Selasa, 22 Januari 2019 | 23.39 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>DPC Partai Garuda Serahkan Berkas Bacaleg ke KPUD Siantar

DPC Partai Garuda Serahkan Berkas Bacaleg ke KPUD Siantar

Rabu, 18 Juli 2018 - 01:45 WIB

IMG-59777

Bacaleg Partai Garuda Kota Siantar foto bersama Komisioner KPUD usai penyerahan berkas. (Raen/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Garuda Pematangsiantar hadir di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pematangsiantar, untuk menyerahkan berkas pengajuan bakal calon legislatif (Bacaleg) Selasa (17/7/2018), sekira jam 10.55 Wib.

Kedatangan Ketua DPC Garuda Pematangsiantar, Fitra SP didampingi Sekretaris Zulfandi Kusnomo Sostroamijoyo, bersama pengurus lainnya disambut langsung oleh Ketua KPUD Siantar, Mangasi Purba dan Batara Manurung serta Komisioner KPU lainnya.

Dalam sambutannya Mangasi Purba menjelaskan soal syarat yang prinsip dalam pengajuan bakal calon sesuai dengan PKPU Nomor 20 tahun 2018 Pasal 6.

Pertama, diajukan oleh pimpinan parpol sesuai tingkatannya. Sedangkan jumlah bakal calon paling banyak 100 persen dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap daerah pemilihan.

Khususnya Bacaleg wanita, dalam setiap 3 pria pada susunan daftar calon wajib terdapat paling sedikit satu orang bakal calon wanita dari setiap Dapil dan seterusnya membawa fakta integritasnya.

“Namun bila salah satu itu tidak melengkapi, maka kami tidak bisa terima pengajuan bakal calon. Maka proses penelitian akan kami lakukan tanggal 19-21 Juli 2018 dan hasilnya akan diserahkan kepada masing-masing parpol,” kata Mangasi Purba.

Verifikasi terhadap perbaikan daftar dan syarat calon akan dilakukan pada 1-7 Agustus 2018. Selanjutnya, penyusunan dan penetapan daftar calon sementara dilakukan pada 8-12 Agustus dan akan diumumkan pada 12-14 Agustus 2018.

Usai mendengarkan penjelasan dari KPUD Pematangsiantar, Sekretaris DPC Garuda Kota Siantar menyerahkan berkas Kemenkumham, dokumen ADRT Garuda dan berkas keabsahan pengurus Dewan Pimipinan Cabang (DPC) Garuda Kota Siantar, disusul dengan penyerahan dokumen syarat Bacaleg.

Selanjutnya penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi dilakukan pada 19-21 Juli 2018.

Ketua DPC Garuda Kota Siantar Fitra, berharap berkas syarat Bacaleg yang telah diserahkannya sudah memenuhi syarat.

“Kami sudah mendaftarkan 15 bacaleg yang ada di 3 Dapil yakni untuk dapil 1 mengisi 10 orang. Untuk dapil 2 di isi 2 orang dan dapil 3 juga di isi 2 Bacaleg,” sebutnya kepada metro24jam.com.

Menurut dia, setelah diteliti kelengkapannya, berkas syarat Bacaleg Partai Garuda Kota Siantar yang diajukan ke KPUD dinyatakan sah.

“Itu membuktikan pendaftaran kami ke KPUD sudah sah. Selanjutnya berkas tersebut nantinya akan diverifikasi oleh pihak KPU sebelum dinyatakan memenuhi syarat untuk diumumkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS),” pungkasnya.

Usai pendaftaran dan penyerarahan berkas syarat Bacaleg Partai Garuda, tampak hadir Walikota Siantar, Togar Sitorus, dan juga Ketua DPC Partai Demokrat yang akan mendaftarkan bacalegnya.

Pada kesempatan tersebut, rombongan Partai Garuda dan Partai Demokrat saling bersalaman bahkan berphoto bersama sehingga suasana di Kantor KPU tampak akrab dan penuh kekeluargaan. (raen)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bupati Aceh Selatan Mutasi 137 Pejabat Eselon III dan IV
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 22:16 WIB

Bupati Aceh Selatan Mutasi 137 Pejabat Eselon III dan IV

Bupati Aceh Selatan, Azwir SSos, melantik dan memutasikan 137 pejabat, Selasa (22/01/2019). Dari jumlah tersebut, 59 di antaranya merupakan pejabat ...
Satlantas Polrestabes Medan dan Unit Lantas Polsek Sunggal Gelar ‘Simon Mapan’ di Desa Lalang
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 22:07 WIB

Satlantas Polrestabes Medan dan Unit Lantas Polsek Sunggal Gelar ‘Simon Mapan’ di Desa Lalang

Personel Unit lantas Polsek Sunggal bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes Medan, mendatangi masyarakat yang bermukim di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, ...
Dibuka Wakil Bupati, Muzakarah Ulama di Lhoksukon Berjalan Lancar
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 21:59 WIB

Dibuka Wakil Bupati, Muzakarah Ulama di Lhoksukon Berjalan Lancar

Muzakarah Ulama ke-2 yang dilaksanakan di kompleks pengajian Dayah Budi Nurussalam Desa Geulumpang KM 10, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, berjalan ...
Oknum PNS Terjaring OTT Jumat Lalu, Tim Polda Sumut Geledah Kantor Walikota Binjai
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:52 WIB

Oknum PNS Terjaring OTT Jumat Lalu, Tim Polda Sumut Geledah Kantor Walikota Binjai

Personel Subdit 1 Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Sumut, menggeledah kantor Walikota Binjai di Jalan Sudirman, Binjai Kota, Selasa (22/1/2019) ...
Dering HP Terdengar dari Balik Celana Dalamnya, Anak Muda Ini Babak-belur Dihakimi Massa
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:38 WIB

Dering HP Terdengar dari Balik Celana Dalamnya, Anak Muda Ini Babak-belur Dihakimi Massa

Sudah pernah dipenjara lantaran mencuri ternyata tak membuat Endriko Riki Simanjuntak alias Kucing tobat dan tetap mengulangi perbuatannya. Dengan modus ...
Kodim 0204/DS, BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang Rapat Program Desa Bersinar
Metro 24 Jam - Selasa, 22 Januari 2019 - 20:10 WIB

Kodim 0204/DS, BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang Rapat Program Desa Bersinar

Kodim 0204/DS bersama BNNK, Polres dan Pemkab Deliserdang melaksanakan rapat persiapan Program Desa Bersih Narkoba (Bersinar), bertempat di Ruang Data ...
bupati serdang bedagai
Loading...