Kamis, 20 September 2018 | 03.50 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Kejatisu Ancam Kembalikan Berkas JR Saragih, Ada Apa?

Kejatisu Ancam Kembalikan Berkas JR Saragih, Ada Apa?

Kamis, 5 April 2018 - 20:31 WIB

IMG-55514

JR Saragih usai pemeriksaan di Bawaslu beberapa waktu lalu. (file/metro24jam.com)

KEJATISU, metro24jam.com – Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) mengancam akan mengembalikan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dan berkas pemeriksaan JR Saragih ke penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Res Krimum) Poldasu.

Alasannya, sudah 7 hari terlewati setelah berkas perkara Bupati Simalungun itu dinyatakan lengkap (P21), beberapa waktu lalu, penyidik belum juga melakukan pelimpahan tahap dua (tersangka dan barang bukti).

JR Saragih ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penggunaan dokumen atau tandatangan palsu saat mendaftar sebagai calon Gubernur Sumut periode 2018-2023 di KPU Sumut.

“Karena ini Undang-Undang Pilkada, jadi waktunya dibatasi. Dalam UU tersebut, penyidik diberi waktu selama 7 hari untuk pelimpahan tahap dua. Nah, ini kan sekarang waktunya sudah lewat,” jelas Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejatisu, Sumanggar Siagian kepada wartawan, Kamis (5/4/2018) sore.

Oleh karena itu, tak lama lagi Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan menyurati penyidik kepolisian untuk segera dilakukan pelimpahan tahap dua.

“Kita akan surati penyidik,” ujar Sumanggar. Jika surat dari JPU tersebut tidak diindahkan, maka JPU akan mengembalikan SPDP dan berkas milik JR Saragih.

Untuk itu, Sumangar berharap, penyidik profesional dalam menangani perkara tersebut, mengingat kasus ini sudah menjadi perhatian masyarakat luas.

“Saat ini, kita hanya bisa menunggu sampai batas waktu yang ditentukan,” cetus mantan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Binjai itu.

Berkas perkara milik JR Saragih telah dilimpahkan dalam tahap satu oleh penyidik Poldasu Kejatisu pada Senin (26/3/2018) lalu. Tak lama, JPU menyatakan berkas tersebut telah lengkap.

Sebelumnya, Kejatisu telah memastikan tiga jaksa Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yaitu Amru Siregar, Haslinda dan Irma Hasibuan yang menangani kasus ini. Penunjukkan ketiganya setelah Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) diterima Kejatisu dari Poldasu.

Diketahui, Gakkumdu yang merupakan gabungan penyidik dari Polda Sumut, Kejati Sumut dan Bawaslu Sumut menetapkan JR Saragih sebagai tersangka dugaan pemalsuan dokumen (tanda tangan). (rez)

BACA JUGA:
Panggilan Pertama Mangkir, JR Saragih Gagal Dilimpahkan ke Jaksa


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Katanya Cuma Dikasih Jatah Belanja Rp200.000 Tiap Bulan, Bersama TTM Wanita Ini Bunuh Suami
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 20:12 WIB

Katanya Cuma Dikasih Jatah Belanja Rp200.000 Tiap Bulan, Bersama TTM Wanita Ini Bunuh Suami

Polisi akhirnya mengungkap kasus pembunuhan jasad yang ditemukan di perladangan Dusun I, Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Deliserdang, Jumat (14/9/2018) lalu. ...
Kepergok Gerayangi Rumah Warga, Pemuda Ini Ancam Penghuninya Pakai Obeng, Bonyoklah!
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 19:16 WIB

Kepergok Gerayangi Rumah Warga, Pemuda Ini Ancam Penghuninya Pakai Obeng, Bonyoklah!

Pria satu ini bisa dibilang memang kurang kerjaan. Saat kepergok mencuri di rumah warga, dia malah mengancam sang pemilik. Akibatnya, ...
Distop Polisi Buang Bungkusan Kecil, Pria Ini Terciduk!
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 16:55 WIB

Distop Polisi Buang Bungkusan Kecil, Pria Ini Terciduk!

Satuan Narkoba Polres Siantar menangkap seorang pengendara sepeda motor saat melintas di Jalan Langkat, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, Minggu ...
Polres Siantar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 16:41 WIB

Polres Siantar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018

Polres Pematangsiantar apel gelar pasukan operasi mantap Brata 2018 yang dilaksanakan di Lapangan H Adam Malik, Rabu (19/09/2018) sekira jam ...
Jual Sabu Pakai Catatan, Pengecer Asal Sei Apung Diciduk di Kos-Kosan
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 16:29 WIB

Jual Sabu Pakai Catatan, Pengecer Asal Sei Apung Diciduk di Kos-Kosan

Adriansyah mungkin ingin menjalankan bisnis secara profesional. Semua transaksinya ditulis dalam sebuah block notes alias buku catatan. Sayang, bisnis sabu ...
Bupati dan Pimpinan DPRD Pakpak Bharat Tandatangani Nota Kesepkatan KUA PPAS P-APBD 2018
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 16:05 WIB

Bupati dan Pimpinan DPRD Pakpak Bharat Tandatangani Nota Kesepkatan KUA PPAS P-APBD 2018

Bupati Dr Remigo Yolando Berutu MFin MBA, bersama unsur pimpinan DPRD, yaitu Ketua Sonni P Berutu STh, Wakil Ketua Edison ...