Minggu, 19 Agustus 2018 | 01.02 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>DPC Partai Garuda Serahkan Berkas Bacaleg ke KPUD Siantar

DPC Partai Garuda Serahkan Berkas Bacaleg ke KPUD Siantar

Rabu, 18 Juli 2018 - 01:45 WIB

IMG-59777

Bacaleg Partai Garuda Kota Siantar foto bersama Komisioner KPUD usai penyerahan berkas. (Raen/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Garuda Pematangsiantar hadir di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pematangsiantar, untuk menyerahkan berkas pengajuan bakal calon legislatif (Bacaleg) Selasa (17/7/2018), sekira jam 10.55 Wib.

Kedatangan Ketua DPC Garuda Pematangsiantar, Fitra SP didampingi Sekretaris Zulfandi Kusnomo Sostroamijoyo, bersama pengurus lainnya disambut langsung oleh Ketua KPUD Siantar, Mangasi Purba dan Batara Manurung serta Komisioner KPU lainnya.

Dalam sambutannya Mangasi Purba menjelaskan soal syarat yang prinsip dalam pengajuan bakal calon sesuai dengan PKPU Nomor 20 tahun 2018 Pasal 6.

Pertama, diajukan oleh pimpinan parpol sesuai tingkatannya. Sedangkan jumlah bakal calon paling banyak 100 persen dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap daerah pemilihan.

Khususnya Bacaleg wanita, dalam setiap 3 pria pada susunan daftar calon wajib terdapat paling sedikit satu orang bakal calon wanita dari setiap Dapil dan seterusnya membawa fakta integritasnya.

“Namun bila salah satu itu tidak melengkapi, maka kami tidak bisa terima pengajuan bakal calon. Maka proses penelitian akan kami lakukan tanggal 19-21 Juli 2018 dan hasilnya akan diserahkan kepada masing-masing parpol,” kata Mangasi Purba.

Verifikasi terhadap perbaikan daftar dan syarat calon akan dilakukan pada 1-7 Agustus 2018. Selanjutnya, penyusunan dan penetapan daftar calon sementara dilakukan pada 8-12 Agustus dan akan diumumkan pada 12-14 Agustus 2018.

Usai mendengarkan penjelasan dari KPUD Pematangsiantar, Sekretaris DPC Garuda Kota Siantar menyerahkan berkas Kemenkumham, dokumen ADRT Garuda dan berkas keabsahan pengurus Dewan Pimipinan Cabang (DPC) Garuda Kota Siantar, disusul dengan penyerahan dokumen syarat Bacaleg.

Selanjutnya penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi dilakukan pada 19-21 Juli 2018.

Ketua DPC Garuda Kota Siantar Fitra, berharap berkas syarat Bacaleg yang telah diserahkannya sudah memenuhi syarat.

“Kami sudah mendaftarkan 15 bacaleg yang ada di 3 Dapil yakni untuk dapil 1 mengisi 10 orang. Untuk dapil 2 di isi 2 orang dan dapil 3 juga di isi 2 Bacaleg,” sebutnya kepada metro24jam.com.

Menurut dia, setelah diteliti kelengkapannya, berkas syarat Bacaleg Partai Garuda Kota Siantar yang diajukan ke KPUD dinyatakan sah.

“Itu membuktikan pendaftaran kami ke KPUD sudah sah. Selanjutnya berkas tersebut nantinya akan diverifikasi oleh pihak KPU sebelum dinyatakan memenuhi syarat untuk diumumkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS),” pungkasnya.

Usai pendaftaran dan penyerarahan berkas syarat Bacaleg Partai Garuda, tampak hadir Walikota Siantar, Togar Sitorus, dan juga Ketua DPC Partai Demokrat yang akan mendaftarkan bacalegnya.

Pada kesempatan tersebut, rombongan Partai Garuda dan Partai Demokrat saling bersalaman bahkan berphoto bersama sehingga suasana di Kantor KPU tampak akrab dan penuh kekeluargaan. (raen)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:24 WIB

Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas

Bus berpenumpang 35 orang terjun bebas ke jurang Jembatan Sipegepege, Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir, Sabtu 18/8/18 sekira jam 07.00 ...
Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 19:04 WIB

Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu

Briptu Muhammad Reza Fatwa, personel Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun sudah ditetapkan menjadi tersangka atas tindak pidana penyalahgunaan ...
Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:36 WIB

Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I/Bukit Barisan, Ny Kusumawati Ibnu Triwidodo didampingi Wakil Ketua Ny Dwiane Hassanudin menyalurkan bantuan ...
Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:14 WIB

Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin

Ketua Ombusman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar bersama Ketua DPRD Deliserdang, Ricky prandana Nasution mendatangi SMAN 1 Beringin di SMPN ...
Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:02 WIB

Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien

Berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di seluruh Indonesia. Ajang perlombaan merupakan kesempatan paling efisien dalam ...
Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:47 WIB

Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja

Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Nanggroe Aceh Darusaalam diamankan tim Reskrim Polsek Medan Timur dari Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat ...