Minggu, 19 Agustus 2018 | 01.00 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Perlu Ada Mal Khusus Oleh-oleh Khas Sumut

Perlu Ada Mal Khusus Oleh-oleh Khas Sumut

Selasa, 13 Maret 2018 - 22:41 WIB

IMG-54113

Sihar Sitorus bersama istri saat membeli Bika Ambon khas Medan. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Sejak lama Sumatera Utara terkenal dengan keberagaman masyarakatnya. Tak hanya itu, daerah ini juga terkenal dengan kulinernya. Hal itu dilihat sebagai peluang penunjang perekonomian. Oleh karena itu, calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara, Sihar Sitorus, menilai perlunya mal perbelanjaan yang diperuntukkan sebagai pusat jajanan khas daerah Sumatera Utara.

Alasannya, dengan pusat jajanan khas Sumut ini menjadikannya terpusat di satu tempat saja. Hal ini menjadikan kemudahan bagi turis, baik mancanegara maupun lokal untuk memperoleh jajanan tersebut. Memang, saat ini belum ada pusat perbelanjaan oleh-oleh khas daerah. Karena selama ini, jajanan khas masih berdiri di masing-masing tempat.

“Iya. Harus kita akui, jajanan khas atau oleh-oleh dari berbagai daerah Sumatera Utara ini sangat banyak sekali. Sehingga, saya kira sudah seharusnya dibangun satu tempat yang strategis sebagai pusat jajanan khas Sumut,” ungkap Sihar saat membeli oleh-oleh khas Medan, Bika Ambon Zulaikha di Jalan Mojopahit bersama istrinya, Patricia Siahaan, Selasa (13/3/2018) pagi.

Sihar menambahkan, dengan adanya pusat jajanan khas Sumut itu, wisatawan lokal hingga mancanegara tidak perlu lagi untuk harus ke tempat asalnya. Apalagi jika kedatangan mereka ke Medan atau Sumut dengan waktu yang terbatas.

Sumut terdiri dari 33 Kab/Kota. Yang kaya `keberagaman jajanan atau makanan khas tiap-tiap daerah. “Jadi, dengan adanya pusat jajanan khas ini, memangkas waktu bagi wisatawan yang tidak memiliki banyak waktu ke sini. Langsung ke mal jajanan khas ini, cari dan beli apa yang diinginkan,” jelasnya.

Alasan lain, lanjut pengusaha sukses ini, dengan pusat perbelanjaan khas jajanan ini, akan turut membantu para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) bidang makanan dalam mempromosikan produk mereka. Sihar tak menampik, bahwa selama ini kesulitan terbesar bagi pelaku UKM adalah memasarkan produk mereka.

Sihar membeberkan, bahwa ide ini termasuk dalam visi misi mereka untuk pengembangan dan peningkatan UKM. “Dengan adanya satu etalase, membantu mereka (UKM) memasarkan produknya. Juga memangkas biaya promosi. Karena kalau mereka mempromosikan barang atau produk mereka sendiri, butuh biaya lagi kan. Sedangkan biaya promosi itu tidak murah,” jelas mantan Exco PSSI itu.

Sedangkan sang istri, Patricia, sibuk membeli Bika Ambon yang akan dibawa ke Jakarta. Patricia membeli Bika Ambon berbagai rasa, sebagai oleh-oleh untuk saudara dan kerabat di Jakarta.

“Kalau saya tidak bawa oleh-oleh, pada protes. Karena banyak saudara di sana yang dari Sumut tinggal di Jakarta, rindu oleh-oleh khas di sini. Juga teman-teman yang suka. Jadi, memang wajib saya bawa oleh-oleh dari Medan,” pungkas Patricia. (*/san)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:24 WIB

Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas

Bus berpenumpang 35 orang terjun bebas ke jurang Jembatan Sipegepege, Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir, Sabtu 18/8/18 sekira jam 07.00 ...
Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 19:04 WIB

Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu

Briptu Muhammad Reza Fatwa, personel Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun sudah ditetapkan menjadi tersangka atas tindak pidana penyalahgunaan ...
Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:36 WIB

Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I/Bukit Barisan, Ny Kusumawati Ibnu Triwidodo didampingi Wakil Ketua Ny Dwiane Hassanudin menyalurkan bantuan ...
Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:14 WIB

Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin

Ketua Ombusman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar bersama Ketua DPRD Deliserdang, Ricky prandana Nasution mendatangi SMAN 1 Beringin di SMPN ...
Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:02 WIB

Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien

Berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di seluruh Indonesia. Ajang perlombaan merupakan kesempatan paling efisien dalam ...
Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:47 WIB

Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja

Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Nanggroe Aceh Darusaalam diamankan tim Reskrim Polsek Medan Timur dari Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat ...