Rabu, 17 Juli 2019 | 13.35 WIB
Metro24Jam>News>Dua Proyek PD PAUS Mangkrak, 18 Miliar Melayang

Dua Proyek PD PAUS Mangkrak, 18 Miliar Melayang

Jumat, 18 Mei 2018 - 17:46 WIB

IMG-57571

Rapat Pansus DPRD Siantar soal LKPJ 2017 bersama PD PAUS.

SIANTAR, metro24jam.com – Dua proyek besar yang sempat dibangun Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PD PAUS) Kota Siantar, mangkrak. Akibatnya dana sebesar Rp18 miliar melayang, akibat tak selesainya pembangunan kedua proyek tersebut.

Terungkap dalam rapat Pansus LKPj DPRD Kota Siantar, Kamis (17/5), dihadiri Direktur Utama (Dirut) PD PAUS, Herowhin Sinaga. Herowhin mengakui mangkraknya kedua proyek tersebut.

Herowhin menjelaskan, kedua proyek itu adalah pembangunan Siantar City Mall yang dikerjakan PT Abadi Indoglobal dan pembangunan Sub Terminal Agribisnis (STA) di eks Terminal Sukadame yang dibangun PT Laksana Romauli.

Kedua proyek sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu. Namun, hingga saat ini belum selesai. Herowhin menyebutkan, kedua investor memilih untuk tak melanjutkan proyek karena Pemko Siantar belum menyerahkan status pengalihan lahan dari Hak Pakai menjadi Hak Guna Bangunan (HGB).

Menurut Herowhin, meski belum mengantongi status tanah, investor sudah mengeluarkan dana pembangunan. Tetapi, karena sampai Desember 2017 Pemko Siantar belum juga menyerahkan status pengalihan, lahan proyek dihentikan.

“Investor memilih lebih baik rugi sedikit dari pada rugi besar,” katanya sembari mamaparkan bahwa PT Abadi Indoglobal telah mulai melakukan pembangunan Siantar City Mall di Jalan Melanthon Siregar.

Untuk memulai pembangunan itu, PT Abadi Indoglobal sudah mengucurkan dana Rp4 miliar. Sebelumnya, perusahan itu juga telah membanguan Rumah Potong Hewan (RPH) sebagai pengganti lahan tempat Siantar City Mall senilai Rp4,5 miliar. PT Abadi Indoglobal pun telah mengganti dana yang ditarik pedagang yang sempat diterima PD PAUS untuk pembangunan kios di lokasi Ciantar City Mall.

Sementara, PT Laksana Romauli pun memberhentikan proyek pembangunan STA di eks Terminal Sukadame meski sudah sempat membangun 100 kios dari 128 kios yang direncanakan. Untuk pembangunan kios itu, PT Laksana Romauli mengucurkan dana Rp3,5 miliar.

Herowhin melanjutkan, per Desember 2017 lalu, Walikota Siantar memang sudah mengalihkan status tanah di kedua proyek. Namun, karena pengalihan status menjadi HGB, maka urusannya sampai ke tingkat BPN Pusat lalu turun ke BPN Sumut. “Jadi memakan waktu lama,” ucapnya.

Belakangan, kata Herowhin bahwa para investor meminta adendum masa kontrak pengelolaan kedua bangunan dari yang sebelumnya 30 tahun menjadi 32 tahun mengingat masa pengurusan administrasi proyek, seperti HGB, begitu lama. Ternyata, permintaan investor belum juga dibahas Pemko Siantar.

“Hal ini membuat investor semakin khawatir dengan komitmen Pemko Siantar atas keberlangsungan pembangunan kedua proyek,” ungkapnya.

Meski begitu, tambah Herowhin, saat pertemuan dengan Walikota Siantar, investor masih menyatakan komitmen ingin membangun kedua proyek dengan harapan adendum yang diminta dipenuhi. Dan akibat mangkraknya kedua proyek itu, maka pihaknya kehilangan Rp18 miliar sebagai bagi hasil pengelolaan kedua bangunan jika selesai.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Siantar, Daniel M Silalahi menyayangkan komitmen Pemko Siantar yang belum juga melakukan adendum kontrak pengelolaan bangunan.

Daniel berharap, Pemko Siantar melalui dewan pengawas segera bersinergi dengan Direksi PD PAUS untuk menuntaskan pembangunan proyek Siantar City Mall dan STA Eks Terminal Sukadame.

Sementara, , Junaedi Sitanggang selaku Dewan Pengawas PD PAUS menyatakan bahwa pihaknya tidak membahas adendum dengan alasan kehati-hatian. “Kita tidak mau adendum itu hanya untuk menguntungkan investor saja,” tegasnya. (fer)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Lantik Kasek Dan Pengawas Sekolah, Ini Pesan Wabup Sergai
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Juli 2019 - 11:37 WIB

Lantik Kasek Dan Pengawas Sekolah, Ini Pesan Wabup Sergai

Wakil Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya melantik Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN), tenaga pendidik dan Pengawas Sekolah dijajaran Dinas ...
Sore Ini, 190 Jemaah Haji Sergai Dilepas Ke Tanah Suci
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Juli 2019 - 11:00 WIB

Sore Ini, 190 Jemaah Haji Sergai Dilepas Ke Tanah Suci

Jemaah haji asal Kabupaten Serdang Bedagai yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7 Embarkasi Medan bergabung dengan Tebing Tinggi dan ...
Rumah Mendadak Terbakar, Janda Sebatang Kara Nyaris Terpanggang Hidup-hidup
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Juli 2019 - 06:30 WIB

Rumah Mendadak Terbakar, Janda Sebatang Kara Nyaris Terpanggang Hidup-hidup

Suyem (58), janda yang tinggal sebatang kara di Dusun 1, Desa Mekar Baru, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Batubara, nyaris terpanggang ...
Lepas Jamaah Calhaj Palas ke Asrama Haji Medan, Bupati TSO: Semoga Menjadi Haji Mabrur
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Juli 2019 - 06:25 WIB

Lepas Jamaah Calhaj Palas ke Asrama Haji Medan, Bupati TSO: Semoga Menjadi Haji Mabrur

Bupati H Ali Sutan Harahap (TSO) melepas keberangkatan sebanyak 418 jamaah calon haji Kabupaten Padang Lawas (Palas) dari halaman Masjid ...
Siap-siap Isap Ganja di Pinggir Jalan, 2 Pemuda Ini Diciduk Polisi
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Juli 2019 - 06:06 WIB

Siap-siap Isap Ganja di Pinggir Jalan, 2 Pemuda Ini Diciduk Polisi

Niat Dedi Arsandi (25) dan Hendi Permana (22) hendak santai mengisap ganja di pinggir Jalan Mangga, Kelurahan Tanjungbalai Kota II, ...
Curi HP dan Laptop Milik Tetangga, Pria Ini Ditangkap Polisi di Rumahnya
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Juli 2019 - 05:49 WIB

Curi HP dan Laptop Milik Tetangga, Pria Ini Ditangkap Polisi di Rumahnya

Novri Ardiansyah, warga Jalan Pukat Banting 4, Kecamatan Medan Tembung, ditangkap polisi dari kediamannya, Sabtu (13/7/2019) dinihari sekira pukul 2.00 ...
Loading...

Loading…