Minggu, 19 Agustus 2018 | 01.00 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Beraksi Subuh Hari, Anggota Geng Maling Kreta Diringkus Satpam MMTC

Beraksi Subuh Hari, Anggota Geng Maling Kreta Diringkus Satpam MMTC

Selasa, 13 Maret 2018 - 22:33 WIB

IMG-54111

Tersangka Rijal diapit petugas. (ist/metro24jam.com)

PERCUT, metro24jam.com – Satu orang anggota geng pencuri kreta (Curanmor) yang biasanya mencuri secara berkelompok, berhasil dibekuk petugas Satpam saat beraksi di Komplek MMTC, Jalan William Iskandar/Pancing, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa (13/3/2018) sekira jam 05.00 wib.

Tersangka yang berhasil ditangkap diketahui sudah berulangkali keluar masuk penjara, seorang pria asal Tembung bernama Aprijal Napitupulu alias Rijal (24), yang berdomisili di Jalan Teratai Ujung, Dusun 4, No 564, Medan Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan.

Informasi yang diperoleh di Polsek Percut Sei Tuan mengungkapkan, penangkapan tersangka berkat bantuan pihak Satpam Komplek MMTC yang memergoki tersangka hendak mencuri kreta Honda Beat warna hitam milik Heny Siska Lumban Gaol, warga Jalan Willem Iskandar No 71, Medan Tembung.

Beruntung, kondisi subuh itu tak banyak warga lain yang tau sehingga pelaku selamat dari amuk brutal massa. Meski begitu, para pedagang yang sudah ramai di kawasan Pasar di Komplek MMTC sempat akan menghakimi tersangka.

Takut kemarahan massa tak terbendung, Satpam di sana langsung menghubungi petugas Polsek Percut Sei Tuan. Personel Reskrim yang menerima informasi langsung meluncur ke lokasi.

“Saat kita interogasi tersangka (Rijal), dia mengakui perbuatannya melakukan pencurian kreta Honda Beat milik korban yang terparkir di areal komplek itu. Dia juga mengaku, saat beraksi dibantu temannya berinisial UP (DPO) dan PS alias Bambu, yang juga masih kita buron,” beber Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Hartono SH, melalui Kanit Reskrim Iptu Philip A Purba, kepada wartawan.

Hari itu juga, polisi langsung mengarah ke tersangka lainnya, PS alias Bambu, setelah mendengar ‘nyanyian’ Rijal. Polisi kemudian bergerak tersangka Bambu. Namun, kedatangan petugas ke sana mendapat perlawanan dari pihak keluarga, sehingga tersangka berhasil kabur.

“Saat akan kita tangkap, keluarga tersangka PS alias Bambu melawan, sehingga dia berhasil kabur. Dan seorang temannya lagi (UP) juga berhasil melarikan diri. Kita pun memboyong ke komando tersangka Rijal seorang diri,” aku Philip.

Selain tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 1 set alat kunci letter Y, yang digunakan tersangka saat beraksi mencuri kreta.

Berdasarkan catatan tim Reskrim Polsek Percut Sei Tuan, ketiga tersangka sudah berulang kali melakukan pencurian kreta di berbagai wilayah, termasuk Percut Sei Tuan. Ketiganya juga merupakan residivis yang tersandung kasus pencurian.

“Tersangka pernah pelakukan pencurian kreta Honda Vario di kos-kosan Jalan Ambai Tembung. Korban buat LP, dan pelaku Rijal tertangkap. Sedangkan temannya PS alias Bambu berhasil kabur (DPO) dan teman lainnya bernama, Boston tertangkap pada saat penangkapan di kawasan lain di Gang Nangka, Letda Sujono dan sudah pada tahap proses pelimpahan berkas ke jaksa,” bebernya.

Dari LP lainnya, komplotan ini juga berhasil menggasak kreta Supra X 125 warna merah dari garasi rumah korbannya.

Dalam aksi pencurian itu, Boston dan Rijal kembali tertangkap. Sedangkan temannya, UP berhasil kabur (DPO). Seperti keberhasilan sebelumnya, para pelaku sudah sempat membagi hasil barang curian itu setelah menjual kreta curian itu kepada penadah.

Kemudian, para pelaku juga terlibat dalam aksi pencurian kreta Honda Beat warna merah di Jalan Letda Sujono, Gang Nangka. Di aksi ke sekian kalinya itu, pelaku Rijal dan Boston berhasil tertangkap, sedangkan temannya, Maria Sitorus berhasil kabur alias DPO.

“Saat ini kita masih melakukan pengembangan terkait komplotan ini. Kita juga akan mengarah kepada penadahnya,” pungkas Iptu Philip. (vin/rif)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:24 WIB

Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas

Bus berpenumpang 35 orang terjun bebas ke jurang Jembatan Sipegepege, Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir, Sabtu 18/8/18 sekira jam 07.00 ...
Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 19:04 WIB

Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu

Briptu Muhammad Reza Fatwa, personel Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun sudah ditetapkan menjadi tersangka atas tindak pidana penyalahgunaan ...
Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:36 WIB

Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I/Bukit Barisan, Ny Kusumawati Ibnu Triwidodo didampingi Wakil Ketua Ny Dwiane Hassanudin menyalurkan bantuan ...
Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:14 WIB

Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin

Ketua Ombusman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar bersama Ketua DPRD Deliserdang, Ricky prandana Nasution mendatangi SMAN 1 Beringin di SMPN ...
Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:02 WIB

Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien

Berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di seluruh Indonesia. Ajang perlombaan merupakan kesempatan paling efisien dalam ...
Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:47 WIB

Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja

Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Nanggroe Aceh Darusaalam diamankan tim Reskrim Polsek Medan Timur dari Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat ...