Selasa, 11 Desember 2018 | 13.41 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Status Masih Proses Hukum, Puluhan Satpol PP Batal Gusur Pedagang Pasar Timah

Status Masih Proses Hukum, Puluhan Satpol PP Batal Gusur Pedagang Pasar Timah

Kamis, 9 Agustus 2018 - 21:27 WIB

IMG-60542

Personel Satpol PP saat bersiap menggusur pedagang Pasar Timah. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Puluhan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan bergerak dan kumpul di Jalan Emas, Kelurahan Sei Rengas II, Kecamatan Medan Area hendak merelokasi para pedagang di Pasar Timah, Kamis (9/8) pagi. Namun, rencana itu akhirnya urung dilakukan.

Para pedagang juga terlihat standby menyambut kedatangan Satpol PP yang tengah berkumpul di Yanglim Plaza. Karena diduga tidak ada izin dari Polrestabes Medan untuk mengosongkan kios pedagang, pihak Satpol PP akhirnya meninggalkan lokasi.

Kuasa hukum pedagang Pasar Timah, Muhammad Asril Siregar, sangat kecewa dengan tindakan Satpol PP yang bersikap arogan. Sudah berulang kali pihaknya menyampaikan, baik kepada Pemko Medan maupun PD Pasar terkait hal ini.

“Pemko Medan dan PD Pasar harus mengormati proses hukum yang sedang berjalan. Karena kasus Pasar Timah masih dalam proses upaya hukum. Jadi tidak etis jika Satpol PP turun merelokasi pedagang,” kata Asril ditemani pedagang.

Menurut Asril, permasalahan ini sudah dijelaskan kepada Satpol PP kalau kata relokasi yang mereka sampaikan, atau mereka lakukan tidaklah pantas. Lokasi baru bagi para pedagang juga belum ada sampai detik ini.

“Bangunan yang dimaksud pengembang sebagai tempat relokasi itu dinilai cacat hukum. Pertama, bangunan tidak ada izin. Kemudian, bangunan itu berada di jalur hijau. Bagaimana pedagang mau berjualan nyaman?” tandas Asril.

Kondisi tersebut, sangat membahayakan keselamatan pedagang dan pengunjung. Karena kereta api lalulalang dan sangat dekat sekali dengan bangunan. Kedua, bangunan itu tidak terdapat lapak-lapak atau kios.

“Sementara, dalam peraturan Walikota Medan diwajibkan PD Pasar membangun kios penampungan sementara. Namun sampai sekarang tidak ada. Saya pikir ada oknum yang bekerja keras untuk mengabulkan keinginan pengembang,” bilangnya.

Para pedagang Pasar Timah siap menunggu kedatangan petugas Satpol PP. (ist/metro24jam.com)

Jadi, sebut Asril, pedagang berharap agar Pemko Medan untuk lebih menahan diri dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Makanya Satpol PP jangan terlalu memaksa kehendak merelokasi pedagang. Dan apa kepentingannya.

“Kalau berbicara pendapatan asli daerah, sampai saat ini pedagang masih membayar retribusi. semua bisa dibicarakan kalau Pemko Medan mau duduk bersama. Nyatanya tidak ada. Bahkan Pemko melakukan RDP tanpa diketahui pedagang,” ungkapnya. (asn)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Memalak Sambil Bawa Ganja dan Sabu, Pria Ini ‘Diangkut’ Polisi
Metro 24 Jam - Selasa, 11 Desember 2018 - 12:08 WIB

Memalak Sambil Bawa Ganja dan Sabu, Pria Ini ‘Diangkut’ Polisi

Merasa preman besar, pria yang beralamat di Jalan Selamat, Gang Bersama, Simpang Limun, terang-terangan memalak warga di Jalan AR Hakim, ...
Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia Deliserdang Dilantik
Metro 24 Jam - Selasa, 11 Desember 2018 - 11:55 WIB

Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia Deliserdang Dilantik

Pengurus Daerah (PD) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kabupaten Deliserdang dilantik oleh Ketua Pimpinan Wilayah (PW) IPEMI Sumatera Utara Hj ...
Sejak Januari Hingga November 2018, Kejari Siantar Tangani 1481 Perkara Korupsi, 762 Sudah Dituntut
Metro 24 Jam - Senin, 10 Desember 2018 - 20:51 WIB

Sejak Januari Hingga November 2018, Kejari Siantar Tangani 1481 Perkara Korupsi, 762 Sudah Dituntut

Memperingati hari Anti Korupsi yang jatuh pada 9 Desember 2018, seluruh pegawai dan tenaga honorer Kejaksaan Negeri Siantar melaksanakan apel ...
Ribut Di Parter Tuak, Irfan Dibacok Preman Kampung
Metro 24 Jam - Senin, 10 Desember 2018 - 19:53 WIB

Ribut Di Parter Tuak, Irfan Dibacok Preman Kampung

Irpan Hasibuan (42) warga Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengalami luka bacok dilengan kiri. Pembacokan setelah ...
Ditangkap Gara-gara Memalak, Pria Ini Terciduk Simpan Sabu di Dubur, Makin Dalamlah!
Metro 24 Jam - Senin, 10 Desember 2018 - 19:37 WIB

Ditangkap Gara-gara Memalak, Pria Ini Terciduk Simpan Sabu di Dubur, Makin Dalamlah!

Beni Tarigan (27), warga Dusun III, Desa Tanjung Morawa, Kecamatan Tanjung Morawa, ditangkap polisi bersama temannya, Ramadani Ginting (23), warga ...
PC Muhammadiyah Galang Peringati Milad ke-109
Metro 24 Jam - Senin, 10 Desember 2018 - 19:09 WIB

PC Muhammadiyah Galang Peringati Milad ke-109

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Galang memperingati Milad ke -109 di halaman Sekolah Muhammadiyah Galang, Minggu (9/12/2018). Peringatan milad dirangkaikan dengan ...
bupati serdang bedagai
Loading...