Senin, 18 Februari 2019 | 22.58 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Gemuruh Gendang Tradisional Pakpak Awali Pesta Oang-oang di Pakpak Bharat

Gemuruh Gendang Tradisional Pakpak Awali Pesta Oang-oang di Pakpak Bharat

Kamis, 13 September 2018 - 16:50 WIB

IMG-61614

Sekda Sahat Banurea SSos MSi bersama perwakilan DPRD Pakpak Bharat, Kejari Dairi, Kepolisian Resor Pakpak Bharat serta Ketua Panitia Drs Bambang Sunaryo Banurea menabuh gendang Pakpak saat meresmikan pesta Oang-oang. (ist/metro24jam.com)

PAKPAK BHARAT, metro24jam.com – Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat membuka Pesta Oang-oang tahun 2018, di Lapangan Napasengkut, Salak, Rabu (12/09/2018).

Diiringi dengan suara musik gendang tradisional Pakpak, Sekretaris Daerah Sahat Banurea SSos MSi, mewakili Bupati Dr Remigo Yolando Berutu MFin MBA, bersama perwakilan DPRD Pakpak Bharat, Kejari Dairi, Kapolres Pakpak Bharat serta Ketua Panitia Drs Bambang Sunaryo Banurea menabuh gendang Pakpak sebagai tanda dibukanya acara tersebut secara resmi.

Di hadapan para undangan yang hadir, Sekda Sahat Banurea mengatakan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat mengingat kelestarian kebudayaan masyarakat Pakpak yang terus digerus zaman.

“Kita harapkan, ke depannya even seperti ini lebih banyak diikuti oleh masyarakat, baik sebagai celah atau peluang untuk usaha kegiatan ekonominya,” sebut Sekda.

Sahat Banurea juga mengingatkan kepada seluruh undangan agar tidak lupa untuk mendukung Mejan Pakpak yang saat ini ikut lomba di ajang pesona Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Pariwisata, Drs Bambang Sunaryo Banurea menyampaikan, bahwa pada pelaksanaan puncak Kamis (13/9/2018) akan diisi karnaval kendaraan hias dari masing-masing wilayah dan instansi.

Masyarakat akan mempersembahkan luah (cendera mata) khas masing-masing wilayah, dengan berkeliling kota Salak dan berakhir di Lapangan Napasengkut.

“Besok (Kamis, 13/9/2018), juga diisi beragam hiburan seperti tari kolosal, sendra tari dan beragam hiburan lainnya serta akan diakhiri dengan pengumuman para pemenang perlombaan,” pungkasnya.

Para undangan dari seluruh kecamatan di Pakpak Bharat. (ist/metro24jam.com)

Beragam hiburan seperti tarian dan nyanyian juga turut mengisi hari pertama pesta Oang-oang ini yang puncaknya dilaksanakan pada Kamis 13 September 2018.

Selain itu, menyemarakkan hari pembukaan Pesta Budaya khas Pakpak Bharat ini juga digelar berbagai perlombaan, antara lain Lomba Musik Tradisional Pakpak dan Lomba/Fashion Show Pakaian Jejap Pakpak yang diikuti oleh seluruh Kecamatan se-Kabupaten Pakpak Bharat. (Sudi)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Dua Ahli Waris Gampong di Aceh Utara Terima Santunan Klaim BPJS
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 22:10 WIB

Dua Ahli Waris Gampong di Aceh Utara Terima Santunan Klaim BPJS

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib (Cek Mad) secara simbolis menyerahkan klaim Santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris dua orang ...
Bupati Aceh Utara Resmikan Pabrik CPO Milik Investor Sumut
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 21:56 WIB

Bupati Aceh Utara Resmikan Pabrik CPO Milik Investor Sumut

Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang memproduksi minyak Crude Palm Oil (CPO) dengan kapasitas 30 ton per jam, diresmikan Bupati Aceh ...
Personel BNN Amankan Seorang Oknum TNI di Sergai, BB Ribuan Butir Ekstasi
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 21:48 WIB

Personel BNN Amankan Seorang Oknum TNI di Sergai, BB Ribuan Butir Ekstasi

Tim gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) RI dan Polisi Militer dilaporkan berhasil menangkap seorang oknum anggota TNI berinisial SM ...
Polres Simalungun Ringkus 17 Penjudi
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 20:15 WIB

Polres Simalungun Ringkus 17 Penjudi

Jajaran Polres Simalungun berhasil meringkus 17 penjudi berbagai jenis permainan dari sejumlah lokasi berbeda, Kamis (15/2/2019). Informasi yang dihimpun metro24jam.com, ...
Dua Pengedar Sabu Masing-masing Diganjar 12 Tahun Penjara
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 20:03 WIB

Dua Pengedar Sabu Masing-masing Diganjar 12 Tahun Penjara

Majelis hakim yang diketuai Erintuah Damanik menjatuhkan vonis masing-masing 12 tahun penjara terhadap 2 pengedar 98,77 gram sabu-sabu pada persidangan ...
17 Tahun Lumpuh dan Ditinggal Suami, Suriani Berharap Bantuan Pemerintah
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 19:44 WIB

17 Tahun Lumpuh dan Ditinggal Suami, Suriani Berharap Bantuan Pemerintah

Kisah hidup wanita bernama Suriani ini memang cukup membuat hati terenyuh. Wanita berusia 40 tahun, warga dusun 1 A Desa ...
bupati serdang bedagai
Loading...