Minggu, 19 Agustus 2018 | 01.04 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Status Masih Proses Hukum, Puluhan Satpol PP Batal Gusur Pedagang Pasar Timah

Status Masih Proses Hukum, Puluhan Satpol PP Batal Gusur Pedagang Pasar Timah

Kamis, 9 Agustus 2018 - 21:27 WIB

IMG-60542

Personel Satpol PP saat bersiap menggusur pedagang Pasar Timah. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Puluhan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan bergerak dan kumpul di Jalan Emas, Kelurahan Sei Rengas II, Kecamatan Medan Area hendak merelokasi para pedagang di Pasar Timah, Kamis (9/8) pagi. Namun, rencana itu akhirnya urung dilakukan.

Para pedagang juga terlihat standby menyambut kedatangan Satpol PP yang tengah berkumpul di Yanglim Plaza. Karena diduga tidak ada izin dari Polrestabes Medan untuk mengosongkan kios pedagang, pihak Satpol PP akhirnya meninggalkan lokasi.

Kuasa hukum pedagang Pasar Timah, Muhammad Asril Siregar, sangat kecewa dengan tindakan Satpol PP yang bersikap arogan. Sudah berulang kali pihaknya menyampaikan, baik kepada Pemko Medan maupun PD Pasar terkait hal ini.

“Pemko Medan dan PD Pasar harus mengormati proses hukum yang sedang berjalan. Karena kasus Pasar Timah masih dalam proses upaya hukum. Jadi tidak etis jika Satpol PP turun merelokasi pedagang,” kata Asril ditemani pedagang.

Menurut Asril, permasalahan ini sudah dijelaskan kepada Satpol PP kalau kata relokasi yang mereka sampaikan, atau mereka lakukan tidaklah pantas. Lokasi baru bagi para pedagang juga belum ada sampai detik ini.

“Bangunan yang dimaksud pengembang sebagai tempat relokasi itu dinilai cacat hukum. Pertama, bangunan tidak ada izin. Kemudian, bangunan itu berada di jalur hijau. Bagaimana pedagang mau berjualan nyaman?” tandas Asril.

Kondisi tersebut, sangat membahayakan keselamatan pedagang dan pengunjung. Karena kereta api lalulalang dan sangat dekat sekali dengan bangunan. Kedua, bangunan itu tidak terdapat lapak-lapak atau kios.

“Sementara, dalam peraturan Walikota Medan diwajibkan PD Pasar membangun kios penampungan sementara. Namun sampai sekarang tidak ada. Saya pikir ada oknum yang bekerja keras untuk mengabulkan keinginan pengembang,” bilangnya.

Para pedagang Pasar Timah siap menunggu kedatangan petugas Satpol PP. (ist/metro24jam.com)

Jadi, sebut Asril, pedagang berharap agar Pemko Medan untuk lebih menahan diri dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Makanya Satpol PP jangan terlalu memaksa kehendak merelokasi pedagang. Dan apa kepentingannya.

“Kalau berbicara pendapatan asli daerah, sampai saat ini pedagang masih membayar retribusi. semua bisa dibicarakan kalau Pemko Medan mau duduk bersama. Nyatanya tidak ada. Bahkan Pemko melakukan RDP tanpa diketahui pedagang,” ungkapnya. (asn)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:24 WIB

Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas

Bus berpenumpang 35 orang terjun bebas ke jurang Jembatan Sipegepege, Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir, Sabtu 18/8/18 sekira jam 07.00 ...
Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 19:04 WIB

Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu

Briptu Muhammad Reza Fatwa, personel Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun sudah ditetapkan menjadi tersangka atas tindak pidana penyalahgunaan ...
Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:36 WIB

Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I/Bukit Barisan, Ny Kusumawati Ibnu Triwidodo didampingi Wakil Ketua Ny Dwiane Hassanudin menyalurkan bantuan ...
Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:14 WIB

Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin

Ketua Ombusman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar bersama Ketua DPRD Deliserdang, Ricky prandana Nasution mendatangi SMAN 1 Beringin di SMPN ...
Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:02 WIB

Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien

Berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di seluruh Indonesia. Ajang perlombaan merupakan kesempatan paling efisien dalam ...
Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:47 WIB

Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja

Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Nanggroe Aceh Darusaalam diamankan tim Reskrim Polsek Medan Timur dari Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat ...