Kamis, 16 Agustus 2018 | 11.40 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Air dari PDAM Tirtadeli Tak Mengalir, Anggota DPRD Pertanyakan Penyertaan Modal Rp40 Miliar

Air dari PDAM Tirtadeli Tak Mengalir, Anggota DPRD Pertanyakan Penyertaan Modal Rp40 Miliar

Kamis, 14 Juni 2018 - 01:40 WIB

IMG-58623

Edison Efendy Marpaung. (ist/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Anggota DPRD Deliserdang Edison Efendy Marpaung ikut mengkritik kinerja Direktur PDAM Tirtadeli. Politisi Partai Demokrat itu mempertanyakan ke mana aliran dana realisasi penyertaan modal untuk PDAM Tirtadeli sebesar Rp40 miliar dari Pemkab Deliserdang.

Menurut Edison, dengan penyertaan modal sebesar itu PDAM Tirtadeli seharusnya semakin membaik.

“Dengan penyertaan modal itu, seharusnya PDAM Tirtadeli bisa mengantisipasi segala kerusakan alat-alat pasca pengambilalihan Tirtanadi. Nah, ini kok semakin tidak baik. Apalagi sudah beberapa hari ini air tidak jalan, ribuan pelanggan sangat kecewa,” ketus Edison saat dihubungi metro24jam.com via selular Rabu (13/6/2018) jam 11.00 Wib.

Ia mengaku sempat berkomunikasi dengan Direktur Tirtadeli tersebut melalui selular.

Penjelasan yang diterima Edison, bahwa penyebab air tidak jalan karena pihak BWS provinsi menutup 8 pintu air untuk irigasi. Musim kemarau menimbulkan dampak debit Sungai Ular turun drastis. Dengan penurunan debit air, diprediksi akan terjadi kegagalan reboisasi/penghijauan di hulu Sungai Ular. Selain itu, terdapat kemungkinan pendangkalan, karena sisi kanan/kiri Sungai Ular yang menjadi objek galian C ilegal.

Politisi Partai Demokrat menyebut, jika air dari PDAM Tirtadeli terus tidak mengalir, maka pelanggan akan susah. Apalagi, ini sudah H-2 jelang hari Raya Idul Fitri.

“Jika kondisi air ini belum terselesaikan, maka Pemkab Deliserdang, terutama Bupati yang pernah melantik direktur itu, wajib diganti posisinya dari jabatan sekarang,” sebut Edison.

“Kalau begini keadaannya, maka ke depannya bisa lebih berbahaya. Ini baru 1 bulan tidak datang hujan, bagaimana kalau kemarau panjang?” ketusnya.

Menurut Edison, 8 pintu air BWS Provinsi Sumut pun tidak lagi berguna. “Proyek Irigasi Sungai Ular pun tinggal cerita saja. Yang pasti petani pun banyak korban, harus ada tindakan konkrit Pemkab/Propsu dan Pusat. Kalau tidak dunia pertanian DS mengalami bencana besar,” tandas Edison.

Terpisah, salah seorang warga Pasar Melintang, Kecamatan Lubukpakam, juga mengeluhkan kondisi ini. Ratusan pelanggan di kawasan itu juga tidak menerima pasokan air bersih melalui kran di rumah mereka.

“Semalam ada bantuan air dari mobil tangki Tirtadeli. Tapi, airnya kuning macam diambil dari comberan. Ini bentuk ketidaksiapan dari PDAM Tirtadeli dalam mengelola. Kami, pelanggan Tirtadeli di Pasar Melintang akan melakukan unjuk rasa ke Kantor PDAM Tirtadeli, apabila air ini tidak segera jalan,” kata Indra Silaban.

Diketahui, Direktur PDAM Tirtadeli, Ir Batara Imbrahdjaya Nasution, yang dikonfirmasi sehari sebelumnya menjelaskan, bahwa sejak tanggal 9 Juni 2018, pasokan air bersih terganggu ke wilayah Lubukpakam dan Perbaungan sekitarnya, karena surutnya permukaan air Sungai Ular hingga di bawah level minimum.

Musim kemarau menjadi penyebab pompa intake air baku tidak bisa beroperasi menyedot air. “Kami sudah berkoordinasi dengan satuan kerja operasional/pemeliharaan bendungan Lau Tagor Sei Ular, agar pintu air ke Sei Ular dibuka dengan tetap menjaga keseimbangan antara keperluan air bersih dan irigasi,” kata Batara. (fan)

BACA JUGA:
Terpaksa Ambil Air ke Masjid, Anggota DPRD Minta Bupati Copot Direktur PDAM Tirtadeli


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Lagi Heboh! Ada Pohon Randu ‘Kencing’ di Rembang
Metro 24 Jam - Kamis, 16 Agustus 2018 - 07:52 WIB

Lagi Heboh! Ada Pohon Randu ‘Kencing’ di Rembang

Warga Desa Jolotundo, Kecamatan Lasem, Rembang, sejak Selasa (14/8/2018) kemarin dihebohkan fenomena unik. Sebatang pohon randu tiba-tiba bisa menyemburkan air, ...
2 Tahun Berdiri, PT Todo Raka Prawira Semakin Mendapat Kepercayaan Mitra Usaha
BISNIS - Kamis, 16 Agustus 2018 - 07:14 WIB

2 Tahun Berdiri, PT Todo Raka Prawira Semakin Mendapat Kepercayaan Mitra Usaha

PT Todo Raka Prawira, perusahaan yang bergerak di bidang Eksternal Leasing Mitra Jasa, merayakan HUT ke-2 di Cafe OH 5 ...
Tak ke Laut Utang ‘Mandosak’, Jual Sabu Saufi ke Balik ‘Jarojak’
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:36 WIB

Tak ke Laut Utang ‘Mandosak’, Jual Sabu Saufi ke Balik ‘Jarojak’

Tak ke laut utang mandosak (mendesak). Demikian sepenggal pepatah di daerah pesisir Asahan. Seperti bunyinya, berdalih mencari tambahan, Muhammad Saufi ...
Meninggal Dunia Usai Latihan, Siska Susanti ‘Menunaikan Tugas Pengabdian Sampai Nafas Terakhir’
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:19 WIB

Meninggal Dunia Usai Latihan, Siska Susanti ‘Menunaikan Tugas Pengabdian Sampai Nafas Terakhir’

Kepergiaan Siska Susanti (18), siswi kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Al-Wasliyah, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai, menyisakan duka mendalam bagi keluarga ...
Kasihan…! Pengemudi Betor Ini Tewas Gara-gara Kesetrum Busi
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:11 WIB

Kasihan…! Pengemudi Betor Ini Tewas Gara-gara Kesetrum Busi

Kasihan...! Pria ini meregang nyawa saat memperbaiki becak bermotor miliknya di Jalan Datuk Kabu Pasar III, Desa Tembung, Percut Sei ...
Terkait OTT ASN Inspektorat dan Kades, Inspektur Batubara Diperiksa Selama 3 Jam
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Terkait OTT ASN Inspektorat dan Kades, Inspektur Batubara Diperiksa Selama 3 Jam

Dua orang pejabat Inspektorat diperiksa polisi, menyusul 3 oknum ASN yang terjaring OTT bebearpa waktu lalu. Salah satunya adalah Inspektur ...