Kamis, 20 September 2018 | 14.03 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Sekretaris DPRD/Ketua DPD IPK Siantar Meninggal Dunia

Sekretaris DPRD/Ketua DPD IPK Siantar Meninggal Dunia

Minggu, 8 April 2018 - 19:27 WIB

IMG-55662

Jenazah Mahadin Sitanggang di rumah duka. (Elisbet/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Warga Kota Siantar dikejutkan dengan kabar meninggalnya Sekretaris DPRD Siantar, Mahadin Sitanggang. Pria yang juga dikenal sebagai Ketua DPD IPK Siantar, itu telah menghembuskan nafas terakhirnya di RS Columbia, Minggu (8/4/2018) sekira jam 2.00 Wib.

Informasi yang dihimpun Minggu (8/4/2018) siang, Mahadin, yang dikenal akrab dengan berbagai lapisan masyarakat, terutama di kalangan jurnalis, masih terlihat masuk kerja di DPRD Siantar, untuk melaksanakan tugas-tugasnya, Kamis (6/4/2018). Bahkan, tidak ada tanda-tanda dia sedang sakit keras.

Kedekatannya dengan masyarakat terlihat dari banyaknya warga yang melayat ke rumah duka di Jalan Toba No 101, Kelurahan Kristen, Kecamatan Siantar Selatan, Minggu (8/4/2018) siang. Mulai dari tokoh pemuda berbagai oragnisasi, anggota DPRD, pejabat Pemko dan ratusan kader IPK Siantar.

Bahkan, begitu kabar kepergian Mahadin untuk selamanya itu menyebar, dan jenazah akan dibawa ke Kota Siantar dari Medan, ratusan masyarakat dan kader IPK Siantar, langsung menunggu kedatangan ambulans pembawa jenazah Mahadin Sitanggang di Jalan Medan–perbatasan Kota Siantar dan kabupaten Simalungun—sebelum disemayamkan di rumah duka.

“Ya, ada enam mobil keluarga besar IPK yang jemput dan beberapa kereta di jalan Medan,” sebut Sekretaris IPK Kota Siantar, Gregorius Purba, saat dikonfirmasi di rumah duka, Minggu sekira jam 12.00 wib.

“Sampai penguburan nanti, ratusan Kader IPK tetap standby di rumah duka untuk mengurus segala keperluan. Bahkan, besok pagi (Senin, 9/4) pengurus DPD IPK Sumatera Utara, termasuk pengurus DPP IPK, akan datang dengan rombongan 10 mobil melayat almarhum untuk terakhir kalinya,” ucapnya.

Salah seorang pegawai di Sekretariat DPRD, Syawaludin, membenarkan bahwa Kamis pagi dia masih melihat almarhum Mahadin Sitanggang masuk kantor.

“Kalau hari Kamis, Bapak masih masuk kantor, Jumat pagilah beliau dibawa ke Rumah sakit Vita Insani,” sebutnya terisak.

Diceritakan Syawaludin, sosok Mahadin Sitanggang semasa hidupnya merupakan pemimpin yang arif dan bijaksana, mengayomi bawahan tanpa pandang siapa dan jabatan seluruh PNS yang ada di Sekretariat DPRD Siantar.

Sementara itu, anggota DPD Siantar, Denny Siahaan mengatakan bahwa sosok Mahadin Sitanggang akrab dengan siapa saja. “Saya mendengar almarhum dibawa ke Medan, Sabtu (7/4/2018) sore,” katanya.

Lebih lanjut Denny mengatakan, bahwa dia sudah kenal akrab dengan almarhum saat masih sama-sama bergabung di IPK tahun 2004.

“Almarhum ini dilantik sebagai ketua IPK Siantar Selatan tahun 2005. Saya waktu itu juga di IPK. Kemudian, saat saya menjadi anggota dewan, kami semakin dekat. Pokoknya, pembawaannya begitu bersahaja dan selalu sejuk,” ujar Denny di rumah duka.

Terpisah, Humas Pemko Siantar Gilbert Ambarita saat dikonfirmasi sampaikan bahwa Pemko Siantar nantinya akan membuat acara khusus untuk almarhum Mahadin Sitanggang.

“Yang pasti kita akan buat acara untuk Sekretaris DPRD Mahadin Sitanggang karena beliau juga dia pejabat Eselon II,” sebut Gilbert.

Meski begitu, Gilbert mengaku belum bisa memastikan kapan acara itu akan diselenggarakan.

“Yang jelas, akan lebih dulu dikoordinasikan dengan pihak keluarga almarhum,” jelasnya.

Ketua DPD KNPI Siantar, Parlaungan Purba, menyampaikan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Ketua DPD IPK, yang juga Sekretaris DPRD Siantar, Mahadin Sitanggang tersebut.

“Yang pasti, Siantar telah kehilangan tokoh pemuda, yang menjadi panutan semua orang,” katanya.

Hingga Minggu (8/4/2018) sore, belum diketahui dengan jelas apa penyakit yang diderita Mahadin Sitanggang. Namun rencananya, ayah dari tiga anak itu dimakamkan di Pangururan Samosir, Rabu (11/4/2018). (els)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Jalan Dusun Barisan Panjang Butuh Perhatian Pemkab Sergai
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 13:32 WIB

Jalan Dusun Barisan Panjang Butuh Perhatian Pemkab Sergai

Kondisi infrastruktur jalan di Dusun Barisan Panjang, Desa Gelam Sei Serimah, Kecamatan Bandar Khalifa, Serdang Bedagai saat ini rusak parah. ...
Tahanan Polsek Patumbak yang Kabur Ditangkap di Parapat, Mau Lari Lagi, Dorr…!
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 13:25 WIB

Tahanan Polsek Patumbak yang Kabur Ditangkap di Parapat, Mau Lari Lagi, Dorr…!

Setelah hampir sebulan, polisi akhirnya meringkus kembali satu di antara 4 tahanan yang kabur dari sel Mapolsek Patumbak pada 23 ...
BNN RI Amankan 31 Kg Sabu, Barang Bukti Dibawa ke Mako Brimob Tanjungbalai-Asahan
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 12:57 WIB

BNN RI Amankan 31 Kg Sabu, Barang Bukti Dibawa ke Mako Brimob Tanjungbalai-Asahan

Personel Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, telah mengamankan sabu-sabu dari kediaman seorang pria berinisial AD, warga Jalan Al-Watoniah, Kelurahan ...
BNN RI Grebek Rumah di Tanjungbalai, 31 Kg Sabu-sabu Diamankan
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 12:38 WIB
BREAKING NEWS

BNN RI Grebek Rumah di Tanjungbalai, 31 Kg Sabu-sabu Diamankan

Personel Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, dikabarkan telah mengamankan sabu-sabu dari kediaman seorang pria berinisial AD, warga Jalan Al-Watoniah, ...
Finalis Indonesian Idol Asal Medan Jadi Maling Spesialis Pecah Kaca, Katanya Untuk Biaya Pesantren Anak
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 12:08 WIB

Finalis Indonesian Idol Asal Medan Jadi Maling Spesialis Pecah Kaca, Katanya Untuk Biaya Pesantren Anak

Tak tahan hidup miskin, Dede Richo Ramalinggam alias Dede Idol, finalis ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2008 akhirnya nekat alih ...
Istri Bunuh Suami Gara-gara Kurang Jatah Belanja, Terungkap Setelah Ambil Sepeda Motor Titipan di  BSM, Polisi Buru TTM-nya
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 11:35 WIB

Istri Bunuh Suami Gara-gara Kurang Jatah Belanja, Terungkap Setelah Ambil Sepeda Motor Titipan di BSM, Polisi Buru TTM-nya

Personel Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan bersama Unit Reskrim PolsGadaek Pancurbatu akhirnya meringkus Chory Kumulia Dewi alias Dewi (25), warga ...