Selasa, 23 Juli 2019 | 13.46 WIB
Metro24Jam>News>Gemuruh Gendang Tradisional Pakpak Awali Pesta Oang-oang di Pakpak Bharat

Gemuruh Gendang Tradisional Pakpak Awali Pesta Oang-oang di Pakpak Bharat

Kamis, 13 September 2018 - 16:50 WIB

IMG-61614

Sekda Sahat Banurea SSos MSi bersama perwakilan DPRD Pakpak Bharat, Kejari Dairi, Kepolisian Resor Pakpak Bharat serta Ketua Panitia Drs Bambang Sunaryo Banurea menabuh gendang Pakpak saat meresmikan pesta Oang-oang. (ist/metro24jam.com)

PAKPAK BHARAT, metro24jam.com – Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat membuka Pesta Oang-oang tahun 2018, di Lapangan Napasengkut, Salak, Rabu (12/09/2018).

Diiringi dengan suara musik gendang tradisional Pakpak, Sekretaris Daerah Sahat Banurea SSos MSi, mewakili Bupati Dr Remigo Yolando Berutu MFin MBA, bersama perwakilan DPRD Pakpak Bharat, Kejari Dairi, Kapolres Pakpak Bharat serta Ketua Panitia Drs Bambang Sunaryo Banurea menabuh gendang Pakpak sebagai tanda dibukanya acara tersebut secara resmi.

Di hadapan para undangan yang hadir, Sekda Sahat Banurea mengatakan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat mengingat kelestarian kebudayaan masyarakat Pakpak yang terus digerus zaman.

“Kita harapkan, ke depannya even seperti ini lebih banyak diikuti oleh masyarakat, baik sebagai celah atau peluang untuk usaha kegiatan ekonominya,” sebut Sekda.

Sahat Banurea juga mengingatkan kepada seluruh undangan agar tidak lupa untuk mendukung Mejan Pakpak yang saat ini ikut lomba di ajang pesona Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Pariwisata, Drs Bambang Sunaryo Banurea menyampaikan, bahwa pada pelaksanaan puncak Kamis (13/9/2018) akan diisi karnaval kendaraan hias dari masing-masing wilayah dan instansi.

Masyarakat akan mempersembahkan luah (cendera mata) khas masing-masing wilayah, dengan berkeliling kota Salak dan berakhir di Lapangan Napasengkut.

“Besok (Kamis, 13/9/2018), juga diisi beragam hiburan seperti tari kolosal, sendra tari dan beragam hiburan lainnya serta akan diakhiri dengan pengumuman para pemenang perlombaan,” pungkasnya.

Para undangan dari seluruh kecamatan di Pakpak Bharat. (ist/metro24jam.com)

Beragam hiburan seperti tarian dan nyanyian juga turut mengisi hari pertama pesta Oang-oang ini yang puncaknya dilaksanakan pada Kamis 13 September 2018.

Selain itu, menyemarakkan hari pembukaan Pesta Budaya khas Pakpak Bharat ini juga digelar berbagai perlombaan, antara lain Lomba Musik Tradisional Pakpak dan Lomba/Fashion Show Pakaian Jejap Pakpak yang diikuti oleh seluruh Kecamatan se-Kabupaten Pakpak Bharat. (Sudi)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Terjaring Razia Kasih Sayang, 6 Pelajar di Sergai Ternyata Positif Narkoba, Gawat!
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 13:39 WIB

Terjaring Razia Kasih Sayang, 6 Pelajar di Sergai Ternyata Positif Narkoba, Gawat!

Sebanyak enam pelajar SMA dan SMK Swasta di Kabupaten Serdang Bedagai positif mengkonsumsi narkoba setelah menjalani hasil tes urine dilakukan ...
7 Kadus di Desa Perkebunan Petatal Berencana Adukan Mantan Kades ke Polres Batubara
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 13:09 WIB

7 Kadus di Desa Perkebunan Petatal Berencana Adukan Mantan Kades ke Polres Batubara

Sebanyak 7 kepala dusun dan tokoh masyarakat di Desa Perkebunan Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batubara, berencana melaporkan mantan ...
Curi Sepedamotor di Tandam Hulu, Warga Mencirim Asri Ini Ditembak Polisi
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 12:49 WIB

Curi Sepedamotor di Tandam Hulu, Warga Mencirim Asri Ini Ditembak Polisi

Personel Sat Reskrim Polres Binjai meringkus Bambang Irawan (36), warga perumahan Mencirim Asri, Sunggal, Deliserdang, terduga pelaku pencurian satu unit ...
Satpol-PP Sergai Kejar-Kejaran Sama Pelajar Saat Lakukan Razia
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 12:24 WIB

Satpol-PP Sergai Kejar-Kejaran Sama Pelajar Saat Lakukan Razia

Puluhan pelajar SMU, SMK dan SMP di Kabupaten Serdang Bedagai terjaring razia Satpol PP. Hal ini dikarenakan petugas gerah melihat ...
Siswi SMP Ditawarkan Rp10 Juta ke Polisi, Tante dan Muncikari Ditangkap di Hotel Milala
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Juli 2019 - 07:19 WIB

Siswi SMP Ditawarkan Rp10 Juta ke Polisi, Tante dan Muncikari Ditangkap di Hotel Milala

Dua wanita masing-masing SA alias Sri (40) dan SZ (23), warga Jalan Kesatria, Kelurahan Satria, Binjai, diringkus personel Polsek Sunggal, Rabu ...
HUT Adhyaksa ke-59, Kajati Sumut Tekankan Pentingnya Profesionalitas
Metro 24 Jam - Senin, 22 Juli 2019 - 23:07 WIB

HUT Adhyaksa ke-59, Kajati Sumut Tekankan Pentingnya Profesionalitas

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Fachruddin Siregar memimpin upaca peringatan HUT Adhyaksa ke-59 di halaman kantor Kejatisu, Jalan AH ...
Loading...

Loading…


Bupati Padang Lawas
BPKAD Padang Lawas
Dinas Perindag dan UMKM Padang Lawas
Bank Sumut Sibuhuan
Dinas PU & PE Padang Lawas
Bappeda Padang Lawas
Dinas LH dan Hut Padang Lawas
Dinas PMD Padang Lawas