Selasa, 19 Februari 2019 | 17.39 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Status Masih Proses Hukum, Puluhan Satpol PP Batal Gusur Pedagang Pasar Timah

Status Masih Proses Hukum, Puluhan Satpol PP Batal Gusur Pedagang Pasar Timah

Kamis, 9 Agustus 2018 - 21:27 WIB

IMG-60542

Personel Satpol PP saat bersiap menggusur pedagang Pasar Timah. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Puluhan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan bergerak dan kumpul di Jalan Emas, Kelurahan Sei Rengas II, Kecamatan Medan Area hendak merelokasi para pedagang di Pasar Timah, Kamis (9/8) pagi. Namun, rencana itu akhirnya urung dilakukan.

Para pedagang juga terlihat standby menyambut kedatangan Satpol PP yang tengah berkumpul di Yanglim Plaza. Karena diduga tidak ada izin dari Polrestabes Medan untuk mengosongkan kios pedagang, pihak Satpol PP akhirnya meninggalkan lokasi.

Kuasa hukum pedagang Pasar Timah, Muhammad Asril Siregar, sangat kecewa dengan tindakan Satpol PP yang bersikap arogan. Sudah berulang kali pihaknya menyampaikan, baik kepada Pemko Medan maupun PD Pasar terkait hal ini.

“Pemko Medan dan PD Pasar harus mengormati proses hukum yang sedang berjalan. Karena kasus Pasar Timah masih dalam proses upaya hukum. Jadi tidak etis jika Satpol PP turun merelokasi pedagang,” kata Asril ditemani pedagang.

Menurut Asril, permasalahan ini sudah dijelaskan kepada Satpol PP kalau kata relokasi yang mereka sampaikan, atau mereka lakukan tidaklah pantas. Lokasi baru bagi para pedagang juga belum ada sampai detik ini.

“Bangunan yang dimaksud pengembang sebagai tempat relokasi itu dinilai cacat hukum. Pertama, bangunan tidak ada izin. Kemudian, bangunan itu berada di jalur hijau. Bagaimana pedagang mau berjualan nyaman?” tandas Asril.

Kondisi tersebut, sangat membahayakan keselamatan pedagang dan pengunjung. Karena kereta api lalulalang dan sangat dekat sekali dengan bangunan. Kedua, bangunan itu tidak terdapat lapak-lapak atau kios.

“Sementara, dalam peraturan Walikota Medan diwajibkan PD Pasar membangun kios penampungan sementara. Namun sampai sekarang tidak ada. Saya pikir ada oknum yang bekerja keras untuk mengabulkan keinginan pengembang,” bilangnya.

Para pedagang Pasar Timah siap menunggu kedatangan petugas Satpol PP. (ist/metro24jam.com)

Jadi, sebut Asril, pedagang berharap agar Pemko Medan untuk lebih menahan diri dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Makanya Satpol PP jangan terlalu memaksa kehendak merelokasi pedagang. Dan apa kepentingannya.

“Kalau berbicara pendapatan asli daerah, sampai saat ini pedagang masih membayar retribusi. semua bisa dibicarakan kalau Pemko Medan mau duduk bersama. Nyatanya tidak ada. Bahkan Pemko melakukan RDP tanpa diketahui pedagang,” ungkapnya. (asn)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
4 Hari Terjebak di Atap Rumah, Kucing Warga Diselamatkan Petugas Damkar Medan
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Februari 2019 - 16:41 WIB

4 Hari Terjebak di Atap Rumah, Kucing Warga Diselamatkan Petugas Damkar Medan

Petugas Pemadam Kebakaran Medan berhasil menyelamatkan seekor kucing yang terjebak selama empat hari di atap rumah warga di Jalan Kayu ...
Curi Sepedamotor Milik Driver Ojol di Depan RM Sederhana Ringroad, 2 Anak Medan Krio KO
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Februari 2019 - 16:26 WIB

Curi Sepedamotor Milik Driver Ojol di Depan RM Sederhana Ringroad, 2 Anak Medan Krio KO

Dua pemuda warga Dusun II, Jalan Citarum VII, Desa Medan Krio, Sunggal, Deliserdang, babak-belur dihakimi massa di depan RM Sederhana, ...
Disergap Polisi, Pria Ini Lari ke Kebun Ubi, Sangkutlah!
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:19 WIB

Disergap Polisi, Pria Ini Lari ke Kebun Ubi, Sangkutlah!

Kaget disergap polisi, Aneka Ria Safari alias Ucok Dollong coba melarikan diri ke kebun ubi tak jauh dari kediamannya di ...
Kasi PMD Akui Warga Desa Bantan Pertanyakan Masalah ADD, Tapi…
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:14 WIB

Kasi PMD Akui Warga Desa Bantan Pertanyakan Masalah ADD, Tapi…

Aparatur Desa Bantan, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, meminta pihak kecamatan setempat dapat memberikan solusi atas permasalahan Anggaran Dana ...
Nekat Curi Ikan Gurami Pak Babinsa, Residivis Curanmor Kembali Masuk Sel
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 23:02 WIB

Nekat Curi Ikan Gurami Pak Babinsa, Residivis Curanmor Kembali Masuk Sel

Ada-ada saja ulah remaja satu ini. Seakan tak bosan hidup di penjara. Belum lama bebas dari hukuman setelah tertangkap mencuri ...
Dua Ahli Waris Gampong di Aceh Utara Terima Santunan Klaim BPJS
Metro 24 Jam - Senin, 18 Februari 2019 - 22:10 WIB

Dua Ahli Waris Gampong di Aceh Utara Terima Santunan Klaim BPJS

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib (Cek Mad) secara simbolis menyerahkan klaim Santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris dua orang ...
bupati serdang bedagai
Loading...