Rabu, 21 November 2018 | 04.17 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Gemuruh Gendang Tradisional Pakpak Awali Pesta Oang-oang di Pakpak Bharat

Gemuruh Gendang Tradisional Pakpak Awali Pesta Oang-oang di Pakpak Bharat

Kamis, 13 September 2018 - 16:50 WIB

IMG-61614

Sekda Sahat Banurea SSos MSi bersama perwakilan DPRD Pakpak Bharat, Kejari Dairi, Kepolisian Resor Pakpak Bharat serta Ketua Panitia Drs Bambang Sunaryo Banurea menabuh gendang Pakpak saat meresmikan pesta Oang-oang. (ist/metro24jam.com)

PAKPAK BHARAT, metro24jam.com – Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat membuka Pesta Oang-oang tahun 2018, di Lapangan Napasengkut, Salak, Rabu (12/09/2018).

Diiringi dengan suara musik gendang tradisional Pakpak, Sekretaris Daerah Sahat Banurea SSos MSi, mewakili Bupati Dr Remigo Yolando Berutu MFin MBA, bersama perwakilan DPRD Pakpak Bharat, Kejari Dairi, Kapolres Pakpak Bharat serta Ketua Panitia Drs Bambang Sunaryo Banurea menabuh gendang Pakpak sebagai tanda dibukanya acara tersebut secara resmi.

Di hadapan para undangan yang hadir, Sekda Sahat Banurea mengatakan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat mengingat kelestarian kebudayaan masyarakat Pakpak yang terus digerus zaman.

“Kita harapkan, ke depannya even seperti ini lebih banyak diikuti oleh masyarakat, baik sebagai celah atau peluang untuk usaha kegiatan ekonominya,” sebut Sekda.

Sahat Banurea juga mengingatkan kepada seluruh undangan agar tidak lupa untuk mendukung Mejan Pakpak yang saat ini ikut lomba di ajang pesona Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Pariwisata, Drs Bambang Sunaryo Banurea menyampaikan, bahwa pada pelaksanaan puncak Kamis (13/9/2018) akan diisi karnaval kendaraan hias dari masing-masing wilayah dan instansi.

Masyarakat akan mempersembahkan luah (cendera mata) khas masing-masing wilayah, dengan berkeliling kota Salak dan berakhir di Lapangan Napasengkut.

“Besok (Kamis, 13/9/2018), juga diisi beragam hiburan seperti tari kolosal, sendra tari dan beragam hiburan lainnya serta akan diakhiri dengan pengumuman para pemenang perlombaan,” pungkasnya.

Para undangan dari seluruh kecamatan di Pakpak Bharat. (ist/metro24jam.com)

Beragam hiburan seperti tarian dan nyanyian juga turut mengisi hari pertama pesta Oang-oang ini yang puncaknya dilaksanakan pada Kamis 13 September 2018.

Selain itu, menyemarakkan hari pembukaan Pesta Budaya khas Pakpak Bharat ini juga digelar berbagai perlombaan, antara lain Lomba Musik Tradisional Pakpak dan Lomba/Fashion Show Pakaian Jejap Pakpak yang diikuti oleh seluruh Kecamatan se-Kabupaten Pakpak Bharat. (Sudi)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bawa 4 Kg Ganja Tujuan Pekanbaru, Pelajar Aceh Ditangkap di Kwala Begumit
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 22:54 WIB

Bawa 4 Kg Ganja Tujuan Pekanbaru, Pelajar Aceh Ditangkap di Kwala Begumit

Seorang pelajar asal Aceh ditangkap personel Polres Langkat yang menggelar razia di Jalan Lintas Sumatera, Pos Lantas Sei Karang, Desa ...
Bangunan Kosong Dekat Mapolsek Percut Sei Tuan Kembali Digerebek, Polisi Temukan Sabu dan Bong
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 21:29 WIB

Bangunan Kosong Dekat Mapolsek Percut Sei Tuan Kembali Digerebek, Polisi Temukan Sabu dan Bong

Personel Percut Sei Tuan menggerebek sebuah gedung bekas sekolah lantaran terindikasi menjadi lapak pengguna dan transaksi narkoba di Jalan Letda ...
Sering Beroperasi Hingga Larut Malam, Warnet L-NET Disegel Polisi, 13 Pemain Diamankan
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 15:43 WIB

Sering Beroperasi Hingga Larut Malam, Warnet L-NET Disegel Polisi, 13 Pemain Diamankan

Kepolisian Sektor (Polsek) Percut Sei Tuan menutup salah satu warung internet (warnet) di Perumnas Mandala, Jalan Garuda Raya, Kelurahan Kenangan, ...
Tujuan Tangerang, Kurir Asal Aceh Diciduk Bersama 1 Kg Sabu-sabu
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 15:31 WIB

Tujuan Tangerang, Kurir Asal Aceh Diciduk Bersama 1 Kg Sabu-sabu

Personel Satuan Narkoba Polres Langkat, menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu, bernilai miliaran rupiah. Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan melalui Kasubbag ...
Polsek Padang Hilir Sosialisasi Pileg dan Pilpres
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 10:38 WIB

Polsek Padang Hilir Sosialisasi Pileg dan Pilpres

Jelang Pemilu 2019, Polsek Padang Hilir melakukan Sosialisasi Pileg dan Pilpres yang bertujuan menciptakan suasana damai, aman, tertib dan sejuk ...
Wartawan Dibunuh di Klapanunggal Bogor, FPII Desak Polisi Usut Pelaku dan Motifnya
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Wartawan Dibunuh di Klapanunggal Bogor, FPII Desak Polisi Usut Pelaku dan Motifnya

Dunia jurnalistik kembali berduka dengan ditemukannya sosok jenazah yang dimasukkan ke dalam drum plastik di Klapanunggal, Bogor, Minggu pagi (18/11/2018). ...
bupati serdang bedagai
Loading...