Sabtu, 22 September 2018 | 17.38 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Gideon Purba Langgar UU ASN dan SE Mendagri

Gideon Purba Langgar UU ASN dan SE Mendagri

Rabu, 14 Maret 2018 - 07:26 WIB

IMG-54121

Gideon Purba (Dok/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut) memutuskan Sekretaris Daerah (Sekda) Simalungun, Gidion Purba melanggar Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Putusan itu diumumkan pada 22 Februari 2018 lalu.

Informasi diperoleh kru koran ini, dari internal Bawaslu Sumut, Selasa (13/3), menyebutkan kasus ini merupakan temuan Komisioner Bawaslu Sumut, Aulia Andri dengan nomor temuan 005/TM/PG/Prov/02.00/II/2018.

Dalam temuan itu disebutkan, Sekda Simalungun, Gidion Purba berada di seputaran Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, pada saat berlangsungnya pendaftaran pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, JR Saragih-Ance Selian, pada 9 Januari 2018 lalu.

Dengan fakta itu, Gidion yang merupakan ASN secara etika telah melanggar UU No.5 Tahun 2014 Tentang ASN dan SE Mendagri No: 273/377/SJ Tentang Netralitas ASN dan Larangan Penggunaan Fasilitas Pemda dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Jadi, setelah dilakukan penelitian terhadap temuan dan hasil kajian pengawasan, Bawaslu Sumut memutuskan bukan pelanggaran pemilihan, tetapi berupa pelanggaran perundang-undangan, maka temuan tersebut diteruskan ke Komisi ASN,” kata sumber di internal Bawaslu Sumut tersebut.

Terkait putusan Bawaslu itu, sambungnya, sudah diteruskan ke Komisi ASN dan sudah diterima pada 9 Maret 2018 lalu. Dan hal itu juga dibenarkan Asisten Komisioner KASN Nurhasni ketika dihubungi kru koran ini, Senin (12/3) sore lalu.

“Hari ini (Senin) baru tiba pada saya dari pimpinan. Tanggal surat masuknya 9 Maret 2018,” kata Nurhasni.

Hanya saja, dia enggan membeberkan secara detail isi surat tersebut, meski dia akui perihalnya soal pelaporan pelanggaran ASN yang diterima dari Bawaslu Sumut. “Saya pelajari dulu ya. Karena baru saya terima,” kata Nurhasni singkat.

Diketahui, berdasarkan SE Mendgari No.273/377/SJ yang ditujukan kepada gubernur, bupati dan walikota tersebut, pada poin (3) disebutkan, bahwa sesuai Pasal 4 angka 15 PP Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS menyatakan, PNS dilarang memberikan dukunga kepada calon kepala daerah/wakil kepala daerah dengan cara terlibat kegiatan kampanye, menggunakan fasilitas terkait jabatan.

Kemudian, keputusan dan atau tindakan menguntungkan atau merugikan pasangan calon selama masa kampanye dan mengadakan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan terhadap pasangan calon, sebelum, selama dan sesudah kampanye meliputi ajakan, imbauan, seruan atau pemberian barang kepada PNS dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga dan masyarakat.

Masih dalam surat edaran dimaksud, terhadap PNS atau ASN yang melanggar akan diberikan teguran, sanksi hukuman disiplin sedang dan berat, hingga pada sanksi pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS.

Terkait apakah surat edaran ini sudah disosialisasikan oleh Pemkab Simalungun ke seluruh ASN di wilayah kerjanya, Kadis Kominfo Simalungun, Akmal Siregar yang coba dihubungi lewat sms dan sambungan ponsel langsung, Selasa (13/3) sekira jam 17.30 Wib, tak memberikan respons. (tig)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 15:20 WIB

Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya

Personel Polsek Patumbak mengamankan seorang oknum polisi gadungan dari kediamannya, Perumahan Lembayung Asri No 52, Jalan Pertahanan, Gang Lembayun, ...
Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 14:59 WIB

Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi

Personel Polres Siantar mengamankan seorang pelajar inisial AH (16), karena diduga melakukan ujaran kebencian terhadap agama Kristendengan kalimat yang tak ...
5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 03:01 WIB

5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit

Sabar Prianto alias Anto (34), warga Dusun 1, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Sergai, ditangkap personel Polsek Teluk Mengkudu, Kamis ...
Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK  Melepuh
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 02:45 WIB

Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK Melepuh

Satu unit boat pukat tarik mini yang sedang mencari ikan di perairan sekitar wilayah Desa Mesjid Lama, Kecamatan Talawi, Batubara, ...
Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar
BISNIS - Sabtu, 22 September 2018 - 01:06 WIB

Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar

Pria yang akrab disapa Wak Keteng ini, kesehariannya hanya sebagai penjaga kos-kosan Pondok Joy, di Jalan Panyabungan, Kelurahan Timbang Galung, ...
UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2
Metro 24 Jam - Jumat, 21 September 2018 - 21:24 WIB

UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UMSU yang sudah terakreditasi B memberikan keringanan potongan uang kuliah sebanyak 50 persen kepada para ...