Minggu, 19 Agustus 2018 | 01.02 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Beras Organik Sergai Belum Punya Pasar

Beras Organik Sergai Belum Punya Pasar

Rabu, 14 Maret 2018 - 17:56 WIB

IMG-54164

Parlan menunjukkan beras organik pada Kadis Kominfo Sergai H Ikhsan AP dan Camat Telul Mengkudu Fahmi saat melakukan kunjungan. (Ahmad/metro24jam.com)

TELUK MENGKUDU, metro24jam.com – Beras organik yang dihasilkan dari Kelompok Tani Fajar di Desa Pematang Setrak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Serdang Bedagai, hingga hari ini belum mendapat pangsa pasar. Akibatnya, 1,6 ton stok beras organik tidak terjual dan hanya tersimpan di gudang.

Hal itu diungkapkan Parlan Sibarani selaku pengelola beras organik Inti Sari di kediamannya, Rabu (14/3/2018) sekira jam 16.00 wib.

“Pemasaran beras organik ini masih lemah, sehingga setiap musimnya, stok beras masih banyak,” ujarnya.

Menurutnya, minat masyarakat untuk mengkonsumsi beras organik masih minim. Sementara pemasaran melalui super market Yuki Medan belum maksimal. Hal itu membuat mereka selaku petani beras organik Inti Sari belum dapat berbuat apa-apa.

“Pasar belum ada sehingga untuk terus mengembangkan beras organik di Sergai belum berani,” terang Parlan.

Dikatakan Parlan, beras organik dari produk mereka merupakan beras tidak menggunakan pupuk dan obat mengandung bahan kimia.

Mereka mulai melakukan pembibitan, pola tanam sampai panen dalam mengembangkan produk hanya mengandalkan pupuk kandang dan urin hewan ternak.

“Beras organik sangat baik untuk kesehatan karena tidak mengandung bahan kimia. Namun, tidak sepenuhnya masyarakat mengerti hal itu,” paparnya.

Pada kesempatan itu Parlan berharap, Pemkab Sergai mendukung dalam pemasaran beras organik mereka. Sehingga, ke depannya petani akan beralih ke beras organik.

Bisnis beras organik disebut lebih menguntungkan dari beras biasa. Hal itu dilihat dari pupuk sampai pestisida yang hanya menggunakan kotoran hewan dan daun-daunan, yang notabene bisa didapat dengan biaya murah.

“Kita sudah minta tolong Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan serta Sekda untuk membantu dalam memasarkan beras organik. Tapi tidak ada kepastian dari mereka,” bilang mantan penasehat hukum ini. (mad)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:24 WIB

Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas

Bus berpenumpang 35 orang terjun bebas ke jurang Jembatan Sipegepege, Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir, Sabtu 18/8/18 sekira jam 07.00 ...
Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 19:04 WIB

Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu

Briptu Muhammad Reza Fatwa, personel Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun sudah ditetapkan menjadi tersangka atas tindak pidana penyalahgunaan ...
Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:36 WIB

Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I/Bukit Barisan, Ny Kusumawati Ibnu Triwidodo didampingi Wakil Ketua Ny Dwiane Hassanudin menyalurkan bantuan ...
Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:14 WIB

Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin

Ketua Ombusman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar bersama Ketua DPRD Deliserdang, Ricky prandana Nasution mendatangi SMAN 1 Beringin di SMPN ...
Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:02 WIB

Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien

Berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di seluruh Indonesia. Ajang perlombaan merupakan kesempatan paling efisien dalam ...
Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:47 WIB

Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja

Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Nanggroe Aceh Darusaalam diamankan tim Reskrim Polsek Medan Timur dari Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat ...