Jumat, 19 Oktober 2018 | 06.10 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Di SMP Negeri 2 Girsang Ternyata Banyak Pungutan

Di SMP Negeri 2 Girsang Ternyata Banyak Pungutan

Jumat, 10 Agustus 2018 - 16:48 WIB

IMG-60563

Pemilik kantin di kawasan SMP Negeri Girsang dikutip sebesar Rp4000 hingga Rp5000 per hari. (Silalahi/metro24jam.com)

PARAPAT, metro24jam.com – Sekolah Menengah Pertama(SMP) Negeri 2 Girsang di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Simalungun, disebut tak hanya mengutip uang untuk pembelian baju olahraga dari para siswa kelas IX.

Berbagi kutipan terhadap lain juga disebut dilakukan dengan jumlah dan cara yang bervariasi. Beberapa siswa yang ditemui menyebutkan ada juga pengutipan uang baju olahraga sebanyak Rp230 ribu untuk kelas VI dan Rp200 ribu untuk kelas X.

Selain itu masih ada pengutipan uang perpisahan guru pensiunan Rp30 ribu per siswa serta uang sewa kantin Rp4000 hinga Rp5000 per harinya.

Seorang siswa bermarga Silalahi (14), mengaku mereka dikutip uang baju olahraga Rp200 ribu per siswa, ditambah uang peisahan guru pensiun sebanyak Rp30 ribu.

“Dari kelas IX uang baju penjas (olahraga) Rp200 ribu. Kalau kelas VII Rp230 ribu. Tahun lalu gak ada dikutip uang baju penjas itu. Kalau uang perpisahan guru pensiunan kami dikutip Rp30 ribu, katanya untuk jatah seorang guru Rp15 ribu. Sekarang ada dua guru yang pensiun dari sekolah ini,” jelas siswa.

Sementara itu, seorang pemilik kantin di kawasan sekolah itu juga mengakui adanya pengutipan berupa uang sewa lapak mereka dari sekolah.

“Bukan saya aja yang dikutip uang sewa, tapi semua kantin di lokasi sekolah ini. Contohnya kalau kantinnya pakai listrik, bayar Rp 5000 ribu dan kalau tak ada lampu dikutip Rp 4000 ribu per harinya. Yang disuruh mengutip ya murid sekolah,” beber pemilik warung jajanan anak-anak itu.

Kepala SMPN 2 Girsang Jonni Simatupang, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/8/2018) membenarkan adanya kutipan uang OSIS dari siswa sebesar Rp30 ribu dan uang Rp200 ribu untuk membeli baju olahraga.

“Sekarang, jumlah keseluruhan siswa SMPN 2 Girsang sebanyak 528 orang. Kalau pungutan untuk guru pensiun itu adalah kebijakan siswa. Dananya diambil dari uang OSIS, tabungan sisa uang jajan siswa. Dan siswa yang memutuskan itu,” dalih Simatupang.

“Sedangkan kelas VII dikutip Rp230 ribu dan dari kelas IX Rp 200 ribu, semuanya untuk membeli baju olahraga,” imbuhnya.

Terkait uang sewa kantin di lokasi sekolah, Simatupang juga mengakui hal itu. Disebutkannya, kebijakan itu adalah hasil mufakat bersama.

“Memang ini tanah negara dan dilarang sewa menyewa atau transaksi jual beli. Tapi hal sebelumnya sudah ada. Tujuan uang sewa untuk perbaikan taman sekolah, bayar rekening air dan listrik,” jelasnya.

Diketahui, SMP Negeri 2 Girsang memperoleh bantuan dana BOS dari pemerintah dan para guru menerima uang sertifikasi.

Pengutipan yang dilakukan pihak sekolah itu mendapat tanggapan miring dari berbagai pihak, terutama orangtua siswa yang merasa keberatan.

Amatan metro24jam.com, pada saat berlangsung acara perpisahan guru pensiun, ratusan siswa/i dijemur berbaris di lapangan sekolah untuk mendengarkan kata sambutan perpisahan dari oknum tertentu.

Seorang siswa sempat pingsan, diduga tak sanggup menahankan cuaca panas. Siswa tersebut akhirnya terpaksa dipapah ke salah satu ruangan kelas. (sil)

BACA JUGA:
Sambut Asian Games 2018, SMPN 2 Girsang Kutip Rp200 Ribu/Siswa Kelas IX Beli Baju Olahraga


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sore Curi Notebook, Handphone dan Uang Ringgit, Malamnya Ditangkap Polisi, Gigit Jari!
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:32 WIB

Sore Curi Notebook, Handphone dan Uang Ringgit, Malamnya Ditangkap Polisi, Gigit Jari!

Aliansyah Nawar alias (28), warga Dusun II, Desa Pantai Cermin Kiri, Kecamatan Pantai Cermin, Sergai diringkus polisi akibat melakukan pencurian, ...
Terdengar Suara Ledakan, 4 Rumah Hangus di Tanjungbalai
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:14 WIB

Terdengar Suara Ledakan, 4 Rumah Hangus di Tanjungbalai

Empat rumah di Jalan Suka Dame, Lingkungan V, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sei Tualang Raso, rata dengan tanah akibat dilahap ...
Disangka Penculik Anak, Pria Berpakaian Wanita Ditangkap Warga
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:03 WIB

Disangka Penculik Anak, Pria Berpakaian Wanita Ditangkap Warga

Maraknya isu penculikan anak di Kisaran, membuat banyak warga trauma dan semakin khawatir. Alhasil, seorang pria yang mengenakan pakaian wanita ...
Dalam Waktu 1 Jam, 3 Pengedar Sabu Tanjungbalai Ditangkapi Polisi, Ini Identitasnya
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:59 WIB

Dalam Waktu 1 Jam, 3 Pengedar Sabu Tanjungbalai Ditangkapi Polisi, Ini Identitasnya

Terhitung hanya dalam waktu satu jam, personel Satnarkoba Polres Tanjungbalai berhasil mengungkap jaringan peredaran gelap narkotika lokal.Mereka adalah, Hendra Syahputra ...
Sidak ke Mapolsek Medan Area, Kapolrestabes Minta Anggota Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:38 WIB

Sidak ke Mapolsek Medan Area, Kapolrestabes Minta Anggota Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, melakukan Sidak ke Polsek Medan Area di Jalan Semeru No 14 Medan, Kamis (18/10/2018) ...
Dihentikan Polantas Saat Razia, 2 Pria Terciduk Bawa Sabu, Gol lah…!
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:27 WIB

Dihentikan Polantas Saat Razia, 2 Pria Terciduk Bawa Sabu, Gol lah…!

Cipta Prana dan Sumardi, masing-masing warga Jalan Pergam dan Jalan Dr Wahidin Kisaran, tak berkutik ketika terciduk membawa sabi-sabu oleh ...