Minggu, 19 Agustus 2018 | 01.03 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Terjerat OTT, 3 Pegawai Inspektorat Batubara dan Kades Durian Terancam 5 Tahun Bui

Terjerat OTT, 3 Pegawai Inspektorat Batubara dan Kades Durian Terancam 5 Tahun Bui

Jumat, 10 Agustus 2018 - 19:18 WIB

IMG-60566

Kapolres Batubara, AKBP Robinson Simatupang, saat memaparkan tersangka dan barang bukti. (Taufik/metro24jam.com)

BATUBARA, metro24jam.com – Tiga ASN Inspektorat Pemkab Batubara, bernama Sujono, Viktor Hutabarat serta Yandi Boy dan Hariadi–Kepala Desa Durian, Kecamatan Sei Balai–resmi ditetapkan sebagai tersangka dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

“Terhadap 4 pelaku, baik penerima maupun pemberi disangkakan telah melanggar Undang-undang tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman 5 tahun,” Ungkap Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang, pada konferensi pers di Mapolres Batubara, Jumat (10/8/2018).

Dalam paparannya, Kapolres mengatakan, keempat orang tersebut disangkakan melanggar tindak pidana korupsi terkait penggunaan dana desa. Dimana tim Inspektorat melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan dana desa. Dalam hal pemeriksaan itu, mereka memungut biaya Rp3.000.000/kepala desa.

Pemungutan biaya diduga digunakan untuk dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan terhadap penggunaan dana desa.

“Yang melakukan pemeriksaan di Kecamatan Sei Balai merupakan tim 3 Inspektorat dari 7 tim yang melakukan pemeriksaan di Batubara. Di dalam memeriksa, mungkin ada temuan, dengan cara itu mungkin temuan bisa dibersihkan,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Simatupang, dari penangkapan ini penyidik berhasil menyita berkas di kecamatan yang telah selesai diperiksa, uang tunai total Rp4.200.000 dan surat tugas sebagai pemeriksa dana desa.

Selain itu, sampai saat ini, penyidik masih mendalami kasus ini. Tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan tersangka baru.

“Kemungkinan bisa ada penambahan tersangka baru. Penangkapan ini merupakan salah sau bentuk pengawasan Polri terhadap penggunaan dana desa,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, 3 oknum pegawai Inspektorat Pemerintah Kabupaten Batubara dan 1 oknum Kades Desa Durian, Kecamatan Sei Balai ditangkap oleh personel Polres Batubara dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar pada hari Kamis (9/8/2018) sekitar pukul 13.00 Wib di Kantor Desa Durian, Kecamatan Sei Balai.

Dalam operasi tangkap tangan itu, turut diamankan uang sebesar Rp 4.200.000.

Terpisah, Asisten III Pemerintah Kabupaten Batubara Attarudin menyayangkan adanya oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten Batubara yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) dalam kasus suap.

“Kita menyayangkan atas kejadian itu. Sebenarnya hal itu tidak dibenarkan. Apa lagi seingat saya, beberapa hari yang lalu sudah diingatkan oleh Pimpinan agar seluruh pegawai tidak menerima uang atau imbalan dalam bentuk apa pun, apa lagi hal itu terkait dengan tugas (pekerjaan),” imbuhnya. (fik)

BACA JUGA:
3 Orang Diduga Pegawai Inspektorat, 1 Kades di Batubara Terjaring OTT


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:24 WIB

Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas

Bus berpenumpang 35 orang terjun bebas ke jurang Jembatan Sipegepege, Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir, Sabtu 18/8/18 sekira jam 07.00 ...
Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 19:04 WIB

Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu

Briptu Muhammad Reza Fatwa, personel Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun sudah ditetapkan menjadi tersangka atas tindak pidana penyalahgunaan ...
Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:36 WIB

Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I/Bukit Barisan, Ny Kusumawati Ibnu Triwidodo didampingi Wakil Ketua Ny Dwiane Hassanudin menyalurkan bantuan ...
Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:14 WIB

Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin

Ketua Ombusman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar bersama Ketua DPRD Deliserdang, Ricky prandana Nasution mendatangi SMAN 1 Beringin di SMPN ...
Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:02 WIB

Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien

Berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di seluruh Indonesia. Ajang perlombaan merupakan kesempatan paling efisien dalam ...
Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:47 WIB

Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja

Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Nanggroe Aceh Darusaalam diamankan tim Reskrim Polsek Medan Timur dari Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat ...