Sabtu, 22 September 2018 | 17.38 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Gemuruh Gendang Tradisional Pakpak Awali Pesta Oang-oang di Pakpak Bharat

Gemuruh Gendang Tradisional Pakpak Awali Pesta Oang-oang di Pakpak Bharat

Kamis, 13 September 2018 - 16:50 WIB

IMG-61614

Sekda Sahat Banurea SSos MSi bersama perwakilan DPRD Pakpak Bharat, Kejari Dairi, Kepolisian Resor Pakpak Bharat serta Ketua Panitia Drs Bambang Sunaryo Banurea menabuh gendang Pakpak saat meresmikan pesta Oang-oang. (ist/metro24jam.com)

PAKPAK BHARAT, metro24jam.com – Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat membuka Pesta Oang-oang tahun 2018, di Lapangan Napasengkut, Salak, Rabu (12/09/2018).

Diiringi dengan suara musik gendang tradisional Pakpak, Sekretaris Daerah Sahat Banurea SSos MSi, mewakili Bupati Dr Remigo Yolando Berutu MFin MBA, bersama perwakilan DPRD Pakpak Bharat, Kejari Dairi, Kapolres Pakpak Bharat serta Ketua Panitia Drs Bambang Sunaryo Banurea menabuh gendang Pakpak sebagai tanda dibukanya acara tersebut secara resmi.

Di hadapan para undangan yang hadir, Sekda Sahat Banurea mengatakan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat mengingat kelestarian kebudayaan masyarakat Pakpak yang terus digerus zaman.

“Kita harapkan, ke depannya even seperti ini lebih banyak diikuti oleh masyarakat, baik sebagai celah atau peluang untuk usaha kegiatan ekonominya,” sebut Sekda.

Sahat Banurea juga mengingatkan kepada seluruh undangan agar tidak lupa untuk mendukung Mejan Pakpak yang saat ini ikut lomba di ajang pesona Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Pariwisata, Drs Bambang Sunaryo Banurea menyampaikan, bahwa pada pelaksanaan puncak Kamis (13/9/2018) akan diisi karnaval kendaraan hias dari masing-masing wilayah dan instansi.

Masyarakat akan mempersembahkan luah (cendera mata) khas masing-masing wilayah, dengan berkeliling kota Salak dan berakhir di Lapangan Napasengkut.

“Besok (Kamis, 13/9/2018), juga diisi beragam hiburan seperti tari kolosal, sendra tari dan beragam hiburan lainnya serta akan diakhiri dengan pengumuman para pemenang perlombaan,” pungkasnya.

Para undangan dari seluruh kecamatan di Pakpak Bharat. (ist/metro24jam.com)

Beragam hiburan seperti tarian dan nyanyian juga turut mengisi hari pertama pesta Oang-oang ini yang puncaknya dilaksanakan pada Kamis 13 September 2018.

Selain itu, menyemarakkan hari pembukaan Pesta Budaya khas Pakpak Bharat ini juga digelar berbagai perlombaan, antara lain Lomba Musik Tradisional Pakpak dan Lomba/Fashion Show Pakaian Jejap Pakpak yang diikuti oleh seluruh Kecamatan se-Kabupaten Pakpak Bharat. (Sudi)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 15:20 WIB

Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya

Personel Polsek Patumbak mengamankan seorang oknum polisi gadungan dari kediamannya, Perumahan Lembayung Asri No 52, Jalan Pertahanan, Gang Lembayun, ...
Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 14:59 WIB

Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi

Personel Polres Siantar mengamankan seorang pelajar inisial AH (16), karena diduga melakukan ujaran kebencian terhadap agama Kristendengan kalimat yang tak ...
5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 03:01 WIB

5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit

Sabar Prianto alias Anto (34), warga Dusun 1, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Sergai, ditangkap personel Polsek Teluk Mengkudu, Kamis ...
Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK  Melepuh
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 02:45 WIB

Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK Melepuh

Satu unit boat pukat tarik mini yang sedang mencari ikan di perairan sekitar wilayah Desa Mesjid Lama, Kecamatan Talawi, Batubara, ...
Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar
BISNIS - Sabtu, 22 September 2018 - 01:06 WIB

Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar

Pria yang akrab disapa Wak Keteng ini, kesehariannya hanya sebagai penjaga kos-kosan Pondok Joy, di Jalan Panyabungan, Kelurahan Timbang Galung, ...
UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2
Metro 24 Jam - Jumat, 21 September 2018 - 21:24 WIB

UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UMSU yang sudah terakreditasi B memberikan keringanan potongan uang kuliah sebanyak 50 persen kepada para ...