Kamis, 20 September 2018 | 13.27 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Modus Ditawari Pekerjaan, Kreta Scoopy Lewong

Modus Ditawari Pekerjaan, Kreta Scoopy Lewong

Selasa, 17 April 2018 - 06:48 WIB

IMG-56101

Yoyok usai melapor di Mapolsek Delitua. (Barus/metro24jam.com)

DELITUA, metro24jam.com – Yoyok (28), benar-benar apes. Bagaimana tidak, saat dia butuh pekerjaan, kreta miliknya yang dirasa bisa menjadi modal untuk mencari nafkah malah dilarikan orang. Alhasil, pria yang ngekos di Perumahan Putri Deli, Namorambe ini terpaksa mendatangi Mapolsek Delitua, untuk melaporkan kehilangan kretanya itu, Senin (16/4/2018) sore kemarin.

Ditemui wartawan seusai melapor ke polisi, Yoyok bercerita. Peristiwa itu terjadi dia ditawari pekerjaan oleh seorang pria bermata juling, di sebuah perusahaan alat berat yang beralamat di Jalan Tritura/A Haris Nasution, Kecamatan Medan Johor, Minggu (15/4/2018) kemarin.

Ceritanya berawal Minggu pagi. Ketika itu tetangganya Romiati (47), seorang pedagang sarapan, sedang berjualan pagi di Jalan Sejarah, Kecamatan Delitua. Saat itulah, Romiati kedatangan pelaku yang membeli sarapan pagi.

Seusai makan, pria itu pun bercerita panjang lebar dengan Romiati. Nah, saat itulah dia mengakatakan sedang mencari orang untuk dipekerjakan di sebuah perusahaan alat berat.

Mendengar itu, Romiati pun langsung teringat pada tetangganya Yoyok yang memang pernah bercerita kepadanya sedang butuh pekerjaan. Tanpa merasa curiga, Romiati pun memberitahukan hal itu kepada pelaku.

Anehnya, mendengar itu pelaku langsung mengajak Romiati untuk menemaninya ke kediaman Yoyok. Tapi, berhubung jualannya belum habis, Romiati pun menolaknya.

Lagi-lagi keanehan sebenarnya terjadi, karena pelaku langsung memborong semua jualan Romiati dengan memberikan uang sebesar 250 ribu. Menerima uang itu, Romiati pun langsung setuju untuk menemani pelaku.

Sesampainya di kos-kosan Yoyok di Perumahan Putri Deli, Desa Delitua, Kecamatan Namorambe, Romiati pun memanggil pemuda itu dan menceritakan apa yang baru didengarnya dari pelaku.

Yoyok yang memang butuh pekerjaan pun langsung setuju dan mengambil semua surat-surat keperluan untuk lamaran kerja di perusahaan yang ditawarkan.

Singkat cerita, keduanya pun akhirnya berangkat menggunakan kreta Honda Scoopy warna merah, BK 5169 MBA, milik Yoyok.

Tiba di persimpangan Jalan Brigjen Hamid, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, tak jauh dari kantor perusahaan yang disebut pelaku, Yoyok tiba-tiba disuruh menghentikan kretanya.

Di situ, pria itu menanyakan apakah surat-surat lamaran yang dibawa Yoyok sudah difotokopi apa belum. Umpan itu ternyata berhasil, karena memang belum satu pun surat yang sudah difotokopi Yoyok.

Berlagak seakan malaikat penolong, pelaku pun meminta agar semua surat-surat Yoyok tersebut dan dia mengatakan bahwa akan memfotokopikannya lebih dulu, dengan alasan agar tidak ada yang salah dan kurang.

Yoyok pun percaya begitu saja dan memberikan surat-surat itu, berikut kretanya kepada pelaku. Namun, setelah sekian lama menunggu, pelaku ternyata tak kunjung kembali.

Yoyok pun akhirnya sadar bahwa pria yang ditaksir berusia 50-an itu adalah penipu. Yoyok pun pulang ke rumah dengan lunglai. “Sebenarnya aku sama Romiati nggak kenal dengan pelaku. Romiati itu karena kasihan sama aku maka dibawanya pelaku ke rumah ku,” aku Yoyok.

Kapolsek Delitua Kompol BL Malau, mengamini adanya laporan tersebut. “Kita sudah cek TKP dan menerima laporan korban,” jawabnya singkat. (bar)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tahanan Polsek Patumbak yang Kabur Ditangkap di Parapat, Mau Lari Lagi, Dorr…!
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 13:25 WIB

Tahanan Polsek Patumbak yang Kabur Ditangkap di Parapat, Mau Lari Lagi, Dorr…!

Setelah hampir sebulan, polisi akhirnya meringkus kembali satu di antara 4 tahanan yang kabur dari sel Mapolsek Patumbak pada 23 ...
BNN RI Amankan 31 Kg Sabu, Barang Bukti Dibawa ke Mako Brimob Tanjungbalai-Asahan
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 12:57 WIB

BNN RI Amankan 31 Kg Sabu, Barang Bukti Dibawa ke Mako Brimob Tanjungbalai-Asahan

Personel Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, telah mengamankan sabu-sabu dari kediaman seorang pria berinisial AD, warga Jalan Al-Watoniah, Kelurahan ...
BNN RI Grebek Rumah di Tanjungbalai, 31 Kg Sabu-sabu Diamankan
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 12:38 WIB
BREAKING NEWS

BNN RI Grebek Rumah di Tanjungbalai, 31 Kg Sabu-sabu Diamankan

Personel Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, dikabarkan telah mengamankan sabu-sabu dari kediaman seorang pria berinisial AD, warga Jalan Al-Watoniah, ...
Finalis Indonesian Idol Asal Medan Jadi Maling Spesialis Pecah Kaca, Katanya Untuk Biaya Pesantren Anak
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 12:08 WIB

Finalis Indonesian Idol Asal Medan Jadi Maling Spesialis Pecah Kaca, Katanya Untuk Biaya Pesantren Anak

Tak tahan hidup miskin, Dede Richo Ramalinggam alias Dede Idol, finalis ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2008 akhirnya nekat alih ...
Istri Bunuh Suami Gara-gara Kurang Jatah Belanja, Terungkap Setelah Ambil Sepeda Motor Titipan di  BSM, Polisi Buru TTM-nya
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 11:35 WIB

Istri Bunuh Suami Gara-gara Kurang Jatah Belanja, Terungkap Setelah Ambil Sepeda Motor Titipan di BSM, Polisi Buru TTM-nya

Personel Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan bersama Unit Reskrim PolsGadaek Pancurbatu akhirnya meringkus Chory Kumulia Dewi alias Dewi (25), warga ...
Bupati H Ashari Tambunan Tepung Tawari Jamaah Haji Deliserdang
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 10:28 WIB

Bupati H Ashari Tambunan Tepung Tawari Jamaah Haji Deliserdang

Bupati H Ashari Tambunan didampingi unsur FKPD, para asisten, pimpinan OPD, unsur MUI, FKUB dan para camat, menepungtawari seluruh jamaah ...