Minggu, 19 Agustus 2018 | 01.03 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Air Tirtadeli Mati Lagi, Warga Meminta Bupati Copot Direkturnya

Air Tirtadeli Mati Lagi, Warga Meminta Bupati Copot Direkturnya

Kamis, 19 Juli 2018 - 20:28 WIB

IMG-59854

Warga Gang Purwo berbondong-bondong mengambil jatah air dari mobil tangki PDAM Tirta Deli, pada saat terhentinya aliran air beberapa waktu lalu. (file/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Air PDAM Tirtadeli Deliserdang kembali ‘mandek’. Sebelumnya pada bulan Juni 2018 lalu, yang bertepatan dengan Ramadhan, air dari pipa PDAM Tirtadeli juga sempat tidak mengalir.

Berhentinya aliran air dari perusahaan plat merah daerah tentu saja memicu kekesalan ratusan para pelanggan. Mereka pun meminta agar Bupati Deliserdang Ashari Tambunan agar segera mencopot Direktur BUMD tersebut.

“Kami minta Pak Bupati segera mengganti dan mencopot Dirut Tirtadeli itu. Sampai sekarang dia tak juga bisa mengatasi masalah air ini. Bayangkan saja, bulan puasa mati sampai seminggu. Ini mati lagi sudah beberapa hari. Masa dia (Dirut) nggak bisa mengantisipasi bila air mati, dana pernyataan modal kan cukup besar,” keluh Wahyu, warga Gang Purwo, Desa Bakaran Batu, Lubukpakam kepada metro24jam.com, Kamis (19/7/2018).

Wahyu juga mengatakan alasan-alasan yang menjadi mandeknya aliran air selalu itu-itu saja, yakni kemarau, sehingga pompa intake PDAM tidak produktif.

“Gak masuk akal alasannya. Itu-itu saja, masak nggak ada persiapan. Saya berharap Pak Bupati segera mencopot direkturnya itu,” kesal wahyu .

Ia juga mengesalkan, meski aliran air ke rumahnya sempat beberapa hari terhenti, keluarganya tetap membayar tagihan rekening yang mahal.

“Air mati, tapi kita bayar rekening kok mahal kali. Apa air mati tetap dihitung sama mereka (Tirtadeli). Jangan ngambil keuntungan dari pelanggan yang kesulitan, tapi pikirkan air ini agar hidup (jalan) kembali,” tandas Wahyu.

Semantara itu, Folala Gea, seorang warga Lubukpakam lainnya menumpahkan kekesalan dengan membuat postingan di dinding akun Facebooknya, “Aiiiirrrrrr..2 hari mati..!!! ‘Copot Dir. PDAM Tirta Deli’, Ngurus air sajapun tak beres, dana hibah miliaran entah kemana…..”

Terpisah, pihak PDAM Tirta Deli sendiri sudah membuat pengumuman terhentinya aliran air melalui radio Pemkab Deliserdang. Dalam pengumuman itu disebutkan, “Dengan ini dapat disampaikan, bahwa sekitar seminggu pasokan air bersih terganggu ke wilayah lubukpakam dan Perbaungan sekitarnya di sebabkan surutnya permukaan air Sei ular sampai di bawah batas level minimum, karena kemarau sehingga mengakibatkan pompa intake air baku tidak bisa produksi”.

Pihak Tirta Deli sudah berkoordinasi dengan satuan kerja operasional/pemeliharaan bendungan Lau Tagor Sei ular agar pintu air ke Sei ular dibuka dengan tetap menjaga keseimbangan antara keperluan air bersih dan irigasi. Hormat kami, Direktur Ir Batara Imbrahdjaya Nst.

Sementara itu, Sekda Darwin Zein dan Asisten II Saadah Lubis terkejut mendengar air kembali tak mengalir.

“Jok bisa mati lagi, puasa kemarin da mati, coba cek ke lokasi Sei ular,” kata Sekda seraya menaiki mobil dinasnya. (fan)

BACA JUGA: Deliserdang Darurat Air, Warga Gruduk Tirtadeli


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:24 WIB

Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas

Bus berpenumpang 35 orang terjun bebas ke jurang Jembatan Sipegepege, Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir, Sabtu 18/8/18 sekira jam 07.00 ...
Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 19:04 WIB

Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu

Briptu Muhammad Reza Fatwa, personel Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun sudah ditetapkan menjadi tersangka atas tindak pidana penyalahgunaan ...
Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:36 WIB

Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I/Bukit Barisan, Ny Kusumawati Ibnu Triwidodo didampingi Wakil Ketua Ny Dwiane Hassanudin menyalurkan bantuan ...
Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:14 WIB

Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin

Ketua Ombusman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar bersama Ketua DPRD Deliserdang, Ricky prandana Nasution mendatangi SMAN 1 Beringin di SMPN ...
Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:02 WIB

Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien

Berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di seluruh Indonesia. Ajang perlombaan merupakan kesempatan paling efisien dalam ...
Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:47 WIB

Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja

Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Nanggroe Aceh Darusaalam diamankan tim Reskrim Polsek Medan Timur dari Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat ...