Minggu, 19 Agustus 2018 | 01.04 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Di SMP Negeri 2 Girsang Ternyata Banyak Pungutan

Di SMP Negeri 2 Girsang Ternyata Banyak Pungutan

Jumat, 10 Agustus 2018 - 16:48 WIB

IMG-60563

Pemilik kantin di kawasan SMP Negeri Girsang dikutip sebesar Rp4000 hingga Rp5000 per hari. (Silalahi/metro24jam.com)

PARAPAT, metro24jam.com – Sekolah Menengah Pertama(SMP) Negeri 2 Girsang di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Simalungun, disebut tak hanya mengutip uang untuk pembelian baju olahraga dari para siswa kelas IX.

Berbagi kutipan terhadap lain juga disebut dilakukan dengan jumlah dan cara yang bervariasi. Beberapa siswa yang ditemui menyebutkan ada juga pengutipan uang baju olahraga sebanyak Rp230 ribu untuk kelas VI dan Rp200 ribu untuk kelas X.

Selain itu masih ada pengutipan uang perpisahan guru pensiunan Rp30 ribu per siswa serta uang sewa kantin Rp4000 hinga Rp5000 per harinya.

Seorang siswa bermarga Silalahi (14), mengaku mereka dikutip uang baju olahraga Rp200 ribu per siswa, ditambah uang peisahan guru pensiun sebanyak Rp30 ribu.

“Dari kelas IX uang baju penjas (olahraga) Rp200 ribu. Kalau kelas VII Rp230 ribu. Tahun lalu gak ada dikutip uang baju penjas itu. Kalau uang perpisahan guru pensiunan kami dikutip Rp30 ribu, katanya untuk jatah seorang guru Rp15 ribu. Sekarang ada dua guru yang pensiun dari sekolah ini,” jelas siswa.

Sementara itu, seorang pemilik kantin di kawasan sekolah itu juga mengakui adanya pengutipan berupa uang sewa lapak mereka dari sekolah.

“Bukan saya aja yang dikutip uang sewa, tapi semua kantin di lokasi sekolah ini. Contohnya kalau kantinnya pakai listrik, bayar Rp 5000 ribu dan kalau tak ada lampu dikutip Rp 4000 ribu per harinya. Yang disuruh mengutip ya murid sekolah,” beber pemilik warung jajanan anak-anak itu.

Kepala SMPN 2 Girsang Jonni Simatupang, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/8/2018) membenarkan adanya kutipan uang OSIS dari siswa sebesar Rp30 ribu dan uang Rp200 ribu untuk membeli baju olahraga.

“Sekarang, jumlah keseluruhan siswa SMPN 2 Girsang sebanyak 528 orang. Kalau pungutan untuk guru pensiun itu adalah kebijakan siswa. Dananya diambil dari uang OSIS, tabungan sisa uang jajan siswa. Dan siswa yang memutuskan itu,” dalih Simatupang.

“Sedangkan kelas VII dikutip Rp230 ribu dan dari kelas IX Rp 200 ribu, semuanya untuk membeli baju olahraga,” imbuhnya.

Terkait uang sewa kantin di lokasi sekolah, Simatupang juga mengakui hal itu. Disebutkannya, kebijakan itu adalah hasil mufakat bersama.

“Memang ini tanah negara dan dilarang sewa menyewa atau transaksi jual beli. Tapi hal sebelumnya sudah ada. Tujuan uang sewa untuk perbaikan taman sekolah, bayar rekening air dan listrik,” jelasnya.

Diketahui, SMP Negeri 2 Girsang memperoleh bantuan dana BOS dari pemerintah dan para guru menerima uang sertifikasi.

Pengutipan yang dilakukan pihak sekolah itu mendapat tanggapan miring dari berbagai pihak, terutama orangtua siswa yang merasa keberatan.

Amatan metro24jam.com, pada saat berlangsung acara perpisahan guru pensiun, ratusan siswa/i dijemur berbaris di lapangan sekolah untuk mendengarkan kata sambutan perpisahan dari oknum tertentu.

Seorang siswa sempat pingsan, diduga tak sanggup menahankan cuaca panas. Siswa tersebut akhirnya terpaksa dipapah ke salah satu ruangan kelas. (sil)

BACA JUGA:
Sambut Asian Games 2018, SMPN 2 Girsang Kutip Rp200 Ribu/Siswa Kelas IX Beli Baju Olahraga


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:24 WIB

Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas

Bus berpenumpang 35 orang terjun bebas ke jurang Jembatan Sipegepege, Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir, Sabtu 18/8/18 sekira jam 07.00 ...
Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 19:04 WIB

Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu

Briptu Muhammad Reza Fatwa, personel Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun sudah ditetapkan menjadi tersangka atas tindak pidana penyalahgunaan ...
Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:36 WIB

Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I/Bukit Barisan, Ny Kusumawati Ibnu Triwidodo didampingi Wakil Ketua Ny Dwiane Hassanudin menyalurkan bantuan ...
Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:14 WIB

Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin

Ketua Ombusman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar bersama Ketua DPRD Deliserdang, Ricky prandana Nasution mendatangi SMAN 1 Beringin di SMPN ...
Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:02 WIB

Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien

Berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di seluruh Indonesia. Ajang perlombaan merupakan kesempatan paling efisien dalam ...
Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:47 WIB

Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja

Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Nanggroe Aceh Darusaalam diamankan tim Reskrim Polsek Medan Timur dari Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat ...