Personel Polsek Patumbak mengamankan seorang oknum polisi gadungan dari kediamannya, Perumahan Lembayung Asri No 52, Jalan Pertahanan, Gang Lembayun, ...
Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 14:59 WIB

Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi

Personel Polres Siantar mengamankan seorang pelajar inisial AH (16), karena diduga melakukan ujaran kebencian terhadap agama Kristendengan kalimat yang tak ...
5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 03:01 WIB

5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit

Sabar Prianto alias Anto (34), warga Dusun 1, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Sergai, ditangkap personel Polsek Teluk Mengkudu, Kamis ...
Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK  Melepuh
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 02:45 WIB

Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK Melepuh

Satu unit boat pukat tarik mini yang sedang mencari ikan di perairan sekitar wilayah Desa Mesjid Lama, Kecamatan Talawi, Batubara, ...
Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar
BISNIS - Sabtu, 22 September 2018 - 01:06 WIB

Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar

Pria yang akrab disapa Wak Keteng ini, kesehariannya hanya sebagai penjaga kos-kosan Pondok Joy, di Jalan Panyabungan, Kelurahan Timbang Galung, ...
UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2
Metro 24 Jam - Jumat, 21 September 2018 - 21:24 WIB

UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UMSU yang sudah terakreditasi B memberikan keringanan potongan uang kuliah sebanyak 50 persen kepada para ...